1. Kucing

Mengenal Scabies Kucing dan Cara Ampuh Mengobatinya

Scabies kucing adalah salah satu penyakit yang membuat kucing tersiksa karena akan merasakan gatal, bulu rontok, dan stress. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga agar kucing terhindar dari scabies. Berikut adalah informasi lengkap mengenai apa itu scabies, cara mengobati, dan pencegahannya.

Apa itu Scabies?

Penyakit scabies
Kucing yang terkena scabies (Sumber: Pet Keen)

Scabies atau kudis adalah salah satu penyakit menular yang dialami kucing karena masuknya tungau ke dalam lapisan kulit luar. Nama dari tungau yang menyebabkan scabies adalah sarcoptes scabiei. Tungau ini memiliki ukuran yang sangat kecil dan mungil. 

Scabies kucing atau hewan lainnya terkadang bisa juga menular ke manusia, namun hal itu tergantung pada jenis scabies tersebut. Meski begitu, sangat penting untuk kita mengetahui cara mencegahnya. Penyakit ini bisa menular lewat sentuhan, baju, handuk, bantal, air, dan barang lainnya yang terkontaminasi. 

Biasanya scabies lebih banyak dialami oleh kucing liar ketimbang kucing rumahan, karena kucing liar cenderung lebih bebas. Namun, terkadang kucing rumahan juga bisa saja tertular scabies dari kucing lain. Oleh karena itu, Animalovers harus selalu sigap untuk mencari pertolongan agar lukanya tidak menyebar dan menjadi parah.

Kucing scabies akan mengalami dan merasakan gatal yang luar biasa dan membuat bulu mereka rontok. Sistem kekebalan tubuh mereka pun diserang hingga menjadi lemah.

Penyebab Scabies Pada Kucing

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penyebab penyakit scabies kucing adalah tungau yang menyelinap ke dalam kulit kucing. Bagi kucing rumahan kemungkinan terkena scabies sangat rendah karena mereka biasanya bersih. Namun, untuk kucing jalanan resiko ini sangat meningkatkan dan menjadi parah.

Kucing yang hidup di pinggir jalan biasanya mudah tertular scabies dari sesama kucing liar. Karenanya, penting bagi Animalovers untuk dapat menjauhkan kucing liar yang terkena scabies dari kucing peliharaan di rumahmu karena penyakit ini sangat mudah menular. 

Gejala Scabies yang Harus Kamu Kamu Ketahui

Kucing yang terkena scabies
Kulit kucing scabies akan terlihat sangat kering (Sumber: Pet Coach)

Ada beberapa gejala scabies kucing yang harus kamu ketahui agar dapat mencegah penyebarannya. Berikut adalah beberapa gejala yang bisa kamu ketahui.

  1. Kucing lebih sering menggaruk bagian tubuhnya hingga kemerahan.
  2. Kulit menjadi sangat kering yang diikuti dengan rambut yang rontok.
  3. Bulunya menjadi sangat kasar.
  4. Mereka menjilati tubuh dengan sangat berlebihan yang menjadi gejala awal munculnya scabies atau kudis pada kucing. 
  5. Mereka mudah gelisah dan marah karena rasa nyeri yang dialami.

Cara Mengobati Scabies Kucing

Cara mengobati scabies kucing adalah dengan melihat jenis tungau seperti apa yang menyerangnya. Animalovers dapat langsung membawa kucing ke vet untuk mendapatkan obat dan perawatan yang sesuai. Terlebih beberapa obat tidak cocok dengan kucing tertentu sehingga Animalovers harus ekstra hati-hati. 

Sebelum pergi ke dokter, pemilik dapat memandikan kucing dengan shampo dan semprotan untuk meredakan gatal yang menyerang mereka. Usahakan juga untuk tetap memberikan kasih sayang karena mereka biasanya sangat sensitif ketika terkena scabies. 

Cara Mencegah Scabies Kucing

Cara mencegah agar tungau tidak menyebabkan scabies adalah dengan memperhatikan beberapa hal di bawah ini, yakni:

  1. Selalu membersihkan ruangan dan lingkungan, karena lingkungan yang bersih akan terhindar dari adanya tungau.
  2. Bersihkan dan mandikan kucing dengan teratur agar bulu dan kulit mereka selalu bersih dan terhindar dari scabies.
  3. Cuci tempat tidur kucing dengan air panas dan menyedot debu di rumah secara teratur.
  4. Berikan pakan berkualitas karena pencegahan dengan memberikan peliharaan makanan sehat akan membuat imun mereka menjadi lebih kebal dan sulit untuk terkena scabies.

Baca juga: Harga Kucing Munchkin, Jenis, Fakta, & Cara Merawatnya

Selalu pastikan bahwa kucing dan lingkungan tempat tinggalnya bersih dan terawat adalah kunci utama pencegahan scabies. Jaga juga agar peliharaanmu tidak kontak langsung dengan penderita scabies karena penularan melalui interaksi secara langsung akan menimbulkan resiko yang lebih tinggi. Semoga tips dari artikel ini dapat membantu kamu ya, Animalovers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Scabies Kucing dan Cara Ampuh Mengobatinya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]