1. Hewan Lainnya

Perbedaan Utama antara Kaki Seribu dan Kelabang, Yuk Pahami!

Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya.

Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda.

Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran tubuh yang panjang dan bentuknya mirip dengan ulat. Sementara itu, kelabang memiliki sepasang sayang dan terkadang tulangnya bergetar jika diusik.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai perbedaan utama antara kaki seribu dan kelabang? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Perbedaan Utama antara Kaki Seribu dan Kelabang

Pada dasarnya, perbedaan utama antara kaki seribu dan kelabang dapat dilihat dari beberapa hal, mulai dari perilaku hingga reaksi yang diberikan terhadap serangan.

Berikut adalah masing-masing penjelasan tentang perbedaan utama antara kaki seribu dan kelabang.

1. Bentuk Tubuh

Jika diperhatikan, kaki seribu memiliki bentuk tubuh silindris, panjang, dan memiliki panjang sekitar 5–20 cm. Sedangkan kelabang mempunyai bentuk tubuh beragam dan memiliki sayap.

2. Perilaku

Sebenarnya, kaki seribu adalah serangga yang tidak membahayakan, baik bagi manusia maupun hewan. Spesies ini biasanya ditemukan di dekat permukaan tanah serta di tempat yang lembap dan gelap.

Sementara itu, kelabang adalah spesies yang sangat berbisa dan dapat membahayakan predatornya. Kelabang banyak ditemukan di sawah, hutan, bahkan perkotaan.

Kelabang tidak hanya berbahaya bagi manusia dan hewan, pasalnya spesies ini juga dapat membahayakan tanaman hidup.

Baca Juga: Mengenal 10 Jenis Ular Sawah, Ciri-Ciri & Cara Pencegahannya

3. Habitat

Perbedaan utama antara kaki seribu dan kelabang berikutnya adalah habitatnya. Kaki seribu sering kali ditemukan di dekat permukaan tanah dan sering hidup bergerombol.

Namun, beberapa spesies kaki seribu terkadang juga ditemukan di bawah permukaan tanah. Mengapa kaki seribu menyukai tempat lembap? Hal ini dikarenakan mereka memerlukan lingkungan lembap untuk bernapas.

Sementara itu, kelabang adalah spesies yang dapat ditemukan di berbagai tempat, mulai dari hutan hingga perkotaan. Bahkan, beberapa spesies ini bisa tinggal di tanah basah dan air.

Berbeda dengan kaki seribu yang memerlukan tempat lembap untuk bernapas, kelabang bernapas melalui lubang-lubang kecil di bagian sisi tubuhnya.

4. Bentuk Kaki

Kaki seribu dan kelabang dianggap sama karena sama-sama memiliki kaki yang banyak. Meski begitu, karakteristik kaki keduanya berbeda.

Kaki seribu umumnya memiliki ribuan kaki yang posisinya menyebar di setiap segmen tubuh. Sedangkan kelabang sebenarnya hanya memiliki enam kaki saja.

Meski jumlahnya lebih sedikit, kaki kelabang lebih kuat, dapat digunakan untuk berjalan, memanjat, hingga mematikan musuh/mangsa.

Di samping itu, posisi kaki kaki seribu dan kelabang juga berbeda. Kaki seribu memiliki dua pasang kaki di setiap tubuhnya, sedangkan kelabang hanya satu pasang.

Posisi kaki kelabang melebar dan jaraknya jauh dari tubuh, sedangkan kaki milik kaki seribu mengarah secara langsung ke tanah.

5. Nutrisi

Perbedaan utama antara kaki seribu dan kelabang juga bisa dilihat dari jenis nutrisi yang dikonsumsi. Kaki seribu sering kali mengonsumsi cairan, buah, dan bahan organik seperti kayu busuk.

Berbeda dengan kelabang, spesies ini merupakan pemakan segala, mulai dari biji, madu, daun, hingga daging. Bahkan, kelabang tak segan menjadi predator dan memakan hewan lain.

Baca Juga:Ada Ular Weling Masuk Rumah Kamu? Ketahui Aneka Mitosnya! 

6. Reaksi terhadap Serangan

Kelabang adalah spesies yang dapat mengeluarkan racun ketika mengalami serangan. Upaya ini dilakukan untuk bertahan hidup, sama seperti makhluk hidup pada umumnya.

Racun kelabang memang cukup mematikan dan berbahaya bagi predatornya. Namun, racun tersebut tidak membahayakan manusia.

Meski begitu, akan lebih baik jika kita menghindari racun kelabang. Pasalnya, racun dari sengatan kelabang dapat menyebabkan rasa nyeri seperti gigitan lebah.

Sebaliknya, kaki seribu adalah spesies yang tidak mengganti ataupunmenyengat. Namun, hewan ini dapat mengeluarkan zat kimia meski dalam jumlah sedikit.

Tenang, zat kimia tersebut tidak berbahaya. Jika terkena zat kimia atau cairan dari kaki seribu, cukup bersihkan dengan air.

7. Peran terhadap Lingkungan

Peran utama kaki seribu terhadap lingkungan adalah sebagai pengurai organik. Kaki seribu akan memakan bahan-bahan organik seperti daun busuk yang terdapat di tanah.

Lantas, apa manfaatnya bagi lingkungan? Pasalnya, dalam proses ini kaki seribu dapat membantu menghasilkan nutrisi yang baik untuk tanah, sehingga tanah menjadi lebih subur.

Sementara itu, peran kelabang bagi ekosistem adalah sebagai dekomposer atau pembusuk. Kelabang dapat membusukkan dan menjadikan bahan-bahan organik disekitarnya menjadi bubuk halus yang dapat menutrisi tanah.

Itulah penjelasan seputar perbedaan utama antara kaki seribu dan kelabang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kaki seribu dan kelabang memiliki perbedaan yang sangat signifikan.

Meski dianggap menyeramkan, sebenarnya kedua spesies ini juga memiliki peran penting terhadap ekosistem, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Ingin tahu fakta menarik lain seputar dunia hewan? Yuk, simak lebih lanjut berbagai informasi tentang dunia hewan di blog Animalogi!

Baca Juga: Ada Ular Weling Masuk Rumah Kamu? Ketahui Aneka Mitosnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Perbedaan Utama antara Kaki Seribu dan Kelabang, Yuk Pahami!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]