1. Fakta Unik

Nama Burung Lovebird Berdasarkan Warna Terfavorit 2022

Ingin memelihara lovebird tapi bingung dengan jenis dan warnanya? Tenang, kali ini Animalogi sudah menyiapkan informasi seputar jenis atau nama lovebird berdasarkan warna dan harga terbaru di 2022. Jangan sampai ketinggalan pembahasan selengkapnya ini, ya!

Nama Lovebird Berdasarkan Warna dan Harga Terfavorit 2022

Berikut adalah berbagai nama lovebird berdasarkan warna dan harga terbaru di tahun 2022. Dengan melihat informasi di bawah ini, kamu bisa menentukan jenis lovebird mana yang lebih menarik dan sesuai seleramu. Jadi, yuk simak informasinya berikut.

1. Lovebird Hijau

Salah satu warna yang paling sering kita lihat dari burung lovebird adalah warna hijau. Jenis burung dengan warna yang satu ini termasuk dalam kelompok green series lovebird (GS). Biasanya, mereka memiliki bulu dengan aksen warna hijau yang dominan dibandingkan warna lainnya. Berikut adalah nama nama lovebird berdasarkan warna dan harga edisi green series.

Lovebird Pastel Hijau (Pasjo)

Lovebird Pastel Hijau (Pasjo) (sumber:Pinterest)
Lovebird Pastel Hijau (Pasjo) (sumber:Pinterest)

Nama lovebird berdasarkan warna dan harga yang pertama adalah lovebird pastel hijau atau biasa disebut pasjo. Burung ini disukai oleh banyak orang karena warna hijau di bagian badan dan sayapnya yang terlihat lembut.

Meski termasuk green series, hijau bukanlah satu-satunya warna yang ada pada burung ini. Umumnya, bulu di bagian leher dan kepala burung lovebird pasjo berwarna kuning hingga oranye dengan paruh merah. Di Indonesia, harga burung jenis ini tidak terlalu tingggi, hanya berkisar Rp90.000-Rp230.000 saja.

Lovebird Olive

Lovebird Olive (sumber: Harga Burung ID)
Lovebird Olive (sumber: Harga Burung ID)

Berbeda dengan jenis pasjo, lovebird olive justru memiliki warna hijau yang lebih gelap dan bahkan cenderung kecoklatan. Tak heran, banyak juga yang menyebut jenis ini sebagai lovebird dark green. Penyebaran warna hijau kecoklatan ini terlihat dominan pada bagian sayap serta kepala mereka. Sedangkan, di bagian leher biasanya berwarna kuning kemerahan.

Lovebird olive termasuk jenis yang cukup sulit ditemui. Oleh karena itu, harga mereka di pasaran dipatok cukup tinggi. Untuk lovebird olive jantan dewasa saja dihargai hingga Rp600.000, sedangkan betinanya Rp700.000.

Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan (sumber: Gambar Impian Keren)
Lovebird Dakocan (sumber: Gambar Impian Keren)

Dakocan adalah nama lovebird berdasarkan warna dan harga yang populer di Indonesia. Burung ini masuk dalam kategori green series karena dominasi warna hijau di bagian sayap dan tubuhnya. Yang uniknya, bagian kepala lovebird dakocan justru berwarna hitam dan sangat kontras dengan lehernya yang berwarna kuning cerah. Jenis ini biasanya dijual dengan harga mulai dari Rp300.000 hingga Rp500.000 per ekornya.

Lovebird Hijau Standart (Josan)

Lovebird Hijau Standart (Josan) (sumber: Agraindo)
Lovebird Hijau Standart (Josan) (sumber: Agraindo)

Jenis lovebird green series yang paling mudah ditemukan adalah lovebird josan atau hijau (ijo) standart. Burung ini memiliki warna hijau cerah yang menutupi seluruh bagian sayap dan tubuh bawahnya. Sedangkan, bagian leher hingga kepala burung josan biasanya merupakan gradasi dari warna kuning hingga merah. Burung ini memiliki harga yang relatif terjangkau, yaitu sekitar Rp50.000-Rp200.000.

Lovebird Hijau Muka Merah

Lovebird Hijau Muka Merah (sumber: Hobi Burung)
Lovebird Hijau Muka Merah (sumber: Hobi Burung)

Sesuai namanya, lovebird hijau muka merah memiliki bulu berwarna hijau hampir diseluruh tubuh dan sayapnya. Yang berbeda hanya di bagian kepala atau muka dan lehernya saja yang justru berwarna merah menyala.

2. Lovebird Biru

Nama nama lovebird berdasarkan warna dan harga yang selanjutnya ini tergolong dalam blue series lovebird (BS). Kategori ini dimaksudkan untuk burung lovebird yang memiliki warna dominan biru. Yuk, kita simak mana saja yang termasuk dalam kategori burung ini!

Lovebird Pastel Biru (Pasru)

Lovebird Pastel Biru (Pasru) (sumber: Burung Cantik)
Lovebird Pastel Biru (Pasru) (sumber: Burung Cantik)

Bagian sayap dan tubuh lovebird jenis ini dipenuhi dengan berwarna pastel biru (pasru). Sedangkan bagian leher dan kepalanya cenderung terlihat putih keabu-abuan. Untuk jenis yang satu ini, harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp60.000-Rp275.000.

Lovebird Blue Ice

Lovebird Blue Ice (sumber: Merdeka)
Lovebird Blue Ice (sumber: Merdeka)

Serupa tapi tak sama, itulah ungkapan yang cocok untuk dua nama lovebird berdasarkan warna dan harga, yaitu lovebird pastel biru dan blue ice. Keduanya sama-sama memiliki sayap dan tubuh yang didominasi oleh warna biru, hanya saja lovebird blue ice memiliki warna biru yang lebih pucat dan lembut.

Bayi lovebird blue ice biasa dihargai sekitar Rp70.000. Namun, semakin dewasa dan semakin cerdas burung ini, maka harganya pun akan semakin tinggi. Saat ini ada burung lovebird blue ice dewasa yang dihargai hingga Rp300.000.

Lovebird Biru Mangsi

Lovebird Biru Mangsi (sumber: Harga Burung ID)
Lovebird Biru Mangsi (sumber: Harga Burung ID)

Kata mangsi sendiri berarti tinta. Hal ini sangat sesuai untuk menggambarkan warna bulu pada burung lovebird yang satu ini. Bagian sayap dan tubuhnya didominasi oleh warna biru mirip tinta bolpoin, sedangkan lehernya cenderung putih dengan kepala abu-abu hingga hitam.

Lovebird mangsi biasa bisa Animalovers peroleh dengan harga terjangkau, yaitu sekitar Rp75.000-Rp350.000.

Lovebird Parblue

Lovebird Parblue (sumber: Jalak Suren Net)
Lovebird Parblue (sumber: Jalak Suren Net)

Parblue merupakan singkatan dari partial blue atau warna biru parsial (sebagian). Nama lovebird berdasarkan warna dan harga yang satu ini ditandai dengan terlihatnya warna biru sebagai aksen di tubuh lovebird. Biasanya, mulai pertengahan hingga puncak kepala lovebird parblue dipenuhi dengan warna kuning pucat.

Lovebird jenis ini memiliki peminat yang cukup banyak. Maka dari itu, harganya dipasaran pun menjadi cukup tinggi jika dibandingkan dengan jenis lainnya. Untuk lovebird parblue kualitas biasa dijual dengan harga Rp190.000-Rp450.000. Sedangkan, untuk lovebird parblue unggulan bisa menyentuh angka lebih dari Rp5.000.000 per ekornya.

Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt (sumber: Pinterest)
Lovebird Cobalt (sumber: Pinterest)

Cobalt adalah jenis lovebird blue series dengan dominasi warna biru di bagian tubuh bawah dan sayapnya. Kepala burung ini biasanya berwarna hitam yang cenderung memudar dan menjadi putih pada bagian leher. Harga lovebird cobalt terbaru 2022 bekisar Rp60.000-Rp150.000.

3. Lovebird Kuning

Yang termasuk kategori lovebird kuning adalah burung lovebird yang memiliki warna dasar kuning. Biasanya, burung-burung kategori ini juga memiliki aksen warna lain seperti oranye. Berikut adalah nama lovebird berdasarkan warna dan harga jenis kuning.

Lovebird Lutino Mata Hitam

Lovebird Lutino Mata Hitam (sumber: OmKicau ID)
Lovebird Lutino Mata Hitam (sumber: OmKicau ID)

Lovebird yang berikut ini memiliki warna bulu kuning cerah mulai dari ekor hingga bagian leher, sedangkan bagian kepala biasanya berwarna oranye. Mata mereka hitam pekat dan akan terlihat sangat kontras dengan warna bulunya yang cerah.

Saat ini, nama lovebird berdasarkan warna dan harga ini cukup digemari. Harganya pun lumayan tinggi, yaitu Rp250.000-Rp550.000.

Lovebird Lutino Mata Merah

Lovebird Lutino Mata Merah (sumber: Bukalapak)
Lovebird Lutino Mata Merah (sumber: Bukalapak)

Pada dasarnya, lovebird lutino mata merah dan lutino mata hitam memiliki corak buru yang sama. Yang membedakan hanya warna retina matanya saja. Untuk harga, lutino mata merah dibanderol dengan kocek yang lebih tinggi, yaitu sekitar Rp518.000-Rp900.000.

Lovebird Pastel Kuning (Paskun)

Lovebird Paskun (sumber: Bukalapak)
Lovebird Paskun (sumber: Bukalapak)

Jenis paskun atau pastel kuning memiliki warna kuning kehijauan yang mendominasi bagian sayap dan tubuhnya. Semurat kehijauan ini jugalah yang membedakan jenis paskun dengan lutino. Selain itu, harga jenis lovebird paskun juga terbilang lebih murah, hanya berkisar Rp55.000-Rp125.000 saja.

4. Lovebird Putih

Lovebird yang memiliki warna putih biasanya disebut juga sebagai lovebird albino. Warna putih ini tidak hanya terlihat pada beberapa bagian lovebird saja, namun mendominasi hampir sebagian besar tubuhnya. Ada beberapa nama lovebird berdasarkan warna dan harga yang dapat dikategorikan sebagai lovebird putih. Berikut adalah informasi lengkapnya.

Lovebird Pastel Putih (Pasput)

Lovebird Pastel Putih (Pasput) (sumber: Burung Cantik)
Lovebird Pastel Putih (Pasput) (sumber: Burung Cantik)

Tubuh lovebird jenis ini memang didominasi oleh warna putih. Animalovers hanya bisa melihat warna kebiruan sekilas, terutama pada bagian ekornya. Sedangkan, kepala dan bahkan ekor lovebird pasput biasanya berwarna putih pucat. 

Meski terkesan polos, lovebird jenis ini tetap terlihat indah dan memikat. Jika Animalovers tertarik untuk memeliharanya, anakan lovebird pasput bisa didapat dengan harga Rp500.000 dan untuk burung dewasanya sekitar Rp650.000.

Lovebird Albino Mata Hitam

Lovebird Albino Mata Hitam (sumber: Tokopedia)
Lovebird Albino Mata Hitam (sumber: Tokopedia)

Pada jenis lovebird yang satu ini, warna bulunya bisa dikatakan putih total. Yang terlihat berwarna hanyalah paruhnya saja yang sedikit merah muda. Harga lovebird albino mata hitam lebih tinggi daripada lovebird pasput, yaitu Rp900.000 untuk anakan jantan dan Rp750.000 untuk anakan betina.

Lovebird Albino Mata Merah

Lovebird Albino Mata Merah (sumber: Bebeja Agribisnis)
Lovebird Albino Mata Merah (sumber: Bebeja Agribisnis)

Nama lovebird berdasarkan warna dan harga selanjutnya terlihat kurang lebih sama dengan lovebird albino mata hitam. Yang membedakan kedua jenis lovebird ini benar-benar hanya warna retina mata mereka.

Karena lovebird albino mata merah yang dianggap lebih unik dan langka, maka harga jualnya di pasaran pun menjadi lebih tinggi lagi. Untuk anakan yang jantan saja lovebird albino mata merah bisa dibanderol hingga Rp3.000.000, sedangkan anakan betinanya Rp2.500.000.

5. Lovebird Violet

Ada beberapa jenis lovebird yang saat ini bisa dikategorikan sebagai lovebird violet. Sebenarnya, nama nama lovebird berdasarkan warna dan harga yang satu ini sekilas terlihat seperti lovebird blue series. Hanya saja, yang disebut dengan lovebird violet biasanya mempunyai warna yang lebih tajam dan sedikit keunguan.

Lovebird Violet Single, Double, dan Dark Factor (SF, DF, dan DDF)

Lovebird Violet Double Factor (sumber: Flickr)
Lovebird Violet Double Factor (sumber: Flickr)

Jenis lovebird violet ini dibagi menjadi 3, yaitu violet single factor (SF), violet double factor (DF), dan violet dark factor (DDF). Yang membedakan ketiga jenis lovebird violet ini adalah kepekatan dan ketajaman warna violet yang mendominasi bagian sayap dan tubuh mereka. Pada jenis DDF, warna lovebird akan terlihat sangat tajam dan cenderung keunguan.

Lovebird Pastel Violet (Pasvio)

Lovebird Pastel Violet (Pasvio) (sumber: Shopee)
Lovebird Pastel Violet (Pasvio) (sumber: Shopee)

Untuk jenis lovebird ini, warna dominannya justru putih. Animalovers hanya akan melihat semburat violet yang merupakan gradasi dari warna putih dan biru pada bagian ekornya saja. Sekilas burung ini juga terlihat seperti jenis mangsi, hanya saja warna biru pada jenis mangsi biasanya lebih tajam.

Harga lovebird pasvio bervariasi tergantung kualitas warna dan tingkat kecerdasannya. Namun, normalnya satu ekor lovebird pasvio dijual dengan harga sekitar Rp225.000 di pasaran.

6. Lovebird Merah atau Red Suffusion

Lovebird Merah atau Red Suffusion (sumber: Burungnya)
Lovebird Merah atau Red Suffusion (sumber: Burungnya)

Red suffusion adalah salah satu jenis lovebird langka yang cukup sulit untuk ditemukan. Bulu mereka didominasi oleh warna merah menyala dengan aksen putih dan kekuning-kuningan. Karena keberadaannya yang langka, harga burung ini pun melonjak tinggi di pasaran. Animalovers harus menyiapkan kocek sebesar Rp3.000,000-an untuk membawa pulang jenis yang satu ini.

7. Lovebird Hitam atau Batman

Lovebird Hitam atau Batman (sumber: Burung Cantik)
Lovebird Hitam atau Batman (sumber: Burung Cantik)

Terakhir, nama lovebird berdasarkan warna dan harga berikutnya adalah lovebird batman. Warna hitam terlihat jelas pada lovebird jenis ini, mulai dari bagian kepala hingga sayap dan tubuhnya. Terdapat juga aksen warna abu-abu keputihan yang akan membuat burung ini terlihat sedikit lebih berwarna.

Keeksotisan burung lovebird batman ini bisa kamu bawa pulang dengan kocek sekitar Rp300.000-Rp700.000 per ekornya.

Baca juga: Mengenal Si Cantik Lovebird: Jenis, Harga, & Cara Merawatnya

Itulah nama nama lovebird berdasarkan warna dan harga yang masih akan menjadi favorit selama 2022 ini. Selain indah dipandang mata, lovebird juga termasuk burung yang cerdas dan bersuara merdu. Namun, untuk mengeluarkan kemampuannya itu, Animalovers tidak boleh lupa untuk selalu merawatnya, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Nama Burung Lovebird Berdasarkan Warna Terfavorit 2022

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]