1. Hewan Lainnya

Mengenal Si Lucu Marmut: Harga, Jenis, & Cara Memeliharanya

Marmut adalah salah satu hewan lucu yang banyak disenangi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak kecil hingga dewasa. Mereka biasanya sangat pemalu dan sangat mudah dirawat. Untuk Animalovers yang tertarik dengan hewan pengerat lucu ini, yuk simak penjelasannya.

gambar marmut lucu
(Sumber: Pixabay)

Marmut, Hewan Pengerat yang Menggemaskan

Hewan pengerat dengan gigi lucu ini sering disebut dengan marmot dan termasuk ke dalam golongan famili sciuridae (bajing) dengan genus Marmota. Pada umumnya mereka hidup di daerah pegunungan seperti Alpen, pegunungan Rocky, dan lainnya. Mereka merupakan hewan yang berhibernasi ketika musim dingin tiba. Hewan pengerat ini diperkirakan menyebar ke Indonesia melalui bangsa Portugis atau Spanyol.

Hewan lucu dan mungil ini juga sering disebut sebagai tikus gunung karena bentuknya seperti tikus besar. Cara berkomunikasi antara sesama mereka adalah dengan cara bersiul nyaring, apabila kamu mendengar suara siul mereka maka berhati-hati karena itu adalah tanda bahaya. 

Secara sifat, mereka termasuk hewan yang senang bersosialisasi namun tidak terlalu over. Mereka terkadang ditemukan hidup berkelompok sehingga sangat aman jika kamu ingin memelihara mereka dalam jumlah yang banyak.

Ciri-ciri Marmut

Sebelum membeli hewan peliharaan, ada baiknya nih Animalovers mengetahui secara pasti ciri-ciri marmut sebagai berikut:

  • Senang hidup berkelompok.
  • Senang memakan tumbuhan.
  • Mudah beradaptasi dengan lingkungan.
  • Senang bersembunyi dilubang.
  • Memiliki jadwal hibernasi.
  • Jinak dan tidak suka menggigit.
  • Badannya sangat mungil dengan berat sekitar 450 gram hingga maksimal 550 gram.
  • Memiliki umur yang panjang yakni sekitar 4 hingga 10 tahun jika kamu merawatnya dengan baik.
  • Memiliki gigi seperti pahat yang berfungsi untuk memotong tumbuhan.
  • Berkaki pendek dan bertubuh gemuk. 

Perbedaan Marmut dan Hamster

Hewan mungil ini memang secara sekilas sangat mirip dengan hamster, namun mereka sangat berbeda loh, Animalovers. Agar tidak bingung yuk simak penjelasan mengenai perbedaan marmut dan hamster.

MarmutHamster
Memiliki gigi agak lebih besar dari ukuran rahang.Memiliki gigi sangat kecil
Ukuran tubuh lebih besar dari hamster yakni dapat tumbuh dengan ukuran 42-54 cm.Ukuran sekitar 5-7 cm.
Makanan utamanya adalah rumput dan buah-buah yang kecil dan bisa digigit.Hamster pada dasarnya adalah karnivora, mereka senang memakan belalang kecil, dan hewan kecil lainnya
Hewan pengerat mungil ini sangat senang bersosialisasi.Hamster lebih senang sendiri di kandangnya tanpa ada gangguan siapapun.
Wajah dengan pipi yang tidak sebesar hamster dan telinga yang kecil.Hamster memiliki telinga yang tegak.Pipi mereka sangat gendut dan pada pipi tersebut memiliki kantor yang bisa digunakan untuk menyimpan makanan.

Jenis-jenis Marmut

Ada berbagai macam jenis marmut lucu yang dapat dipelihara. Jika Animalovers ingin marmut dengan harga yang murah, maka pilihannya adalah jenis lokal. Namun, untuk penggemar hewan yang unik dapat memelihara jenis marmut hias. 

1. American

marmut american
(Sumber: Pixabay)

Jenis marmut yang satu ini adalah hewan yang paling banyak disukai. Mereka sangat lucu dengan tiga warna pada tubuhnya, yakni warna putih, hitam, dan coklat. Jika kamu melihatnya sekilas, maka pada kepala mereka terdapat poni yang tertata ke atas seperti jabrik. Sangat lucu, kan?

2. Abyssinian

Abyssinian
(Sumber: Wide Open Pets)

Jika kamu menginginkan boneka hidup, maka pilihannya adalah jenis abyssinian. Mereka sangat lucu dengan bulu lebat yang sangat halus hingga menutupi seluruh wajah dan tubuhnya. Warna bulu mereka didominasi oleh warna coklat, putih, dan hitam dengan pola abstrak. Jenis hewan pengerat yang satu ini termasuk memiliki harga yang cukup mahal yakni sekitar 1 jutaan.

3. Peruvian

Peruvian
(Sumber: Pixabay)

Hewan dengan penampilan yang unik selalu mengundang perhatian, termasuk jenis peruvian yang lucu ini. Bulu mereka sangat unik terutama rambut di bagian kepalanya yang menjorok ke atas dan terlihat seperti jambul. Ukuran bulu yang panjang hingga membuat bulu mereka menyentuh lantai atau tanah. Harga dari jenis ini cukup mahal yakni sekitar 2 jutaan.

4. Texel

Texel
(Sumber: Wikimedia Commons)

Memiliki warna hitam dan coklat mereka terlihat berpenampilan modis dan unik. Bulu yang ada terlihat seperti gelombang yang membuat mereka terlihat sangat keren. Tertarik memelihara si lucu yang saat ini? Artinya kamu harus siap mengeluarkan kocek mahal karena per ekornya mencapai berharga sekitar 3 jutaan.

5. Silky/Sheltie/Silkie

Silky
(Sumber: Pet Keen)

Ingin memiliki hewan lucu dengan bulu indah dan menggemaskan? Maka hal tersebut dapat diwujudkan dengan membeli jenis silky. Wajah mereka tidak terlalu jelas terlihat karena bulu mereka yang panjang. Harga dari jenis adalah sekitar 2 jutaan. Hmm, lumayan mahal, namun sebanding karena tampilannya yang sangat unik. 

6. Teddy

Teddy marmut
(Sumber: Love to Know)

Bukan, ini bukan teddy bear kok, mereka tetap hewan pengerat lucu. Nama teddy memang sesuai dengan jenis karena bulu mereka yang terlihat seperti beruang. Mereka benar-benar lucu seperti boneka teddy hidup. Harga jenis yang satu ini berkisar antara 2 – 43 jutaan.

7. Alpaca

marmut alpaca
(Sumber: Squeaks and Nibbles)

Jika diletakkan di meja maka kamu akan melihat jenis alpaca terlihat seperti gumpalan kapas berwarna hitam. Hal ini yang menjadi keunikan mereka yakni bulu kritik yang memikat. Namun, sangat disayangkan berdasarkan beberapa informasi mengatakan bahwa hewan ini memiliki angka harapan hidup yang rendah padahal harganya terbilang cukup mahal yakni 2 – 3 juta.

8. Abbyruvian

Abyruvian
(Sumber: guineapigcages)

Jenis ini dihasilkan dari perkawinan antara abyssinian dan peruvian. Mereka salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dicari dan sulit didapatkan. Harga jenis abyruvian berkisar 1 jutaan.

9. Coronet

Coronet gunea pig
Sumber: geomedia.top

Coronet lebih mirip seperti tupai ketimbang marmut. Mereka sangat lucu dengan menampilkan bulu yang panjang hingga jatuh ke tanah dan membuat mereka tampak anggun. Bulunya yang tebal membuat mereka sangat kebal terhadap cuaca dingin. Harga dari jenis ini adalah 4 jutaan.

10. Skinny

marmut skinny
(Sumber: Wikipedia)

Berbeda dengan jenis yang lain, skinny memiliki bulu yang sangat pendek dan berbadan paling besar. Untuk mendapatkan hewan lucu ini sangat membutuhkan effort yang cukup tinggi karena mereka biasanya hanya ada di hutan dan sangat jarang ada yang menjualnya sehingga tidak heran jika harganya bisa mencapai 5 juta.

11. Sheba

Sheltie guinea pig (red-white)
Sheltie guinea pig (red-white)

Sheba adalah hewan hias liar, jenis ini memiliki ekor panjang dengan kombinasi warna coklat gelap dan terang. Bulunya keriting dan pendek membuat mereka terlihat seperti kucing versi kecil. 

12. American Crested

american crested marmut
(Sumber: Wikimedia Commons)

Terakhir adalah american crested dengan bulu coklat berkilau yang indah. Mereka memiliki tubuh yang sangat gemuk dengan mata hitam bulat sempurna. American crested adalah hewan mungil dengan kategori yang sangat mahal, harga mereka mencapai 6 juta per ekornya. 

Cara Merawat Marmut

Bagi pemula yang belum pernah merawat hewan, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memelihara hewan mungil ini.

1. Sayangi Marmut Agar Mereka Menjadi Jinak

Pada dasarnya hewan bergigi lucu ini bukan hewan yang liar kok, namun terkadang mereka menganggap orang baru dapat menjadi ancaman. Sehingga ada baiknya kamu memberikan kasih sayang pada mereka agar lebih akrab dan mereka lebih jinak. 

2. Sediakan Kandang yang Sesuai

Ketika memiliki kandang marmut, usahakan untuk memilih dengan ukuran yang pas dan tidak terlalu sempit karena akan membuat mereka tidak tumbuh berkembang. 

3. Berikan Makanan dan Minuman

Kandang marmut
(Sumber: Pixabay)

Animalovers dapat memberikan makanan marmut berupa buah-buahan atau dapat melepaskannya untuk makan rumput di halaman rumah. Mereka cenderung tidak pilih-pilih soal makanan.

4. Memandikan Marmut secara Rutin

Sama seperti hewan lainnya, hewan pengerat lucu ini juga harus rutin dimandikan namun tidak perlu terlalu sering. Mandikan hanya ketika kotor saja, ya!

5. Bersihkan Kotoran dan Selalu Menjaga Kebersihan

Selalu menjaga kebersihan agar kamu dan hewan peliharaan sama-sama nyaman. Kandang yang kotor tentu akan membawa penyakit bagi hewan peliharaan kesayangan kamu dan membuat mereka tidak bisa memiliki umur yang panjang.

Harga Marmut Terbaru 2022

Sebelum membeli marmut, ada baiknya mengetahui harga marmut terlebih dahulu, Berikut informasinya:

JenisHarga
AmericanRp800.000 – Rp1.500.000.
AbyssinianRp1.000.000 – Rp1.250.000.
PeruvianRp2.000.000 – Rp2.500.000.
TexelRp3.000.000 – Rp3.250.000.
SilkyRp2.000.000 – Rp2.500.000
TeddyRp2.000.000 – Rp4.000.000.
AlpacaRp2.000.000 – Rp3.000.000.
CoronetRp3.5000.000 – Rp4.000.000
SkinnyRp4.500.000 – Rp5.000.000.
ShebaRp2.000.000 – Rp3.000.000.
American crestedRp6.000.000 – Rp7.000.000.

Baca Juga: Harga Kucing Munchkin, Jenis, Fakta, & Cara Merawatnya

Memelihara hewan mungil akan menjadi kesenangan sendiri karena selain menjadi teman, mereka sangat lucu dan menghibur. Nah, itu tadi penjelasan lengkap mengenai hewan pengerat lucu bernama marmut. Semoga artikel ini bisa membantu kamu mendapatkan informasi yang kamu butuhkan ya, Animalovers.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Si Lucu Marmut: Harga, Jenis, & Cara Memeliharanya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]