1. Hewan Lainnya

Memelihara Sugar Glider? Ketahui 14 Makanan Sugar Glider Ini

Wupih sirsik (Petaurus breviceps) atau yang akrab dikenal dengan sugar glider adalah salah satu jenis hewan pengerat yang jinak dan bisa dijadikan peliharaan. Asal penamaan sugar glider ini karena wupih sirsik sangat menyukai makanan yang manis serta kemampuan mereka untuk meluncur (glide) atau melompat. 

Tahukah kamu kalau sugar glider bahkan bisa melompat di antara pepohonan yang memiliki jarak hingga 50 m? Selaput yang ada pada tangan hingga kaki merekalah yang membantu pergerakan tersebut. 

Bagi Animalovers yang ingin mencari hewan peliharaan anti-mainstream, sugar glider bisa jadi pilihan. Selain perawatannya yang mudah, pakan sugar glider juga sangat bervariasi. Yuk, cek ulasan macam-macam makanan sugar glider yang bisa Animalovers berikan ke sugar glider kesayangan kamu!

14 Makanan Sugar Glider Versi Animalogi

14 Makanan Sugar Glider (sumber: Pexels)
14 Makanan Sugar Glider (sumber: Pexels)

Bagi yang baru memelihara hewan peliharaan ini, sugar glider biasanya akan diberikan bubur bayi sebagai makanan sehari-hari. Padahal, masih banyak jenis makanan sugar glider yang bisa Animalovers coba berikan sebagai variasi sekaligus pemenuhan nutrisi. Sebagai mamalia omnivora, sugar glider adalah pemakan segala. Lalu, apa makanan sugar glider dewasa? Adakah jenis makanan sugar glider lain selain bubur bayi? Simak uraian selengkapnya hanya di Animalogi!

1. Melon

Buah yang memiliki rasa manis dan berair sangat disukai oleh sugar glider. Buah-buahan yang masuk dalam daftar makanan sugar glider adalah melon. Melon kaya akan vitamin C dan kalium yang tentu bermanfaat bagi sugar glider. Melon juga berkhasiat untuk merawat bulu sugar glider supaya tidak mudah rontok. 

Teksturnya yang berair, ‘crunchy’, dan manis membuat sugar glider mudah untuk memakan dan mencerna buah ini. Dalam beberapa kasus, melon yang telah dipotong-potong saat diberikan ke sugar glider tidak terlalu mereka sukai. Sugar glider biasanya akan makan lebih lahap saat Animalovers memberikan potongan-potongan besar beserta kulitnya. 

2. Anggur

Selain melon, Animalovers juga dapat memberikan anggur pada sugar glider peliharaan. Namun, ada beberapa pihak yang mengatakan bahwa anggur berbahaya bagi sugar glider karena berhubungan dengan risiko penyakit ginjal, meskipun tidak ada penelitian konkretnya. 

Terlepas dari kontroversi akan baik buruknya anggur bagi sugar glider, buah ini tetap kaya akan vitamin dan mineral. Animalovers dapat langsung memberikan buah ini kepada sugar glider sebagai variasi dari makanan-makanan yang lain dengan moderasi. 

3. Apel

Tekstur apel yang keras dan renyah dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi sugar glider. Apel juga kaya akan kandungan vitamin C, vitamin A, vitamin B3, vitamin B2, dan beberapa kandungan yang lain yang tentu baik bagi sugar glider. 

Ketika memberikan apel, pastikan Animalovers sudah membuang bijinya terlebih dahulu. Biji apel yang keras dan berukuran besar apabila tertelan oleh sugar glider akan sangat berbahaya dan dikhawatirkan akan menimbulkan masalah pencernaan di kemudian hari. 

4. Pisang

Selain bubur bayi, Animalovers bisa memberikan buah pisang untuk sugar glider! Makanan sugar glider yang keempat adalah pisang. Pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi dan kandungan-kandungan lain yang baik bagi pencernaan sugar glider. Meski bernutrisi, Animalovers cukup memberikan pisang 1-2 kali dalam seminggu karena kandungan gulanya yang sangat tinggi serta minim kalsium. 

5. Wortel

Makanan sugar glider yang kelima adalah wortel. Pemberian wortel segar pada sugar glider sangat dianjurkan karena belum terkontaminasi zat-zat lain dan memiliki nutrisi yang utuh. Wortel bermanfaat bagi pertumbuhan gigi pada sugar glider karena teksturnya yang sedikit keras tetapi tetap mudah dicerna. 

Kandungan vitamin A nya yang tinggi di klaim dapat membantu meringankan penyakit mata yang diderita sugar glider. Tak cukup itu saja, wortel kaya akan antioksidan, serat, dan kalsium yang dapat mengoptimalkan perkembangan sugar glider.

6. Ubi

Selain enak disantap, ubi juga bisa dijadikan selingan makanan sugar glider, apalagi ubi yang memiliki rasa manis. Animalovers bisa merebus atau membakar ubi terlebih dahulu supaya teksturnya menjadi lembut dan mudah dicerna sugar glider.

7. Pepaya

Pepaya telah dikenal baik dan bernutrisi bagi sugar gliders sejak lama. Rasanya yang segar dan manis tentu akan sangat disukai sugar glider. Pepaya tinggi akan kalsium yang dapat membantu menunjang pertumbuhan sugar glider. 

Sebelum memberikannya kepada sugar glider, Animalovers harus membersihkan pepaya dari bijinya terlebih dahulu. Hal ini mungkin akan membutuhkan waktu mengingat pepaya memiliki tekstur biji yang lengket dan sangat banyak.

8. Lobak

Makanan sugar glider yang dapat Animalovers jadikan opsi pengganti dari makanan mereka yang biasa adalah lobak. Sayuran berjenis umbi-umbian ini mempunyai tekstur yang baik sebagai stimulan untuk gigi sugar glider. 

Beberapa pihak mengatakan bahwa lobak berisiko menjadi racun bagi sugar glider, tetapi hal tersebut masih menjadi hipotesis. Kuncinya adalah memberikan lobak dalam porsi yang tidak terlalu banyak. 

9. Semangka

Selain warnanya yang merah merona, buah ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang ‘krispi’ plus krenyes ketika dimakan sehingga sugar glider menyukainya. Semangka memang termasuk makanan favorit sugar glider selain melon dan bubur bayi. Semangka juga kaya akan kandungan vitamin C. 

Biji semangka memang tidak seberbahaya biji apel, tapi apabila sugar glider peliharaan suka semangka tanpa biji, Animalovers bisa menghilangkan bijinya terlebih dahulu.

10. Kubis

Sebagai omnivora, sugar glider dapat makan berbagai macam buah dan sayuran. Makanan sugar glider kali ini adalah kubis. Kubis segar kaya akan fosfor dan kalsium serta kandungan nutrisi lainnya. Animalovers bisa memberikan kubis yang mentah atau matang, tetapi biasanya sugar glider lebih suka dengan sayur-sayuran yang sedikit empuk atau telah direbus sebentar. 

11. Alpukat

Makanan sugar glider yang berikutnya adalah alpukat. Buah ini seringkali dijadikan primadona bagi sebagian orang karena ketersediaannya yang jarang serta rasanya yang lembut dan enak. 

Alpukat bisa menjadi pilihan makanan yang bernutrisi bagi sugar glider, tetapi perlu diperhatikan bahwa alpukat termasuk buah-buahan yang kaya akan lemak. Berikan alpukat secukupnya pada sugar glider. Pastikan sugar glider Animalovers makan makanan dengan nutrisi yang seimbang. 

12. Brokoli

Sayuran yang memiliki penampilan mirip dengan kembang kol ini juga bisa menjadi opsi makanan sugar glider. Pentingnya keseimbangan nutrisi pada sugar glider membuat para pemilik hewan peliharaan ini dianjurkan memberikan variasi makanan pada sugar glider. Beberapa pihak menilai bahwa brokoli bisa menimbulkan kembung pada sugar glider. 

Namun, jangan khawatir,  Animalovers masih tetap bisa memberikan brokoli kepada sugar glider dengan mencuci dan merebusnya terlebih dahulu. Hindari memberi brokoli terlalu banyak karena hanya 10% asupan kalori mereka yang berupa sayuran dan buah-buahan.

13. Madu

Tidak hanya bagi manusia, madu ternyata juga bermanfaat bagi sugar glider kesayangan Animalovers. Madu mengandung banyak vitamin, seperti vitamin E (tocopherol), vitamin A (retinol), vitamin B kompleks, vitamin K, vitamin C, serta senyawa flavonoid. Rasa manis madu yang alami tidak menimbulkan efek buruk dan tentu disukai sugar glider. Madu juga dinilai baik untuk diberikan pada sugar glider yang sedang sakit.

14. Ulat Hongkong

Sebagai pemakan segala, sugar glider tidak hanya doyan bubur bayi, buah-buahan, dan sayuran saja. Ada salah satu makanan favorit sugar glider yang mungkin pada awalnya akan membuat Animalovers terkejut. Makanan sugar glider ini tidak lain adalah ulat hongkong.

Ulat Hongkong adalah bentuk larva dari kumbang mealworm. Sebagai makanan sugar glider dewasa, ulat ini memiliki banyak kandungan nutrisi dan bagus untuk pertumbuhan sugar glider. Ulat Hongkong mempunyai kandungan protein hingga 48%, lemak kasar 40%, serta kadar air yang relatif tinggi, yaitu sekitar 57%. 

Meskipun punya banyak protein, Animalovers perlu berhati-hati karena ulat ini memiliki kadar lemak yang tinggi dan dikhawatirkan dapat memicu obesitas. Berikan ulat secukupnya dengan keadaan hidup pada sugar glider.

Tips Memberi Makan Sugar Glider

Tips Memberi Makan Sugar Glider (sumber: Pexels)
Tips Memberi Makan Sugar Glider (sumber: Pexels)

Setelah menyimak jenis makanan sugar glider, ada beberapa tips yang perlu diketahui dalam pemberian makanan sugar glider. Apa saja tips dan triknya?

1. Jangan Beri Terlalu Banyak

Jangan memberikan makanan terlalu banyak bagi sugar glider. Beri secukupnya saja karena kapasitas pencernaan sugar glider tidak banyak mengingat kapasitas tubuh mereka yang juga relatif kecil. Sesuaikan porsi makan dengan umur dan ukuran tubuh mereka untuk menghindari penyakit-penyakit yang dapat menyerang sugar glider karena nutrisi yang berlebihan. 

2. Potong Kecil-Kecil

Animalovers bisa memotong makanan dengan ukuran yang lebih kecil agar sugar glider makan dengan mudah. Namun, tidak selamanya trik ini berhasil. Beberapa sugar glider memilih buah-buahan yang masih utuh untuk kemudian mereka makan sendiri secara perlahan dengan ‘digerogoti’. 

3. Tempatkan Wadah Pakan di Tempat yang Tinggi

Di alam liar, sugar glider biasa tinggal di ketinggian dan melompat dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Mereka memiliki insting ‘pendaki’ yang baik. Memberikan wadah makan dengan tempat yang sedikit tinggi bisa melatih sugar glider dengan motorik alami mereka. 

4. Singkirkan Sisa Makanannya

Sugar glider Animalovers malas makan? Atau bahkan, tidak mau makan sama sekali? Makanan sisa yang membusuk di wadah bisa jadi penyebabnya, lho! Sisa makanan sugar glider yang membusuk tentu akan menimbulkan bau dan pemandangan yang tidak sedap bagi sugar glider. Ini dapat memicu sugar glider kehilangan nafsu makannya. Pastikan Animalovers selalu menyingkirkan sisa makanan sugar glider untuk menghindari risiko sugar glider mogok makan.

Baca juga: 16 Jenis Makanan Musang untuk Spesies Pandan, Biul, & Rase

Nah, itulah sederet informasi lengkap seputar jenis makanan sugar glider beserta tipsnya. Kalau Animalovers, sudah pernah coba berikan yang mana, nih? Jangan lupa untuk selalu memantau nutrisi bagi sugar glider milikmu, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Memelihara Sugar Glider? Ketahui 14 Makanan Sugar Glider Ini

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]