1. Hewan Lainnya

16 Jenis Makanan Musang untuk Spesies Pandan, Biul, & Rase

Memiliki hewan piaraan sudah menjadi hobi dari beberapa orang. Selain sebagai hobi dan kegemaran, memiliki hewan piaraan juga sebagai sarana hiburan di tengah penatnya aktivitas sehari-hari.

Terdapat banyak pilihan jenis hewan piaraan. Termasuk didalamnya jenis hewan unik dan eksotis. Contoh hewan eksotis yang lazim dipelihara adalah musang. Lantas, apa makanan musang yang seharusnya diberikan? Ketahui informasi selengkapnya hanya di Animalogi!

Musang, Hewan Lincah yang Lucu dan Menggemaskan

Musang, Hewan Eksotis yang Menggemaskan (sumber: Pexels)
Musang, Hewan Eksotis yang Menggemaskan (sumber: Pexels)

Musang (Paradoxurus hermaphroditus) adalah hewan mamalia eksotis yang kerap dipelihara masyarakat. Musang terdiri dari beberapa spesies, beberapa diantaranya adalah Musang Pandan, Musang Biul, dan Musang Rase. 

Perawatan hewan pemakan segala yang satu ini terbilang cukup mudah, begitu pula dengan makanannya. Makanan musang apa saja yang sebaiknya diberikan? Adakah jenis makanan musang yang mudah didapatkan? Yuk, temukan jawabannya dalam uraian di bawah ini!

16 Jenis Makanan Musang untuk Spesies Pandan, Biul, dan Rase

16 Makanan Musang (sumber: Pexels)
16 Makanan Musang (sumber: Pexels)

1. Nasi

Makanan musang yang pertama adalah nasi. Tidak sulit untuk mendapatkan nasi karena nasi merupakan makanan pokok orang Asia. Sebagai hewan omnivor, musang bisa memakan segala jenis makanan. Teman-teman Animalovers dapat mencampurkan nasi dengan beberapa lauk seperti telur rebus, hati ayam, atau catfood untuk kemudian diberikan pada musang. 

2. Pepaya

Jenis makanan musang yang selanjutnya merupakan buah buahan. Tak hanya bagi manusia, pepaya juga memiliki segudang manfaat bagi musang. Dengan kandungan serat yang tinggi, pepaya terbukti dapat mencegah susah buang air besar hingga mengobati wasir pada musang. Pepaya juga dapat meminimalisir resiko diare pada musang.

3. Pisang 

Pisang memang sering diberikan pada berbagai jenis musang. Sebagai makanan untuk musang spesies pandan, musang biul, dan musang rase pisang tentunya memiliki berbagai jenis manfaat. Buah yang satu ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, vitamin E dan B6, serta protein dan lemak yang berguna bagi kesehatan kulit hingga kesehatan tulang musang. Karena teksturnya yang lembut, pisang mulai dapat diberikan kepada musang pada usia 2 bulan.

4. Daging Ayam

Makanan musang rase yang paling populer salah satunya adalah daging ayam, walaupun hampir semua spesies musang doyan dengan daging ayam. Daging ayam utamanya bagian dada memiliki kandungan protein yang sangat tinggi, kurang lebih 27 g protein dalam 100 g dada ayam. Dada ayam bermanfaat dalam menunjang pertumbuhan dan perkembangan musang. Bahkan, dapat digunakan sebagai penggemuk musang. Dada ayam mulai dapat dijadikan makanan musang ketika musang sudah berusia diatas 2 bulan.

5. Susu

Susu merupakan makanan khusus musang yang masih berusia 0-1 bulan. Pencernaan bayi musang masih rentan. Oleh sebab itu, dibutuhkan makanan kaya nutrisi dan mudah dicerna. Susu yang diberikan pun tidak boleh asal pilihlah susu non-laktosa dan hindari SKM atau susu kental manis. Susu dapat diberikan melalui dot kecil 

6. Bubur Bayi

Makanan musang biul dan musang-musang dari spesies lain yang berikutnya adalah bubur bayi. Bubur bayi memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan mudah dicerna seperti susu, tetapi bedanya bubur bayi lebih bertekstur. Bubur bayi bisa diberikan sebagai variasi dari susu atau ketika bayi musang sudah menginjak usia 1 bulan ke atas.

7. Jangkrik

Makanan untuk musang yang ketujuh adalah jangkrik. Jangkrik boleh diberikan kepada musang, tetapi disarankan hanya sebagai selingan atau pancingan makan saja. Ini disebabkan jangkrik memiliki pengaruh bagi kotoran musang. Kotoran musang akan menjadi lebih amis ketika memakan jangkrik. Belum lagi sistem percernaan jangkrik yang cenderung lebih sensitif.

8. Madu

Tak hanya bagi manusia, madu juga dapat dijadikan makanan musang biul, pandan, dan rase, serta spesies musang lain. Pilih madu alami yang langsung dari peternakan dan tidak dicampurkan oleh bahan kimia. Madu dapat dilarutkan secara langsung pada air minum musang sebanyak 2 cc atau 1 spet. Selain pemberiannya yang tidak ribet, madu memiliki berbagai khasiat. Salah satunya untuk memperkuat daya tahan tubuh atau antibodi musang.

9. Kedelai

Jenis makanan musang kesembilan adalah kedelai. Kedelai dapat diberikan pada musang sebagai asupan protein tambahan. Serat pada kedelai juga berkhasiat memperbaiki pencernaan musang. Kedelai dapat dikukus terlebih dahulu sebelum diberikan kepada musang.

10. Jagung

Tak hanya kedelai, jagung juga dapat dijadikan makanan utama musang. Perlu diperhatikan pula bahwa sebaiknya jagung yang termasuk sayuran, hanya diberikan kepada musang pemakan segala, seperti musang pandan. Untuk musang karnivora, seperti musang biul dan rase, tetap beri makan daging.

11. Cacing

Cacing dapat dijadikan sebagai makanan musang, terutama cacing tanah. Cacing memiliki kandungan protein yang tinggi. Cocok bagi musang yang tengah dalam masa perkembangan, sekitar usia 2-4 bulan.

12. Capung

Selain jangkrik, serangga yang dapat dijadikan makanan musang adalah capung. Kandungan nutrisi yang ada dalam capung bermanfaat bagi motorik musang sehingga musang dapat lebih lincah. Berikan capung sebagai makanan tambahan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

13. Telur Rebus

Telur rebus kaya akan omega-3 dan protein, tetapi dalam pemberiannya perlu batasan. Berikan telur rebus setiap 2 hari sekali dan jangan terlalu sering. Sisanya, tetap berikan sayur dan buah-buahan. Kandungan protein yang berlebihan malah akan menjadi lemak. Apabila musang diberikan telur, pastikan untuk selalu mengajak musang bermain agar kondisinya tetap aktif.

14. Vitamin

Vitamin dan kalsium sangat penting bagi pertumbuhan musang. Vitamin juga berkhasiat dalam mengatasi musang yang mogok makan. Vitamin dan suplemen tersebut contohnya minyak ikan dan vitamin B6.

15. Bekicot

Jenis makanan musang yang selanjutnya adalah bekicot. Asam folat dan asam amino yang ada pada daging bekicot sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bulu musang. Selain itu juga dapat mencegah kerontokan bulu.

16. Kepala Ayam

Bagian ayam yang biasa dijadikan makanan musang selain dada ayam adalah kepala ayam. Kepala ayam dapat dijadikan alternatif daging karena harganya yang relatif murah serta nutrisi yang hampir sama.

Baca juga: 15 Makanan Burung Parkit yang Bikin Gacor dan Cepat Bertelur

Itu tadi rangkaian informasi mengenai jenis makanan musang, mulai dari makanan musang pandan, makanan musang biul, dan musang rase. Jangan lupa untuk selalu memastikan asupan nutrisi bagi musang piaraanmu, ya, teman-teman Animalovers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 16 Jenis Makanan Musang untuk Spesies Pandan, Biul, & Rase

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]