1. Hewan Lainnya

Jenis-Jenis Makanan Landak Mini yang Harus Kamu Ketahui

Memelihara hamster dan marmut mungkin sudah biasa bagi sebagian orang. Namun, tahukah Animalovers bahwa ada jenis landak yang dapat dijadikan hewan peliharaan? Landak ini berukuran mini dengan duri yang tidak terlalu tajam. Belum lagi, pakan dan perawatannya yang relatif mudah, membuat hedgehog atau landak mini ini layak dijadikan opsi hewan peliharaan.

Pada artikel kali ini, akan dipaparkan informasi seputar jenis makanan landak mini yang harus Animalovers ketahui sebelum benar-benar memutuskan memelihara hewan lucu yang satu ini.

Landak Mini, Hewan Berduri yang Lucu dan Imut

Landak mini atau hedgehog merupakan satu dari banyak jenis landak yang tinggal dan tersebar di wilayah Asia, Afrika, hingga Eropa yang dapat tumbuh hingga 8 inci. Hedgehog biasanya berwarna putih, coklat muda, hingga hitam. Perut, wajah, dan leher mereka ditutupi oleh rambut yang kasar. Landak mini memang memiliki duri-duri yang tidak terlalu tajam, tetapi bagi Animalovers yang berkulit sensitif, harap berhati-hati ketika berinteraksi dengan makhluk mini yang menggemaskan ini. 

Landak mini merupakan hewan soliter, artinya mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka dengan menyendiri dan tidak berkelompok, kecuali saat musim kawin tiba. Karena termasuk hewan soliter, landak mempunyai sifat alami yang pemalu dan sangat waspada terhadap kehadiran makhluk lain yang ada di sekitar mereka, tak terkecuali manusia. 

Beberapa landak mempunyai warna daerah wajah yang lebih gelap dari warna tubuh mereka yang mirip seperti topeng yang berwarna coklat tua atau hitam. Landak mini memiliki kaki-kaki dengan 5 jari. Meskipun kecil, kaki ini cukup kuat untuk menahan tubuhnya dan membantunya bergerak lincah.

Landak termasuk hewan omnivora atau pemakan segala. Namun, beberapa landak lebih cenderung ke arah insektivora atau pemakan serangga. Spesies ini sejatinya memiliki makanan utama yang cukup beragam dan beraneka macam. Tergantung dimana habitat yang mereka tinggali. 

Lantas, apa makanan landak mini yang bernutrisi dan menyehatkan? Adakah makanan-makanan yang berbahaya bagi landak mini?

Jenis-Jenis Makanan Landak Mini

Makanan Landak Mini (sumber: Pixabay)
Makanan Landak Mini (sumber: Pixabay)

Setelah mengenal lebih jauh tentang landak mini, kini saatnya Animalovers tahu tentang jenis makanan landak mini. Simak uraian berikut sampai akhir.

‎1. Ulat Hongkong

Jenis makanan landak mini yang pertama adalah cacing. Mealworm atau cacing hongkong adalah sumber kitin yang baik untuk landak. Cacing yang diberikan dalam keadaan hidup juga menjadi sumber stimulasi mental yang baik bagi landak karena mereka akan bergerak untuk memangsa ulat tersebut dan membuatnya harus bekerja sedikit lebih keras untuk menangkap mangsanya. Ulat Hongkong bisa didapatkan di toko pakan burung terdekat.‎

2. Waxworm

Apa makanan landak mini bisa berupa ulat? Jawabannya adalah, bisa! Animalovers mungkin asing apabila mendengar nama Waxworm. Waxworm adalah larva dari ngengat lilin dengan badan berwarna putih dan memiliki daging yang tebal. Wax Worm memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi daripada cacing hongkong, tetapi dengan kandungan kitin yang lebih rendah. Oleh karena itu, hindari menjadikan wax worm sebagai pakan utama landak mini. Cukup jadikan selingan atau camilan dari pakan utama. 

3. ‎Buah-Buahan

Siapa bilang landak mini tidak membutuhkan kandungan nutrisi dari buah dan sayur? Jenis makanan landak mini yang ketiga ialah buah-buahan. Sebaiknya, hindari pemberian buah kering yang mengandung banyak gula. Sama seperti manusia, ketika landak mini mengonsumsi terlalu banyak gula, maka akan menyebabkan masalah kesehatan, contohnya obesitas.

Beberapa rekomendasi buah-buahan yang aman bagi landak mini meliputi buah apel, pisang, beri-berian seperti stroberi, semangka, dan melon.

4. Sayuran

Jenis makanan landak mini yang keempat adalah sayur mayur. Sayur kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang membawa manfaat bagi siapa pun yang memakannya. Sayur-sayuran yang terbukti aman dikonsumsi landak mini adalah tomat, kacang hijau segar, serta segala sayuran yang segar.

Sayuran yang mengandung banyak kandungan tepung, seperti jagung, kentang, dan wortel lebih baik dihindari, sama halnya dengan sayuran yang sudah dikeringkan.

5. Daging Matang

Protein sangat dibutuhkan bagi perkembangan landak mini. Daging yang telah dimasak bisa menjadi opsi jenis makanan landak mini yang selanjutnya. Daging matang biasanya telah terbebas dari patogen sampai cacing-cacingan. Selain daging matang, makanan kucing atau anjing kalengan yang kaya protein juga dapat diberikan dengan jumlah yang kecil pada landak. ‎

6. ‎Telur yang Dimasak

Siapa bilang telur orak-arik hanya digemari manusia? Landak mini juga suka, lho, dengan olahan telur yang telah dimasak. Sesekali sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan protein, Animalovers bisa memberikan telur yang sudah dimasak kepada landak. tuk landak.‎

7. Anak Tikus (Cindil)

Bila Animalovers tidak keberatan jika landak mini yang dimiliki memakan tikus, Animalovers bisa memberikan anakan tikus yang masih merah, atau baru lahir kepada landak. Anakan tikus kaya akan protein, tetapi pastikan dalam keadaan bersih dan higienis. Berikan anakan tikus sebagai makanan landak mini dalam keadaan hidup untuk mengasah motorik landak. Jangan berikan terlalu sering.

‎8. Jangkrik

Jenis makanan landak mini yang terakhir termasuk serangga. Apa lagi kalau bukan jangkrik yang juga kerap dijadikan pakan utama bagi sebagian hewan peliharaan. Jangkrik terkenal kaya akan protein. Animalovers dapat memberikan jangkrik yang masih hidup atau ‘setengah’ hidup.

Selain protein, jangkrik kaya akan kandungan kitin serta berguna untuk stimulasi mental untuk landak. Seperti serangga lain, gut-loading atau pemberian makan pada hewan pakan‎‎ (dalam hal ini kasusnya adalah jangkrik) harus dilakukan sebelum memberikan jangkrik ke landak Animalovers supaya memastikan jangkrik sudah kaya dengan nutrisi.

Baca Juga: 15 Makanan Burung Parkit yang Bikin Gacor dan Cepat Bertelur

Nah, itu tadi adalah informasi tentang landak mini beserta jenis makanan landak mini. Pakan mereka cukup mudah ditemukan, bukan? Bila Animalovers sudah memelihara landak mini, jangan lupa untuk selalu memantau asupan nutrisi mereka, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Jenis-Jenis Makanan Landak Mini yang Harus Kamu Ketahui

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]