1. Hewan Lainnya

Begini Cara Merawat dan Memberi Makan Kelomang dengan Benar

Siapa yang semasa kecil senang bermain dengan umang-umang? Kelomang atau umang-umang ini memiliki cangkang yang beragam. Saat memainkannya, tak jarang beberapa orang malah senang melihat hewan ini ‘bertengkar’ dan beradu satu sama lain, tetapi, apakah itu sudah merupakan cara merawat umang-umang yang benar? 

Belum lagi makanannya. Pemilik tidak terlalu pikir panjang dengan makanan kelomang yang diberikan. Ketahui aneka makanan kelomang dalam penjelasan berikut ini!

Kelomang, Hewan dengan Berbagai Motif Cangkang Unik

Kelomang atau umang-umang (Paguroidea) adalah salah satu kerabat krustasea yang bisa dijadikan peliharaan. Ukuran tubuhnya yang kecil serta pesona cangkangnya selalu menarik mata setiap orang yang melihatnya. Namun, tak jarang para pedagang kelomang pinggiran justru memberikan cat warna-warni dengan dalih agar kelomang menjadi lebih menarik di mata pembeli. Padahal, cat yang digunakan untuk menghias kandang kelomang mengandung racun yang dapat membunuh mereka secara perlahan.

Perlu Animalovers ketahui bahwa hewan ini sejatinya memiliki umur yang panjang asalkan dirawat dengan baik dan dengan. Bagi pecinta kelomang pemula, penting untuk selalu riset tentang cara merawat kelomang. Salah satunya berhubungan dengan makanan kelomang.

Apa makanan kelomang yang baik untuk kelomang? Apa makanan kelomang darat dan kelomang air? Yuk, simak uraian lengkapnya, dimana lagi kalau bukan di Animalogi!

Cara Merawat Kelomang yang Baik dan Benar

Cara Merawat Kelomang (sumber: @lhcsweden on Instagram)
Cara Merawat Kelomang (sumber: @lhcsweden on Instagram)

Penting untuk memahami dan mengetahui cara merawat kelomang yang baik dan benar. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan ketika memelihara kelomang.

1. Menyiapkan Kandang yang Tepat

Tempatkan kelomang dewasa pada akuarium dengan ukuran minimal 30 liter agar pergerakan mereka tidak terganggu. Sesuaikan dekorasi akuarium dengan habitat mereka, seperti panjatan buatan atau cangkang baru dengan ukuran yang lebih besar dari cangkang yang tengah digunakan. Atur kelembaban untuk menjaga insang mereka tetap sehat. Kelembaban akuarium dapat diatur sekitar 70%.  

2. Jangan Biarkan Kelomang Sendirian

Kelomang adalah hewan yang hidup berkoloni di alam liar. Mereka bersifat sosial dan kerap kali bekerjasama dengan kwananya dalam mencari makanan. Tempatkan 2 – 3 ekor kelomang dalam satu akuarium. Untuk mencegah kelomang ‘bertengkar’, carilah kelomang dengan ukuran yang sepadan. ANimalovers tidak disarankan untuk menempatkan hewan invertebrata lainnya dalam satu tempat dengan kelomang.

3. Siapkan Bohlam Watt Rendah

Faktanya, kelomang cenderung lebih suka beraktivitas di malam hari ketimbang di siang hari. Untuk membantu aktivitasnya, pasang lampu bohlam watt rendah pada kandang kelomang.

4. Jauhkan dari Semut

Serangga yang satu ini kerap kali mengganggu hewan-hewan peliharaan. Salah satu ‘pengganggu’ kelomang adalah semut. Semut yang menyerang kelomang dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kelomang mati. Untuk mengantisipasi datangnya semut, berikan kapur anti semut di sekitar kandang kelomang. Tempatkan akuarium jauh dari sarang semut di di rumah. 

Makanan Kelomang

Makanan Kelomang (sumber: @lhcsweden on Instagram)
Makanan Kelomang (sumber: @lhcsweden on Instagram)

Karena ukuran tubuh mereka yang relatif kecil, kelomang tidak membutuhkan pakan dengan porsi banyak. Sebagai omnivora, kelomang adalah pemakan segala, tetapi tidak serta-merta Animalovers bisa memberikan apapun kepada hewan mungil ini. Ada beberapa makanan kelomang yang mungkin bisa menimbulkan efek buruk bagi. Apa saja makanan kelomang yang bisa Animalovers berikan? Apa makanan kelomang yang mudah ditemukan? Apakah makanan kelomang perlu diolah secara khusus? Untuk menjaga agar nutrisi yang mereka dapatkan tetap seimbang, berikut adalah daftar makanan kelomang yang wajib Animalovers ketahui!

Makanan

  • Mangga
  • Pepaya
  • Kelapa
  • Apel
  • Anggur
  • Pisang
  • Stroberi
  • Nanas
  • Melon
  • Bayam
  • Wortel
  • Selada air
  • Brokoli
  • Potongan kulit kayu 
  • Kacang-kacangan
  • Kismis
  • Kerupuk rendah garam
  • Sereal tanpa gula
  • Popcorn (berikan sesekali)
  • Telur yang dimasak
  • Daging, atau makanan laut (secukupnya)
  • Udang kering

Makanan lainnya dapat divariasikan dan disesuaikan. Beberapa ahli tidak merekomendasikan buah-buahan yang terlalu asam dan tinggi gula, seperti jeruk, dll.Selain itu, kelomang bisa saja sangat suka dengan makanan ringan dan tinggi garam, tetapi hindari pemberian pakan tersebut karena rendah nutrisi. Apabila ingin memberikan pelet, jangan lupa untuk menghancurkannya dahulu hingga teksturnya lumayan halus. 

Ganti makanan paling tidak 3 kali sehari. Sediakan pakan yang fresh serta air minum yang bersih dari polutan. 

Asupan kalsium dari kelomang juga harus terpenuhi bagi kesehatan rangka luar mereka. Animalovers bisa memberikan suplemen kalsium khusus, tulang sotong yang sudah dihaluskan, atau cangkang telur yang telah dihancurkan.

Minuman

  • Sediakan air tawar dan air asin. Hampir seluruh spesies kelomang membutuhkan dua jenis air. Air tawar untuk mereka minum, air asin juga bisa mereka gunakan untuk minum, tetapi ada juga yang suka mandi dengan air asin. Siapkan wadah minum di kandang kelomang.
  • Pastikan air terbebas dari zat-zat klorin dan klorin. Animalovers bisa menggunakan dechlorination yang bisa dibeli di toko-toko perlengkapan hewan untuk menyaring air.

Fakta Unik Hewan Kelomang

Kelomang, Hewan Bercangkang Unik (sumber: @lhcsweden on Instagram)
Kelomang, Hewan Bercangkang Unik (sumber: @lhcsweden on Instagram)

Jika Animalovers sudah memiliki pengetahuan seputar makanan kelomang, saatnya untuk tahu akan fakta unik dan menarik dari hewan mungil yang satu ini!

1. Bentuknya yang Mungil dan Menggemaskan

Kelomang mempunyai kerangka luar yang keras di bagian depan (ventral) tubuhnya dan dua pasang antena di bagian depan. Mereka biasanya mempunyai ekor yang melengkung dengan kait. Ekor ini memudahkan mereka untuk masuk ke dalam cangkang. 

2. Berkerabat Dekat dengan Udang

Walaupun seringkali dikira bersaudara dekat dengan kepiting, tetapi sebenarnya kekerabatan kelomang lebih dekat dengan udang. Kelomang adalah superfamily dari krustasea. Terdapat hingga 800 spesies kelomang yang terdaftar hingga saat ini. Banyak sekali, bukan?

3. Habitat yang Bervariasi

Kelomang sejatinya dapat ditemukan di seluruh penjuru dunia karena jumlah spesiesnya yang amat banyak. Namun, kelomang biasanya mudah ditemui di daerah tropis dan subtropis atau di daerah belahan bumi utara. Kelomang dapat hidup di darat maupun air. Di darat, mereka biasanya membuat sarang di lubang pepohonan atau bebatuan. Di perairan, kelomang tinggal di tempat berpasir dan berlumpur.

4. Kelomang ‘Mencuri’ Cangkang dari Hewan Lain.

Sebagian besar kelomang mengambil cangkang kosong yang telah ditinggalkan oleh siput untuk melindungi diri dari predator karena kelomang tidak mempunyai tameng untuk melindungi punggungnya. Kelomang juga tidak dapat memproduksi cangkangnya sendiri.

5. Memiliki Nama Lain Kepiting Pertapa

Julukan tersebut bukanlah tanpa alasan. Kelomang alias umang-umang memiliki nama lain kepiting umang karena cara bergerak mereka yang mirip kepiting. Kelomang bergerak dengan cukup baik walaupun dengan membawa cangkang yang lebih besar dari tubuh mereka. Pergerakan kelomang tercepat yang pernah tercatat adalah sejauh 4 inch/seken.

6. Suka Bertengkar, tetapi Hidup Berkoloni

Dua kelomang yang ditempatkan dalam satu wadah biasa nya akan mulai rebutan cangkang satu sama lain. Disamping hal tersebut, kelomang sebenarnya adalah hewan yang suka berkoloni besar. Di alam liar, mereka bahkan mencari makanan dalam tim.

7. Menggunakan Insang sebagai Alat Pernapasan

Percaya tidak percaya, kelomang darat dan kelomang laut sama-sama menggunakan insang mereka untuk bernapas. Meski begitu, mekanismenya berbeda. Kelomang menggunakan insang mereka yang telah dimodifikasi untuk mengumpulkan oksigen. Insangnya terletak di ruang brakialis dan bertindak seperti paru-paru. Hal ini memungkinkan mereka untuk bernapas melalui udara, bukan air. Ruang brakialis dan insang kelomang terletak di sepanjang sisi toraksnya.

8. Termasuk Hewan Omnivora

Di laut, umang-umang memakan ikan kecil, udang air asin, dan potongan ikan. Kelomang atau umang-umang adalah omnivora, yang berarti mereka biasa memakan tumbuhan serta sayuran. Oleh karena itu, Animalovers tidak perlu pusing dengan makanan kelomang peliharaan.

9. Bisa Hidup Hingga 30 Tahun

Di habitat asli mereka, kelomang memiliki umur yang lebih panjang daripada saat dipelihara. Para pemelihara kelomang yang masih pemula biasanya tidak tahu cara merawat kelomang yang baik dan benar, seperti jenis makanan mereka, sampai kebiasaan-kebiasaannya. Contohnya seperti keracunan zat dari pewarna cangkang, tidak mendapatkan air yang layak untuk hidup (air keran), dan tidak mendapatkan kelembaban yang sesuai untuk menunjang kehidupan mereka. Inilah yang memperpendek umur kelomang menjadi hanya beberapa tahun. Di beberapa kasus, bahkan hanya hitungan bulan.

10. Cara Berkomunikasi yang Unik

Pada waktu berkembang biak, kelomang memiliki banyak kebiasaan di mana mereka menggunakan alat komunikasi mereka dengan pasangannya. Beberapa dari mereka juga menggunakan sinyal berupa sinyal kimia dan taktis. Tak hanya itu, kelomang juga mengeluarkan suara ‘serak’ yang mungkin terdengar seperti jangkrik.

Baca juga: Inilah Resep Umpan Ikan Bawal Siang Hari, Dijamin Ampuh!

Itulah artikel lengkap tentang makanan kelomang darat dan air. Bagi teman-teman pecinta kelomang, makanan apa saja yang jadi makanan favorit kelomang kalian? Jika bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ke kawan, sobat, maupun kerabat, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Begini Cara Merawat dan Memberi Makan Kelomang dengan Benar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]