1. Ikan

10 Jenis Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dijamin Ampuh!

Indah dan beragamnya warna sirip ikan cupang menjadi salah satu daya tarik bagi banyak orang terutama penggemar ikan. Agar ikan aduan satu ini cepat besar, perlu memperhatikan apa makanan ikan cupang tersebut karena akan berpengaruh pada pertumbuhannya. Berikut terdapat 10 daftar pilihan makanan ikan cupang yang bisa kamu berikan untuk meningkatkan asupan nutrisi pada ikan cupang. Apa saja? Yuk, simak artikel Animalogi berikut ini!

10 Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Bingung memikirkan makanan apa yang cocok diberikan supaya ikan cupang kesayangan Animalovers cepat besar dan tumbuh dengan baik? Mari cek rekomendasinya di bawah ini.

1. Kutu Air

Kandungan nutrisi dari kutu air bermanfaat bagi cupang karena dapat menjaga daya tahan tubuh anak ikan cupang. Tidak hanya itu, kutu air juga bermanfaat untuk membantu ikan cupang memiliki warna yang lebih indah. Sayangnya, karena kandungan lemaknya rendah, kamu perlu memvariasikan pemberian kutu air dengan pakan alami lainnya, ya.

2. Jentik Nyamuk

Makanan ikan cupang yang paling umum dan mudah didapatkan adalah jentik nyamuk. Walaupun jentik nyamuk biasa dibasmi, ternyata makanan ikan cupang agar cepat besar satu ini kaya akan protein sehingga cocok untuk ikan cupang remaja yang masih dalam tahap pertumbuhan. 

Untuk mendapatkan jentik nyamuk juga tidak susah, lho. Kamu bisa mengisi ember dengan air bekas cucian beras lalu tempatkan di tempat yang gelap dan terbuka. Kemudian, tunggu beberapa hari hingga jentik nyamuk muncul. 

3. Lalat

Lalat adalah pilihan pakan ikan cupang yang tak kalah bernutrisi dibandingkan makanan ikan cupang lainnya. Sebelum memberikan lalat kepada ikan cupang, pastikan buang terlebih dahulu bagian kepalanya. Selain itu, makanan bergizi bagi ikan cupang satu ini sebaiknya tidak perlu diberikan dalam jumlah yang banyak, ya.

4. Kuning Telur

Biasa dikonsumsi oleh manusia, kuning telur juga dapat menjadi makanan ikan cupang yang bernutrisi tinggi karena kaya akan protein. Rebus atau kukus kuning telur terlebih dahulu sebelum diberikan kepada ikan cupang. Pastikan untuk tidak berlebihan memberikan kuning telur serta rajin membersihkan sisa-sisa pakan ikan cupang satu ini karena bisa mengotori aquarium, ya. 

5. Cacing Sutra

Cacing sutra atau cacing rambut juga bisa dijadikan sebagai makanan ikan cupang, lho. Cacing jenis satu ini memang biasa ditemukan di perairan kotor seperti selokan. Tetapi, kamu tidak perlu kotor-kotoran mencarinya di selokan karena cacing sutra juga bisa dengan mudah ditemukan di pedagang ikan hias di sekitarmu.

6. Cacing Darah

Selain cacing sutra, ada pula cacing darah atau blood worm yang terkenal dengan warnanya yang merah menyala. Cacing jenis ini kaya akan gizi dan protein. Selain itu, cacing darah dipercaya baik dapat menghasilkan warna yang lebih indah pada ikan hias. 

7. Microworms

Cacing berukuran kecil atau microworms cocok sebagai makanan ikan cupang yang masih bayi karena ukurannya yang kecil tersebut. Budidaya microworms tidaklah sulit, karena kamu hanya perlu membelinya di pedagang ikan hias. Kemudian tempatkan microworms pada toples dan berikan sedikit remah-remah roti tawar di dalamnya lalu biarkan hingga microworms akan berkembang biak dengan sendirinya.

8. Burayak Guppy atau Bayi Ikan Guppy

Bayi ikan guppy atau biasa dikenal dengan burayak guppy merupakan salah satu jenis ikan yang cepat berkembang biak dan cocok untuk menjadi santapan ikan cupang. Bukan tanpa alasan, pakan ikan cupang satu ini dikenal sebagai makanan yang memiliki nutrisi baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang. 

9. Artemia

Artemia atau brine shrimp merupakan sejenis udang berukuran kecil yang hidup di laut. Makanan ikan cupang satu ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga sangat baik untuk proses pertumbuhan ikan cupang yang belum terlalu dewasa. 

Sebelum memberikannya kepada ikan cupang, pastikan kamu membilasnya terlebih dahulu agar kadar garamnya berkurang dan tidak mengganggu keseimbangan asupan garam yang dikonsumsi ikan cupang.

10. Infusoria

Makanan ikan cupang yang kini tengah populer yakni infusoria, sejenis invertebrata kecil yang hidup di air. Budidaya infusoria dapat kamu lakukan sendiri di rumah menggunakan kol atau sawi yang dibiarkan membusuk. Kemudian kol atau sawi tersebut direbus dan di peras sehingga didapatkan sarinya.

Campurkan sari ke dalam toples bersama air dari akuarium serta ampas dari kol dan sawi yang telah diperas. Lalu diamkan selama sekitar tiga hari di tempat teduh hingga muncul hewan-hewan kecil berwarna keputihan yang merupakan infusoria.

Nah, itu tadi 10 daftar pilihan makanan ikan cupang agar cepat besar. Sudah temukan pilihan makanan ikan cupang yang paling cocok untuk melengkapi nutrisi ikan cupang kesayanganmu? Nantikan terus artikel-artikel menarik tentang hewan kesayanganmu di Animalogi, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Jenis Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dijamin Ampuh!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]