1. Ikan

Jenis-jenis Makanan Ikan Arwana supaya Warnanya Bagus

Keindahan warna ikan arwana menjadi salah satu daya tarik orang banyak, terutama bagi penggemar ikan. Nah, supaya mempunyai warna yang memukau, berikut ini jenis-jenis makanan ikan arwana yang dapat kamu berikan untuk peliharaan kesayanganmu.

1. Kelabang

Kelabang (Pixabay)

Makanan ikan arwana pertama yang bisa kamu berikan adalah kelabang alias lipan. Serangga kecil yang satu ini bermanfaat untuk mencerahkan warna ikan, terutama jenis golden red dan super red.

Sama seperti serangga pada umumnya, kelabang memiliki protein lumayan tinggi yang bagus untuk tumbuh kembangnya arwana. Namun begitu, jangan pernah memberikan kelabang yang telah mati karena berpotensi membuat ikan arwana terkontaminasi oleh bakteri.

2. Pelet Ikan 

Pelet Ikan (Pixabay)

Produk olahan ini merupakan makanan yang diberi vitamin buatan sebagai alternatif untuk beragam jenis ikan, termasuk arwana. Produk ini paling mudah untuk dijumpai pada toko-toko ikan hias di sekitarmu.

Apabila mempunyai kandungan gizi yang baik, kamu boleh memberikan pelet sesekali sesuai dengan porsi makan ikan. Sebagai catatan, pelet hanya boleh kamu gunakan sebagai makanan pengganti jika tidak menemukan pakan alami untuk arwana.

3. Jangkrik

Jangkrik (Pixabay)

Sebagai salah satu serangga terfavorit sebagai santapan ikan, jangkrik mempunyai nutrisi seperti beta karoten yang baik untuk arwana. Spesies arwana dengan warna menyala misalnya golden red sangat cocok untuk kamu berikan jangkrik.

Pemberian serangga ini bisa merangsang warna pada arwana supaya tampak lebih cerah. Adapun jangkrik yang boleh diberikan adalah jangkrik kecil maupun yang masih muda.Sebelum menyajikannya sebagai santapan, potong-potong dulu semua kaki jangkrik supaya ikan tidak terluka sewaktu makan.

4. Kecoa Madagaskar

Kecoa Madagaskar (Pixabay)

Tahukah kamu kalau jenis kecoa yang satu ini berbeda dari kecoa rumahan yang sering dijumpai? Dari segi fisik, ukurannya jauh lebih besar dengan kandungan protein yang tinggi. Makanan ikan arwana ini dipercaya ampuh untuk mempercantik warna ikan, khususnya yang berwarna merah.

Kamu tidak harus ke Madagaskar untuk bisa memperoleh kecoa ini. Cukup datang ke toko ikan hias ataupun toko lain yang menjualnya. Soalnya, di samping menjadi pakan arwana, kecoa ini pun sering menjadi hewan peliharaan yang menarik.

5. Cacing Beku

Cacing Sutra (Merah Putih)

Berikutnya, ada cacing sutra alias cacing beku sebagai makanan ikan arwana kecil. Teksturnya yang lunak sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai santapan, terutama buat anak ikan arwana yang sedang tumbuh.

Cacing ini mempunyai khasiat yang sangat bagus untuk ikan hias, termasuk arwana. Sejumlah nutrisi seperti protein dan lemaknya yang tinggi pastinya mampu untuk mempercepat pertumbuhan arwana kecil kesayangan kamu.

6. Udang

Udang (Pixabay)

Buat kamu yang memelihara arwana jenis golden red dan ingin warnanya menjadi lebih cerah, cobalah memberikan udang sebagai pakan utama. Sebagai catatan, udang yang kamu berikan haruslah segar, bukan yang beku ataupun yang sudah busuk karena tidak akan memberikan khasiat apapun kepada arwana. 

Kamu juga harus membuang sungutnya supaya ikan arwana tidak terluka sewaktu menyantap. Selain untuk golden red, udang juga bisa kamu manfaatkan sebagai makanan ikan arwana silver.

7. Belatung

Belatung (Pixabay)

Makanan ikan arwana biar cepat besar selanjutnya adalah belatung. Mungkin bagi kebanyakan orang, hewan ini sangat menjijikkan, tetapi belatung alias maggot dapat menjadi opsi santapan arwana kamu, lho. 

Kandungan proteinnya yang tinggi mampu memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ikan arwana. Kamu dapat menjadikannya sebagai hidangan utama maupun variasi makanan. Tidak perlu susah payah berburu, sekarang sudah banyak toko-toko yang menyediakan belatung sebagai makanan ikan.

8. Ikan Kecil

Ikan kecil (Pixabay)

Sebenarnya, arwana di alam liar merupakan predator yang sering berburu ikan-ikan kecil sebagai makanan. Sama seperti ketika kamu memeliharanya di akuarium, tidak ada salahnya untuk memberikan sejumlah ikan kecil, seperti ikan mas, lele, serta nila sebagai pakan.

Makanan ikan arwana sejenis itu sangat bermanfaat bagi pertumbuhan mengingat kandungan proteinnya yang tinggi. Selain itu, pastikan untuk selalu memisahkan dulu ikan pakan di akuarium karantina karena belum tentu ikan yang kamu beli sudah steril.

Nah, itulah jenis-jenis makanan ikan arwana agar warnanya bagus. Sudah temukan pilihan makanan yang paling tepat untuk ikan kesayanganmu? Simak artikel menarik lainnya di laman Animalogi, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Jenis-jenis Makanan Ikan Arwana supaya Warnanya Bagus

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]