1. Reptil

Ketahui Bagaimana Cara Merawat dan Memberi Makanan Iguana

Merawat hewan peliharaan memang susah-susah gampang. Apalagi, jika hewan yang dipelihara relatif jarang dijadikan hewan peliharaan. Reptil menjadi salah satu contohnya. Reptil yang kerap kali dijadikan peliharaan adalah oleh masyarakat adalah ular dan iguana. Sebagai peliharaan eksotis, cara perawatan hewan-hewan tersebut pun tidak bisa secara sembarangan. Begitu pula dengan makanannya.

Iguana, Satwa Reptil yang Usianya Bisa Mencapai 20 Tahun

Wajahnya yang garang dan sangar seringkali membuat orang-orang salah paham mengira bahwa iguana termasuk pemakan daging. Padahal, reptil yang satu ini termasuk herbivora atau hewan pemakan tumbuh-tumbuhan.

Iguana (Iguanidae) adalah jenis kadal berukuran besar yang hidup dan tersebar di wilayah-wilayah tropis. Reptil yang suka berjemur ini dapat hidup hingga 12 tahun lamanya. Iguana dewasa dapat mencapai panjang 2 meter dengan berat kurang lebih 9 kilogram. 

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulik lebih dalam tentang apa makanan iguana untuk menjawab berbagai macam pertanyaan seputar makanan iguana.

Cara Merawat Iguana

Cara Merawat Iguana (sumber: Pexels)
Cara Merawat Iguana (sumber: Pexels)

1. Gunakan Besar Kandang yang Sesuai

Iguana termasuk hewan arboreal, yaitu hewan pemanjat. Berikan dekorasi panjatan pada kandang. Lebar kandang pun harus disesuaikan dengan ukuran tubuh iguana, idealnya 2-3x dari panjang tubuh mereka.

2. Pastikan Kelembaban Habitat atau Kandang

Iguana secara berkala melakukan pergantian kulit. Penting bagi Animalovers untuk memastikan kelembaban di tempat mereka tinggal agar tidak terjadi masalah saat pergantian kulit. 

Saat terjadi pergantian kulit, Animalovers bisa merendam iguana secara rutin dengan air hangat untuk mencegah dehidrasi serta menyediakan tempat persembunyian yang dilengkapi lumut-lumut yang dapat membantu proses ganti kulit. Iguana mungkin akan membutuhkan bantuan saat proses ganti kulit pada bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti kuku, mulut, dan ekornya. 

3. Memotong Kuku Iguana Secara Teratur

Saat dipelihara, iguana tidak lagi membutuhkan kuku-kuku tajam mereka untuk bertahan hidup karena segala kebutuhannya telah dipenuhi oleh sang pemilik. Oleh karena itu, Animalovers dapat memotong kuku-kuku iguana secara rutin. Memotong kuku iguana juga dapat memperkecil resiko infeksi akibat cakaran iguana. 

Rekomendasi Makanan Iguana

Rekomendasi Makanan Iguana (sumber: Pexels)
Rekomendasi Makanan Iguana (sumber: Pexels)

Iguana membutuhkan 50-60% dedaunan hijau untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuhnya, 30-40% sayuran dan bunga dari tanaman, serta sisanya sebanyak 10% dapat diberikan buah-buahan. Berdasarkan persentase tersebut, bisa Animalovers simpulkan bahwa Iguana tidak memerlukan asupan protein hewani. 

Dalam beberapa kasus, terutama iguana yang tinggal di habitat aslinya yaitu alam liar, Iguana akan memakan serangga-serangga kecil. Biasanya iguana tersebut merupakan jenis iguana omnivora yang pada akhirnya akan tetap menjadi herbivora ketika telah mencapai usia tertentu.

Makanan iguana kecil dan iguana dewasa sejatinya sama saja. Lantas, apa makanan iguana? Apakah buah termasuk dalam jenis pakan yang baik dikonsumsi iguana? Jenis sayuran apa yang baik dan tidak berbahaya bagi iguana? Simak uraian selengkapnya di bawah ini. 

1. Dedaunan atau Sayuran Daun

Jenis makanan iguana yang pertama adalah sayuran yang berdaun. Animalovers disarankan menjadikan sayuran dedaunan menjadi makanan utama iguana berdasarkan kebutuhan gizinya. Pilihan sayuran yang bisa dijadikan makanan iguana antara lain:

  • Kangkung 
  • Sawi
  • Pok choy
  • Daun lobak
  • Daun kembang sepatu 
  • Bayam

‎Secara umum, hindari sayuran hijau muda yang kaya serat, vitamin dan kekurangan nutrisi seperti selada dan seledri, ‎Sayuran ini memang kaya serat dan air, tetapi mengandung nilai gizi yang sangat sedikit.‎

2. Sayur-Sayuran

Sebagai herbivora, salah satu makanan iguana adalah sayur-sayuran. Tidak selalu sayuran yang berdaun, Animalovers bisa memberikan jenis sayuran yang lain sebagai variasi pakan sekaligus untuk memenuhi asupan vitamin dan mineralnya. 

  • Wortel
  • Kubis
  • Lobak
  • Brokoli
  • Labu
  • Paprika
  • Ubi 
  • Timun
  • Jagung 
  • Kacang hijau

3. Buah-Buahan

Perlu Animalovers catat jika asupan buah-buahan dalam persentase kecukupan gizi iguana hanya 10%, jadi, tidak perlu memberikan buah-buahan setiap hari. Tetap jadikan sayuran berdaun sebagai makanan iguana yang utama, sedangkan buah-buahan dapat diberikan beberapa kali dalam seminggu. Terdapat banyak jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi iguana, beberapa diantaranya adalah: 

  • Kiwi
  • Melon
  • Pisang
  • Semangka
  • Apel
  • Pepaya 
  • Pir
  • Nanas
  • Jambu biji
  • Mangga
  • Raspberry
  • Blueberry
  • Stroberi
  • Murbei

Setelah mengetahui jenis makanan iguana, ada beberapa panduan penting yang perlu diperhatikan, seperti:

  1. Air bersih dan segar harus ada setiap saat. Ganti air minum setiap hari. 
  2. ‎Beri makan iguana cukup sekali sehari ‎
  3. ‎Iguana tidak mengunyah makanan mereka, tetapi menelannya langsung secara utuh. Makanan harus dicincang, diparut, atau dipotong menjadi potongan-potongan kecil agar mudah dicerna. ‎
  4. Selain dipotong-potong, Animalovers bisa mencampurkan pakan dengan makanan bayi rasa sayuran atau buah untuk mendorong nafsu makan dan konsumsi. 
  5. Suplemen vitamin D dan kalsium bisa diberikan pada iguana. Konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. 
  6. Ketika menambahkan suplemen kalsium dan fosfor, pastikan menggunakan rasio 2:1 karena sesuai dengan yang dibutuhkan oleh iguana. 
  7. Sayuran dan buah-buahan yang tidak iguana makan dalam kurun waktu 10 jam harus dibuang, jangan biarkan membusuk di kandang karena akan menimbulkan bakteri. ‎
  8. ‎Taruh pakan pada wadah agar tetap higienis.

Pantangan Makanan Iguana

Pantangan Makanan Iguana (sumber: Pexels)
Pantangan Makanan Iguana (sumber: Pexels)

Setiap hewan memiliki pantangan tersendiri dalam makanan mereka. Selain karena tidak cocok dengan sistem pencernaan mereka, makanan yang tidak sesuai bahkan bisa menimbulkan penyakit-penyakit yang menyebabkan kematian. 

Pantangan makanan iguana wajib Animalovers ketahui agar si iguana kesayangan tetap sehat dan berumur panjang, serta terhindar dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan.

1. Produk Hewani

Jangan memberikan makanan iguana yang berprotein hewani (seperti daging, telur, yogurt, susu, dll.), karena saluran pencernaan mereka tidak disesuaikan untuk mencerna protein tinggi tersebut. Protein hewani dapat memicu gagal ginjal pada iguana. ‎

2. Buah yang Asam

‎Hindari segala jenis buah jeruk, nanas, dan semua buah-buahan yang memiliki rasa asam jeruk.‎

3. Bayam

Sayuran daun memang sangat baik bagi iguana, tetapi tidak dengan bayam. ‎ Kandungan oksalat pada bayam relatif tinggi. Oksalat juga dikenal dengan nama asam oksalat. 

Senyawa organik ini memiliki fungsi mengikat mineral dan kalsium serta mencegah penyerapan‎‎. Padahal, iguana dan beberapa kadal lainnya, membutuhkan banyak asupan mineral dan kalsium untuk mendukung kesehatan tulangnya.‎

Oksalat akan membentuk kalsium oksalat jika berikatan dengan zat kalsium, yang meningkatkan risiko penyumbatan ginjal, nekrosis, hingga kematian‎‎.‎

Animalovers bisa tetap memberikan bayam pada iguana, tetapi hanya dalam porsi yang kecil. 

Baca juga: Memelihara Sugar Glider? Ketahui 14 Makanan Sugar Glider Ini

Itulah serangkaian informasi lengkap tentang jenis makanan iguana beserta pantangannya. Selalu perhatikan asupan nutrisi bagi si iguana, ya. 

Kalau iguana milik Animalovers, paling suka sayuran apa, nih? Jangan lupa bagian artikel ini agar semakin banyak yang memperoleh manfaatnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ketahui Bagaimana Cara Merawat dan Memberi Makanan Iguana

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]