1. Burung

15 Makanan Burung Parkit yang Bikin Gacor dan Cepat Bertelur

Animalovers, tahukah kamu kalau burung parkit menjadi salah satu jenis burung terfavorit karena kecantikan dan kicauannya yang merdu? Maka dari itu banyak juga yang ingin memelihara mereka. Sebelum bisa memelihara parkit, ada baiknya animalovers mengetahui jenis-jenis makanan burung parkit. 

Animalogi ingin memberikan kepada kamu 15 jenis makanan burung parkit yang dijamin bisa bikin gacor dan cepat bertelur. Tentunya pakan yang direkomendasikan juga mengandung gizi yang cukup dan dilengkapi dengan vitamin yang baik bagi parkit. Apa makanan burung parkit? Yuk, baca artikelnya berikut ini. 

Burung Parkit, Fauna Cantik dengan Kicauan Merdu

Animalovers tentu pernah melihat beragam jenis burung, seperti misalnya burung parkit. Si mungil dengan suara merdu ini merupakan burung asal Australia. Karena suara merdunya, mereka sering diikutkan dalam kompetisi kicau oleh para pemiliknya. Famili dari burung betet dan kakatua ini juga memiliki warna yang cantik dan mempesona. 

15 Jenis Makanan Parkit yang Bisa Bikin Gacor dan Cepat Bertelur

Bagi animalovers yang ingin memelihara burung parkit, berikut ini adalah 15 jenis makanan burung parkit biar gacor. 

1. Biji Jagung Muda

Biji jagung untuk parkit. (Sumber: iStock)

Makanan burung parkit yang pertama adalah biji jagung muda. Sama seperti burung pada umumnya, mereka bisa memakan biji jagung yang terbilang kecil dan pipih. 

Biji jagung muda dianggap paling disukai oleh burung parkit karena segar dan tidak terlalu basah. 

Biji jagung yang berkualitas adalah biji jagung yang tenggelam ketika direndam. Sementara biji jagung yang mengapung tandanya biji tersebut kering dan tidak berisi. 

2. Beras Merah

Beras merah untuk parkit. (Sumber: iStock)

Tak hanya untuk manusia, beras merah juga dipilih sebagai makanan burung parkit. Biji beras merah menjadi pilihan para kicau mania untuk makanan burung parkit lokal. Namun beras merah kini sangat jarang ditemui di toko beras karena harganya yang mahal. Animalovers dapat menemukan beras merah di supermarket. 

3. Biji Jewawut

Jewawut atau barley untuk parakeet. (Sumber: iStock)

Para kicau mania pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan burung parkit yang satu ini. Biji jewawut banyak ditemukan di toko pakan burung. Jewawut memiliki kandungan protein, lemak dan karbohidrat yang baik untuk mereka. 

4. Bayam

bayam untuk parakeet. (Sumber: iStock)

Sayuran bayam ternyata bisa dikonsumsi untuk burung parkit. Tetapi, tidak perlu diberikan setiap hari karena makanan utama mereka adalah biji-bijian. Bayam hanya dapat diberikan setiap beberapa hari sekali untuk memenuhi kandungan gizinya. 

5. Brokoli

Brokoli. (Sumber: iStock)

Dibandingkan dengan bayam, burung parkit lebih menyukai brokoli sebagai pilihan makanan sayuran. Hal ini dikarenakan brokoli memiliki tekstur yang serupa dengan biji bijian. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan gizi yang baik. 

6. Milet

Milet. (Sumber: iStock)

Milet dapat kalian temukan di toko pakan burung. Ada dua jenis milet, yaitu milet merah dan milet putih. Kebanyakan burung parkit lebih menyukai milet putih yang mirip seperti biji jewawut.

7. Kol

Kol. (Sumber: iStock)

Dengan kandungan gizinya yang cukup banyak, sayuran kol juga dapat dijadikan opsi untuk makanan parkit. Sama dengan jenis sayuran lainnya, sebaiknya kol hanya dijadikan makanan selingan saja. 

8. Buah-Buahan

Buah-buahan. (Sumber: iStock)

Sama seperti makanan burung kakatua, burung parkit juga makan buah-buahan, loh. Jenis buah buahan yang bisa diberikan untuk mereka adalah pisang, pir, melon, jeruk dan anggur. Namun, buah hanya bertahan 2 jam setelah dikupas. Apabila telah lebih dari 2 jam maka harus dibuang karena akan membusuk dan berbahaya bagi parkit. 

9. Grit

Grit. (Sumber: Hewany)

Grit menjadi salah satu alternatif yang praktis jika tidak ada batu kerikil. Grit merupakan campuran dari kulit kerang dan pecahan batu kali bahkan sampai arang batok granit yang telah dihaluskan dengan agak sedikit bertekstur. Harga makanan burung parkit ini juga terbilang murah. 

10. Vitamin

Vitamin. (Sumber: Unsplash)

Selain pemberian pakan yang bergizi, pemberian vitamin untuk burung parkit juga sangat diperlukan. Vitamin ini banyak ditemukan di pasaran dan sesuai dengan kebutuhan. Vitamin juga berfungsi untuk fertilitas burung sehingga meningkatkan kualitas telur. 

11. Pelet

Pelet. (Sumber: iStock)

Selain makanan yang alami, kamu juga bisa memberi makan pelet instan yang mengandung amino, vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh parkit. 

Selain itu, di dalam pelet juga terkandung biji bijian seperti jewawut, millet, jagung, dan sebagainya. 

Akan tetapi tidak semua parkit menyukai pakan pelet. Untuk membiasakan mereka makan pelet, kamu dapat memberikannya secara berkala dan membutuhkan proses beberapa minggu. 

12. Batu Kerikil

Gravel. (Sumber: iStock)

Memangnya batu kerikil bisa menjadi makanan untuk burung parkit? Jawabannya bisa, dong! Batu kerikil mengandung sejumlah mineral yang bermanfaat untuk mereka. Selain itu, batu kerikil juga dapat membantu proses pencernaan makanan yang dikonsumsi dengan cara dihaluskan. 

13. Tauge

Tauge. (Sumber: iStock)

Satu lagi sayur-sayuran yang menjadi pilihan makanan burung parkit Australia, yaitu sayur tauge. Ternyata, selain bermanfaat untuk kesuburan bagi manusia, tauge juga dianggap sebagai makanan burung parkit agar cepat bertelur. Tak hanya itu, kandungan vitamin E dalam tauge bermanfaat kesehatan bulunya. 

14. Kacang-Kacangan

Kacang kacangan. (Sumber: iStock)

Dengan ukurannya yang kecil, kacang-kacangan juga bisa menjadi pilihan makanan parkit. Namun karena mengandung lemak yang tinggi, maka konsumsi kacang-kacangan harus dibatasi. 

Kamu dapat memberikan setiap 2-3 minggu sekali. Jenis kacang yang dapat dikonsumsi oleh mereka adalah kacang mete, almond, dan kacang tanah yang pastinya harus dalam keadaan mentah. 

15. Tulang Sotong

Apabila kamu memiliki parkit betina yang akan bertelur, kalsium yang ada pada tubuh mereka akan berkurang sehingga nantinya akan berpengaruh pada kualitas anakan parkit.

Maka dari itu, kamu harus memberikan pakan tulang sotong yang telah dihaluskan dan kemudian dicampurkan dengan pakan harian. Tulang sotong juga berfungsi untuk mengasah paruh mereka. 

Baca juga: Burung Sriti: Mitos, Makanan, Harga Sarang, dan Cara Merawatnya

Jadi itu tadi 15 jenis makanan burung parkit agar jinak bagi kamu yang baru ingin memelihara burung parkit. Berikanlah makanan yang sesuai dengan makanannya dan rawat dengan baik. Ikuti terus artikel menarik seputar hewan lainnya hanya di Animalogi. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Makanan Burung Parkit yang Bikin Gacor dan Cepat Bertelur

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]