1. Burung

6 Macam Makanan Burung Kutilang Agar Makin Gacor dan Merdu

Kutilang (Pycnonotus aurigaster) merupakan salah satu jenis burung yang gemar dipelihara banyak orang. Biasanya, burung ini mudah ditemukan di tempat-tempat terbuka, mulai dari kebun, pekarangan, hingga tepi jalan. Makanan burung kutilang utamanya adalah buah-buahan yang lunak. Namun, agar kicauannya dapat lebih merdu, yuk simak beberapa makanan burung kutilang berikut ini!

Makanan Burung Kutilang

Berikut ini adalah beberapa makanan burung kutilang yang dapat membuat kicauannya makin merdu dan lebih gacor:

1. Pepaya

Banyak petani yang menganggap bahwa burung kutilang adalah hama karena suka memakan tanaman buah-buahan mereka. Yup, hal ini karena buah-buahan adalah makanan burung kutilang yang utama, salah satunya pepaya.

Tekstur pepaya yang lunak merupakan favorit burung kutilang. Apalagi, pepaya memiliki kandungan beragam nutrisi, mulai dari vitamin, air, hingga mineral. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah menemukan pohon pepaya di mana pun dan kapan pun, baik musim kemarau maupun hujan, sehingga tidak perlu repot untuk mencarinya. 

Jika kamu ingin memberi makan burung kutilang dengan pepaya, cukup beri potongan buahnya yang sudah dibelah. Namun, jangan lupa untuk membuang biji-biji pepaya yang ada di dalamnya karena burung kutilang tidak menyukainya. 

2. Pisang

Jenis buah lain yang merupakan makanan burung kutilang adalah pisang. Sama dengan pepaya, pisang juga memiliki tekstur yang lunak. Tak hanya itu, pisang memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh burung kutilang.

Jenis buah yang umumnya diberikan ke burung kutilang adalah pisang kepok. Sebab, sebagian orang percaya bahwa jenis buah pisang yang satu ini dapat meningkatkan kualitas kicauan burung kutilang.

Jika ingin memberi makan burung kutilang dengan pisang, pilihlah buah yang memiliki tekstur daging lunak. Sebab, yang teksturnya keras dan masih mentah cenderung kurang disukai burung kutilang. Selain itu, kamu juga bisa menghaluskan buah pisang terlebih dahulu sebelum diberikan kepada burung kutilang.

Baca juga: 7 Makanan Burung Kenari Biar Gacor dan Rajin Berkicau 

3. Pakan Pabrikan

Memberikan pakan pabrikan (voer) sebagai makanan burung kutilang juga bisa menjadi pilihan untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Sebab, dalam voer, sudah terkandung kombinasi dari berbagai jenis makanan burung, mulai dari ekstrak buah-buahan, madu, dan serangga.

Nama lain voer yang biasanya ditulis pada label kemasannya adalah trucukan. Umumnya, voer akan mudah ditemukan di toko perlengkapan hewan dengan harga yang cukup terjangkau. Jenis voer yang disukai burung kutilang biasanya memiliki aroma pisang. Atau, untuk memilih voer yang tepat, kamu bisa memperhatikan kandungan di dalamnya.

4. Air Minum

Tidak hanya makanan, air minum juga perlu kamu berikan ke burung kutilang. Idealnya, asupan air minum harus selalu tersedia di dalam kandang burung kutilang. Hal ini bertujuan untuk mencegah burung kutilang terserang dehidrasi. Selain itu, pemberian air minum juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan burung kutilang.

Wadah air minum burung kutilang juga perlu diperhatikan. Pasalnya, burung kutilang biasanya menjadikan wadah air minum sebagai tempat mandi. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengganti dan membersihkan wadah air minum burung kutilang setiap hari agar terhindar dari berbagai risiko penyakit.

5. Serangga

Makanan burung kutilang selanjutnya adalah serangga, utamanya yang memiliki protein tinggi. Sebab, pakan serangga dengan kandungan protein yang tinggi disinyalir dapat memberikan stamina tambahan pada kicauan burung, sehingga suaranya akan lebih gacor.

Biasanya, burung kutilang yang ada di alam liar memangsa berbagai jenis serangga di sekitarnya, mulai dari jangkrik, belalang, ulat, hingga kupu-kupu. Namun, untuk burung kutilang peliharaan, kamu bisa membelinya melalui toko perlengkapan hewan. Umumnya, toko perlengkapan hewan menyediakan makanan burung kutilang berupa ulat hongkong, kroto segar, dan jangkrik.

Makanan burung kutilang berupa serangga dapat kamu berikan beberapa hari sekali saja. Selain itu, perlu diperhatikan juga untuk tidak memberi burung kutilang peliharaan serangga liar karena dapat beracun.

Baca juga: 7 Jenis Burung Hantu di Indonesia yang Unik & Bisa Dipelihara 

6. Vitamin Tambahan

Sebenarnya, makanan burung kutilang yang sudah disebutkan di atas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan akan asupan nutrisinya. Akan tetapi, untuk kondisi tertentu, seperti misalnya sedang sakit atau hendak mengikuti kontes, kamu dapat memberi burung kutilang vitamin tambahan.

Memberi makan burung kutilang berupa vitamin tambahan dapat meningkatkan kualitas suara dan kebugaran tubuh. Berkenaan dengan ini, kamu dapat mencampurkan tambahan vitamin pada pakan atau langsung memberikannya saja ke burung kutilang. Selain itu, pemberian vitamin tambahan cukup dilakukan 1-3 kali setiap minggunya.

Makanan Anak Burung Kutilang

Sebenarnya, anak burung kutilang akan mendapatkan makanan dari hasil lolohan induknya. Oleh karena itu, kamu tidak harus memberi makan anak burung kutilang. Akan tetapi, sebagian orang percaya bahwa memberi makan anak burung kutilang sejak baru menetas dapat meningkatkan kualitas suaranya.

Nah, jika kamu ingin memberi makan anak burung kutilang, cukup buat campuran voer dan air yang dihaluskan menjadi bubur. Kemudian, gunakan sedotan atau lidi untuk diberikan kepada anak burung kutilang selama 25-30 hari hingga usianya cukup dewasa. Setelah dewasa, burung kutilang sudah bisa mengonsumsi makanan tanpa bantuan.

Baca juga: Mengenal Burung Kepodang Jawa, Si Cantik yang Bersuara Gacor 

Demikianlah pembahasan lengkap dari Animalogi tentang berbagai macam makanan burung kutilang agar makin gacor dan bagus kicauannya. Jangan lupa juga untuk memberi makan burung kutilang secara rutin agar nutrisinya terjaga. Semoga penjelasan di artikel ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 6 Macam Makanan Burung Kutilang Agar Makin Gacor dan Merdu

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]