1. Burung

7 Makanan Burung Kenari Biar Gacor dan Rajin Berkicau

Kenari adalah salah satu jenis burung yang saat ini digemari oleh kicau mania. Suaranya yang lantang dan merdu membuat burung ini menjadi primadona dalam dunia burung kicau. Apa sih rahasia di balik suara merdu dan gacor dari burung Kenari ini? Yuk ikuti Animalogi membahas 7 makanan burung kenari supaya rajin berkicau dan makin gacor. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Apel

Makanan burung kenari yang pertama adalah apel. Burung kenari cukup menggemari apel, layaknya manusia. Bahkan, sudah banyak pemilik kenari yang sudah membiasakan burung peliharaannya ini untuk mengonsumsi apel. 

Selain menjadi makanan kesukaan burung kenari, apel juga mengandung banyak sekali kandungan gizi. Kandungan gizi yang terkandung dalam apel membantu meningkatkan kualitas suaranya menjadi lebih mantap. Apel mengandung serat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, kalsium, fosfor, dan nutrisi lainnya

Cara penyajian apel untuk burung kenari juga kamu perlu perhatikan. Kamu perlu mengikis kecil-kecil buah apel dan gantung pada sisi kandang. Dengan cara menggantungkan apel seperti ini kamu sudah melatih burung untuk mengambil makanannya.

Ulat Hongkong

Makanan burung kenari selanjutnya adalah ulat hongkong. Ulat hongkong adalah jenis pakan yang biasanya digunakan supaya burung kenari semakin rajin berkicau. Setelah burung memakan ulat hongkong, burung akan merasakan gatal pada kerongkongan sehingga membuatnya menjadi terus berkicau.

Kamu dapat menggabungkan pakan satu ini dengan jenis makanan lainnya seperti biji-bijian maupun kroto. Kamu perlu memperhatikan porsi makan burung karena ulat hongkong dapat menyebabkan obesitas jika dikonsumsi secara berlebihan. Burung yang obesitas menjadi pendiam dan cenderung jarang berkicau.

Telur Puyuh

Makanan burung kenari berikutnya adalah telur puyuh. Sama seperti manusia, telur puyuh juga memiliki gizi yang tinggi pada burung. Kamu dapat memberikan telur puyuh sebagai salah satu pakan untuk burung kenari. 

Kamu tidak perlu memberikan telur yang utuh, hanya berikan bagian kuning telurnya saja. Bagian kuning telur adalah bagian yang mengandung semua gizi terbaik untuk burung. Jadi, tidak perlu untuk memberikan semua bagian telur. 

Bagian putih telur dapat kamu berikan jika kamu ingin membuat burung kenari milikmu semakin berisi. Jangan berikan telur mentah pada burung kenari karena burung ini tidak suka telur puyuh yang mentah. Kamu dapat merebusnya terlebih dahulu sebelum memberikannya.

Jika sudah direbus dan matang, kamu dapat menghancurkan telur dan kemudian meletakkannya di sebuah wadah. Telur burung puyuh ini hanya bersifat sebagai makanan pendamping karena makanan utama kenari adalah biji-bijian. 

Tulang Sotong

Setelah telur burung puyuh, tulang sotong juga dapat menjadi makanan burung kenari supaya semakin gacor. Tulang sotong mengandung kandungan kalsium yang cukup tinggi dan berfungsi untuk memperkuat tulang burung kenari sehingga kenari memiliki berat badan yang ideal.

Tulang sotong sendiri tidak hanya mengandung kalsium saja, melainkan juga ada mineral yang cukup tinggi. Mineral yang terkandung dalam tulang sotong membantu kebutuhan gizi burung kenari terpenuhi, mulai dari protein, mineral, fosfor dan gizi-gizi lainnya. Ingat, tulang sotong hanya untuk makanan sampingan saja karena tidak baik jika berlebihan.

Kroto

Daftar berikutnya adalah kroto. Nama kroto tentu tidak asing bagi kamu yang memang hobi memelihara burung karena kroto sendiri sering menjadi makanan burung kicau. Banyak pecinta burung yang memilih kroto untuk menunjang performa burung kicaunya.

Kroto sendiri adalah sebutan untuk larva atau telur semut. Dari sekian makanan yang disarankan, kroto adalah jenis makanan yang terbaik diberikan kepada burung kenari kesayanganmu. Kamu juga dapat menemukannya dengan mudah di pasar burung terdekat.

Kroto mengandung protein yang cukup tinggi, terlebih teksturnya yang sedikit lengket membuat burung kenari menyukai makanan satu ini. Kamu dapat mencampurkan kroto dengan makanan lainnya seperti sayur atau biji-bijian.

Oyong atau Gambas

Oyong atau gambas adalah salah satu makanan burung kenari yang direkomendasikan. Oyong ini dapat kamu dapatkan dengan mudah melalui tukang sayur yang lewat depan rumahmu atau datang ke pasar terdekat. Oyong ini juga dapat kamu jadikan sebagai makanan kenari sehari-hari.

Oyong mengandung berbagai kandungan yang baik untuk burung, seperti lemak, protein, karbohidrat, kalsium, vitamin B1, vitamin A, dan vitamin C. Dapat dikatakan bahwa oyong ini sudah mengandung nutrisi yang kompleks. Selain itu, oyong juga membantu burung kenari untuk semakin gacor.

Oyong biasanya diberikan pada burung kenari yang sedang dalam performa jelek atau kurang gacor. Jika kamu sering mengikuti kontes seperti itu, oyong adalah senjata utama untuk membantu burung kenari kesayanganmu menjadi lebih gacor.

Sawi atau Pakcoy

Setelah membahas tentang oyong atau gambas, kita akan membahas sawi atau pakcoy sebagai makanan burung kenari. Sawi atau pakcoy dapat membantu burung kenari supaya semakin rajin berkicau. Selain itu, pakcoy juga membantu burung kenari memiliki tubuh yang lebih kuat serta kicauan yang merdu.

Sawi atau pakcoy mengandung beberapa kandungan gizi seperti fosfor, kalsium, lemak, protein, zat besi, vitamin B, vitamin C, dan vitamin A. Berbeda dari oyong, kamu hanya dapat memberikan sawi atau pakcoy seminggu sekali. Pemberian makanan ini juga perlu memperhatikan karakter burung kenari yang kamu punya.

Baca juga: 15 Makanan Burung Parkit yang Bikin Gacor dan Cepat Bertelur

Demikian pembahasan Animalogi mengenai 7 makanan burung kenari biar gacor dan rajin berkicau. Kamu tentu perlu memperhatikan setiap takaran makanannya supaya nutrisi yang didapat juga seimbang. Semoga penjelasan ini bermanfaat! 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Makanan Burung Kenari Biar Gacor dan Rajin Berkicau

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]