1. Fakta Unik

10 Jenis Makanan Anjing Kecil Supaya Cepat Tumbuh Besar

Kekuatan dan ketangkasan tubuh anjing menjadi salah satu daya tarik bagi orang banyak, khususnya buat pecinta hewan peliharaan yang satu ini. Supaya anjing kecilmu bisa cepat tumbuh besar, berikut ini 10 jenis makanan yang dapat kamu berikan untuk meningkatkan asupan nutrisinya.

1. Kaldu Tulang

Kaldu Tulang (Klikdokter)

Makanan anjing kecil pertama yang bisa kamu berikan adalah kaldu tulang. Cara pembuatannya sangatlah mudah. Kamu tinggal merebus tulang ayam atau sapi selama beberapa jam dengan api kecil sampai warna airnya mulai keruh dan mengental. 

Kaldu tulang sendiri berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan, membantu proses detoksifikasi hati, memelihara saluran pencernaan, hingga memperkuat tulang, otot, sendi, ligamen, dan tendon dari anjing.

2. Telur

Telur ayam (Pixabay)

Kamu dapat menyajikan telur ayam matang sebagai makanan anjing kecil sederhana. Walaupun mempunyai kandungan protein yang tinggi, telur juga kaya akan lemak sehingga kamu tidak boleh terlalu sering memberikannya. 

Di samping itu, jangan pula menyajikan telur mentah maupun setengah matang karena berpotensi membuat peliharaanmu menjadi terkontaminasi oleh bakteri Salmonella. 

3. Ikan dengan Omega-3

Ikan salmon (Pixabay)

Makanan anjing kecil yang sehat dan bergizi selanjutnya adalah ikan yang mengandung omega 3. Sebut saja, ikan salmon, sarden, serta ikan yang berukuran kecil lainnya.

Bagi anjing, kandungan omega-3 tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, ginjal, jantung, kulit, bulu, dan matanya. Dengan begitu, ikan salmon yang matang  pasti akan menjadi makanan kesukaan anjing kecilmu.

4. Daging tanpa Lemak

Daging tanpa lemak (Pixabay)

Hidangan semacam ini bisa kamu sajikan untuk menjaga kualitas asupan protein pada peliharaanmu. Terdapat banyak opsi yang boleh dipilih sebagai makanan anjing kecil, seperti daging ayam, sapi, sampai babi tanpa perlu menambahkan bumbu apapun ke dalamnya.

Daging tanpa lemak memiliki sederet manfaat untuk anjing kesayanganmu, seperti tinggi kandungan vitamin B dan asam amino yang mampu menjaga kelangsungan metabolismenya.

5. Brokoli

Brokoli (Pixabay)

Seperti yang diketahui, brokoli menyimpan segudang vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan, termasuk untuk hewan peliharaan. Dalam hal ini, kamu bisa memberikan brokoli sebagai makanan anjing kecil demi mendorong nutrisi tubuhnya. 

Namun begitu, jangan menyajikannya terlampau banyak karena bisa mengakibatkan iritasi gastrointestinal pada organ dalamnya. Dengan kata lain, kamu cukup membatasinya di bawah 10 persen dari keseluruhan makanan hariannya.

6. Wortel

Wortel (Pixabay)

Tahukah kamu kalau potongan wortel juga bisa menjadi makanan anjing kecil yang tepat untuk pertumbuhannya? Wortel sendiri mempunyai kadar vitamin dan serat yang tinggi, tetapi tetap rendah kalori. Di samping itu, dengan mengunyah wortel, kesehatan gigi anjing bisa lebih terjaga, lho

Kamu dapat memberikan wortel yang matang maupun mentah dan pastikan untuk selalu memotongnya seukuran gigitan anjing supaya tidak tersedak. Sebagai catatan, hindari memberikan lebih dari satu wortel agar pola makannya tetap seimbang.

7. Jeroan

Jeroan (Pixabay)

Siapa yang tidak kenal dengan jeroan? Aneka bagian jeroan, misalnya usus, hati, otak, babat, serta kikil bisa menjadi alternatif makanan anjing kecil kesayanganmu. 

Jeroan ampuh untuk meningkatkan kekuatan sekaligus mendukung pembentukan sel darah merah pada anjing. Ditambah lagi, ternyata bahan makanan yang satu ini juga mampu menjaga daya tahan mereka.

8. Keju

Keju (Pixabay)

Makanan anjing kecil berikutnya adalah keju, terutama yang mengandung sedikit garam dan rendah lemak. Kandungan kalsium dan proteinnya yang tinggi sangat cocok untuk dijadikan sebagai camilan anjing. Namun, jangan pula memberikan keju terlalu apabila anjingmu tidak bisa mencerna produk susu atau intoleransi terhadap laktosa.

9. Apel

Apel (Pixabay)

Buah yang satu ini memang kerap menjadi kesukaan banyak orang. Bahkan, hewan seperti anjing pun senang untuk mengonsumsinya.

Kamu bisa mengiris dan memotong apel sebagai makanan bagi anjing kecil. Pastikan juga kamu selalu ingat untuk untuk membuang biji apel sebelum menyajikan pada anjing.

10. Oatmeal

Oatmeal (Pixabay)

Selain menjadi menu sarapan sehat setiap harinya, oatmeal ternyata bisa kamu manfaatkan sebagai makanan anjing kecil, lho. Kandungan serat dan nutrisinya yang tinggi sangat bagus untuk kesehatan anjing. 

Akan tetapi, kamu wajib mengolah oatmeal dengan benar sebelum menyajikannya sebagai makanan anjing kecil kesayanganmu. Apabila kamu mempunyai anjing yang sudah tua dan mulai kesusahan untuk mencerna makanan, oatmeal adalah jawabannya.

Nah, itulah 10 jenis makanan anjing kecil makanan supaya cepat tumbuh besar. Sudah temukan opsi makanan yang paling cocok untuk peliharaan kesayanganmu? Simak terus artikel menarik lainnya di Animalogi, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Jenis Makanan Anjing Kecil Supaya Cepat Tumbuh Besar

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]