1. Burung

Mengenal 10 Jenis Burung Macaw, Harga, dan Fakta Uniknya

Burung yang kerap kali disebut-sebut sebagai burung peliharaan sultan inii tengah mendapat banyak perhatian dari berbagai khalayak. Bukan hanya warnanya yang mencolok dan eksotik, burung beo jenis yang satu ini dilirik karena kecerdasannya yang bisa disetarakan dengan manusia.

Terdapat berbagai jenis Burung Macaw yang tersebar luas di seluruh dunia. Satu yang paling sering dicari karena kualitasnya adalah Macaw Hyacinth. Yuk, ketahui 10 jenis Burung Macaw yang lainnya beserta fakta uniknya!

10 Jenis Burung Macaw yang Harus Kamu Ketahui

Perbedaan yang langsung dapat diamati dari jenis-jenis Burung Macaw adalah warna yang dominan pada bulu mereka. Berikut adalah jenis-jenisnya.

1. Macaw Hyacinth

Macaw Hyacinth adalah satu dari beberapa keluarga burung beo yang paling populer. Selain karena warna birunya yang elegan, hewan ini juga memiliki siulan yang indah dan kecerdasan yang tinggi.

Macaw Hyacinth juga memiliki paruh melengkung/bengkok dengan ukuran lumayan besar. Apabila dilatih dengan benar, Macaw Hyacinth dapat menirukan suara manusia dengan baik.

2. Macaw Scarlet

Macaw Scarlet (sumber: Pixabay)
Macaw Scarlet (sumber: Pixabay)

Jenis Burung Macaw selanjutnya yang akan diulas setelah Macaw Hyacinth adalah Macaw Scarlet. Apa perbedaan di antara keduanya? Jawabannya tentu saja warna bulu mereka yang berbeda. Macaw Hyacinth memiliki bulu warna biru gelap, sementara Macaw Scarlet memiliki 3 warna pada tubuhnya (merah, biru, dan kuning) serta ekor indah berwarna merah. 

3. Lear’s Macaw

Macaw Lear (sumber: animalia.io)
Macaw Lear (sumber: animalia.io)

Lear’s Macaw yang memiliki nama ilmiah Anodorhynchus leari ini termasuk burung beo yang sangat sosial dan hidup berkelompok, mulai dari 8-30 ekor. Penampilannya hampir sama seperti macaw Hyacinth. Lear’s Macaw termasuk spesies burung beo yang masuk dalam kategori endangered atau terancam punah.

4. Spix Macaw

Spix Macau (sumber: smithsonianmag)
Spix Macau (sumber: smithsonianmag)

Spix Macaw adalah Burung Macaw Hyacinth dengan versi warna biru yang lebih terang. Animalovers yang pernah menonton film Rio 2 (2014) pasti familiar dengan burung ini. Burung ini bahkan pernah dinyatakan punah pada awal tahun 2000, untungnya masih dapat ditemukan beberapa spesies yang tersisa beberapa tahun setelahnya. 

5. Blue and Gold Macaw

Selain Macaw Hyacinth, Burung Macaw Biru dan Kuning juga memiliki warna yang amat memikat hati. Sesuai namanya, burung ini memiliki campuran warna biru dan kuning yang mencolok, tetapi tetap serasi. 

Burung Macaw jenis ini mampu terbang dengan kecepatan maksimal 24 km/jam dan lifespan 50-60 tahun. 

6. Hahn’s Macaw

Hahn's Macaw (sumber: DollFairy)
Hahn’s Macaw (sumber: DollFairy)

Tertarik dengan burung beo yang berukuran tidak terlalu besar? Hahn’s Macaw patut dijadikan pilihan karena ukurannya yang hanya sekitar 12 inchi dengan berat 150 g (dewasa). Burung yang memiliki nama latin Diopsittaca nobilis memiliki bulu berwarna hijau di sekujur tubuhnya.

7. Green Wing Macaw

Sama dengan Macaw Hyacinth dan beberapa Burung Macaw yang lainnya yang masih memiliki warna biru pada bulunya, Green Wing Macaw juga memiliki sedikit corak biru dengan warna hijau yang lebih dominan pada bulunya. Makau jenis ini memiliki paruh yang cukup besar. Kabar baiknya, burung ini tidak diambang batas kepunahan.

8. Macaw Hybrid

Macaw hadir dengan berbagai karakter, terutama warna bulunya. Oleh karena itu, untuk mendapatkan anakan terbaik, persilangan antar jenis akhirnya dilakukan. Terdapat banyak tipe persilangan yang populer. Salah satunya ialah Ruby Macaw.

Ruby macaw adalah hibrida generasi pertama dari Scarlet Macaw dan Umbrella Macaw. Jenis ini memang agak langka, tetapi mereka dapat ditemukan di peternakan burung tertentu. Ruby Macaw memiliki ciri warna oranye yang memudar di sekitar leher,

9. Macaw Illger

Habitat asli Macaw Illiger adalah bagian selatan Amerika Selatan bagian tengah, termasuk hutan – hutan di Brazil tengah dan timur, Argentina utara, dan sebagian besar Paraguay. 

Berbeda dari Macaw Hyacinth yang keseluruhan tubuhnya berwarna biru, hanya sayap Maca Illger saja yang berwarna biru. 

Burung ini memang berukuran kecil, tetapi untuk perawatannya bahkan cenderung sama dengan Burung Macaw yang berukuran lebih besar.

10. Severe Macaw

Severe Macaw ini berasal dari Amerika Tengah bagian selatan dan Amerika Selatan bagian utara. Spesies ini sangat terkenal di Panama dan Bolivia. Sesuai dengan namanya, burung Macaw Severe dikenal karena tahap perkembangan agresifnya pada masa remaja.

Fakta Unik Burung Macaw

Setelah mengetahui jenis-jenis Burung Macaw, simak beberapa fakta unik dan menarik dari burung menawan yang satu ini.

  1. Burung Macaw adalah spesies burung beo yang terbesar dari sekitar 370 spesies lain yang ada di bumi.
  2. Karena ukurannya yang besar, burung ini dapat memiliki berat mencapai 2 kg
  3. Termasuk hewan diurnal yang beristirahat pada malam hari dan aktif pada siang hari.
  4. Burung Macaw memiliki paruh yang sangat kuat. Mereka akan menggigit jika Animalovers tidak berhati-hati saat memegang mereka.
  5. Burung Macaw hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya.
  6. Macaw terbesar yang tercatat saat ini adalah Macaw Hyacinth yang dapat tumbuh hingga 1,5 meter.
  7. Untuk komunikasi antar sesama, Burung Macaw biasanya ‘berteriak’, berkicau, dan mengoceh.
  8. Burung Macaw betina dapat menghasilkan 2-4 telur.
  9. Burung Macaw sangat suka mengunyah, bisa saja mereka mengunyah ‘sesuatu’ non-makanan yang ada di sekitar mereka.
  10. Beberapa makanan seperti ceri, alpukat, makanan yang mengandung kafein, daging mentah, kerang, dan coklat bisa berbahaya bagi mereka.
  11. Mereka sering mencari perhatian dari pemiliknya dengan mengeluarkan kicauan yang indah maupun yang memekakkan telinga.
  12. Karena sifatnya itu, Burung Macaw bisa menjadi agresif dan berkicau dengan suara melengking hanya untuk menarik perhatian.
  13. Apabila dilatih dengan benar,Burung Macaw bahkan bisa menirukan suara orang.
  14. Burung Macaw adalah hewan yang cerdas dan memiliki otak setara  anak berusia 4-8 tahun. Uniknya, mereka bahkan dapat mengingat cara membuka kandang mereka.
  15. Sama seperti peliharaan lainnya, Burung Macaw akan sakit jika kandangnya tidak dibersihkan secara teratur karena amonia yang dikeluarkan dari kotorannya tidak baik untuk dihirup.

Harga Burung Macaw 2022

Melansir dari banyak sumber, berikut adalah kisaran harga Burung Macaw Hyacinth serta yang lainnya.

Nama Burung MacawHarga
Blue and Gold MacawRp. 15.000.000/ekor
Greenwing Macawstart from Rp. 14.000.000 (anakan)
Hahn’s MacawRp. 16.000.000
Macaw Hyacinthup to Rp. 70.000.000/ekor
Macaw Hybrid Rp. 20.000.000 (anakan)
Macaw Illigerup to Rp. 120.000.000/pasang
Military MacawRp. 20.000.000/pasang
Scarlet Macawup to Rp. 22.000.000/ekor
Severe Macawup to Rp. 30.000.000/ekor
Yellow Collared MacawRp. 20.000.000/ekor

Baca Juga: 15 Makanan Burung Parkit yang Bikin Gacor dan Cepat Bertelur

Itulah informasi lengkap tentang 10 jenis Burung Macaw lengkap dengan harganya. Karena keunggulannya yang sangat beragam, tak pelak burung beo jenis ini tidak dibanderol dengan harga yang sembarangan. Tak hanya itu, dalam melatihnya pun tidak boleh secara asal-asalan.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal 10 Jenis Burung Macaw, Harga, dan Fakta Uniknya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]