1. Anjing

Kutu Anjing: Jenis, Penularan, & 10 Cara Menghilangkannya

Hewan mungil bernama kutu yang selalu menghisap darah adalah musuh anjing. Selain membuat anjing selalu merasa gatal, beberapa kutu juga dapat membuat kulit anjing terluka. Untuk Animalovers yang hewan peliharaannya terserang kutu berikut informasi lengkap mengenai jenis dan cara menghilangkan kutu anjing.

Kutu, Hewan Kecil Pengganggu yang Membuat Anjing Tidak Nyaman 

Kutu anjing
(Sumber: Wikipedia)

Kutu adalah hewan kecil yang sangat mengganggu bagi hewan kesayangan. Mereka mampu membuat peliharaan menjadi tidak nyaman. Tanda-tanda adanya kutu di tubuh hewan dapat dilihat dengan gejala dimana mereka akan menggaruk-garuk seluruh tubuhnya secara terus menerus. 

Maka dari itu, kutu kecil ini harus pemilik hewan basmi agar membuat hewan peliharaan menjadi nyaman dan lebih tenang. Artikel ini akan membahas secara lengkap cara menghilangkan kutu anjing secara ampuh. 

Berbagai Jenis Kutu Anjing

Ada berbagai jenis kutu anjing yang memiliki dampak dan gejala yang berbeda. Berikut informasinya.

1. Tick

Jenis kutu anjing yang pertama adalah ticks. Jenis ini sering berada di kulit anjing namun terkadang mereka juga berada pada tubuh kucing. Kutu ini menghisap darah anjing yang menyebabkan demam berdarah pada anjing sehingga mengakibatkan kondisi yang parah. Animalovers juga perlu berhati-hati dengan kutu yang satu ini karena mereka dapat menular pada manusia. 

2. Lice

Kutu jenis ini biasanya hanya berada di kulit anjing dan sulit menular ke kucing. Mereka menghisap darah dan pernah dilaporkan sebagai vektor cacing pita. Sama seperti tick, kutu ini dapat menular ke hewan.

3. Flea

Flea adalah satu jenis kucing yang bisa menular pada anjing. Mereka menghisap darah dan dapat menyebabkan alergi kulit pada hewan. Kutu ini dapat menyebabkan demam berdarah yang berat dan dapat membuat anjing kekurangan darah.

4. Scab

Kutu ini hidup dibawah kulit sambil memakan jaringan di dalamnya. Kutu ini mengakibatkan terbentuknya gorong-gorong hingga terjadi scabies dan membuat kulit anjing terluka. Kamu akan melihat kulit anjing akan kemerahan. Perlu kamu ketahui bahwa kutu ini menular pada manusia sehingga harus berhati-hati ketika peliharaan mengalami gejala tersebut. 

5. Demodex

Demodex adalah salah satu jenis kutu yang tidak menular. Mereka lebih banyak menyerang kucing daripada anjing. Mereka biasanya muncul saat hewan peliharaan memiliki imut yang rendah karena stress dan keinginan kawin. Munculnya kutu jenis ini memiliki gejala kemerahan pada permukaan kulit yang mirip dengan scab. 

10 Cara Menghilangkan Kutu

Bagi animalovers yang masih bingung bagaimana cara menghilangkan kutu anjing dapat menyimak 12 cara berikut.

1. Menggunakan Sampo Anti Kutu

Sampo anti kutu adalah hal dasar untuk menghilangkan kutu. Ada berbagai macam sampo yang dapat kamu coba sebagai salah satu cara menghilangkan kutu anjing kesayangan kamu. Selalu perhatikan kandungan dan bahan yang ada pada sampo. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terkait dengan sampo kutu seperti apa yang cocok untuk hewan lucumu.

2. Gunakan Sisir Khusus Kutu

Sisir-kutu-anjing
(Sumber: Shopee)

Kamu cukup membeli sisir khusus kutu dan dapat menyisir bulu anjing secara perlahan. Selalu berhati-hati ketika menyisir kutu ya agar kamu juga tidak tertular kutu mereka.

3. Obat Kutu

Penggunaan obat dapat langsung kamu beli di apotek maupun berkonsultasi dengan dokter hewan. Beberapa obat terkadang mengandung bahan-bahan yang membuat peliharaan menjadi alergi karena tidak cocok, jadi selalu berhati-hati dalam memilih obat. 

4. Air Garam

Cara menghilangkan kutu anjing secara alami adalah dengan menggunakan garam. Caranya sangat mudah kamu dapat mencampurkan garam dengan air hangat lalu basuhkan secara perlahan pada tubuh anjing. Selain membasmi kutu, teknik ini dapat membasmi telur kutu anjing juga.

5. Menggunakan Lemon

Cara menghilangkan kutu anjing menggunakan lemon
(Sumber: Pixabay)

Cara menghilangkan kutu anjing alami selanjutnya adalah menggunakan lemon. Kamu dapat mengiris buah lemon lalu rebus bersamaan dengan air hingga mendidih. Lalu biarkan air untuk beberapa saat agar tidak panas saat disemprotkan ke anjing. Selalu ingat ya sangat sampai larutan mengenai mata anjing karena akan membahayakan.

6. Batasi frekuensi Keluar Ruangan

Jika kamu sudah berusaha maksimal menjaga kebersihan anjing, kandang, dan rumahnya namun tetap terkena kutu mungkin ada baiknya kamu membatasi pergerakan mereka ke luar ruang. Kemungkinan besar terdapat penularan melalui hewan atau tempat lain yang harus kamu waspadai. Cara menghilangkan kutu anjing di rumah adalah dengan tidak membiarkan mereka keluar.

7. Minyak Esensial

Cara menghilangkan kutu anjing secara ampuh adalah menggunakan minyak esensial. Caranya sangat mudah yakni meneteskan 10 tetes minyak esensial ke dalam air sebanyak 300 ml lalu semprotkan pada anjing. Selalu berhati-hati untuk tidak menyemprotkan pada matanya dan tidak tertelan oleh anjing. 

8. Minyak Kelapa

Tahukah kamu bahwa minyak kelapa dapat membantu melawan virus, antibakteri dan antiinflamasi? Hal ini karena minyak kelapa memiliki kandungan asam lauran yang berguna melawan bakteri, selain itu minyak ini juga dapat membantu mengatasi masalah kutu pada anjing serta membuat bulu menjadi sangat berkilau. Caranya mudah kok, cukup dengan mengoleskan minyak kelapa langsung kepada bulu anjing.

9. Cuka Apel dan Garam

Cara menghilangkan kutu anjing secara alami adalah menggunakan cuka apel dan garam. Kandungan cuka apel sangat baik untuk meningkatkan pH anjing, caranya sangat mudah kok kamu hanya perlu menyemprotkan larutan cuka apel dan garam ke bulu anjing.

10. Jaga Kebersihan Kandang & Rumah

Gambar kandang anjing
(Sumber: Pixabay)

Setelah menghilangkan kutu anjing ada baiknya jika menjaga kebersihan rumah dan kandang. Selain itu juga menjaga kesehatan anjing dengan selalu rutin memeriksa kebersihan bulunya. 

Apakah Kutu Anjing Menular Ke Manusia?

Kutu peliharaan tidak dapat menular ke manusia. Mereka lebih senang berada di rumbut hewan yang tebal. Namun meski tidak menular, kutu hewan dapat menghisap darah manusia. Jadi, kamu harus selalu berhati-hati ketika hewan peliharaan kamu terserang kutu.

Baca juga: Harga Anjing Pudel, Jenis, Sifat & Cara Merawatnya [LENGKAP]

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu untuk menghilangkan hewan kutu menyebalkan yang menyerang anjing kesayanganmu. Jika keberadaan kutu sudah mengakibatkan penyakit pada kulit anjing, periksakanlah segera ke dokter hewan terdekat.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kutu Anjing: Jenis, Penularan, & 10 Cara Menghilangkannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]