1. Kucing

Kucing Mixdom (Ras Campuran): Harga, Ciri-Ciri, & Cara Merawat

Kucing mixdom adalah kucing yang dihasilkan dari proses perkawinan ras asli dengan kucing domestik. Masih banyak para pecinta hewan yang berpendapat jika kucing mixdom merupakan kucing domestik yang sering berada di sekitar lingkungan rumah, padahal dua jenis kucing tersebut sangat berbeda. Mari mengenal kucing campuran ras lebih dalam yuk.

Mengenal Kucing Mixdom, Ras Kucing Campuran yang Unik dan Terjangkau

Kucing mixdom
(Sumber: Pixabay)

Masih banyak yang bertanya-tanya, apa perbedaan antara kucing mixdom dan kucing ras asli. Dari segi keturunan, kucing ras adalah kucing yang dihasilkan dari perkawinan suatu ras murni, sedangkan mixdom kucing yang dihasilkan dari dua kucing ras yang berbeda. 

Meski kucing mixdom tidak berasal dari ras murni, bukan berarti kucing ini tidak selucu ras murni loh. Kucing ras campuran memiliki wajah lucu yang begitu unik karena hasil pencampuran dua jenis kucing antara kucing domestik dan kucing ras. Selain itu, Kucing campuran domestik dan ras asli memiliki keunggulan yang tidak dimiliki dibanding ras kucing asli yakni memiliki memiliki biaya perawatan yang jauh lebih mudah dan murah dibanding dengan ras kucing asli.

Harga kucing mixdom juga lebih terjangkau ketimbang kucing ras asli yakni sekitar Rp500.000 – Rp2.000.000,00 (tergantung jenis ras). Kamu bisa mendapatkan kucing mixdom di petshop atau tempat penangkaran hewan.

Ciri-Ciri Kucing Mixdom

Kucing domestik
(Sumber: Pixabay)

Dikarenakan percampuran antara kucing ras asli dan kucing domestik maka ciri-ciri kucing mixdom biasanya tidak jauh berbeda dengan kucing ras. Perkawinan dua jenis hewan tersebut antara menghasilkan kucing baru ataupun mengikuti salah satu dari kedua induknya.

Jika salah satu kucing ras seperti Persia dikawinkan dengan kucing domestik biasanya akan mendapatkan keturunan yang bagus. Kucing tersebut akan memiliki bulu yang cantik seperti Persia dan mungkin tubuh yang seperti kucing domestik. Jadi, hal ini tergantung dengan kucing domestik akan mengawini kucing ras apa.

Berikut ciri-ciri kucing mixdom secara umum:

  • Memiliki sifat yang aktif, walau terkadang agresif.
  • Badannya mungkin berbeda dari ras kucing asli dan akan memiliki badan yang besar dari kucing domestik.
  • Bulu yang bagus mengikuti kucing ras.
  • Bola mata yang indah (biasanya mengikuti bola mata kucing ras asli.
  • Harga kucing ras campuran biasanya lebih murah dibanding ras asli.

10 Jenis Kucing Mixdom Paling Lucu dan Harganya

Sama seperti kucing ras asli yang memiliki banyak jenis, kucing mixdom juga memiliki banyak jenis loh. Untuk penyesuaian jenis akan disesuai dengan ras asli kucing yang akan dikawin silangkan dengan kucing domestik.

1. Kucing Tuxedo Mixdom

Kucing mixdom tuxedo
(Sumber : Pixabay)

Kucing tuxedo mixdom adalah kucing ras campuran yang paling banyak dicari dan paling populer di dunia karena ukuran dan perawakannya yang bagus. Kucing lucu ini memiliki ciri-ciri berwarna hitam dan putih serta memiliki bulu yang cenderung pendek. Sesuai namanya yakni tuxedo, kucing ini terlihat menyerupai seperti sedang memakai tuxedo.

2. Kucing Tabby Mixdom

Kucing tabby mixdom
(Sumber : The Spruce Pes)

Kucing campuran ras yang paling banyak dicari selanjutnya adalah kucing tabby mixdom. Jenis kucing ini berasal dari campuran ras ocicat bobtai Amerika. Kucing ini memiliki ciri-ciri bulu berpola dengan garis yang terlihat seperti bulu yang berpencar. Jenis kucing ini memiliki warna bulu berwarna abu-abu, coklat, dan terkadang oranye dengan tanda warna putih di dada dan kaki.

3. Kucing Mixdom Maine Coon

(Sumber: Kucing Mania)

Kucing mixdom maine coon adalah salah satu kucing ras campuran yang paling populer. maine coon termasuk dalam salah satu kelompok kucing medium hair yang sangat cantik dan memiliki tanda khusus. Pada bagian ekornya memiliki bulu yang panjang sehingga terlihat seperti kemoceng. Memiliki medium hair membuat pemilik dari maine coon harus melakukan perawatan ekstra agar bulu kucing tidak rontok dan kusut. 

4. Kucing Mixdom Himalaya

Kucing himalaya mixdom
(Sumber : Pet Finder)

Kucing ras asli himalaya adalah kucing yang paling banyak dicari, begitupun dengan mixdom. Kucing ras campuran himalaya ini memiliki bentuk yang tidak jauh dari himalaya asli meski sudah dicampur dengan kucing domestik. Ciri-ciri kucing mixdom himayala adalah berbulu lebat dan lembut dengan warna 

Warna bulu himaya sendiri berwarna putih kecoklatan dengan mata yang terkadang berwarna biru. Perawatannya pun lebih mudah dan harga kucing mix dom himalaya cenderung lebih murah ketimbang ras aslinya. 

5. Kucing Mixdom Anggora

kucing mixdom anggora
(Sumber: Freepik)

Kucing anggora adalah salah satu kucing ras yang paling banyak dipelihara. Perkawinan silang antara kucing domestik dengan angora menjadi kucing yang banyak diincar para pecinta hewan yang ingin mengadopsinya.

Ciri-ciri kucing ras campuran angora adalah memiliki bulu yang lebih panjang dari kucing domestik dan ekor yang seperti kemoceng. Perawatan kucing domestik campuran angora tidak sesulit kucing ras campuran manine coon yang memiliki medium hair sehingga kucing jenis ini dapat menjadi pilihan jika kamu ingin memelihara kucing ras campuran yang tidak butuh perawatan yang sulit.

6. Kucing Persia Mixdom

Kucing persia mixdom
(Sumber: Bio Guard Labs)

Selain kucing angora, persia adalah salah satu jenis kucing yang paling banyak dipelihara. Kucing persia memiliki bulu yang tebal seperti anggora dan badan yang agak gemuk ketika beranjak dewasa. Ekornya sedikit panjang dibanding kucing domestik lainnya. Harga kucing mixdom persia berkisar sekitar Rp1.000.000,00 – Rp2.000.0000,00.

7. Kucing Mixdom Siberia

kucing siberian mixdom
(Sumber: Istock)

Kucing campuran ras domestik siberia yang berasal dari Rusia ini memiliki warna bulu yang beragama yakni dari putih, perak, coklat kekuningan, biru dan hitam. Bulu dari mixdom siberia sangat panjang dan dibutuhkan perawatan khusus. Jika dilihat sekilas kucing seperti kucing ras persia yang memiliki bulu yang tebal dan panjang. Kucing ras campuran yang satu ini memiliki batas umur yang cukup panjang yakni sekitar 12 hingga 15 tahun.

8. Kucing Mixdom Siam

Kucing mixdom siam
(Sumber: Pet Finder)

Memiliki fisik yang sangat cantik dengan bulu berwarna hitam dan coklat membuat siam menjadi kucing yang paling banyak dipelihara. Perkawinan silang antara siam dengan kucing domestik akan menghasilkan tubuh kucing yang memiliki bulu lebih terang daripada ras aslinya.

Berdasarkan kecerdasan, kucing campuran ras siam memiliki kecerdasan diatas rata-rata. Mereka senang dengan hal-hal baru dan memiliki rasa penasaran yang tinggi. Matanya berwarna biru cerah yang sangat cantik, namun terkadang warna matanya berwarna coklat dan ungu. Kucing campuran domestik dengan ras asli siam ini terkenal manja dan sering mengikuti pemiliknya.

9. Kucing Dom Marble Mixdom

Kucing marble mixdom
(Sumber: Kucing Mania)

Kucing mixdom dom marble memiliki pola bulu yang lucu dan unik dengan garis yang berpencar. Bulunya tidak terlalu panjang dan wajahnya terlihat sangat menggemaskan. Sekilas jika tidak diperhatikan secara detail maka kucing ini terlihat seperti kucing domestik.

10. Kucing Mixdom Munchkin

Kucing munchkin mixdom
(Sumber: Pet Insurace)

Ras Munchkin adalah salah satu ras yang termasuk dalam hewan yang ingin dipelihara. Percampuran antara kucing munchkin dan domestik akan menghasilkan kucing dengan bulu berwarna putih dan bercorak abu-abu yang sangat cantik.

Cara Merawat Kucing Mixdom

Meski cara merawat kucing mixdom tidak sesulit kucing ras asli, pemilik harus tetap memperhatikan cara perawatan yang benar. Agar tidak salah merawat, untuk calon pemilik maupun yang sudah memiliki kucing mixdom harus mengetahui cara merawat tersebut dengan benar dan tepat. Yuk, kita pelajari cara merawat kucing ras campuran.

1. Sisir Bulunya Secara Berkala

Bulu kucing yang indah
Bulu kucing yang indah (Sumber: Pixabay)

Menyisir bulu kucing secara berkala adalah hal yang wajib diperhatikan. Apabila kucing tersebut memiliki bulu yang pendek maka kamu cukup menyisir bulunya seminggu sekali saja, namun untuk kucing yang memiliki rambut yang panjang harus menyisir bulunya setiap hari agar tidak kusut dan kusam.

2. Mandikan dengan Rutin

Kucing sedang mandi
(Sumber: Proud Cat Owner)

Kucing tidak terlalu perlu dimandikan setiap hari karena mereka biasanya mandi dengan cara menjilati bulunya apabila kotor. Namun, tetap saja perlu diperhatikan ya jadwal mandi kucing, jangan terlalu sering karena dapat menyebabkannya stress dan jangan terlalu jarang agar membuat bulunya selalu bersih.

3. Potong Kukunya Saat Sudah Panjang

Kuku kucing
Kuku kucing (Sumber: Pixabay)

Agar selalu bersih, pemilik dapat memotong kuku kucing secara berkala selama sebulan sekali. Pemotongan kuku sangat penting agar menjaga kebersihan dan kucing tidak mencakar orang lain.

4. Biarkan Tetap Aktif

Kucing sedang bermain (Sumber: Pixabay)

Kucing memang tidak seaktif anjing, namun ia biasanya sangat senang bermain. Pemilik dapat menemani kucingnya untuk bermain, selain agar kucing menjadi sering bergerak hal ini dapat mencegah kucing mengurangi obesitas pada kucing.

5. Tidak Perlu Beri Makanan Mahal, Tapi Jangan Beri Nasi

(Sumber: Pixabay)

Makanan kucing ras campuran tidak semahal ras asli, mereka tidak terlalu butuh makanan khusus namun perlu diingat bahwa jangan memberi mereka nasi. Pemilik dapat memberikan makanan yang mengandung protein, rendah lemak, vitamin dan mineral. Mereka dapat diberi makan dengan makanan basah seperti ikan ataupun makanan kemasan dry food.

Agar kucing semakin senang, kamu dapat menambahkan snack di sela-sela ketika ia melakukan kegiatan. Namun, perlu dicatat bahwa jangan terlalu sering memberi snack karena dapat membuat kucing menjadi gendut dan obesitas.

Itu tadi pembahasan lengkap mengenai harga, ciri-ciri, dan cara merawat kucing mixdom. Memelihara kucing mixdom tidak sesulit kucing ras dan biaya perawatannya pun lebih murah, hal ini dapat menjadi pertimbangan untuk mengetahui jenis kucing ras campuran seperti apa yang cocok untuk dipelihara. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu dalam mempertimbangkan ingin mengadopsi kucing ras campuran ya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kucing Mixdom (Ras Campuran): Harga, Ciri-Ciri, & Cara Merawat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]