1. Kucing

Harga Kucing Himalaya, Jenis, Ciri-Ciri, dan Sifatnya [LENGKAP]

Salah satu jenis kucing yang banyak dicari untuk dipelihara adalah kucing himalaya. Kucing lucu berbulu tebal ini pasti telah membuat kamu gemes dan berpikir untuk mengadopsinya kan? Mari mengenal jenis kucing himalaya, ciri-ciri, dan sifatnya ini lebih jauh yuk.

Sekilas Tentang Kucing Himalaya, Ras Persia Berbulu Unik

Kucing himalaya menggemaskan
(Sumber: Unsplash)

Menurut sejarah, kucing himalaya sudah ada semenjak ratusan tahun lalu namun baru populer di Eropa sekitar tahun 1950-an. Kucing bermata biru yg lucu ini termasuk dalam ras kucing domestik, mereka dihasilkan dari perkawinan antara kucing persia dan kucing siam sehingga menghasilkan bentuk badan persia dan wajah siam.

The International Cats Association (TICA) memasukkan himalaya sebagai kelompok persia dan kucing eksotis menurut standar kucing persia. Tampilan fisik yang persis seperti persia membuat kucing bermata biru ini dianggap sebagai versi lain dari kucing persia dan bukan termasuk ras terpisah. 

Ciri-Ciri Kucing Himalaya Paling Khas

Ciri-ciri kucing himalaya
Kucing himalaya (Sumber: Pexel)

Sebelum memutuskan untuk mengadopsi, ada baiknya kamu mengetahui ciri-ciri kucing himalaya agar dapat membedakan kucing himalaya asli dan palsu.

1. Bulu yang mirip kucing ras persia dan ras siam.
2. Warna tubuh biasanya mengikuti ras siam.
3. Badan yang bulat persis seperti persia.
4. Bulu yang panjang.
5. Ekor yang panjang dan berwarna gelap pada ujungnya seperti kemoceng.
6. Wajahnya berwarna gelap.
7. Kaki dan tangan berwarna coklat gelap.
8. Memiliki kaki dan tangan yang pendek.
9. Mata berwarna biru.
10. Senang berinteraksi dengan manusia.

Karakteristik dan Sifat Kucing Himalaya

Anakan kucing himalaya
Anakan kucing himalaya (Sumber: Pixabay)

Karakteristik dan sifat menjadi pertimbangan utama dalam memelihara hewan. Agar kamu dapat mengetahui perlakuan seperti apa yang harus diberikan, berikut karakteristik dan sifat kucing himalaya.

1. Ramah ke Manusia

Kucing himalaya coklat (Sumber: Pixabay)

Karena keramahannya menjadikan kucing yang banyak disukai oleh banyak orang. Mereka ramah dan manja disaat yang bersamaan. Mereka terkadang terlihat acuh tak acuh pada pemiliknya, namun mereka sangat senang dielus seperti bayi. 

2. Bisa Hidup Berdampingan dengan Peliharaan Lain

Kamu memiliki anjing lucu di rumah namun tetap mempertimbangkan memelihara kucing? Kamu tidak perlu khawatir karena kucing berbentuk bulat ini bisa berdampingan dengan peliharaan lain. Mungkin pada awalnya mereka akan sedikit pemalu, namun lama kelamaan kucing himalaya dan anjing peliharaan kamu yang lain akan segera menjadi sahabat.

3. Malas/Tidak Suka Berburu

Sifat dan Karakter Kucing Himalaya yang pemalas
(Sumber: Pixabay)

Sifat jelek kucing menggemaskan ini adalah mereka cenderung malas ketika sudah selesai makan. Mereka biasanya akan lebih senang berdiam diri seperti batu dibanding harus bergerak. Jika sedang malas, mereka cenderung tidak peduli apapun dan siapapun meski dipaksa selakipun.

4. Cenderung Tidak Galak Saat Diajak Bermain

Berbeda ketika mood mereka sedang bagus , kucing himalaya akan sangat senang diajak bermain. Bahkan terkadang mereka sendiri yang akan menghampiri pemiliknya untuk mengajak bermain. Kegemasan dan wajahnya yang polos akan membuat kamu ketagihan bermain dengan kucing manis ini.

5. Rawan Kegemukan

Kucing himalaya gendut
(Sumber: My Pet Needs That)

Himalaya memiliki sifat yang terkadang malas bergerak ketika selesai makan, mereka bergerak hanya ketika ingin saja. Hal ini menyebabkan mereka menjadi mudah kegemukan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat memberinya makanan rendah kalori, rutin menimbang berat badannya, dan selalu ajak kucing kesayangan kamu untuk bergerak dengan menggunakan mainan ataupun sesuatu yang menarik.

Jenis Kucing Himalaya dan Harganya

Pada saat ini terdapat berbagai jenis kucing himalaya yang dihasilkan dari perkawinan silang dengan ras lain. Untuk lengkapnya berikut jenis kucing himalaya sebagai pertimbangan kamu dalam memilih jenis yang ingin diadopsi. 

1. Lynx Point Himalayan

Lynx Point Himalayan
(Sumber: Pixabay)

Jenis kucing himalaya yang paling banyak disukai dan dicari adalah Lynx Point Himalayan yang memiliki warna coklat dan putih. Anggota tubuhnya memiliki garis-garis berwarna coklat gelap. 

2. Lilac Point

Lilac Point Himalayan
Lilac Point Himalayan (Sumber: CC0 Public Domain, Pikist)

Lilac Point adalah salah satu jenis himalaya yang paling banyak dicari karena fisiknya yang begitu cantik. Matanya berwarna biru, bulunya berwarna putih pucat, wajah dan telinganya berwarna coklat terang. 

3. Flame Point

Flame Point Himalayan
Flame Point Himalayan (Sumber: Love to Know)

Berbeda dengan Lilac Point yang sangat pucat, maka Flame Point sebaliknya. Mereka kelihatan hangat dengan tubuh berwarna krem, orange atau merah tua, hidup mereka berwarna sedikit pink, serta mata indah berwarna biru laut yang begitu indah. 

4. Cream Point

Cream Point Himalayan
Cream Point Himalayan (Sumber: Kingsley Kittens)

Cream Point memiliki warna bulu seputih susu yang begitu indah, pada tangan dan kaki mereka warnanya sedikit pink gelap. Mata indahnya berwarna biru laut yang membuat banyak orang jatuh cinta. 

5. Seal Lynx Point

Seal Lynx Point
Seal Lynx Point Himalayan (Sumber: Magical Siberians)

Pada bagian tubuh Seal Lynx Point memiliki titik-titik berwarna coklat gelap pada bagian wajah dan tubuhnya. Secara keseluruhan bulunya berwarna krem hangat yang begitu panjang. Hidungnya berwarna coklat muda, paw berwarna coklat kemerahan, serta mata biru tua. 

6. Lilac Lynx Point

Lilac Lynx Point
Lilac Lynx Point (Sumber: @moon_the_ragdoll)

Lilac Lynx Point adalah salah satu jenis kucing himalaya yang langka dan banyak dicari. Mereka memiliki tubuh berwarna putih pucat, titik abu-abu di wajahnya, paw yang berwarna pink cerah, dan mata indah seperti lautan. 

7. Chocolate Point

Chocolate point himalayan
Chocolate point himalayan (Sumber: Pixabay)

Chocolate Point adalah salah satu jenis kucing himalaya yang memiliki mata berwarna biru yang hangat. Bulu mereka berwarna putih gading dan cakar yang berwarna pink. Pada bagian wajah terdapat titik-titik berwarna coklat yang membuat mereka begitu manis dan menggemaskan. 

Secara umum harga anakan kucing himalaya menurut Finansialku berkisar antara Rp800.000,00. – Rp3.000.000,00. tergantung dari jenisnya. Namun, apabila ras himalayan tidak murni seperti kucing himalaya kampung (kucing himalaya mix domestik) maka harganya akan jauh lebih murah. Berikut harga harga kucing himalaya. 

Tabel harga Jenis kucing himalaya dan harganya

NoJenisHarga
1.Anakan himalaya Rp1.000.000,00
2. Anakan himalaya (vaksin)Rp2.000.000,00
3. Anakan Himalaya putihRp1.000.000,00
4Kucing himalaya mix kampung (domestik)Rp600.000,00
5.Peaknose himalaya long hairRp3.000.000,00
6.Himalaya short hairRp1.800.000,00
7.Peaknose Extreme Himalaya ExoticRp2.000.000,00
8. Himalaya asliRp1.050.000,00
9.Medium HimalayaRp1.000.000,00
10.Himalaya FlatnoseRp900.000,00

Sebagai catatan, semua harga yang ditampilkan dapat berubah-ubah, tergantung dari kondisi fisik kucing tersebut. Selain itu, apabila kucing sudah diberikan vaksin maka kemungkinan akan lebih mahal dan begitupun sebaliknya.

Info Makanan Kucing Himalaya

Anakan himalayan sedang tertidur
(Sumber: Pixabay)

Dalam memberikan makanan kucing, kamu harus memperhatikan gizi dan kalorinya ya agar kucing manis ini tidak obesitas. Kamu dapat membeli makanan instan khusus untuk kucing ras atau jika kamu ingin membuatnya langsung, makanan kucing himalaya adalah ikan tuna, salmon, daging ayam, daging sapi, dan terkadang mereka sangat menyukai keju ketika bosan dengan makanan biasanya.

Cara Merawat Kucing Himalaya

Memiliki bulu yang lebih pendek dari kucing asli ras persia, himalaya tidak memerlukan perawatan yang sulit. Namun, ada beberapa catatan yang harus kamu pahami agar kucing kamu 

1. Jaga Nutrisi Hariannya

Kucing himalayan sedang makan
(Sumber: Pixabay)

Penting untuk menjaga nutrisi himalaya karena kucing ras yang satu ini memiliki penyakit turunan dari persia. Agar mereka terawat dengan baik kamu dapat mengecek kandungan gizi setiap membeli makanan kucing untuk memastikan makanan yang terbaik untuk himalaya kesayangan kamu. 

2. Ajak Kucing Berinteraksi Aktif Tiap Hari

Kucing himalaya terkadang memiliki sifat yang mageran alias malas gerak. Jika kamu memiliki waktu luang, ada baiknya kamu berinteraksi dengan kucing bermata indah ini agar ia aktif bergerak dan tidak terkena obesitas. Selain itu, berinteraksi dengan peliharaan kesayangan setiap hari akan membuat mereka memiliki ikatan emosi yang kuat dengan pemiliknya.

3. Beri Mainan Pendamping

Anakan kucing himalayan
(Sumber: Pixabay)

Setiap hewan peliharaan sangat senang bermain, ada baiknya kamu memberikannya mainan pendamping yang lucu untuk menghiburnya. Kamu juga dapat bermain bersama dengan kucing manja ini agar kalian semakin dekat.

4. Sisir dan Mandikan dengan Rutin

Himalaya persia biasanya memiliki panjang bulu berukuran 2-3 cm. Bulunya yang indah dapat kamu jaga dengan sering menyisir bulunya agar tidak kusut dan kotor. Untuk perawatan mandi, kamu dapat memandikan himalaya 3-4 minggu satu kali. Jangan terlalu sering dimandikan ya, karena hal ini dapat membuat kucing stres.

5. Bersihkan Wajahnya dengan Hati-Hati

Wajah lucu kucing himalaya
(Sumber: Pixabay)

Sama seperti persia, himalaya memiliki penyakit dimana matanya sering berair sehingga menumpuk dan membuat wajahnya menjadi kotor. Kamu dapat mengatasi hal ini dengan membersihkan wajah lucu menggunakan tisu atau lap basah. Pastikan melakukannya dengan hati-hati dan pelan-pelan.

Memelihara kucing himalaya persia tidak sulit kok, mereka cenderung tidak banyak tingkah dan sangat penurut. Sifatnya yang manja dan senang dielus layaknya anak bayi akan membuat hari-hari kamu menjadi ceria. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu untuk mengadopsi kucing himalaya ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Kucing Himalaya, Jenis, Ciri-Ciri, dan Sifatnya [LENGKAP]

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]