1. Hewan Lainnya

Mengenal Karakteristik Kelinci dan Jenis-jenisnya

Kelinci adalah salah satu hewan mamalia lucu yang memiliki bulu tebal dan lembut. Berdasarkan jenisnya, kelinci dibagi menjadi dua, yakni kelinci peliharaan dan kelinci pedaging. Nah kali ini kita akan membahas karakteristik kelinci dan jenis kelinci yang sangat cocok untuk dipelihara.

Kelinci, Si Hewan Lucu yang Banyak Dipelihara

Ada berbagai jenis kelinci lucu yang dapat menjadi hewan peliharaan di rumah. Karakteristik kelinci yang menggemaskan membuat mereka sangat cocok dijadikan teman bermain si kecil ataupun menemani kegiatan di rumah. Berikut penjelasan lengkap yang dapat menjadi referensi kamu untuk memelihara jenis kelinci yang tepat.

15 Jenis Kelinci yang Dapat Kamu Pelihara

Di bawah ini adalah 15 jenis dan karakteristik kelinci yang dapat Animalovers pelihara.

1. Kelinci Rex

kelinci-rex
Gambar kelinci rex (Sumber: Wikipedia)

Jenis kelinci paling populer adalah kelinci rex. Mereka berasal dari Argentina dan banyak dibudidayakan untuk diambil bulunya. Perlu kamu ketahui bahwa bulu kelinci rex sangat halus dan indah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku jaket. 

Ada berbagai macam kelinci rex yang dapat dipelihara. Jenis-jenis kelinci rex adalah white rex, black rex, dan dalmatian rex. Mereka sangat mungil dengan berat sekitar 1-3 kg.

2. Kelinci Anggora

Gambar kelinci anggora
Gambar kelinci anggora (Sumber: Wikipedia)

Jenis kelinci yang satu ini berasal dari negara Turki. Bulu mereka sangat indah dan tebal, sama seperti kucing anggora. Negara-negara Eropa banyak memanfaatkan bulu kelinci anggora sebagai bahan baku untuk menjadi wool. 

Ada berbagai macam warna dari kelinci anggora yakni mulai dari putih, coklat, abu-abu, dan hitam. Mereka sangat lucu dan indah yang mungkin dapat menjadi pilihan peliharaan di rumah.

3. Kelinci Dutch

gambar kelinci dutch
(Sumber: Wikipedia)

Nama dari kelinci dutch telah menunjukkan dari mana asal mereka, yup, mereka berasal dari Belanda. Bulu dari kelinci dutch tidak selebat kelinci anggora, lebih pendek namun bervariasi. 

Di Indonesia peminat dari kelinci dutch sangat ramai sehingga banyak peternak yang menjual hewan ini. Sekali melahirkan, kelinci dutch dapat menghasilkan 7-8 ekor anak.

4. Kelinci Himalaya

Gambar kelinci himalaya
Gambar kelinci himalaya (Sumber: Rabbit Breeder Directory)

Ciri-ciri kelinci himalaya adalah memiliki warna bulu putih dan warna lain pada bagian hidung, ekor, telinga, dan kaki. Keunikan dari kelinci ini terletak pada matanya yang mereka. Ketika kawin, kelinci himalaya dapat melahirkan sekitar 2-6 ekor anak. Harga kelinci himalaya sendiri di Indonesia cukup mahal, yakni sekitar 4 juta.

5. Kelinci Lop

kelinci lop
Gambar kelinci lop (Sumber: Wikipedia)

Telinga kelinci sangat unik dan panjang, mirip telinga anjing. Bulunya sangat tebal dengan perpaduan warna putih dan coklat. Harga kelinci lop ini juga sangat mahal seperti kelinci himalaya, satu ekornya bisa menyentuh angka sekitar 4 juta.

6. Kelinci Satin

Gambar kelinci satin
Gambar kelinci satin (Sumber: Rabbit Breeder Directory)

Jenis kelinci satin berasal dari Amerika Serikat. Mereka memiliki bobot yang cukup besar ketika dewasa yakni sekitar 4-5 kg. Mereka sangat jinak dan senang bersosialisasi sehingga tidak sulit untuk dipelihara.

7. Kelinci Mini Satin

Gambar mini satin
Gambar mini satin (Sumber: Pet Keen)

Bulu yang lebat, halus, dan indah membuat mini satin dapat menjadi pilihan untuk memelihara kelinci. Ras yang satu ini mulai populer sejak tahun 1959 ketika para peternak bereksperimen membuat kelinci satin menjadi lebih kecil.

8. Kelinci Lion

Kelinci Lionhead
Kelinci Lionhead (Sumber: Wikipedia)

Jenis kelinci lion adalah jenis kelinci anggora keturunan Inggris. Bulu mereka tebal dan kebanyakan berwarna coklat muda. Mereka banyak dijadikan sebagai hewan peliharan.

9. Kelinci Polish

kelinci polish
kelinci polish (Sumber: Wikipedia)

Di beberapa sumber dikatakan bahwa kelinci polish adalah jenis kelinci yang paling tua. Mereka berasal dari Belanda dan ditemukan pada tahun 1884. Kelinci ini memiliki umur yang cukup panjang, yakni sekitar 7 tahun. Ciri-ciri dari kelinci polish adalah memiliki telinga pendek, mata berwarna merah dengan bulu putih yang halus.

10. Kelinci Dwarf

Kelinci dwarf
Kelinci dwarf (Sumber: Wikipedia)

Mata kelinci dwarf mungkin akan membuat kamu jatuh cinta. Mereka memiliki mata yang sangat mungil dengan kepala berbentuk bulat, telinga kecil, dan leher pendek. 

11. Kelinci Tan

Kelinci tan rabbit
Kelinci tan rabbit (Sumber: Wikipedia)

Tan adalah salah satu jenis kelinci liar yang sangat penakut. Mereka kemudian dikembangbiakkan dan banyak menghasilkan variasi, di antaranya ada yang berwarna hitam dan coklat. Harga kelinci tan tidak semahal kelinci himalaya kok, terlebih perawatan mereka juga sederhana.

12. Kelinci Holland Lop

Gambar kelinci holland lop
Gambar kelinci holland lop (Sumber: Wikipedia)

American Rabbit Breeders Association pada tahun 1979 telah mengakut kelinci holland lop sebagai kelinci ras. Mereka sangat mini dengan ukuran berat hanya sekitar 1 kg. Kelinci ini tidak terlalu suka berada di kandang dan lebih senang berada di luar ruangan untuk bermain. Pemilik harus mengawasinya ketika bermain.

13. Kelinci Mini Lop

Gambar mini lop
Gambar mini lop (Sumber: Wikipedia)

Mini lop sangat populer di Indonesia dan di dunia. Mereka banyak ditampilkan pada pertunjukkan kelinci, sifatnya yang mudah dilatih akan terasa sangat menyenangkan untuk memeliharanya. 

14. Kelinci Jersey Wooly

Jersey Wooly
Gambar Jersey Wooly (Sumber: Wikipedia)

Jersey wooly adalah hasil perkawinan silang antara ras French angora dengan Netherland Dwarf. Penampilan mereka sangat indah dengan bulu tebal seperti mantel. Namun, kekurangan memelihara kelinci jersey wooly adalah pemilik harus ekstra memantau dan membersihkan bulunya agar mereka tidak terserang penyakit.

10 Karakteristik Kelinci

Setelah mengetahui jenis-jenis kelinci, yuk mari kita bahas karakteristik kelinci yang menjadi bahan pertimbangan selanjutnya. Apa saja karakteristik kelinci? Berikut 10 karakteristik kelinci adalah sebagai berikut:

1. Termasuk ke dalam Hewan Vertebrata

Karakteristik kelinci yang pertama adalah kelinci merupakan hewan vertebrata. Mereka memiliki susunan tubuh dengan sistem kerja menggunakan peredaran darah yang berpusat pada jantungnya. Kelinci yang merupakan hewan vertebrata memiliki tali saraf perpanjangan dari saraf otak lho, Animalovers. 

2. Berbulu

Semua jenis kelinci memiliki bulu yang lembut. Ada berbagai jenis, warna, dan ukuran bulu yang dapat terlihat pada kelinci, tergantung jenis mereka. Bulu ini biasanya menjadi pemikat calon pemilik kelinci untuk memelihara mereka. 

3. Vivipar

Karakteristik kelinci selain hewan vertebrata adalah mereka berkembang biak dengan cara melahirkan atau yang disebut dengan vivipar. Mereka termasuk ke dalam kelompok hewan mamalia. Kelinci yang siap kawin biasanya berumur 12 minggu dengan usia kehamilan sekitar 1 bulan.

4.  Dapat Memelihara 350 derajat

Berdasarkan informasi dari buku Hewan yang Hidup di daerah yang ditulis oleh Sema Gul, kelinci memiliki mata yang terletak di sisi kanan dan kiri kepalanya. Ini membuat mereka dapat melihat dengan sudut 360 derajat. Telinga mereka pun dapat berputar dua arah jika mendengar suara dari yang berbeda. Kelebihan ini sangat penting untuk mengetahui suara predator.

5. Memiliki Gigi yang Besar

Sepasang gigi kelinci akan menjadi perhatian ketika mereka sedang makan. Fungsi dari gigi lucu ini adalah untuk memotong makanan. Kelinci termasuk dalam kelompok herbivora.

6. Kaki terdiri dari depan dan belakang

Berdasarkan Ensiklopedia Fauna Dunia oleh Faiza, kelinci mampu melompat setinggi 1 meter dan sejauh 3 meter menggunakan empat kakinya. Kaki ini pula yang membantu. 

7.Sangat Lincah

Memiliki empat kaki yang mungil membuat mereka dapat berlari cepat untuk menghindari musuh. Sehingga jangan salah jika kelinci kamu memiliki kecepatan lari yang sangat gesit.

8. Organ Respirasi Berupa Paru-Paru

Kelinci adalah hewan mamalia yang memiliki organ respirasi berupa paru-paru karena mereka hidup di darat. 

9. Suka Menggali Lubang

Sama seperti kucing, kelinci sangat suka menggali lubang. Tujuan dari menggali lubang yang dilakukan oleh kelinci adalah untuk melindungi diri dari serangan hewan buas predator.

10. Senang Menggerakkan Telinga dan Hidung

Telinga kelinci sedang berputar
Telinga kelinci sedang berputar (Sumber: Pixabay)

Karakteristik kelinci yang terakhir adalah Ketika hidung dan telinga kelinci bergerak, itu adalah tanda bahwa mereka sedang mendeteksi kehadiran makhluk lain di sekitar mereka. 

Cara Merawat Kelinci 

Perawatan kelinci cukup mudah kok, Animalovers hanya perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini. Berikut adalah cara merawat kelinci:

  1. Selalu memberikan makanan tepat waktu.
  2. Memberikan cemilan sehat berupa jerami dan sayuran.
  3. Berikan air bersih yang cukup.
  4. Jaga kebersihan kelinci dengan selalu membersihkan kandangnya.
  5. Jangan lupa untuk memberikan kandang yang pas dan tidak terlalu kecil agar kelinci dapat tumbuh dan bergerak dengan maksimal. 
  6. Periksakan ke dokter secara rutin untuk memeriksa apakah kelinci sehat atau tidak. 
  7. Hindari makanan yang membuat pencernaan mereka sensitif yakni tomat, kol, jagung, kacang-kacangan, kentang, dan biji-bijian. 

Baca juga: Harga Kucing Munchkin, Jenis, Fakta, & Cara Merawatnya

Nah itu tadi karakteristik kelinci lengkap dengan jenis-jenis yang dapat menjadi referensi untuk Animalovers yang ingin memelihara kelinci. Semoga membantu dan sampai jumpa di artikel tentang hewan berikutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Karakteristik Kelinci dan Jenis-jenisnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]