1. Hewan Lainnya

Hewan Lucu dan Menggemaskan, Inilah 13 Karakteristik Kelinci

Kelinci termasuk hewan mamalia dari keluarga Leporidae, yang banyak dan tersebar di seluruh permukaan bumi. Dahulu, hewan ini merupakan hewan liar yang memiliki habitat di Afrika sampai ke daratan Eropa. 

Sejumlah jenis kelinci dapat hewan peliharaan dan hewan pedaging yang diternakkan. Walaupun jenis kelinci pedaging juga ada yang kerap dijadikan peliharaan. Tinggi kelinci juga bervariasi dengan rata-rata tinggi 132 cm dan berat sekitar 22 kg. Simak penjelasan lengkapnya dalam penjelasan di bawah ini ya, Animalovers!

Kelinci, Hewan Berkaki Lincah yang Lucu dan Menggemaskan

Kelinci, Hewan Lucu yang Lincah (sumber: Pexels)
Kelinci, Hewan Lucu yang Lincah (sumber: Pexels)

Meskipun lebih bau dari hewan-hewan peliharaan yang lain, tak dapat dipungkiri, kelinci adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tubuhnya yang mungil dan berisi serta gerakannya yang melompat-lompat membuat beberapa orang memilih menjadikan kelinci sebagai peliharaan. Sebagai peliharaan, kelinci juga biasa dikembangbiakkan di peternakan. Bagaimana karakteristik kelinci peliharaan dan kelinci liar? 

13 Karakteristik Kelinci yang Wajib Kamu Ketahui

13 Karakteristik Kelinci (sumber: Pexels)
13 Karakteristik Kelinci (sumber: Pexels)

Karakteristik kelinci adalah ciri-ciri morfologi maupun fisiologi yang ada pada kelinci (Oryctolagus cuniculus). Bagi Sobat Animalovers yang memelihara kelinci, penting untuk mengetahui karakteristik kelinci peliharaan anda agar dapat memberikan perawatan yang terbaik dan optimal. Apa saja karakteristik kelinci? Inilah 13 karakteristik kelinci versi Animalogi!

1. Vivipar

Karakteristik kelinci yang pertama, kelinci termasuk tergolong vivipar. Hal ini disebabkan sebagai kelompok mamalia alias binatang menyusui, kelinci berkembangbiak dengan cara beranak dan melahirkan. 

Kelinci mulai bereproduksi apabila sel kelamin betina telah dibuahi dengan sel kelamin jantan. Proses perkembangan embrio hingga menjadi individu akan terjadi sepenuhnya dalam tubuh kelinci betina. Inilah beberapa karakteristik hewan mamalia:

  • Berkembangbiak dengan cara melahirkan.
  • Menyusui anaknya karena memiliki kelenjar susu.
  • Memiliki daun telinga.
  • Tubuhnya dilapisi dengan rambut atau bulu.

2. Vertebrata

Vertebrata adalah sebutan bagi kelompok hewan bertulang belakang. Karena memiliki tulang belakang, kelinci juga tergolong vertebrata. Dibanding hewan invertebrata, hewan-hewan vertebrata memiliki susunan tubuh yang jauh lebih kompleks dan sempurna, serta aliran darah yang terpusat pada jantung. 

Berikut adalah ciri-ciri kelinci sebagai hewan yang bertulang belakang: 

  • Mempunyai tulang belakang sebagai penyangga tubuh
  • Memiliki dua pasang alat gerak yaitu sepasang kaki dan tangan
  • Memiliki anggota badan yang lengkap mulai kepala, leher, badan dan ekor
  • Mempunyai tengkorak di bagian kepala

3. Bernapas dengan Paru-Paru

Karakteristik kelinci yang ketiga adalah kelinci bernapas menggunakan paru-paru. Bukan dengan rongga udara atau insang. Karena habitatnya yang ada di darat serta sebagai hewan mamalia, kelinci memiliki organ paru-paru yang menunjang sistem pernapasannya. Paru-paru kelinci terdapat di rongga dada yang dapat membesar dan mengempis seiring pernapasan kelinci. 

4. Punya Telinga yang Panjang

Hewan mamalia yang menggemaskan ini selain identik dengan wortel juga memiliki ciri khas telinga yang panjang. Telinga kelinci yang panjang bukanlah hanya hiasan semata. Telinga ini berfungsi menangkap suara dalam jarak yang relatif jauh, yaitu sekitar 2-3 km. Uniknya, telinga ini juga bisa diputar sejauh 3/4 putaran lingkaran atau sebesar 270 derajat! Telinganya yang panjang dan sensitif juga berguna untuk mendeteksi predator serta menguatkan sumber suara.

5. Kaki Belakangnya Kuat

Percaya tidak percaya, kaki belakang kelinci lebih kuat dibandingkan kaki depannya. Oleh karena itu, kaki belakang kuat termasuk dalam karakteristik kelinci.

Kaki belakang kelinci berukuran lebih panjang daripada kaki depannya. Kaki belakang kelinci berfungsi untuk berlari kencang dan melompat dengan jauh, sementara kaki depannya hanya berfungsi untuk menggali lubang di tanah saat tengah membuat sarang.

6. Herbivora

Walau kelinci masuk dalam kategori mamalia, yang notabene sebagian besar mamalia adalah karnivora atau omnivora, kelinci masih termasuk herbivora atau hewan pemakan tumbuhan. Karakteristik kelinci kali ini tidak sulit dideteksi karena kelinci sangat sering diasosiasikan dengan wortel. 

Kelinci memiliki banyak makanan favorit selain wortel. Bahkan di alam liar, kelinci biasa makan berbagai tanaman hijau mulai dari sayuran, rumput-rumputan, buah-buahan, dan biji-bijian.

7. Tidak Bisa Muntah

Karakteristik kelinci yang ketujuh adalah kelinci tidak bisa muntah. Tidak seperti kucing peliharaan yang bisa tiba-tiba muntah, hewan berkuping panjang yang satu ini tidak bisa muntah walau saat kekenyangan atau sakit sekalipun. Kelinci memang masih bisa terserang penyakit seperti hewan lainnya yang biasa disebabkan oleh sanitasi kandang yang kurang baik, pakan yang tidak higienis, atau organisme pengganggu. Namun, tetap saja, kelinci tidak akan sakit hingga muntah.

Menurut para peneliti, kelinci tidak dapat muntah karena tidak memiliki lambung pada sistem pencernaanya. 

8. Memerlukan 4 Jam Latihan Per Hari

Mengapa Sobat perlu melatih kelinci anda hingga paling tidak 4 jam per hari? Kelinci adalah hewan yang aktif dan suka bermain kesana-kemari. Untuk menjaga kesehatan fisik dan psikis kelinci, hewan ini setidaknya membutuhkan latihan bebas selama 3-4 jam per harinya. Sobat Animalovers bisa membuatkan kandang yang lebar supaya pergerakan kelinci tidak terbatas dan menghindari kelinci stress di kemudian hari. 

9. Hewan Nokturnal

Sobat Animalovers mungkin menemui kelinci anda tidak terlalu aktif di saat pagi atau siang hari. Karakteristik kelinci kali ini mungkin tidak banyak orang ketahui, tetapi kelinci pada dasarnya adalah hewan nokturnal atau hewan yang aktif di malam hari. 

Penglihatan kelinci lebih tajam saat malam hari dibandingkan saat pagi atau siang hari. Selain itu, dengan penglihatan yang mampu menjangkau hingga 360 derajat, respon kelinci terhadap predator saat malam hari sangat baik. Karakteristik kelinci inilah yang menyebabkan sebagian besar peternak kelinci memberikan pakan yang jauh lebih banyak di malam hari.

10. Mudah Stress

Perawatan yang tidak hati-hati dan lingkungan atau kandang yang tidak sesuai dapat memicu kelinci tertekan hingga stress. Seperti hewan peliharaan yang lainnya, kelinci rentan akan stress. Beberapa ciri-ciri kelinci stress yaitu lebih agresif, nafasnya terlihat berat, enggan makan, buang air terganggu, sering bersembunyi atau menghindar, serta banyak ciri-ciri kelinci stress yang lainnya. 

Untuk menghindari kelinci menjadi stress, Sobat Animalovers bisa melakukan beberapa hal. Seperti merawat kelinci dengan baik/tidak kasar, memastikan ketersediaan pangannya cukup, membiarkannya aktif beraktivitas, dan tidak mengekang keinginannya untuk kawin.

11. Memiliki Gigi Depan yang Panjang

Dengan gigi depan yang panjang dan besar, kelinci bisa melarikan diri dari predator yang hendak memangsa mereka. Gigi depan kelinci memiliki gigitan yang cukup kuat. Selain untuk menghindari predator dan menjadi karakteristik kelinci, gigi besar ini berguna untuk memotong makanan kelinci yang berserat dan cenderung kasar. 

12. Mampu Melahirkan 2000 Bayi dalam Setahun

Kelinci adalah satu dari beberapa hewan dengan proses regenerasi yang sangat cepat. Bagaimana tidak, dalam setahun kelinci mampu melahirkan anakan kelinci hingga 2000 ekor! Karena proses regenerasinya yang cepat didukung oleh perawatannya yang tidak terlalu rumit, kini marak peternak yang mulai melirik kelinci untuk turut diternakkan. 

13. Geraknya Sangat Lincah

Kelinci memiliki kaki belakang dengan panjang sekitar 50-70 cm dengan otot kaki belakang yang kuat sehingga mampu digunakan untuk berlari dan melompat tinggi. Jangan remehkan kelinci, saat dikejar oleh predator, hewan ini bahkan mampu melompat hingga 9 kaki atau 2,7 m! 

Baca juga: 7 Karakteristik Anjing Pug, Harga, Makanan, & Jenis-Jenisnya

Itulah macam-macam karakteristik kelinci versi Animalogi. Setelah mengetahui karakteristik kelinci di atas, jangan lupa untuk selalu merawat mereka sesuai panduan agar kelinci dapat berkembang dengan baik, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Hewan Lucu dan Menggemaskan, Inilah 13 Karakteristik Kelinci

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]