1. Fakta Unik

Tips Membuat Kandang Landak Mini yang Baik dan Nyaman

Landak Susu atau lebih sering dikenal sebagai Landak Mini adalah mamalia pengerat berukuran kecil yang saat ini cukup digemari oleh para pecinta binatang untung dijadikan binatang peliharaan. Jika ingin memelihara Landak Mini, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana kandang Landak Mini yang baik. Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Ukuran Kandang Landak Mini

Contoh kandang landak mini
Contoh kandang landak mini (Sumber: FJB Kaskus)

Tips pertama adalah memperhatikan ukuran kandang. Meskipun Landak Mini berukuran kecil, kamu perlu memperhatikan ukuran kandangnya. Landak mini biasanya mencari makan dengan menyusuri tanah ketika berada di alam liar. 

Oleh karena itu, hewan ini membutuhkan ruang gerak yang dapat membebaskannya untuk bergerak. Untuk ukuran ideal, kamu dapat mencari ukuran kandang sekitar 60×60 cm. Untuk menghindari Landak mini yang aktif memanjat atau kabur dari kandang, kamu perlu mencari kandang dengan tinggi tidak kurang dari 30 cm.

Kamu sebagai pemilik juga perlu memperhatikan keamanannya. Kandang landak mini harus memiliki lantai yang kokoh dan bukan terbuat dari kawat yang dapat melukai kaki landak. Jangan menempatkan landak mini ke kandang yang memiliki ruang sempit. Hal ini dapat membuat kepala landak tersangkut.

Pemilihan kandang juga perlu memperhatikan ventilasi. Tentu saja, landak mini juga perlu sirkulasi udara yang baik layaknya manusia. Ventilasi ini berguna untuk menjaga tingkat kelembaban kandang supaya tetap rendah dan mencegah bau yang ada di dalam kandang dan amonia yang terbentuk dari urin landak.

Selain mencegah bau dengan adanya ventilasi, kamu juga harus rutin membersihkan kandang. Oleh karena itu, kamu perlu mencari kandang yang mudah dibersihkan. Kamu dapat mencari kandang yang sudah dilengkapi fitur yang memudahkan pembersihan kandang, seperti

Material Kandang Landak Mini

Kandang landak mini yang terbuat dari besi
Kandang landak mini dengan ventilasi (Sumber: Tokopedia)

Tips kedua yang perlu diperhatikan dalam membuat Kandang Landak Mini adalah materialnya. Banyak pemilik landak yang kurang mengerti tentang penggunaan material kandang yang baik dan pengaruhnya. Bahkan, banyak pemilik yang menggunakan kandang seadanya untuk landak tanpa memperhatikan kelebihan dan kekurangannya.

Kandang kawat merupakan material yang banyak tersedia di pasaran. Jenis kandang ini memiliki banyak ventilasi. Kandang kawat cenderung ringan dan mudah untuk dibersihkan. Perlu diperhatikan, kamu harus menghindari alas berbahan kawat. Kamu dapat menutupi alas dengan kayu atau potongan selimut supaya tetap aman bagi landak mini.

Kamu juga dapat menggunakan aquarium yang cukup besar. Pada bagian atasnya, kamu dapat menambahkan tutup yang terbuat dari wire mesh. Kekurangan dari kandang menggunakan aquarium adalah kurangnya ventilasi, berat serta sulit untuk dibersihkan.

Salah satu alternatif adalah kandang yang terbuat dari bahan plastik. Beberapa pemilik membuat kandang sendiri untuk peliharaan mereka. Dengan membuat kandang dengan bahan plastik, pemilik dapat memodifikasinya dengan mudah. Meskipun pada dasarnya ventilasinya kurang, pemilik dapat menambahkan lubang kecil sebagai ventilasi.

Pelengkap Kandang Landak Mini

Layaknya manusia, kamu juga perlu menyediakan fasilitas untuk hewan peliharaan mu. Landak mini memerlukan berbagai fasilitas pelengkap. Beberapa yang perlu kamu perhatikan adalah:

Tempat Persembunyian

Landak mini lebih banyak beraktivitas pada malam hari dan lebih banyak tidur ketika siang hari. Tempat persembunyian ini berfungsi sebagai ruang gelap dan tempat tidur landak. Keberadaan fasilitas ini membantu landak mini untuk melakukan penyesuaian dengan habitat barunya, yaitu kandang yang kamu buat.

Selain itu, tempat persembunyian ini juga sangat berfungsi ketika landak mini berada dalam masa hamil atau akan melahirkan. Landak akan menyusui anak-anaknya di tempat tersembunyi dan jauh dari sumber cahaya sekaligus mencegah anaknya menjauh dari sang induk.

Kamu dapat membuat tempat persembunyian ini sendiri dari pipa paralon yang berbentuk U, kotak sepatu atau hiding box khusus landak mini. Tentu saja, kamu perlu menjaga kebersihan tempat tidur landak ini sekitar 5-7 hari sekali atau ketika sudah bau dan terlihat kotor.

Tempat Makan dan Minum

Pemilik perlu menyediakan tempat makan dan minum yang cukup berat dan lebar dan bisa terbuat dari berbagai bahan, seperti kaca, plastik, keramik, atau bahan lain yang tidak mudah ditumpahkan oleh landak. Tinggi wadah pakan juga perlu diperhatikan, tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah. Tingginya dapat berkisar 4-8 cm.

Kamu dapat menggunakan botol minum khusus hamster yang berukuran 80 ml, 100 ml sampai 250 ml menyesuaikan kebutuhan dan kemudahan mencarinya di toko hewan peliharaan. Kamu perlu menyediakan air putih matang yang sudah terjamin kebersihannya untuk landak mini.

Serutan Kayu

Serutan Kayu berfungsi sebagai alas untuk menyerap kotoran padat dan kotoran cair dari landak mini. Fungsi lainnya sebagai penghangat untuk landak ketika malam hari dan media kunyah karena landak mini adalah hewan pengerat.

Serutan kayu yang digunakan juga bukan sembarang serutan kayu. Kamu perlu memberikan serutan kayu khusu hewan peliharaan yang sudah terjamin kebersihannya dan aman. Jika kamu menggunakan sembarang serutan kayu, hal ini dapat menimbulkan luka pada landak mini. 

Tipe – Tipe Kandang Landak Mini

Berikut adalah beberapa tipe kandang landak mini yang dapat kamu jadikan inspirasi untuk menjadi kandang dari landak mini:

Bin Cage

Kandang tipe bin cage
Kandang tipe bin cage (Sumber: Shopee)

Bagi pemilik landak pemula, kandang jenis satu ini sering dipakai karena mudah dicari. Perlu diingat bahwa ukuran minimalnya harus 60×60 cm. Kandang ini terbuat dari bahan plastik, dan menyerap bau. Pada awal penggunaan memang tidak tercium baunya, tapi seiring berjalannya waktu baunya akan semakin kuat.

Bin cage adalah jenis kandang yang memiliki sirkulasi udara yang kurang bagus sehingga kandang menjadi pengap. Beberapa pemilik landak mini biasanya memodifikasi Bin Cage menggunakan kawat besi. Kandang ini merupakan kandang paling umum di pasaran.

C&C Cage/ Grid Cage

Grid Cage
Grid Cage (Sumber: Tokopedia)

Jenis kandang ini adalah kandang yang dapat kamu buat sendiri. C&C adalah kepanjangan dari Cube and Coroplast. Coroplast sendiri berfungsi untuk menjadi dinding dan lantai dari kandang. Kamu dapat membuat kandang ini sesuai keinginan dan kebutuhan. Tentu perakitan kandang membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Aquarium/ Wooden Cage

Kandang landak mini yang terbuat dari kayu dan aquarium terbuat dari bahan yang sangat berat. Daya serap bau dari kandang yang terbuat dari kayu cukup besar jika dibandingkan kandang aquarium. Beberapa kekurangan dari penggunaan kandang ini adalah susah dibersihkan dan cenderung menyerap bau.

Designated Hedgehog Cage

Jenis kandang satu ini merupakan kandang landak mini yang khusus didesain untuk tempat tinggal landak kamu. Kandang satu ini susah untuk ditemui di Petshop dan cukup mahal. Desain kandang ini berbentuk seperti sangkar sehingga aliran udaranya bagus untuk landak mini. Kamu juga dapat melihat aktivitas landak yang bermain di dalam kandang.

Kandang adalah rumah bagi hewan peliharaan kamu. Oleh karena itu, memilih kandang landak mini yang baik adalah hal terpenting ketika kamu ingin memelihara landak mini. Semoga artikel kali ini bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tips Membuat Kandang Landak Mini yang Baik dan Nyaman

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]