1. Ikan

15 Jenis Ikan Hias Paling Cantik untuk Dipelihara

Memiliki hewan piaraan dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan sekaligus sebagai sarana pelepas penat. Beberapa orang mempunyai preferensi khusus terhadap hewan-hewan yang akan dipelihara. Mulai dari jenis binatang eksotik sampai ikan hias. 

Memelihara ikan bukanlah suatu hal yang susah karena ikan cenderung lebih low maintenance dibandingkan hewan peliharaan yang lain. Oleh karena itu, yuk, cari tahu jenis jenis ikan hias pilihan yang patut dijadikan penghuni aquarium Animalovers!

1. Ikan Molly

Ikan Molly (sumber: Pixabay)
Ikan Molly (sumber: Pixabay)

Jenis jenis ikan hias yang pertama adalah Ikan Molly. Ikan Molly biasa dikenal dengan ikan balon karena bentuk tubuhnya yang lebih menggembung daripada jenis ikan hias yang lainnya. Ikan Molly termasuk omnivora yang dapat tumbuh hingga 5 inchi.

Ikan molly merupakan ikan air tawar dari famili Poeciliidae. Ikan ini memiliki warna-warna cerah yang lumayan nyentrik. Mulai dari warna hitam, putih, perak, merah, jingga oranye. Karena mampu beradaptasi di berbagai jenis lingkungan air tawar, tak pelak membuat ikan hias yang satu ini populer di kalangan aquarist.

2. Ikan Cupang

Ikan Cupang (sumber: Pixabay)
Ikan Cupang (sumber: Pixabay)

Siapa yang tak kenal ikan cupang? Jenis jenis ikan hias yang berikutnya tak lain adalah ikan Cupang. Ikan hias yang sangat populer ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau sehingga membuatnya dipilih oleh beberapa pemula. Meskipun begitu, ikan ini memiliki penampilan yang menarik dengan warna-warna dominan seperti merah terang dan biru. 

Perlu diketahui bahwa tidak semua ikan cupang adalah jenis petarung. Hanya yang jantan saja. Ikan cupang mampu tumbuh hingga 7 cm dan dapat hidup dengan baik di air dengan pH netral.

3. Ikan Guppy

Ikan Guppy (sumber: Pixabay)
Ikan Guppy (sumber: Pixabay)

Ikan Guppy yang memiliki nama latin Poecilia reticulata adalah jenis jenis ikan hias yang bisa dijadikan pilihan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan. Ikan ini termasuk low maintenance sehingga memiliki perawatan yang cukup mudah. 

Ikan Guppy mempunyai berbagai macam warna yang terang, terutama pada ikan Guppy jantan. Ukuran tubuh jantan juga lebih kecil daripada sang betina. Ikan Guppy betina hadir dengan bentuk tubuh yang lebih bulat dan lebih besar, serta dominasi warna coklat pada sirinya. 

4. Ikan Rainbowfish

Rainbow Fish (sumber: Pixabay)
Rainbow Fish (sumber: Pixabay)

Jenis jenis ikan hias yang keempat adalah Ikan Rainbowfish. Dikategorikan sebagai ikan hias karena perilakunya yang jinak dan tidak agresif, serta penampilan yang menarik. Rainbowfish ini berasal dari Australia, Papua Nugini dan sebagian wilayah di Indonesia, mereka ditemukan di sungai, danau, dan rawa-rawa.

Ikan ini membutuhkan pH air kisaran 7.0 – 8.0 agar dapat tumbuh dengan baik.

5. Ikan Sapu-sapu

Ikan Sapu-Sapu (sumber: Pixabay)
Ikan Sapu-Sapu (sumber: Pixabay)

Jenis jenis ikan hias yang akan diulas selanjutnya ialah ikan sapu-sapu yang memiliki nama latin Plecostomus. Asal muasal dari namanya adalah karena ikan ini gemar memakan alga yang tumbuh di akuarium.

Tak seperti ikan hias kebanyakan, ikan sapu-sapu cenderung memiliki tampilan yang biasa saja tanpa warna yang vibrant. Namun, keunikan bentuk sirip dan totol-totolnya lah yang membuat banyak orang memburu ikan hias yang satu ini. 

Belum lagi, ikan sapu-sapu lumayan sulit dikembangbiakkan. Apabila dapat dikembangbiakkan dan dirawat dengan baik, ikan ini mampu hidup selama 15 tahun lamanya. 

6. Ikan Goldfish

Goldfish (sumber: Pixabay)
Goldfish (sumber: Pixabay)

Jenis jenis ikan hias yang akan diulas berikutnya tidak lain adalah ikan mas koki. Ikan ini juga dikenal dengan ikan goldfish. Ikan mas koki sangat populer dikalangan aquarist.

Ikan mas yang kita kenal sekarang adalah keturunan atau peranakan dari ikan mas Prusia yang asli Asia Timur dan Asia Tenggara, tetapi tidak terlihat seperti nenek moyang mereka yang berwarna kusam karena ikan mas ini berwarna kuning dan oranye dengan aksen warna emas.

7. Ikan Lemon

Ikan Lemon (sumber: Pixabay)
Ikan Lemon (sumber: Pixabay)

Nama Ikan Lemon disematkan pada Labidochromis caeruleus karena warnanya yang kuning muda mentereng, persis seperti buah lemon. Ikan ini sangat disukai karena sifatnya yang tenang ditambah warnanya yang eksentrik. 

8. Ikan Black Ghost

Jenis jenis ikan hias yang kedelapan adalah Ikan Black Ghost. Melihat namanya yang sangar pasti membuat Animalovers penasaran dengan ikan yang satu ini. Persis seperti namanya, ikan ini berwarna hitam logam dengan sedikit corak warna lain di tubuhnya. 

Ikan Black Ghost adalah salah satu ikan air tawar yang popularitasnya terus naik akhir-akhir ini. Tubuh mereka panjang, ramping, serta sedikit melengkung (persis seperti pisau). Sisi  vertikal ikan ini memang mengecil secara bertahap hingga akhirnya menipis pada bagian ekornya.

9. Ikan Arwana

Ikan Arwana (sumber: Pixabay)
Ikan Arwana (sumber: Pixabay)

Ikan arwana sudah tidak asing di telinga orang-orang. Ikan ini termasuk dalam jenis jenis ikan hias yang banyak digemari. Arwana bisa tumbuh hingga mencapai 90 cm, tentu ukuran yang sangat besar jika dibandingkan dengan ikan-ikan hias yang lainnya. Ikan ini dapat dengan mudah ditemukan di seluruh kawasan Asia Tenggara.

10. Ikan Louhan

Ikan Louhan (sumber: Pixabay)
Ikan Louhan (sumber: Pixabay)

Ikan Louhan memiliki dahi lebar atau ‘jenong’ yang menjadi daya tarik tersendiri. Ikan ini memiliki warna tubuh yang cerah dan berwarna ngejreng. 

Perlu diketahui bahwa Ikan Louhan sangat agresif terhadap sebagian besar kawan akuarium mereka. Louhan cenderung agresif terhadap apa pun yang memasuki “wilayah” mereka. Ikan ini dapat hidup dengan rentang umur 4-12 tahun, tergantung ukuran tubuh mereka. 

Karena dianggap sebagai ikan yang berperangai agresif, terdapat persyaratan tertentu untuk memelihara ikan hias ini. 

11. Ikan Oscar

Ikan Oscar (sumber: Pixabay)
Ikan Oscar (sumber: Pixabay)

Berbeda dengan jenis jenis ikan hias yang sudah diuraikan di atas, Ikan Oscar justru masuk dalam kategori ikan hias yang lebih agresif dan cenderung kurang ramah. Namun ternyata menurut penelitian, ikan ini malah memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan ikan-ikan hias pada umumnya.

Keunikan warna tubuh ikan ini memang tidak dapat dipungkiri. Salah satunya ialah Oscar Tiger dengan warna tubuh hitam ditambah pola oranye yang memikat mata. 

12. Ikan Angelfish

Angelfish (sumber: Pixabay)
Angelfish (sumber: Pixabay)

Jenis jenis ikan hias yang kesembilan adalah Ikan Angelfish. Ikan Angelfish adalah satu dari beberapa spesies ikan cichlid yang bisa ditemukan di area Sungai Amazon dan di beberapa negara Amerika Selatan. Keunikan Angelfish berasal dari sirip panjangnya yang memberi kesan ‘mengalir’ dengan anggun melalui air saat berenang.

Walaupun jenisnya yang bermacam-macam, ikan ini mempunyai ciri khas yang dapat langsung dikenali, yaitu bentuk tubuhnya yang cenderung lebih bulat. 

13. Ikan Koi

Ikan Koi (sumber: Pixabay)
Ikan Koi (sumber: Pixabay)

Koi termasuk jenis jenis ikan tawar peranakan dari ikan mas. Pada 1600 an, penduduk negara Cina mulai membudidayakan ikan ini, hingga kemudian menyebar ke Jepang karena warnanya yang menarik mata. 

Dahulu, Koi hanya ditemukan dalam warna merah, putih, hitam dan biru, kemudian perlahan dibesarkan dalam kombinasi yang lebih beragam. Selain itu, ikan Koi dapat hidup sampai 20 tahun lamanya. 

14. Ikan Neon Tetra

Neon tetra (sumber: Pixabay)
Neon tetra (sumber: Pixabay)

Ikan Neon Tetra atau Paracheirodon innesi. Ikan Neon Tetra termasuk jenis jenis ikan hias yang berukuran kecil. Neon Tetra berasal dari lembah sungai Orinoco dan Amazon di Brazil, Kolombia, dan Peru.

Ikan Neon tetra memiliki tubuh berbentuk kecil dan ramping yang panjangnya tidak lebih dari 3 cm. Dari ujung hidung hingga bagian sirip, Neon Tetra memiliki garis biru neon cerah. Adanya garis terang ini membuat mereka lebih mudah terlihat satu sama lain dalam kondisi blackwater.

15. Ikan Platy

Ikan Platy (sumber: Pixabay)
Ikan Platy (sumber: Pixabay)

Sama seperti ikan Neon Tetra, ikan Platy termasuk ikan hias yang berukuran kecil, hanya sekitar 5-7 cm. Selain itu, Platy adalah ikan hias yang mudah untuk dipelihara dan dirawat. Ikan platy berwatak ceria dan tenang yang membuatnya cocok berada di akuarium komunitas.

Hal yang Diperlukan Ketika Memelihara Ikan Hias di Aquarium

1. Aquarium

Hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum memelihara ikan hias tentu tempat hidupnya. Ikan hias peliharaan biasa ditempatkan di aquarium dengan berbagai kelengkapan, sesuai dengan karakteristik ikan yang dipelihara. 

Beberapa kelengkapan tambahan dalam aquarium diantaranya filtrasi, fishnet, pencahayaan yang baik, hingga heater. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan aquarium karena aquarium yang kotor dapat membahayakan ikan yang ada di dalamnya. 

2. Filter

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, filter atau filtrasi adalah bagian terpenting dalam sebuah aquarium. Filter menjaga kualitas air tetap bersih untuk menjaga ikan tetap sehat. Untuk jenisnya, filter daya dengan sistem biowheel bisa jadi pilihan. 

Ukuran filter harus disesuaikan dengan ukuran akuarium. Pilihlah filter dengan laju aliran yang dapat menyaring seluruh air di tangki aquarium setidaknya empat kali setiap jam.

3. Hiasan

Hiasan dan dekorasi yang tepat dapat menambah estetika aquarium yang ada di sudut rumah Animalovers. Tak hanya itu, beberapa hiasan aquarium sebenarnya juga memiliki fungsi tersendiri bagi ikan, seperti menjadi tempat persembunyian yang nyaman. 

Pastikan Animalovers sudah mengetahui karakteristik ikan sebelum membeli hiasan. Hiasan aquarium dapat berupa pasir yang ditaruh di dasar aquarium, terumbu karang buatan, dan beberapa hiasan menarik lainnya.

Baca Juga: 10 Jenis Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar Dijamin Ampuh!

Itulah ulasan lengkap tentang jenis jenis ikan hias favorit yang bisa dijadikan pilihan. Jadi, ikan hias mana yang Animalovers sukai?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 15 Jenis Ikan Hias Paling Cantik untuk Dipelihara

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]