1. Burung

20 Jenis Burung yang Gampang Berkicau! [Dijamin Gacor]

Burung yang memiliki suara yang indah adalah daya tarik tersendiri untuk menyalurkan hobi. Selain menyenangkan, suara burung juga dapat menjadi penghibur dan meramaikan rumah yang sepi. Berikut Animalogi telah merangkum jenis-jenis burung yang gampang berkicau spesial untuk kamu.

20 Jenis Burung yang Gampang Berkicau

Jika kamu tertarik dengan hiburan berupa suara burung di rumahmu, maka pembahasan yang satu ini wajib untuk kamu simak. Berikut adalah jenis-jenis burung yang gampang berkicau.

1. Burung Pelatuk

Burung Pelatuk
(Sumber: Wikipedia)

Beberapa orang masih belum mengenal jenis burung yang satu ini. Mereka baru saja populer belakangan ini. Burung pelatuk memiliki suara yang indah dan enak didengar serta mampu memanjakan telinga yang orang mendengarnya. Namun akhir-akhir ini karena kepopulerannya, harga burung pelatuk pun melonjak tinggi. Jadi, jangan lupa siapkan budget jika kamu tertarik, ya!

2. Burung Jenggot

Melihat dari fisiknya, burung bersuara indah ini mirip dengan jenis trucukan. Itu karena baik dari segi warna, ukuran, dan bentuk bagian lain hampir sama. Satu-satunya yang membedakan burung jenis ini dengan burung lainnya adalah mereka memiliki jenggot. Dari sinilah nama burung ini diambil.

3. Burung Trucuk

burung trucuk
(Sumber: Wikipedia)

Jenis burung yang gampang berkicau selanjutnya adalah trucukan atau trucuk. Mereka adalah burung mahal yang memiliki banyak peminat. Trucuk sering mengikuti ajang kontes dan perlombaan. Perlu diketahui bahwa burung trucuk yang memiliki suara merdu biasanya adalah burung yang jantan, sedangkan untuk betinanya tidak terlalu bagus.

4. Burung Lovebird

Burung lovebird
(Sumber: Wikipedia)

Jenis burung lovebird termasuk dalam jenis burung yang gampang berkicau. Burung lovebird akhir-akhir ini sangat populer karena kecantikan dan suaranya. Perawatan mereka pun tidak terlalu sulit. Harga burung lovebird dibandrol berkisar Rp400.000-Rp1.200.000.

5. Burung Kolibri

Gambar burung kolibri
(Sumber: Pixabay)

Jenis burung yang gampang berkicau dan banyak dicari adalah kolibri ninja. Suara mereka bervariasi sehingga harganya pun menjadi sangat mahal. Ada banyak jenis kolibri yang dapat kamu pelihara, yakni kolibri hitam, kolibri jawa, kolibri gunung, kolibri tasik, kolibri sepah raja dan lainnya. Kamu bisa mendapatkan burung kolibri ninja dengan harga sekitar Rp100.000-Rp450.000.

6. Burung Gelatik

burung gelatik
(Sumber: Wikipedia)

Ukuran tubuh gelatik sangat kecil, namun suara khasnya yang melengking patut diacungi jempol. Mereka banyak diburu oleh pecinta burung, harganya pun sangat murah yakni hanya sekitar Rp75.000-Rp200.000. 

7. Burung Kacer

burung kacer
(Sumber: Wikipedia)

Kacer atau kacer jatim memiliki ciri-ciri yang khas, yaitu warna hitam pada bulunya. Penyebaran mereka berasal dari Afrika, Jawa, dan Kalimantan. Kicauannya terdengar unik dan mereka pun sangat cerdas karena mampu menirukan banyak suara di sekelilingnya. Ketika mereka sedang bersuara, maka kamu dapat memperhatikan ekor mereka akan bergerak aktif. 

8. Burung Kenari

Burung kenari
(Sumber: Wikipedia)

Kenari adalah salah satu jenis burung yang mudah berkicau dengan ukuran panjang yang sangat kecil yakni hanya sekitar 10-12 cm. Mereka memiliki banyak peminat. Itu karena suaranya yang bervariasi dan indah berhasil mencuri hati para pecinta burung di Indonesia.

9. Burung Cici

Gambar burung cici
(Sumber: Wikipedia)

Burung yang satu ini berbadan kecil dengan bulu berwarna kuning dan hijau lumut. Mereka sangat digemari oleh banyak orang, namun dibutuhkan kesabaran untuk melatih burung kecil ini. Hebatnya, apabila mereka sudah terbiasa, dijamin pasti akan sangat gacor!

10. Burung Branjangan

burung branjangan
(Sumber: Wikipedia)

Burung yang berkicau indah selanjutnya adalah branjangan. Mereka sangat lihai menirukan suara burung lainnya seperti suara bernyanyi. Burung ini mudah ditemukan di daerah-daerah yang terbuka seperti persawahan dan ladang. Ketika bernyanyi, mereka biasanya akan mengepakkan sayap yang menjadi ciri khas yang mampu menarik perhatian orang disekitarnya.

11. Burung Cucak Rawa

burung cucak rawa
(Sumber: Wikipedia)

Cucak rawa sering berada di daerah paya-paya dan rawa di sekitar sungai. Mereka senang tersenyum di balik daun lalu menyanyi dengan suara melengking. Ciri khas suara mereka sangat berat dan melengking. Sangat disayangkan, kini burung kicau yang satu ini sangat sulit ditemukan karena banyaknya perburuan liar. Tidak heran harga burung cucak rawa menjadi cukup mahal, yaitu berkisar Rp2.000.000-Rp5.000.000.

12. Burung Ciblek

Gambar burung ciblek
(Sumber: Wikipedia)

Burung ini memiliki ciri khas suara yang bervariasi namun monoton dengan ciri khas bunyi “ciklak” yang kemudian akan disusul suara tembakan lucu seperti “cretet”. Mereka burung yang senang bersosialisasi dan akan bereaksi ketika berjumpa dengan sesama burung lainnya.

13. Burung Jalak Suren

Gambar burung jalak suren
(Sumber: Wikipedia)

Jalak suren memiliki warna hitam dan putih. Paruh mereka berwarna merah dengan ujung putih terang. Suara jalak suren sangat sumbang namun riang. Mereka dipandang sebagai burung jinak yang dapat menjadi penjaga rumah. 

14. Burung Cucak Hijau

Gambar burung cucak hijau
(Sumber: Wikipedia)

Sesuai dengan namanya, jenis burung yang gampang berkicau ini memiliki dominan warna hijau. Burung cucak hijau kebanyakan hidup di pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Kalimantan. Mereka juga terbiasa hidup berkelompok.  

15. Burung Pancawarna

gambar burung pancawarna

Burung cantik ini memiliki lima perpaduan warna yang memikat. Mereka sangat disukai oleh keluarga kerajaan di negeri Cina. Suaranya sangat merdu dan terkadang disebut sebagai burung panca warna akar. 

16. Burung Tledekan

Gambar burung tledekan
(Sumber: Wikipedia)

Tledekan memiliki suara yang mirip seperti suling. Mereka adalah salah satu jenis burung yang gampang gacor. Harga burung tledekan cukup murah yakni sekitar Rp40.000-Rp200.000 saja.

17. Burung Anis Kembang

Jenis burung yang gampang gacor dan menjadi favorit banyak orang adalah anis kembang. Selain suaranya yang sangat indah, burung anis kembang juga rajin berkicau meski tanpa latihan.

18. Burung Anis Merah

Gambar burung-anis-merah
(Sumber: Wikipedia)

Nama lain dari burung anis merah adalah punglor merah dan anis bata. Mereka termasuk populer di kalangan para pecinta kicauan burung. Suaranya indah dan mereka juga sangat aktif. Burung ini mungkin dijamin akan menjadi pilihan yang pas untuk Animalovers.

19. Burung Murai Batu

Gambar burung murai batu
(Sumber: Wikipedia)

Murai batu adalah salah satu jenis burung yang gampang berkicau dan banyak menarik perhatian. Mereka cerdas dan elegan karena penampilannya yang terkesan sombong. Mereka sering menirukan suara jenis burung lain, namun tetap memiliki suara khasnya sendiri. 

20. Burung Pentet

Kepala burung pentet sangat besar, berbanding terbalik dengan ukuran tubuhnya. Warna mereka sangat indah dan lengkap dengan suara merdunya yang khas. Melatih burung pentet untuk menjadi burung yang gampang berkicau juga mudah karena memang mereka sangat aktif. 

Cara Merawat Jenis Burung yang Gampang Berkicau

Agar burung kicaumu selalu sehat dan bersuara merdu, lakukanlah berbagai perawatan seperti berikut ini.

  1. Selalu jemur burung di pagi dan sore hari.
  2. Biarkan burung menghirup udara segar pada jam 5 pagi.
  3. Jangan langsung menjemur dibawah matahari karena mereka akan menjadi rentan sakit. Letakkan burung di tempat sejuk.
  4. Mandikan secara teratur setelah proses penjemuran.
  5. Selalu bersihkan kandang secara rutin.
  6. Memberikan makanan bergizi kepada burung.
  7. Putarkan suara burung agar mereka lebih mudah terpancing untuk berkicau.
  8. Jaga kesehatan agar burung terhindar dari kutu dan penyakit.

Daftar Harga Jenis Burung yang Gampang Berkicau (tabel)

NoJenis Burung yang Gampang BerkicauHarga 
1.Burung pelatukRp600.000-R800.000
2.Burung jenggotRp350.000-Rp850.000
3.Burung trocokRp35.000-Rp125.000
4.Burung lovebirdRp250.000-Rp400.000
5.Burung kolibriRp150.000-Rp250.000
6.Burung gelatikRp100.000-Rp 160.000
7.Burung kacerRp200.000-Rp450.000
8.Burung kenariRp500.000-Rp1.700.000
9.Burung ciciRp250.000-Rp550.000
10.Burung branjanganRp500.000-Rp2.500.000
11.Burung cucak rawaRp2.000.000-Rp5.000.000
12.Burung ciblekRp250.000-Rp1.000.000
13.Burung jalak surenRp200.000-Rp250.000
14.Burung cucak hijauRp750.000-Rp1.000.000
15Burung pancawarnaRp150.000-Rp700.000
16.Burung tledekanRp300.000-Rp1.000.000
17.Burung anis kembangRp700.000-Rp1.500.000
18Burung anis merahRp300.000-Rp850.000
19.Burung murai batuRp600.000-Rp1.000.000
20.Burung pentetRp100.000-Rp350.000

Baca juga: Mengenal Si Cantik Lovebird: Jenis, Harga, & Cara Merawatnya

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai jenis burung yang gampang berkicau dan dijamin gacor. Memelihara burung bersuara merdu ini pastinya akan membuat suasana rumah menjadi semakin hangat dan meriah. Jadi, burung mana yang menarik perhatianmu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Jenis Burung yang Gampang Berkicau! [Dijamin Gacor]

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]