1. Burung

20 Jenis Burung Perkutut & Gambarnya Beserta Cara Merawatnya

Burung perkutut adalah burung yang paling banyak dipelihara oleh banyak orang. Mereka memiliki suara yang sangat bagus dan memikat. Selain terkenal karena suaranya mereka juga terkenal dengan mitos yang beredar di kalangan masyarakat Jawa. Yuk, mengenal jenis burung perkutut.

Burung Perkutut, Si Unik Penuh Mitos

Burung perkutut termasuk dalam spesies burung suku columbidae dari genus geopelia yang senang memakan biji-bijian. 

Dalam kebudayaan jawa, burung perkutut memiliki derajat atau tempat yang spesial dibandingkan dengan jenis lainnya sehingga tidak heran jika kamu akan menemukan banyak orang jawa yang memelihara burung ini. Selain disebut sebagai burung perkutut, orang jawa memanggil burung ini dengan sebutan kol buntet yang dianggap sebagai raja.

Burung bersuara indah indah ini memiliki nuansa gaib yang sering dikaitkan dengan sumber keberuntungan dan malapetaka. Setiap burung memiliki mitos yang berbeda-beda, salah satu perkutut hitam misalnya, mereka dianggap sebagai pemilik keberuntungan sedangkan perkutut lurah  menurut banyak orang akan membawa penghormatan dan kewibawaan. 

20 Jenis Burung Perkutut

Berikut 20 jenis perkutut yang dapat Animalovers pelihara:

1. Perkutut Jawa

Perkutut-jawa
Burung perkutut jawa (Sumber: Wikipedia)

Salah satu jenis perkutut yang banyak mengikuti kontes adalah perkutut jawa. Selain terlihat kokoh, burung ini menghasilkan suara perkutut emas yang sangat merdu dan unik. Nama lain dari jenis ini adalah perkutut lokal Banyak masyarakat yang meyakini bahwa memelihara burung perkutut jawa akan membawa rezeki. 

2. Perkutut Bangkok

Perkutut Bangkok (sumber: Star Farm International)
Perkutut Bangkok (sumber: Star Farm International)

Suara ngebas yang terdengar dari burung bangkok adalah salah satu keunikan burung ini. Meski suara mereka sangat ngebas, mereka tetap sangat merdu dan memiliki suara perkutut  yang khas. Sifatnya yang ramah dan bersosialisasi dapat dijadikan teman. 

3. Perkutut Wisnu Murti

Perkutut Wisnu Murti (sumber: Liputan Indonesia)
Perkutut Wisnu Murti (sumber: Liputan Indonesia)

Perkutut yang satu ini berasal dari jawa. Mereka sangat elegan dengan tubuh yang serba hitam. Burung perkutut wisnu murti memiliki mitos dimana orang yang memelihara nya akan mendapatkan kekuasaan dan kekuatan, sehingga burung ini banyak dipelihara oleh para bangsawan dan pemimpin.

4. Perkutut Kusuma Wicitra

Burung perkutut termahal mungkin jatuh ada perkutut kusuma wicitra yang harganya mencapai ratusan juta. Mereka memiliki suara yang sangat indah dan merdu. Beredar mitos bahwa burung ini bisa memudakan pemiliknya dalam hal cita-cita dan rezekinya. 

5. Perkutut Hitam

Perkutut Hitam (sumber: Beternak Dirumah)
Perkutut Hitam (sumber: Beternak Dirumah)

Burung perkutut lokal atau perkutut hitam adalah burung yang paling banyak dipelihara. Kicauan mereka sangat merdu, tegas, dan gacor! Mereka sering dijuluki sebagai raja burung perkutut. Banyak mitos beredar bahwa memelihara burung ini dapat menjauhkan pemiliknya dari bahaya ataupun hal yang merugikan. 

6. Perkutut Wisnu Wicitra

Burung yang satu ini sangat populer di dalam kalangan pecinta burung. Mereka memiliki pesona yang sangat tinggi dengan namanya yakni wicatra yang berasal dari kata leuwih yakni banyak dan citra.

7. Perkutut Putih

Burung perkutut putih
Burung perkutut putih/albino (Sumber: Wikipedia)

Nama perkutut putih seperti telah menjelaskan ciri-ciri dari burung ini. Yup, tubuh mereka full berwarna putih. Ada fakta unik yakni perkutut putih sebenarnya ada karena kecatatan pada pigmentasi kulit. Mereka tidak memiliki warna sehingga hanya memiliki warna putih. Jenis keberadaan perkutut putih sangat langka dan banyak dicari. 

8. Perkutut Putih Mata Merah

Perkutut Putih Mata Merah (sumber: Burungnya)
Perkutut Putih Mata Merah (sumber: Burungnya)

Perkutut yang satu ini memiliki keunikan pada matanya yang berwarna merah. Banyak pecinta burung menganggap bahwa jenis yang satu ini sangat cantik dan istimewa. Untuk kicauannya sendiri suara mereka sangat indah dan sedikit ngebas.

9. Perkutut Majapahit

Salah satu terkutut yang terkenal karena kecantikan dan keistimewaannya adalah perkutut majapahit. Mereka banyak sekali dicari untuk dijadikan koleksi. Mata mereka sangat indah dan tajam, gerakannya pun sangat lincah. Akibat banyak yang mengincarnya membuat hewan ini menjadi langka dan saat ini sangat jarang di jumpai.

10. Perkutut Udan Mas

Warna perkutut yang satu ini sangat indah dengan kombinasi yang unik. Populasi mereka sangat banyak dan sering berada di persawahan dan pegunungan. 

11. Perkutut Belah Dada

Perkutut Belah Dada (sumber: Om Kicau)
Perkutut Belah Dada (sumber: Om Kicau)

Nama yang unik untuk jenis ini diberikan bukan tanpa alasan. Pekutut belah dada memang memiliki dada yang terbelah. Mereka sangat lucu dan unik, populasi mereka tidak terlalu banyak sehingga jarang ditemui. 

12. Perkutut Katuranggan

Perkutut populer adalah katuranggan yakni jenis yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Mereka tersebar hampir diseluruh Indonesia dan sering berada ditempat-tempat yang jauh dari polusi. 

13. Perkutut Wisnu Murti

Wisnu murni memiliki ciri khas dengan kaki, mata, serta paruh yang berwarna hitam. Mereka sangat elegan dan terdapat mitos bahwa burun ini dapat membawa kewibawaan terhadap pemiliknya sehingga banyak dipelihara oleh para pemimpin. 

14. Perkutut Gendawa Sabda

Perkutut Gendawa Sabda (sumber: Perkututpedia)
Perkutut Gendawa Sabda (sumber: Perkututpedia)

Gendawa sabda memiliki suara yang sangat keras dan merdu. Terdapat mitos bahwa keluarga yang memiliki gendawa sabda akan mendapatkan banyak rezeki dan ketenangan dalam keluarganya. 

15. Perkutut Gedong Mengo

Gedong mengo cukup populer di kalangan pecinta burung. Mereka sangat senang bersuara di pagi hari. Terdapat mitos bahwa burung ini dapat membawa keberuntungan serta keselamatan.

16. Perkutut Mineb Gedong atau Gedong Mineb

Ciri khas penampilan dari mineb gedong adalah mereka akan bernyanyi menyertai dengan tenggelamnya matahari. Jika pemilik burung ini adalah pedagang maka banyak kepercayaan menyatakan bahwa mereka akan menguntungkan untuk mendatangkan pembeli.

17. Perkutut Mercuci

Bulu dari mencuci adalah berwarna oren dengan mata yang sipit. Burung ini cukup populer karena mitos mengatakan bahwa mereka mudah mendatangkan rezeki. Selain itu, keunggulan lainnya adalah mereka sangat senang bersosialisasi sehingga mungkin keadaan rumah akan menjadi lebih ramai dengan kehadiran burung ini. 

18. Perkutut Mercu Jiwa

Perkutut Mercu Jiwa (sumber: Hewany)
Perkutut Mercu Jiwa (sumber: Hewany)

Pantat dari mercu jiwa adalah berwarna kuning. Mereka biasanya memiliki harga yang sangat mahal sehingga banyak dipelihara oleh berbagai raja dan pemimpin. 

19. Perkutut Muncis

Perkutut Muncis (sumber: Harta Langit)
Perkutut Muncis (sumber: Harta Langit)

Burung kecil dengan badan yang berbentuk memanjang ini sangat unik dan banyak dicari. Sama seperti perkutut jiwa, perkutut muncis pun termasuk dalam salah satu peliharaan raja dan pemimpin.

20. Perkutut Udan Mas

Perkutut Udan Mas (sumber: Bukalapak)
Perkutut Udan Mas (sumber: Bukalapak)

Ciri-ciri dari misti kanya adalah seluruh badannya berwarna putih. Menurut kepercayaan masyarakat Jawa, jenis yang satu ini dapat membawakan keselamatan sehingga banyak dipelihara oleh raja.

Cara Merawat Jenis Burung Perkutut

Untuk Animalovers yang tertarik untuk merawat perkutut, perawatan mereka tidak terlalu sulit kok. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan ketika memelihara perkutut, simak informasinya berikut ini.

  1. Selalu Jemur Burung di Pagi Hari
  2. Mandikan Secara Teratur
  3. Berikan Asupan Makanan yang Bergizi
  4. Tambahkan Vitamin Agar Semakin Sehat
  5. Buat Sangkar Menjadi Nyaman

Daftar Harga Jenis Burung Perkutut

Berikut adalah harga jenis burung perkutut yang bisa kamu temui di Indonesia.

NoJenis Burung PerkututHarga
Perkutut jawaRp300.000 – Rp1.000.000
2.Perkutut bangkokRp200.000 – Rp500.000
3.Perkutut wisnu murtiRp300.000 – Rp1.000.000
4.Perkutut kusuma wicitraRp500.000 – Rp2.000.000
5.Perkutut hitamRp100.000 – Rp250.000
6.Perkutut wisnu wicitraRp500.000 – Rp1.000.000
7.Perkutut putihRp300.000 – Rp500.000
8.Perkutut putih mata merahRp250.000 – Rp500.000
9.Perkutut majapahitRp500.000- Rp1.500.000
10.Perkutut udan masRp300.000 – Rp400.000
11.Perkutut belah dadaRp400.000 – Rp600.000
12.Perkutut katurangganRp250.000 – Rp400.000
13.Perkutut wisnu murtiRp200.000 – Rp800.000
14.Perkutut gendawa sabdaRp200.000 – Rp800.000
15.Perkutut gedong mengoRp200.000 – Rp800.000
16.Perkutut mineb gedongRp200.000 – Rp800.000
17.Perkutut mercuciRp200.000 – Rp800.000
18.Perkutut mercu jiwaRp200.000 – Rp800.000
19.Perkutut MuncisRp200.000 – Rp800.000
20. Perkutut misti kanyaRp500.000 – Rp1.200.000

Baca juga: Nama Burung Lovebird Berdasarkan Warna Terfavorit 2022

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai jenis burung perkutut. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu dalam memilih jenis burung perkutut yang cocok.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Jenis Burung Perkutut & Gambarnya Beserta Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]