1. Burung

Jenis Burung Kecil: 10 Burung yang Merdu dan Punya Bulu Cantik

Beberapa jenis burung kecil sudah menjadi primadona untuk dipelihara para Kicau Mania. Bentuknya yang kecil serta tidak menghabiskan banyak tempat membuat hewan ini menjadi peliharaan kesukaan bapak-bapak. Hal ini tentunya juga menjadi hiburan tersendiri bagi segelintir orang. Apalagi, saat ini, banyak juga kompetisi dan kontes yang dapat diikuti oleh burung kecil bersuara merdu dan berbulu cantik.

Pada kesempatan kali ini, Animalogi akan membahas tentang beberapa jenis burung kecil yang merdu dan mempunyai bulu yang cantik. Bagi kamu yang ingin memelihara burung-burung hias, yuk simak informasi selengkapnya di sini!

1. Tledekan

Salah satu jenis burung kecil dengan suara merdu adalah Tledekan atau juga dikenal sebagai burung sulingan. Selain memiliki suara nyaring, burung ini juga memiliki kemampuan menirukan suara burung lain. 

Sumber: Wikipedia

Tledekan memiliki panjang tubuh sekitar 14-15 cm dan berat antara 12,5 hingga 18 gram. Beberapa varian Tledekan yang terkenal meliputi Tledekan Gunung (Cyornis Banyumas),Tledekan Laut (Cyanoptila Cyanomelana), dan Tledekan Selendang Biru (Cyornis Unicolor).

2. Cucak Hijau

Seperti namanya, burung Cucak Hijau memiliki bulu yang mencolok dengan warna hijau terang. Burung ini memiliki suara merdu dan sering dijumpai di wilayah Sumatera, Kalimantan, hingga Bali. Selain bulu hijau terang yang mencolok, jenis burung kecil satu ini memiliki ciri khas berupa bulu hitam di sekitar area lehernya.

Sumber: Wikipedia

3. Burung Kenari

Burung Kenari (Serinus canaria) adalah jenis burung kecil pengicau yang sangat terkenal di kalangan Kicau Mania. Jenis satu ini sering menjadi hewan peliharaan karena memiliki keindahan warna bulu yang beragam serta harganya yang terjangkau.

Sumber: Wikipedia

Meskipun asalnya dari Kepulauan Canary, Spanyol, burung Kenari menyebar ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Ukuran tubuhnya berkisar 10-12 cm dari ujung paruh hingga ekor, dengan berat sekitar 15 gram.

4. Burung Parkit

Burung parkit (Melopsittacus undulatus) adalah jenis burung peliharaan berukuran kecil yang dikenal juga dengan sebutan budgie. Dengan panjang tubuh sekitar 18 cm dan berat 30-40 gram, burung ini berasal dari kawasan kering Australia sebelum tersebar ke Indonesia. 

Sumber: PxHere

Burung parkit termasuk dalam keluarga burung yang cerdas dan mampu menirukan suara manusia dan lingkungannya. Bagi kamu yang ingin mulai memelihara burung, jenis burung kecil satu ini sangat cocok untuk menjadi peliharaan karena perawatannya yang mudah dan tidak memakan biaya yang banyak.

5. Lovebird

Lovebird, atau juga terkenal sebagai burung cinta, merupakan jenis burung kecil yang populer sebagai hewan peliharaan. Dengan panjang rata-rata 13-17 cm dan berat 40-60 gram, lovebird berasal dari genus Agapornis dan habitat aslinya terdapat di Afrika dan Madagaskar. 

Sumber: Wikipedia

Burung ini sering mengikuti kontes keindahan dan kicauan. Harganya bervariasi tergantung pada jenisnya, seperti lovebird kacamata fischer lovebird muka merah, dan masih banyak lagi jenisnya.

Baca Juga: Mengenal Burung Kepodang Jawa, Si Cantik yang Bersuara Gacor

6. Burung Prenjak

Selanjutnya, jenis burung kecil yang memiliki suara merdu adalah prenjak (Prinia familiaris) atau juga dikenal sebagai ciblek di daerah Jawa. Burung ini adalah spesies endemik Indonesia dan dapat ditemukan dengan mudah di wilayah Sumatera, Jawa, dan Bali.

Sumber: Wikipedia

Ukuran Prenjak relatif kecil, dengan panjang tubuh hingga ekor sekitar 13 cm dan berat hanya sekitar 8-10 gram. Meskipun kecil, suara prenjak sangat lantang dan merdu, dengan suara yang dinamis dan tidak monoton, sehingga suaranya masih tetap enak untuk kamu dengarkan setiap pagi.

7. Burung Pleci

Jenis burung kecil selanjutnya adalah burung pleci. Burung satu ini termasuk ke dalam anggota famili Zosteropidae yang tersebar di berbagai wilayah seperti Asia, Afrika, hingga Australia. Pleci juga terkenal sebagai burung kacamata karena corak putih melingkar di sekitar mata yang mirip kacamata.

Sumber: Wikipedia

Meskipun ukurannya kecil, sekitar 15 cm, burung pleci memiliki suara lantang dan karakteristik unik. Ada beberapa jenis pleci yang sering orang pelihara, yaitu pleci Papua, pleci dada kuning, dan pleci bustomi.

8. Burung Kolibri Ninja

Jenis burung kecil pengicau selanjutnya tidak kalah menarik untuk kamu pelihara, yaitu burung kolibri ninja. Burung kecil ini memiliki suara merdu dan bulu cantik sehingga membuatnya menarik untuk dipelihara. Meskipun bukan burung endemik Indonesia, burung kolibri ini cukup populer sebagai hewan peliharaan, terutama bagi para pecinta burung.

Sumber: Wikipedia

Ukuran kolibri ninja terbilang sangat kecil, bahkan mungil, yaitu sekitar 6,4 cm dengan bobot sekitar 6 gram. Selain bulunya yang cantik, suara kicauannya yang merdu membuat popularitasnya di kalangan Kicau Mania semakin meroket. Perlu kamu ingat, burung ini memerlukan perawatan yang tepat supaya tetap sehat dan rajin berkicau.

9. Burung Kemade

Burung Kemade atau burung cabai gunung umumnya berhabitat di hutan dan pegunungan yang lembap. Jenis burung satu ini merupakan salah satu jenis burung kecil yang memiliki kicauan merdu, sehingga banyak yang tertarik untuk menjadikannya hewan peliharaan.

Ukuran tubuh burung Kemade sendiri sangat mungil, hanya sekitar 8 cm saja. Keunikan terletak pada kombinasi warna bulunya, dengan merah di bagian dada, biru tua pada bagian atas tubuh, dan kuning tua di perut serta leher.

Sumber: Wikipedia

Makanan yang umum dikonsumsi oleh burung Kemade meliputi nektar, buah-buahan, dan serangga kecil, terutama larvanya. Suara kicauannya tajam, sehingga burung ini sering menjadi ‘master’ untuk memancing kicauan burung lain seperti pleci dan branjangan.

Untuk menjaga agar burung Kemade rajin berkicau, perhatikan asupan nutrisinya dengan baik. Beberapa jenis pakan yang direkomendasikan mencakup kroto, laba-laba kecil, jangkrik kecil, dan ulat kandang.

10. Berencet Kerdil

Burung berencet kerdil termasuk famili Timaliidae. Sesuai dengan namanya, burung berencet kerdil memiliki ukuran yang kecil dan sifat yang cenderung pemalu. Burung ini lebih menonjol ketika berkicau. Suara kicauannya yang merdu membuatnya cocok untuk kamu pelihara. 

Sumber: Wikipedia

Ukuran tubuhnya sekitar 9 cm tanpa ekor, bulu berwarna coklat kemerahan, dan tidak memiliki alis. Jenis burung kecil pemakan serangga ini memiliki warna yang cenderung pucat pada bagian bawah tubuhnya. Ketika dewasa, burung ini biasanya memiliki pola yang menyerupai sisik di bagian bawah tubuh.

Baca Juga: 7 Makanan Burung Kenari Biar Gacor dan Rajin Berkicau 

Demikian pembahasan Animalogi kali ini tentang 10 jenis burung kecil yang mempunyai kicauan merdu dan bulu cantik. Dari rekomendasi burung yang sudah kami berikan, mana yang menjadi burung favorit mu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Jenis Burung Kecil: 10 Burung yang Merdu dan Punya Bulu Cantik

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]