1. Hewan Lainnya

13 Jenis Ayam Aduan Terkuat yang Berani & Banyak Dicari

Adu ayam adalah salah satu budaya yang sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu kala. Ayam jago dari berbagai ras diadu untuk hiburan dan dipersiapkan dengan cara diberi nutrisi serta latihan. Adu ayam sudah menjadi bentuk olahraga karena ayam yang diadu akan diperlakukan dengan hati-hati. Oleh karena itu, Animalogi sudah menyiapkan informasi selengkapnya tentang  jenis ayam aduan terkuat untukmu, lho.

13 Jenis Ayam Aduan Terkuat yang Gagah & Berani, Kamu Wajib Tahu!

1. Ayam Brown Red

Ayam jenis Brown Red adalah salah satu jenis ayam yang memiliki kecepatan dalam adu ayam. Ciri khas dari ayam jenis ini adalah mata gelap, kaki gelap, bulu berwarna hitam dan merah anggur. 

Kelemahan ayam Brown Red adalah cepat kehabisan stamina dan tidak sabar dalam adu ayam. Biasanya peternak akan mengakali kelemahan ayam Brown Red dengan melakukan perkawinan silang dengan ayam jenis Asil atau ayam jenis lainnya. Ayam hasil perkawinan silang ini biasanya memiliki sifat yang penuh perhitungan dan defensif daripada ayam jenis Brown Red biasa.

Ayam Brown Red (Sumber : Daftarhewan)

2. Ayam Claret

Ayam Claret adalah jenis ayam petarung murni yang disukai oleh banyak orang dan biasanya dijadikan indukan dari ayam-ayam aduan. Ayam ini memiliki ciri khas dada yang berwarna hitam, jengger yang lurus, kaki berwarna putih, serta bulu berwarna merah anggur. Ayam Claret juga mempunyai sayap dan ekor dengan corak garis putih.

Dalam adu ayam, ayam Claret memiliki serangan akurat dan cepat. Pergerakan ayam ini sangat agresif sehingga lawannya susah untuk menahan serangan dari ayam jenis Claret ini. Tidak hanya itu, setiap ayam Claret menyerang juga memberikan pukulan yang cukup keras kepada lawan.

Ayam Claret (Sumber : Ayamvita)

3. Ayam Sweater

Ayam Sweater adalah jenis ayam yang sering menjadi pemenang dalam adu ayam karena sering membuat lawannya menyerah. Ayam jenis Sweater memang dikenal sebagai ayam aduan yang berkekuatan besar dan dapat memojokkan lawan dengan mudah.

Pada awalnya, ayam jenis ini memiliki daya tahan yang kurang, tapi seiring terjadinya perbaikan keturunan ayam jenis ini menjadi salah satu lawan yang paling ditakuti di dunia adu ayam dan termasuk sebagai jenis ayam aduan terkuat. Ciri-ciri dari ayam Sweater adalah dada berwarna merah, kaki kuning, dan bulu yang sangat panjang terutama di bagian ekornya.

Ayam Sweater (Sumber : Daftarhewan)

4. Ayam Whitehackle

Ayam jantan Whitehackle terkenal sebagai ayam jantan terindah sampai saat ini. Ciri-ciri ayam ini adalah mata merah, bulu berwarna kuning merah dengan sedikit aksen warna berkilau, bulu yang tebal dan lurus, serta tubuh yang tegap. Ayam Whitehackle bertarung dalam kategori sedang karena beratnya yang rata-rata 2-2,4 kg. 

Ketika bertarung, ayam Whitehackle menjadi sangat lincah. Setiap tenaga yang dikeluarkan menjadi serangan yang kuat kepada lawan. Ayam ini juga dapat bertahan serta mematahkan serangan lawan dari atas. Bentuknya yang indah saat bertarung menjadi daya tarik tersendiri dan menjadikannya salah satu jenis ayam aduan terkuat. 

Ayam Whitehackle (Sumber : ayamphilipinindo.blogspot)

5. Ayam Asil

Ayam ras Asil berasal dari daerah India dan Pakistan. Ayam jenis Asil dikenal sebagai jenis yang paling sempurna di Asia Selatan. Ciri khas dari ayam jenis ini adalah bulu yang pendek berwarna hitam dan merah, paruh pendek, kulit berwarna putih kekuningan, sayap yang menonjol, dan jengger yang berbentuk seperti kacang polong.

Berat tubuh ayam jantan jenis Asil lebih dari 2 kg. Ayam Asil dikenal dengan tubuhnya yang kuat serta terlihat keras sehingga tidak jarang ayam lawan akan dapat terluka dengan sekali serangan ayam Asil. Meskipun begitu, ayam jenis ini memiliki gerakan yang lambat dibanding ayam petarung lainnya.

Ayam Asil (Sumber : Duniabinatang)

6.Ayam Grey

Ayam Grey berasal dari Inggris. Ayam ini adalah hasil penyilangan dengan jenis ayam lainya sehingga menciptakan varian jenis seperti Law Grey, Frost Grey, Harold Brown Grey, dll. Secara umum, ayam Grey memiliki jengger lurus dengan bulu berwarna perak serta dada yang memiliki bintik hitam atau abu-abu. 

Ayam Grey (Sumber : Pinterest @Royal928)

7. Ayam Roundhead

Ayam Roundhead atau juga dikenal sebagai ayam kepala bundar adalah jenis ayam yang berasal dari Asia. Ayam jenis ini memiliki ciri khas taji hitam, mata merah-kuning pucat , dan kaki kuning atau putih. Ayam aduan ini memiliki berat sekitar 2-2,4 kg.

Ayam Roundhead adalah jenis ayam yang cerdas dan gesit. Ayam ini mampu menghindar dari serangan lawan dengan cepat. Oleh karena itu, ayam ini sering dihargai karena kelincahannya. Kekuatan ayam Roundhead terpusat di bagian kaki sehingga ayam ini dapat menciptakan serangan yang kuat. Ayam Roundhead biasanya akan dikawinkan dengan jenis ayam lainnya untuk menciptakan jenis ayam aduan terkuat.

Ayam Roundhead (Sumber : Daftarhewan)

8. Ayam Brazilian

Ayam Brazilian berasal dari Brazil, Amerika Selatan. Pada awalnya, ayam ini berasal dari keturunan ayam Shamo tapi karena seiring berjalannya waktu jenis ayam Brazilian muncul di Amerika Selatan. Ciri khas ayam jenis Brazilian adalah postur tinggi-tegap dan bulu berwarna dominan coklat kekuningan.

Karen posturnya yang besar dan tegap, ayam ini sangat ditakuti dalam arena adu ayam karena hanya dengan sekali pukulan ayam ini dapat menghempaskan lawannya.

Ayam Brazilian (Sumber : Embaran)

9. Ayam Shamo

Ayam Shamo berasal dari Jepang sehingga ayam ini juga memiliki julukan “Ninja Jepang”. Ayam Shamo adalah tipe ayam petarung yang cepat dan akurat sehingga susah ditandingi. Saat ini, ayam Shamo masih jarang ditemukan di Indonesia. Meskipun begitu, ayam ini memiliki daya tarik tersendiri berupa tubuh yang tegap dan atletis. Ciri khas ayam Shamo adalah paruh besar, jengger terbelah tiga, paha yang berotot, dan mata merah.

Ayam Shamo (Sumber : Pinhome)

10. Ayam Saigon

Ayam Saigon berasal dari Vietnam dan sudah dibawa ke Indonesia sejak zaman kerajaan. Pada awalnya, ayam jenis Saigon hanya menjadi ayam pedaging biasa, tapi akhir-akhir ini ayam Saigon menjadi unggulan dalam adu ayam karena memiliki pertahanan yang kuat saat bertarung.

Jika dibandingkan dengan ayam aduan lainnya, ayam Saigon tidak begitu agresif. Ayam jenis ini hanya diunggulkan dari daya tahan yang kuat. Pertahanan yang kuat ini dapat membuat lawan kehabisan tenaga dan menciptakan celah untuk ayam Saigon untuk menyerang balik.

Ayam Saigon (Sumber : Embaran)

11. Ayam Bangkok

Ayam Bangkok berasal dari Thailand. Ayam jenis ini terkenal sebagai jenis ayam aduan terkuat yang dikenal sejak dahulu kala. Ketika bertarung, ayam bangkok memiliki sifat pantang menyerah dan cerdas. Lawan menjadi kesulitan untuk menandingi pergerakan ayam Bangkok baik ketika menyerang atau bertahan.

Kelebihan dari ayam Bangkok adalah pukulannya yang keras. Pukulan yang diberikan ayam Bangkok adalah senjata utama untuk melumpuhkan lawan. Oleh karena itu, ayam bangkok menjadi ayam yang sangat diandalkan dalam adu ayam.

Ayam Bangkok (Sumber : Cermati)

12. Ayam Pakhoy

Ayam Pakhoy adalah salah satu ayam aduan super istimewa yang menjadi musuh utama dari ayam Birma. Ayam Birma dan Pakhoy memiliki rivalitas yang tinggi sehingga sangat menarik untuk diamati. Kelebihan ayam Pakhoy terdapat di teknik serangannya yang cerdas. Kekuatan ayam ini juga dapat dibilang sangat berbahaya sehingga sering dikatakan juga sebagai jenis ayam aduan terkuat.

Ayam Pakhoy (Sumber : Baaca)

13. Ayam Birma

Ayam Birma berasal  dari Myanmar. Bentuk dari ayam Birma mirip dengan ayam Bangkok, tapi ukuran tubuhnya lebih kecil. Dapat dikatakan, ayam Birma adalah ayam kampung dari Myanmar. Ayam Birma memiliki gerakan yang cepat dan ganas sehingga membuatnya cocok untuk memberi pukulan kepada lawan.

Ayam Birma (Sumber : Pinhome)

Cara Merawat Ayam Aduan

Untuk menjadikan ayam menjadi jenis ayam aduan terkuat, kamu harus tau cara merawat yang tepat. Berikut adalah cara untuk merawat ayam aduan dengan baik dan benar :

  • Menjaga kebersihan kandang
  • Memberikan pakan yang berkualitas
  • Jangan lupa memberi suplemen dan vitamin
  • Memandikan ayam secara rutin dengan air biasa
  • Membuat ayam terkena sinar matahari untuk mengeringkan badannya
  • Mengasah mental dan kekuatan ayam secara rutin

Baca Juga : Ciri-Ciri Ayam Cemani, Jenis, Manfaat, Cara Beternak & Harganya

Demikian penjelasan Animalogi tentang jenis ayam aduan terkuat dan bagaimana cara merawatnya. Semoga pembahasan di atas menambah pengetahuan Animalovers sekalian.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 13 Jenis Ayam Aduan Terkuat yang Berani & Banyak Dicari

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]