1. Kucing

Kena Penyakit Jamur Kucing Pada Manusia? Ini Ciri Cirinya!

Kucing merupakan salah satu hewan menggemaskan bagi manusia. Selain menggemaskan, nyatanya binatang tersebut memiliki penyakit menular, yaitu jamur kucing pada manusia. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga hewan lucu ini agar terhindar dari penyakit tersebut.

Berikut ini adalah informasi lengkap tentang penyebab penyakit, ciri ciri jamur kucing pada manusia hingga cara mengobati jamur kucing pada manusia.

Penyebab Penyakit Jamur Kucing pada Manusia

Dilansir dalam laman resmi momsmoney, menyatakan bahwa penyakit jamur kucing pada manusia disebut dengan istilah dermatophytosis atau ringworm, yang disebabkan oleh jamur Microsporum Canis.

Pada umumnya, kulit kucing yang terpapar ringworm akan terlihat merah serta menebal. Tidak hanya itu, jamur juga terdapat pada cakar kucing yang nantinya akan menimbulkan rasa kasar, menjadi berlubang dan tidak enak untuk dipandang.

Manusia juga dapat tertular melalui kontak fisik, seperti menyentuh sebuah benda yang terdapat bulu dari hewan lucu tersebut.

Ciri Ciri Jamur Kucing pada Manusia

Ciri Ciri Jamur Kucing pada Manusia
Ciri Ciri Jamur Kucing pada Manusia (sumber: popbela)

Sampai saat ini, kucing yang terpapar jamur sangat sulit untuk terdeteksi, lantaran tidak menimbulkan gejala. Akan tetapi, suatu saat penyakit tersebut akan memperlihatkan ciri ciri yang dapat dikenali.

Dikutip dari website resmi ASPCA (The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals) serta VCA Hospitals, menyebutkan bahwa tanda tanda jamur pada kucing adalah sebagai berikut:

  1. Kulit yang rusak akan timbul pada kepala, telinga dan kaki depan (cakar).
  2. Munculnya ketombe pada bulu kucing.
  3. Menimbulkan kebotakan pada area yang terkena infeksi.
  4. Terdapat kurap pada area jamur.

Dikarenakan penyakit tersebut sangat sulit terdeteksi, maka periksalah peliharaan kesayangan kamu ke dokter hewan secara rutin. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan agar terhindar atau mengurangi risiko dari penyakit jamur.

Apa Bedanya Jamur Kulit Manusia dan Hewan?

Jamur kulit atau ringworm adalah penyakit kulit yang sering terjadi di badan, kepala serta selangkangan. Penyakit ringworm ini disebabkan oleh jamur yang bernama dermatofita.

Faktanya, tidak ada perbedaan antara jamur kulit yang terjadi pada manusia maupun hewan. Namun, terdapat beberapa ciri yang berbeda. Apabila terjadi pada manusia, penyakit tersebut akan menimbulkan bercak yang berbentuk lingkaran dan gatal.

Selain itu, memiliki warna kemerahan yang ditandai dengan bagian tepi lebih merah serta bagian tengahnya bersisik. Infeksi jamur juga bisa menyebabkan kebotakan pada area kepala dan janggut.

Sedangkan, pada kucing tidak selalu bergejala. Hanya saja, hewan yang terkena penyakit ringworm akan memiliki kulit yang mengeras hingga cakar menjadi rapuh.

Animalovers wajib mengetahui bahwa penyakit ini tidak hanya menular dari hewan ke manusia saja, akan tetapi bisa sebaliknya. Kamu juga bisa tertular jamur jika sering tidur bersama dengan kucing kesayangan.

Penyakit yang satu ini sangat mudah menular ke sesama manusia, lantaran jamur jenis dermatofita mampu bertahan lama di berbagai tempat, mulai dari ruang ganti sampai barang pribadi, seperti topi, handuk, sisir dan kuas makeup.

Infeksi jamur sangat mudah menyerang anak anak, para lansia (lanjut usia) dan seseorang dengan daya tahan tubuh yang lemah. Apabila Animalovers mempunyai kucing, maka berhati hatilah jika muncul gejala gejala tersebut. Selain kucing, ringworm dapat menyerang beberapa hewan lain, seperti anjing, sapi, kambing dan sebagainya.

Cara Mengobati Jamur Kucing pada Manusia

Cara Mengobati Jamur Kucing pada Manusia
Cara Mengobati Jamur Kucing pada Manusia (sumber: hot.liputan6)

Untuk mengobatinya, cara terbaik yang dapat dilakukan oleh Animalovers adalah dengan membawa kucing tersebut ke dokter hewan. Setelah dokter memastikan bahwa kucing kamu mengidap penyakit jamur, Animalovers akan diberikan resep obat ringworm untuk sang kucing, diantaranya:

  • Obat topikal (oles) merupakan obat yang terdiri dari salep, krim, shampo dan beberapa obat oles lainnya. Jangan lupa untuk memperhatikan dan mengikuti seluruh petunjuk dokter mengenai cara mengobati jamur pada kucing. Dengan memakai resep tersebut, diharapkan proses penyembuhan menjadi lebih cepat.
  • Obat oral (minum) adalah obat yang mendukung obat oles. Biasanya, obat minum yang sering digunakan adalah itraconazole atau terbinafine. Berikan juga pada kucing kamu sesuai dengan anjuran dokter ya, Animalovers.

Tips Agar Terhindar Penyakit Jamur Kucing pada Manusia

Sebelum merawat hewan lucu ini, sebaiknya Animalovers memperhatikan kesehatan binatang tersebut agar terhindar dari penyakit jamur kucing pada manusia. Tidak hanya itu saja, Animalovers harus memperhatikan juga reputasi toko. Reputasi yang baik akan memberikan dampak positif bagi pemilik hewan. Selain reputasi yang baik, toko tersebut harus rutin memberikan vaksin kepada hewan lainnya.

Berikut adalah beberapa tips pencegahan agar tidak terpapar jamur, yaitu:

  • Sering memberikan vaksin kepada hewan, tujuannya untuk meminimalisir risiko terkena penyakit menular, baik hewan maupun manusia.
  • Sediakan makanan dan air minum yang mengandung nutrisi. Perhatikan juga binatang kesayangan kamu jika bermain di toilet, sebab bisa saja kucing Animalovers meminum air dari tempat tersebut.
  • Berikan batasan antara kucing Animalovers dengan hewan lain agar tidak terjadi kontak fisik secara langsung.
  • Jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan air dan sabun setelah bermain dengan kucing.
  • Pakailah masker serta sarung tangan pada saat membersihkan kandang ataupun membuang kotoran.
  • Tidak dianjurkan untuk mencium dan menyentuh bagian mulut kucing.
  • Hindari berbagi makanan dengan binatang Animalovers.
  • Selalu menjaga dan membersihkan seluruh sudut rumah kamu, terutama pada area yang sering dikunjungi kucing. Gunakan juga alat penyedot debu, seperti vacuum cleaner untuk membersihkan lantai dan barang barang yang ada di rumah dari bulu atau kulit hewan yang masih menempel.
  • Perhatikan seluruh sirkulasi dan kondisi udara di dalam rumah. Sebab, penyakit ini sangat mudah tumbuh dan berkembang biak di tempat yang dingin serta lembap.

Beragam tips di atas dapat Animalovers terapkan untuk menghindari penularan penyakit jamur kucing pada manusia.

Baca juga : Umur Berapa Kucing Boleh Dimandikan? Animalovers Wajib Tahu!

Itulah informasi terkait penyakit kucing dan cara pencegahannya yang dapat menjadi referensi kamu dalam memelihara kucing dengan tingkah lucu dan menggemaskan ini. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan perawatannya ya, Animalovers agar mereka selalu sehat dalam jangka waktu yang lama.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Kena Penyakit Jamur Kucing Pada Manusia? Ini Ciri Cirinya!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]