1. Ikan

8 Rekomendasi Jenis Ikan Pembersih Akuarium, Ampuh!

Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini!

1. Ikan Corydoras 

Sumber: sukaikan

Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau Coradinae. Memiliki nama latin Corydoras spp., ikan ini berukuran cukup kecil, sekitar 2-3 inci saja saat dewasa. Nama ikan ini juga diambil dari bahasa Yunani ‘Corydoras’, yang mana ‘Cory’ berarti helm dan ‘Doras’ berarti kulit. Ukuran yang kecil dan karakteristik yang cukup pendiam membuat ikan ini sangat cocok untuk dipelihara dalam waktu yang lama di akuarium. 

Ikan Corydoras sangat cocok untuk membersihkan akuarium, sebab ikan ini akan sangat aktif menyelip di antara kerikil dan batang tumbuhan untuk membersihkan sisa makanan atau lumut. Ikan inbervariasi, mulai dari 5.000-an hingga sekitar 20.000-an per ekornya.

2. Ikan Molly

Sumber: aquariumfishes

Jenis spesies ikan lain yang terkenal sebagai ikan pembersih akuarium adalah ikan Molly. Ikan ini sangat andal dalam membersihkan akuarium karena akan memakan alga yang ada di seluruh permukaan akuarium, termasuk ornamen akuarium atau pada dedaunan tumbuhan. 

Ukuran ikan ini mirip dengan ikan Corydoras, yaitu sekitar 3 inci. Selain itu, Ia juga mempunyai banyak corak, warna, dan bentuk sirip, dan sangat mudah untuk berkembang biak. Harga ikan Molly sangat terjangkau, mulai dari 1.000 hingga 5.000 rupiah saja. 

3. Ikan Alga Cina 

Sumber: aqua bramakha

Seperti namanya, ikan ini sangat suka memakan tumbuhan alga. Selain itu, ikan Alga Cina juga sangat suka memakan kotoran serta lumut yang ada pada akuarium. Warnanya kuning keemasan, sehingga tidak hanya bisa menjadi ikan pembersih akuarium, tetapi juga sekaligus ikan hias. 

Ukuran ikan Alga Cina cukup besar saat dewasa, selain itu juga lincah dan agresif saat berenang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menempatkan ikan ini terlalu lama dalam akuarium karena bisa mengganggu bahkan memakan ikan lain yang lebih kecil ukurannya. Segera pisahkan ikan Alga Cina ini jika ukurannya sudah melebihi ikan hias yang ada di akuarium. Harga ikan ini cukup terjangkau, sekitar 5.000 rupiah per ekornya. 

Baca juga: Mengenal Ciri Ciri Ikan Koi Dengan Berbagai Kondisi

4. Ikan Sapu – Sapu (Bristlenose Plecos)

Sumber: orami

Ada juga jenis ikan yang terkenal sebagai ikan pembersih akuarium karena bisa memakan kotoran, ganggang, alga, hingga lumut, yaitu ikan Sapu-Sapu. Ikan ini memiliki bagian mulut yang bisa mencengkeram sisi tangki sehingga bisa membersihkan kaca akuarium. 

Namun, ketika membersihkan dasar kolam, ikan Sapu-Sapu tidak mampu memilah alga mana yang merupakan kotoran dan tanaman hidup, sehingga sering kali malah merusak tanaman dalam akuarium. 

Jika ingin menaruh ikan ini dalam akuarium, pastikan tidak sembarangan menggabungkannya dengan ikan kecil, sebab beberapa ikan ini memiliki pergerakan yang cukup aktif. Harga satu ekor ikan ini sekitar 5.000 rupiah untuk ukuran dewasa.

Baca juga: Cara Merawat Telur Ikan Cupang Hingga Menetas

5. Ikan Brushmouth 

Sumber: ikanhiasku

Ikan Brushmouth masih merupakan jenis ikan Pleco atau ikan Sapu-Sapu.  Sama seperti ikan Sapu-Sapu, ikan Brushmouth juga bisa membersihkan akuarium dengan memakan  kotoran serta alga yang menempel pada dinding dan tumbuhan. 

Bedanya, ikan Brushmouth memiliki warna yang cukup menarik dan bentuk tanduk halus di sekitar wajahnya yang unik, sehingga lebih mempunyai daya tarik tersendiri untuk dipelihara. Ikan ini bisa tumbuh hingga berukuran 15 cm. Harga ikan Brushmouth berkisar di angka 10.000 setiap ekornya. 

6. Ikan Alga Siam (Siamese Algae Eater)

Sumber: rawatikan

Selanjutnya, ada ikan Alga Siam atau SAE yang juga merupakan ikan pembersih akuarium. Ikan Alga ini sedikit berbeda dengan ikan Alga Cina, sebab ia tidak akan menyerang ikan kecil lain, sehingga bisa dipelihara bersama ikan hias kecil lain. Namun, ikan ini sebaiknya dipelihara dalam akuarium yang ukurannya tidak terlalu kecil karena akan tumbuh sedikit lebih besar seiring bertambah dewasa. 

Selain memakan alga dan lumut, ikan SAE ini juga memakan cacing pipih yang bisa mengganggu kesehatan ikan dalam akuarium. Harganya juga tidak jauh berbeda dari ikan Alga Cina, yaitu sekitar 7.500 rupiah tiap ekornya. 

7. Ikan Oto (Otocinclus Affinis)

Sumber: nakamaaquatics

Beberapa orang menyebut Ikan Otocinclus ini sebagai ikan Oto. Ikan Oto juga merupakan pemakan lumut. Ikan ini memiliki tubuh yang kecil, hanya sekitar 5 cm saja. Meski tubuhnya kecil, ikan Oto sangat lincah dalam membersihkan akuarium. Ikan Oto ini juga bisa disatukan dengan macam-macam ikan hias akuarium lain. 

Namun, mendapatkan ikan ini cukup sulit, sehingga harganya cukup mahal setiap ekornya. Harga satu ekor ikan Oto dibanderol sekitar 35.000, bahkan ada juga yang lebih mahal. 

8. Ikan Bunglon Pasir

Sumber: berita99

Rekomendasi ikan pembersih akuarium terakhir yang bisa dipelihara yaitu ikan Bunglon Pasir. Jika kamu memelihara ikan hias air laut, ikan ini sangat cocok untuk membantu menjaga kebersihan akuariummu. 

Ukuran ikan ini cukup kecil, sekitar satu jari tangan orang dewasa. Meski begitu, ikan ini cukup efektif untuk membasmi lumut serta sisa makanan ikan yang kerap menempel pada dinding akuarium. Namun, harga ikan ini sedikit lebih mahal seperti ikan Oto, yaitu berkisar di harga 35.000 rupiah satu ekornya. 

Baca juga: Ikan Sepat: Karakteristik, Jenis makanan, & Cara Merawatnya

Itu dia beberapa rekomendasi jenis ikan pembersih akuarium yang bisa kamu pelihara agar akuariummu tetap terjaga kebersihannya. Masing-masing ikan memiliki karakteristik yang unik dan harga yang bervariasi. Kira-kira kamu akan pelihara yang mana? 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 8 Rekomendasi Jenis Ikan Pembersih Akuarium, Ampuh!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]