1. Ikan

Ikan Koi: Harga, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Merawatnya

Ikan koi adalah salah satu ikan yang paling banyak dipelihara dan dibudidaya di Indonesia. Perawatan mereka tergolong tidak terlalu sulit dan dapat menjadi hiasan di akuarium ataupun kolom rumah. Bagi Animalovers yang tertarik untuk memelihara atau membudidayakan ikan dengan motif unik ini, yuk berikut informasi lengkapnya.

Ikan Koi, Si Pembawa Keberuntungan

Jenis ikan koi dan gambarnya
(Sumber: Unsplash)

Koi adalah salah satu ikan yang berasal dari Jepang dan memiliki arti sebagai ikan karper yang bersulam emas atau perak. Di Jepang, ikan ini menyimbolkan cinta dan kasih sayang. Mereka terkadang dianggap sebagai bagian dari ikan mas, padahal secara genetik kedua jenis ikan tersebut sangat berbeda.

Koi biasanya hidup di dalam kolam, mereka jarang hidup di akuarium karena akan membuat tubuhnya tidak tumbuh dengan maksimal akibat ukuran kolam yang terbatas. Mereka biasanya dipelihara dengan tujuan keindahan dan sering kali dipercaya membawa keberuntungan. Mitos ini dipercaya berdasarkan beberapa sumber sejarah dari Jepang dan beberapa negara.

Pada abad ke-12, Kaisar Jepang melihat koi kesayangannya melompat lompat dari kolam seperti ingin memberitahukan sesuatu. Tidak lama kemudian gempa terjadi, Samurai di Muromachi kemudian menghargai usaha keras ikan ini dan mengaitkan mereka simbol perayaan anak laki-laki. Sejak saat itulah simbol koi dianggap sebagai simbol keberuntungan dan keberanian yang berharga.

Ikan dengan motif berwarna emas ini diperkirakan menyebar ke Indonesia pada tahun 1980-an, dengan koi pertama panjangnya 100 cm dan berumur hingga 5 – 75 tahun yang dibawa oleh Hani Moniaga. Kemudian ikan ini menjadi populer dan banyak kalangan masyarakat yang kemudian mengembangkan peternakan.

Ciri-ciri Ikan Koi 

ciri-ciri ikan koi
(Sumber: Pexel)
  • Terdapat garis punggung yang lurus dan sedikit melengkung. 
  • Sirip ikan besar sesuai dengan ukuran badannya dan memiliki berbagai motif.
  • Kepala koi memiliki bentuk yang sedikit lonjong sempurna.
  • Memiliki corak di bagian tubuh dengan berbagai warna diantaranya emas, oren, kuning, hitam, dan biru.
  • Koi yang sehat biasanya sangat aktif untuk bergerak, sehingga apabila ada koi yang hanya diam saja ada kemungkinan terserang penyakit.

Jenis dan Gambar Ikan Koi

Ada berbagai macam jenis ikan koi dengan harga yang berbeda-beda. Berikut beberapa jenis ikan koi dan penjelasan lengkapnya yang mungkin dapat menjadi referensi kamu dalam menentukan pilihan ikan apa yang pas untuk dipelihara.

1. Koi Slayer

Gambar ikan koi slayer
(Sumber: Jual Ikan Koi)

Kumpai slayer adalah jenis ikan koi slayer yang mengusung nama butterfly koi. Sirip dari koi yang satu ini sangat cantik layaknya kupu-kupu. Jenis ini termasuk dalam ikan koi termahal karena harganya yang mencapai Rp1.500.000,00.

2. Koi Tancho

Koi tancho
(Sumber: GDM Agri)

Pada dasarnya koi tancho sangat mirip dengan koi jenis kohaku dan kemungkinan sangat sulit untuk membedakannya. Namun, Animalovers tidak perlu khawatir karena pada umumnya corak ikan ini memiliki tiga warna yakni hitam, merah, dan hitam kombinasi. Harga ikan koi yang satu terkenal cukup mahal yakni sekitar Rp300.000,00.

3. Koi Shiro Utsuri

Shiro Utsuri
(Sumber: Wikipedia)

Jika koi pada umumnya selalu mengandalkan corak emas dan merah, maka koi yang satu ini sangat elegan dengan perpaduan corak berwarna hitam. Mereka tampak berkilauan ketika berada di kolam luar ruangan. Siripnya pun sangat cantik dan anggun, sangat cocok untuk dijadikan hewan peliharaan yang menarik perhatian. Harga ikan koi shiro utsuri sekitar Rp700.000/ekor. Harga ini tergolong cukup sedang dibanding dengan jenis yang lain karena sangat diminati.

4. Koi Ki Utsuri

Koi Ki Utsuri
(Sumber: Gila Koi)

Salah satu jenis koi yang cantik adalah koi ki utsuri. Koi yang satu ini memiliki corak berwarna hitam dan kuning. Mereka sangat cantik ketika berada di bawah matahari dan terlihat berkilauan. Apabila kolomnya berwarna hitam maka kombinasi warna ini akan sangat cantik. Harga ikan koi utsuri berkisar antara Rp850.000,00/ekor hingga Rp900.000,00.

5. Koi Ogon

Salah satu jenis ikan koi yang mirip dengan ikan mas adalah koi ogon. Mereka biasanya hanya memiliki satu warna yang berkilau keemasan dan sangat cantik. Ikan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1946 dan merupakan hasil persilangan antara koi berpunggung kuning dengan koi shiro-fuji. 

Ikan koi ogon
(Sumber: Pexel)

6. Koi Asagi

Gambar ikan koi asagi
Gambar ikan koi asagi (Sumber: Wikipedia)

Warna koi asagi biasanya adalah abu-abu dengan perpaduan antara abu-abu dan oren. Mereka sangat unik dan banyak disukai karena warnanya berbeda dibanding dengan yang lain. Koi yang satu ini memiliki harga yang lebih mahal dibanding dengan yang lainnya yakni dengan harga sekitar Rp1.100.000/ekor.

7. Ikan Koi Showa Sanshoku

gambar ikan koi Showa Sanshoku
(Sumber: Koi)

Koi Showa memiliki warna dasar berwarna putih dengan corak dua warna yakni oren dan hitam. Jika diletakkan di kolam maka sekilas kita dapat melihat ikan ini mirip dengan batu marmer. Harga ikan koi showa diperkirakan sekitar Rp500.000 – Rp550.000/ekor.

8. Ikan Koi Kohaku

gambar ikan koi kohaku
(Sumber: Wikipedia)

Koi kohaku adalah koi dengan dominasi warna oren kemerahan pada bagian tubuhnya. Mereka biasanya terkenal untuk dibudidayakan ataupun sekadar dijadikan hiasan di kolam ikan. Untuk harga ikan koi kohaku sendiri tergolong tidak terlalu mahal, untuk ukuran yang masih kecil sekitar Rp35.000,00 hingga Rp1.000.000 dengan kualitas unggul.

9. Ikan Koi Taisho Sanke

Koi Taisho Sanke
(Sumber: The Pond Expert)

Beberapa corak koi memang terlihat mirip namun mereka tetap berada pada jenis berbeda. Salah satunya adalah koi taisho sanke yang sangat mirip dengan jenis kohaku. Mereka sangat cantik dengan corak hitam yang ada di tengah-tengah putih dan oren. Jenis ikan koi yang satu ini juga sangat terkenal karena mudah dikembangbiakkan. Harganya pun sangat murah yakni sekitar Rp300.000/ekor.

10. Koi Goromo

Koromo atau goromo adalah ikan yang dihasilkan dari persilangan antara jenis kohaku dan asagi. Mereka biasanya memiliki motif bulat keunguan seperti buah anggur. Ada terdapat empat macam varian warna dari jenis ikan ini yakni diantaranya adalah ungu, biru, hitam, dan nila.

11. Koi Shusui Yamaju

Gambar ikan koi
(Sumber: Duta Koi)

Salah satu jenis ikan koi yang banyak disukai adalah husui yamaju. Mereka biasanya memiliki tubuh yang sangat cantik layaknya keramik bermotif. Tubuhnya cenderung tidak panjang dan terlihat gendut. Harga ikan koi yang satu ini berkisar antara Rp500.000,00 – Rp600.000/ekor.

12. Koi Shiro Bekko

Gambar ikan Shiro Bekko
(Sumber: Pixabay)

Ingin memiliki jenis ikan koi yang berbeda? maka dapat memelihara koi shiro bekko. Ikan jenis ini sangat mirip dengan motif sapi berwarna hitam dan putih. Hal ini menjadikan mereka sebagai primadona karena sangat cantik dan unik. Harga ikan koi shiro bekko berkisar antara Rp500.000,00 – Rp800.000,00/ekor.

13. Koi Ogon Platinum

Ikan koi ogon platinum
(Sumber: Duta Koi)

Ikan koi termahal adalah koi ogon platinum yang perekor memiliki harga sekitar Rp1.200.000/ekor. Mereka mirip dengan ikan mas namun dengan versi berwarna silver. Mereka akan kelihatan bercahaya ketika berada di bawah sinar matahari dan dapat mempercantik kolam di pekarangan rumah Animalovers.

14. Koi Hikarimoyo Mono

Gambar ikan koi sehat
(Sumber: Pixabay)

Hikarimoyo mono sangat mirip dengan jenis ikan koi lainnya. Mereka memiliki warna dasar putih dengan motif oren. Ikan ini termasuk salah satu jenis ikan yang biasanya dipelihara dan dibudidayakan oleh peternak. Harga dari ikan berkisar antara Rp700.000,00 – Rp800.000/ekor.

15. Koi Ki Bekko

Ki Bekko
(Sumber: Pixabay)

Koi bekko memiliki warna dasar emas dengan corak berwarna hitam yang abstrak. Mereka biasanya sangat cocok untuk dipelihara di kolam ketimbang di aquarium agar terlihat lebih cantik. Ikan ini biasanya menjadi favorit banyak pecinta ikan di Indonesia. Harga ikan koi yang satu ini adalah Rp500.000,00.

16. Koi Kinginrin

Koi Kinginrin
(Sumber: Koi Made Bali)

Salah satu jenis ikan koi termahal adalah koi kinginrin yang memiliki harga sekitar Rp900.000 per ekor. Mereka kadang tidak terlihat seperti koi pada umumnya karena warnanya yang lebih mirip ikan mas.

17. Koi Shusui

Koi-Shusui
(Sumber: Wikimedia Commons)

Jika dilihat dari atas maka Animalovers akan melihat punggung dari koi ini seperti membentuk motif tulang. Mereka sangat cantik dan mirip dengan jenis hikari moyomono dengan warna kelabu yang indah. Harga ikan koi shusui terbilang cukup murah yakni Rp400.000,00/ekor.

18. Koi Ogon Yamabuki

Ogon-Yamabuki
(Sumber: Wikimedia Commons)

Mereka pada umumnya disebut sebagai ikan ogon, dengan ciri-ciri warna tubuh kuning keemasan. Ikan ogon termasuk ke dalam jenis ikan koi termahal dengan harga Rp900.000/ekor.

19. Koi Kujaku

Kujaku
(Sumber: Wikimedia Commons)

Ikan ini sering disebut dengan jenis koi champion. Pada tubuhnya terdapat corak yang unik dengan perpaduan abu-abu dan oren. Bagian punggung biasanya didominasi dengan corak abu-abu abstrak. Harga ikan ini adalah Rp500.000,00.

20. Koi Hariwake

Hariwake koi
(Sumber: Hobi Binatang)

Jika koi pada umumnya berwarna oren dan putih maka koi jenis ini memiliki warna emas dan putih. Mereka sangat cantik jika diletakkan di kolam yang memiliki warna gelap dan akan terlihat seperti hiasan yang akan menarik mata. Sirip mereka biasanya berwarna putih susu atau terkadang bening dan kelihatan sangat cantik dan anggun. 

21. Koi Aka Bekko

koi aka bekko
(Sumber: Pixabay)

Salah satu jenis ikan koi yang paling banyak dipelihara adalah koi aka bekko. Mereka memiliki warna dasar oren dengan motif warna putih dan hitam yang tidak berpola alias abstrak. Karena permintaan tinggi dan peternak yang banyak memelihara nya maka harga ikan ini menjadi murah yakni sekitar Rp500.000,00.

22. Koi Shusui Asagi

Shusui Asagi
(Sumber: Second Wiki)

Jenis koi selanjutnya adalah koi shusui asagi yang memiliki warna dasar abu-abu dan corak putih dan polkadot hitam. Siripnya terkadang berwarna oren dan terkadang berwarna putih. Harga ikan ini biasanya dibandrol sekitar Rp500.000,00.

23. Koi Tancho Goromo

Koi Tancho Goromo
(Sumber: Duta Koi)

Koi dengan warna yang cantik selanjutnya adalah koi tancho goromo. Jenis ini memiliki kepala dengan corak berwarna hitam. Di seluruh tubuhnya berwarna abu-abu mengkilat yang sangat cantik. Mereka biasanya memiliki badan dengan bentuk seperti belut.

24. Koi Tancho Goshiki

Tancho Goshiki
(Sumber: Jual Koi)

Jenis ini akan sangat cantik jika disatukan di kolam berwarna gelap karena akan menampilkan corak oren pada ikan. Jenis ini memiliki warna dasar abu-abu dengan kepala berwarna oren. Sirip mereka biasanya berwarna putih susu dan menyesuaikan dengan ukuran tubuh mereka. Harga ikan koi tancho goshiki sekitar Rp700.000,00/ekor dan biasa lebih mahal jika memiliki kualitas yang lebih tinggi.

25. Koi Tancho Kujaku

Tanco Kujaku
(Sumber: breederkoi)

Jenis koi yang satu ini memiliki motif titik-titik pada bagian atas tubuhnya namun pada bagian bawahnya polos berwarna putih. Harga ikan koi tancho kujaku biasanya berkisar antara Rp700.000/ekor.

Cara Merawat Ikan Koi

Koi termasuk ikan yang memiliki umur yang panjang dan perawatan yang sama pada ikan umumnya. Bagi Animalovers yang tertarik untuk memelihara ikan ini dapat memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

1. Memastikan Kualitas Air

Ketika memelihara koi, hal yang pertama dan utama yang perlu diperhatikan adalah kualitas air kolam. Koi biasanya hidup pada air dengan derajat keasaman ideal yakni sekitar pH 6,5 – 8,0. Meski begitu mereka tetap hidup diatas pH yang sudah ditentukan, namun hal ini perlu diperhatikan agar koi dapat menjadi lebih nyaman dan berkembang lebih baik.

2. Memilih Kolam yang Pas

Kedua, usahakan untuk memilih ikan kolam yang sesuai dengan jumlah dan ukuran koi agar mereka dapat berkembang lebih besar. Apabila koi diletakkan di kolam yang sempit hal ini akan mempengaruhi pertumbuhannya. Jadi, usahakan agar koi dapat “bernapas” lebih baik.

3. Memilih Bibit Koi yang Berkualitas

Bibit adalah kunci penting ketika memelihara koi. Usahakan untuk memilih bibit berkualitas yang bagus dan sehingga memiliki umur panjang. Perhatikan pula kesehatan bibit koi, biasanya bibit yang berkualitas cenderung lebih aktif dibanding yang hanya diam saja.

4. Memasang Filter Air

Manfaat filter air adalah untuk menyaring kotoran sehingga kolam akan menjadi tetap bersih dan ikan dapat menjadi lebih nyaman. Memasang filter ini menjadi hal yang penting, Animalovers agar kamu tidak perlu terlalu sering menguras kolam.

5. Berikan Pakan Berkualitas Tinggi

Jangan lupa untuk selalu menyediakan pakan ikan koi berkualitas tinggi. Biasanya pakan ikan koi adalah cacing darah, roti, kangkung, udang, ganggang, kutu air, ataupun pelet ikan. Kamu dapat memberikannya secara berkala.

6. Memberikan Nutrisi Tambahan

Tanaman yang ada di kolam dapat menjadi nutrisi tambahan bagi ikan. Mereka senang memakan alga ataupun duckweed. Selain bernutrisi hal ini akan menjadi aksesoris kolam yang mempercantik tampilan.

7. Perhatikan Temperatur Air Kolam

Terakhir, hal yang harus diperhatikan adalah Koi biasanya hidup dengan suhu terbaik pada 20 – 25°C. Apabila suhu terlalu dingin kamu dapat memanfaatkan pemanas air untuk memanaskan suhu ataupun mengalirkan air jika suhu terlalu panas.

Harga Ikan Koi Terbaru 2022 (Tabel)

Agar informasi koi semakin jelas, berikut tabel harga ikan koi terbaru yang dapat menjadi referensi bagi Animalovers untuk membeli dan membudidayakan mereka.

No.Jenis Ikan KoiHarga Ikan Koi
1.Koi slayerRp1.500.000,00
2.Koi tanchoRp300.000,00.
3.Koi shiro utsuriRp700.000,00.
4.Koi ki utsuriRp800.000,00.
5.Koi OgonRp1.600.000,00.
6Koi AsagiRp1.100.000.
7Koi ShowasanshokuRp550.000,00.
8Koi kohakuRp1.000.000,00
9Koi taisho sankeRp300.000,00.
10Koi GoromoRp300.000,00.
11Koi Shusui YamajuRp600.000,00
12Koi Shiro BekkoRp500.000,00.
13Koi Ogon PlatinumRp1.200.000,00.
14Koi hikarimoyo monoRp500.000,0.
15Koi kingirinRp900.000,00/
16Koi ki bekkoRp400.000,00.
17.Koi shusuiRp900.000,00.
18.Koi YamabukiRp500.000,00
19.Koi KujakuRp350.000,00.
20.Koi hariwakeRp500.000,00.
21.Koi aka bekkoRp500.000,00
22,Koi shusui asagiRp750.000,00.
23.koi tancho goromoRp700.000,00.
24.Koi tancho goshikiRp700.000,00.
25.Koi tancho kujakuRp700.000,00.

Baca juga: [LENGKAP] Jenis Ikan Cupang & Gambarnya Terbaru 2022

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai koi, si ikan yang membawa keberuntungan. Mereka dapat menjadi hiasan cantik di kolam ataupun akuarium rumah kamu agar semakin cantik. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu untuk memelihara koi, ya Animalovers.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ikan Koi: Harga, Jenis, Ciri-ciri dan Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]