1. Anjing

Harga Anjing Pomeranian, Jenis, Ciri-Ciri, & Cara Merawatnya

Pomeranian adalah salah satu anjing ras kecil yang tidak besar. Mereka sangat aktif dan senang bersosialisasi. Wajah menggemaskan pomeranian tentunya mampu merebut hati Animalover penyuka anjing. Agar kamu tidak penasaran, mari mengenal si kecil aktif yang lucu ini.

Sekilas tentang Anjing Pomeranian, Ras Anjing Imut Asal Eropa

Anjing ras yang tidak bisa besar
(Sumber: Pixabay)

Pomeranian berasal dari negara Jerman, tepatnya di salah satu kota tertua yang bernama Pomerania. Berdasarkan sejarahnya nenek moyang Pomeranian adalah anjing penggembala yang bertubuh besar. Mereka kemudian mengalami perubahan dengan adanya perkawinan silang hingga menghasilkan anjing mini yang mungil menggemaskan. Beberapa tokoh penting yang menyukai anjing ini adalah Isaac Newton dan Mozart.

Pada tahun 1761-an anjing mungil ini dibawa ke Inggris oleh Charlotte. istri dari Pangeran George III. Selain itu, pada tahun 1888 Ratu Victoria juga memelihara anjing mungil ini yang berwarna merah-hitam di Italia dan dibawa ke Inggris. Si mungil menggemaskan ini kemudiantersebar ke Amerika yang kemudian disukai oleh banyak orang dan menjadi populer.

Ciri-Ciri Anjing Pomeranian

Ciri-ciri anjing pomeranian
Pomeranian (Sumber: Pixabay)

Pomeranian adalah anjing yang memiliki ukuran sangat kecil dan mungil, berat mereka sekitar 1,5 – 3,5 kg dengan tinggi yang tidak sampai 30 cm. Ciri-ciri Pomeranian yang paling menonjol adalah kepalanya yang bulat memiliki mata gelap dengan ekor berbulu lebat.

Mereka memiliki dua lapis bulu yang cukup tebal, satu lapis mengembang dan satu lagi melekat sempurna pada tubuhnya. Warna bulu anjing anjing mungil ini sangat banyak mulai dari coklat, jingga, merah, hitam, dan terkadang mereka memiliki lebih dari satu warna.

Harga anjing Pomeranian berkisar antara Rp1.000.000,00 – Rp10.000.000, terganteng jenis dan tampilan fisik dari Pomeranian. Biasanya harga pomeranian mini lebih mahal daripada jenis pomeranian yang biasa.

Karakter atau Sifat Anjing Pomeranian

Sebagai anjing peliharaan tentu sangat mempertimbangkan karakter dan sifat mereka. Karakter Pomeranian yang menggemaskan tentu akan mencuri perhatian kamu ketika berada di dekat mereka.

1. Cerewet, Banyak Bersuara

Sifat anjing pomeranian
(Sumber: Pixabay)

Meski badannya sangat kecil, anjing ini memiliki suara yang cukup untuk membuat kamu menoleh kepada mereka. Jika senang, mereka akan akan banyak bersuara dan sangat cerewet. Si kecil yang aktif ini akan sangat cocok untuk dipelihara di rumah atau apartemen kamu yang sepi.

2. Lincah dan Aktif

Pomeranian sangat senang bergerak, itu mengapa jika kamu perhatikan mereka sangat lincah dan tidak bisa diam. Apabila kamu ingin memelihara anjing lucu ini maka harus bersiap menyediakan waktu untuk menemani mereka bergerak.

3. Suka Mencari Perhatian

Anjing Pom Pom yang lincah
(Sumber: Pixabay)

Suaranya yang berisik tentu akan menarik perhatian siapapun, ternyata anjing ini memang suka mencari perhatian. Mereka senang bersosialisasi dan sangat ramah bertemu dengan orang baru. 

4. Sayang Pada Pemilik

Meski senang dengan orang baru, Pomeranian tetap menyayangi pemiliknya lebih dari apapun. Matanya yang lucu akan melihat kamu dengan tatapan jujur bahwa ia menyayangi dan ingin menjaga pemiliknya. 

5. Suka Cemburu dengan Hewan Lain

Anjing Pomeranian Putih
(Sumber: Pixabay)

Jika kamu memiliki hewan peliharaan di rumah maka kamu harus berpikir ulang bagaimana cara membagi kasih sayang dengan hewan lain. Pomeranian sangat pencemburu dan mudah merajuk, sehingga butuh kesabaran ekstra ketika mereka cemburu.

6. Gampang Sakit

Pomeranian mudah terserang penyakit, sehingga perawatan yang baik sangat dibutuhkan agar anjing ini selalu sehat. Perawatan mendasar seperti menjaga kebersihan tentu tidak cukup untuk merawat anjing, kamu harus memperhatikan nutrisi dan napsu makannya.

Jenis Anjing Pomeranian yang Bisa Dipelihara

Pengembangan ras pomeranian dilakukan dengan kawin silang dengan ras lain sehingga menghasilkan jenis pomeranian yang unik dan lucu. Berikut jenis anjing pomeranian yang bisa Animalovers pelihara.

1. Pomeranian Biasa

Pomeranian biasa adalah ras asli tanpa mix dengan ras manapun. Perawatan yang mudah membuatnya sangat cocok untuk hadir sebagai teman di rumah. Dari segi harga, Pomeranian biasa lebih murah ketimbang variasi lainnya.

Anjing pomeranian biasa
(Sumber: Pixabay)

2. Fox-Face Pomeranian

Fox-Face Pomeranian
Fox-Face Pomeranian (Sumber: Blog Pet Care)

Sngat sulit untuk membedakan Pomeranian biasa dengan Fox-Face Pomeranian. Dari segi fisik secara rinci, telinga anjing Fox-Face Pomeranian lebih runcing seperti rubah, namun para pemelihara anjing biasanya tetap menyebut mereka sebagai Pomeranian bukan Fox-Face Pomeranian.

3. Baby-Doll Pomeranian

Baby-Doll Pomeranian
Baby-Doll Pomeranian (Sumber: All About Poms)

Pomeranian jenis Baby-Doll adalah salah satu anjing yang paling populer di kalangan pecinta anjing. Wajah mereka benar-benar menggemaskan layaknya boneka. Jenis Pomeranian yang satu ini masih tergolong baru dan sangat sulit untuk ditemukan.

4. Anjing Pomeranian Campuran

Pomeranian x Chihuahua
Pomeranian mix Chihuahua (Sumber: Dog Time)

Permintaan Pomeranian yang unik membuat beberapa orang mengawin silangkan anjing pom-pom ini dengan berbagai ras. Salah satunya adalah perkawinan silang antara Pomeranian dengan Chihuahua yang menghasilkan anjing lucu yang menggemaskan.

5. Teddy-Bear Pomeranian

Teddy-Bear Pomeranian
Teddy-Bear Pomeranian (Sumber: Pet Time)

Pada tahun 1990 hingga 2000-an, anjing mainan mendapatkan popularitas yang sangat tinggi, termasuk salah satunya Teddy-Bear Pomeranian. Anjing ini mirip dengan Baby-Doll Pomeranian dan memeiliki banyak penggemar . Mereka benar-benar menggemaskan dan lucu, wajahnya sangat polos seperti boneka. Harga Pomeranian jenis Baby-Doll berkisar Rp2.000.000,00 – Rp4.000.000,00.

Cara Merawat Anjing Pomeranian

Agar pomeranian kamu tetap sehat dan terawat, ada beberapa cara merawat Pomeranian yang perlu kamu perhatikan.

1. Latih dan Dampingi Bermain Secara Rutin

anjing sedang bermain
(Sumber: Pixabay)

Pomeranian tidak terlalu senang sendirian, jadi usahakan agar anjing mungil ini tidak kesepian. Disela-sela bermainnya kamu dapat memberikan pelatihan agar anjing ini terlatih untuk melakukan beberapa hal. Mereka termasuk anjing yang cerdas dan mudah untuk dilatih kok.

2. Sisir dan Bersihkan Bulu Minimal 1 Bulan Sekali

Bulu pomeranian cukup tebal sehingga sangat perhatikan khusus agar anjing manis ini selalu kelihatan bersih. Animalovers dapat sering menyisir bulunya dan membersihkannya minimal sebulan sekali.

3. Beri Makanan Anjing yang Baik dan Sehat

Anjing lucu
(Sumber: Pixabay)

Dalam memberi makan, kamu harus memperhatikan gizi dan nutrisi untuk si mungil kesayangan kamu. Makanan pomeranian adalah hati ayam yang halus, daging merah, dan daging sapi. Jangan terlalu berlebihan dalam memberi makan ya, Animalovers!

4. Bersihkan Kuku dan Giginya dengan Rutin

Membersihkan kuku dan gigi adalah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik anjing. Kuku yang kotor tentu akan membawa penyakit bagi pomeranian dan gigi yang tidak terawat akan membuatnya mudah terserang penyakit.

5. Beri Minum yang Cukup

Cara merawat anjing pomeranian
(Sumber: Pixabay)

Selalu sediakan minum yang cukup untuk pomeranian agar mereka terhidrasi dengan baik. 

6. Hindarkan Anjing dari Black Skin Disease dan Penyakit Lainnya

Black Skin Disease adalah penyakit yang bisa menyerang anjing kesayangan kamu. Penyakit ini akan menyebabkan kerontokan bulu yang parah. Kamu harus memperhatikan kebersihan kulit pomeranian dan sering memeriksa apakah ada jamur atau tidak. Hal ini sangat penting agar anjing pom-pom disayang kamu bisa selalu sehat dan bugar.

Baca juga : 30 Jenis Anjing Kecil yang Tidak Bisa Besar

Nah itu tadi penjelasan mengenai Pomeranian, si anjing kecil yang aktif dan senang bersosialisasi. Merawat Pomeranian tidak terlalu sulit kok jika kamu sedikit teliti. Apakah kamu tertarik memelihara mereka?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Harga Anjing Pomeranian, Jenis, Ciri-Ciri, & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]