1. Kucing

10 Ciri Ciri Kucing Cacingan, & Cara Mengobatinya Terampuh

Kucing adalah hewan yang paling banyak dipelihara di Indonesia. Tingkahnya yang lucu serta bentuknya yang menggemaskan membuat banyak orang suka untuk memelihara kucing. Seperti manusia, kucing juga bisa terserang penyakit, salah satunya adalah cacingan. Pada kesempatan kali ini  Animalogi akan membahas tentang ciri ciri kucing cacingan serta bagaimana cara pencegahannya. Yuk, Animalovers simak penjelasan di bawah ini!

Jenis Cacing Pada Kucing

Sebelum mengenal lebih jauh ciri ciri kucing cacingan, kita akan mengetahui apa saja jenis cacing yang terdapat pada kucing.

1. Cestoda

Cacing Cestoda memiliki bentuk pipih seperti pita. Cacing Cestoda hanya terdapat di sistem pencernaan dan menempel di usus. Cacing memiliki bentuk menyerupai butiran beras. Biasanya cacing jenis ini bisa masuk ke dalam tubuh kucing jika kucing memakan feses kucing lain yang memiliki cacing atau terbawa dari kutu kucing lain  

2. Trematoda

Trematoda memiliki nama lain sebagai cacing isap. Cacing jenis ini sangat jarang untuk ditemukan pada kucing, biasanya hanya terdapat di hewan ternak seperti sapi

3. Nematoda

Nematoda juga dikenal dengan nama cacing gelang. Cacing Nematoda dapat beradaptasi di air tanah, air tawar bahkan di air bersuhu panas sekalipun. Biasanya, cacing gelang akan keluar bersamaan dengan telurnya di dalam feses. Cacing jenis ini dapat bertahan di tanah dalam waktu kurun waktu berbulan-bulan.  

Ciri Ciri Kucing Cacingan

Berikut adalah ciri ciri kucing cacingan yang sudah Animalogi rangkum.

1. Ada Cacing di Kotorannya

Salah satu ciri ciri kucing cacingan adalah adanya kotoran di dalam feses yang dikeluarkan kucing. Kamu dapat memperhatikan setiap kucingmu buang air besar apakah ada cacing dalam feses mereka.

2. Nafsu Makan Menurun

Ciri ciri kucing cacingan kedua dapat kamu lihat dari nafsu makannya. Ketika kucing terserang cacing pada saluran pencernaannya, kucing akan kehilangan nafsu makannya. Nafsu makan yang hilang atau berkurang ini dapat disebabkan oleh radang selaput usus, sakit perut, atau usus yang sudah terserang cacing. 

3. Berat Badan Turun dan Perut Buncit

Oleh karena nafsu makan yang menghilang, berat badan kucing akan menurun. Meski kamu memberi porsi makan seperti biasa, kucing akan tetap kehilangan berat badannya. Selain itu, perut kucing juga akan membuncit karena adanya cacing di dalam saluran pencernaan.

4. Lemas

Kamu sering memperhatikan kucing peliharaanmu tidur terus menerus? Mungkin kamu perlu memeriksa apakah kucing tersebut cacingan atau tidak. Kucing yang terserang cacing biasanya akan menjadi lemas, letih, dan lesu karena nutrisi yang seharusnya untuk tubuh kucing malah dicuri oleh cacing.

5. Muntah

Ciri ciri kucing cacingan selanjutnya adalah sering muntah dan terdapat cacing di muntahannya. Cacing dapat membuat iritasi pada lapisan lambung dan menghalangi aliran makanan ke perut. Jika sering muntah dan keluar cacing pada muntahan, dapat dikatakan kucing kamu sudah terserang cacing.

Ciri Ciri Kucing Cacingan (Sumber : Goldenmaze)

6. Minum Berlebihan

Kucing yang cacingan akan kehilangan nafsu makan, tapi mereka akan sering minum. Kondisi seperti ini adalah gejala dari cacingan pada kucing.

7. Gusi Kurang Sehat

Kucing yang sehat memiliki gusi yang berwarna merah muda layaknya gusi pada manusia. Jika gusi kucing kamu berwarna putih pucat, kucing kamu mungkin sudah terkena infeksi.

8. Bulu Mengeras dan Kusam

Gejala kucing yang cacingan juga dapat kamu lihat melalui bulu mereka. Kucing yanbg terinfeksi cacing biasanya mengalami perubahan pada bulu mereka. Bulu kucing yang cacingan akan menjadi sangat kasar. Makanan kucing premium yang menjadikan bulu kucing lebih bagus tidak akan membuat bulu berkilau sebagaimana seharusnya. Hal ini karena kucing tidak menyerap nutrisi yang diberikan karena sudah terinfeksi cacing dan dehidrasi. 

9. Suka Menyeret Pantat

Sering melihat kucing kamu menyeret pantatnya? Memang kelakuan seperti ini terlihat lucu, tapi sebenarnya kamu perlu khawatir dengan kesehatan pencernaannya. Kucing yang suka menyeretkan pantatnya karena merasa gatal dan perlu untuk menggaruk pantatnya.

10. Kotorannya Berubah Warna

Feses kucing yang berubah warna adalah salah satu ciri ciri kucing cacingan. Jika feses kucing berwarna gelap, dapat dikatakan bahwa usus cacing telah mengalami infeksi. 

Cara Mengobati Kucing Cacingan

Pertama, hal yang perlu kamu ketahui untuk mengobati kucing yang cacingan adalah melakukan diagnosa awal infeksi cacing ke kucing. Perhatikan berbagai ciri ciri yang sudah Animalovers sebutkan di atas. Kamu dapat melihat keberadaan cacing dari feses atau muntahan kucing. 

Jika kucing kamu sudah mengalami gejala cacingan, kamu dapat memberikan obat cacing khusus kucing. Obat cacing kucing dapat kamu berikan setiap tiga bulan sekali untuk mencegah cacingan pada kucing. Kamu harus memberikan obat cacing sesuai dosis yang disarankan. Supaya lebih aman, kamu dapat melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter hewan untuk pemberian obat yang sesuai. 

Sebagai saran, kamu dapat mencoba virgin coconut oil (VCO) untuk mengatasi cacingan pada kucing. Obat alami ini hanya berfungsi sebagai pembuat lingkungan baru pada tubuh kucing yang tidak bersahabat dengan cacing. Obat alami berguna untuk mencegah munculnya parasit. 

Jika kucing yang terkena cacing masih kecil,  kamu dapat memberikan obat cacing sedari kucing masih kecil. Anak kucing biasanya terinfeksi cacing dari susu induknya. Pemberian obat cacing pada anak kucing dapat dilakukan mulai usia 3 minggu sampai 8 minggu secara rutin sebulan sekali sampai kucing menginjak umur 6 bulan. 

Anak Kucing yang Rentan Cacingan (Sumber : Halodoc)

Selain mengobati, kamu dapat mencegah kucing cacing dengan menjaga kebersihan kucing. Berikut adalah tips-tips dalam menjaga kebersihan kucing:

  • Menjaga kebersihan lingkungan kucing
  • Membersihkan kotoran kucing setiap hari
  • Memberikan obat cacing secara teratur
  • Melakukan kontrol ke dokter hewan secara rutin
  • Menghindarkan kucing peliharaanmu dari kucing liar

Baca Juga : Kena Penyakit Jamur Kucing Pada Manusia? Ini Ciri Cirinya!

Demikian penjelasan Animalogi mengenai  ciri ciri kucing cacingan serta bagaimana cara pencegahannya yang dapat menjadi referensi ketika kucing mengalami cacingan. Jika cacingan menjadi lebih parah, sangat dianjurkan untuk membawa kucing peliharaan ke dokter hewan.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Ciri Ciri Kucing Cacingan, & Cara Mengobatinya Terampuh

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]