1. Reptil

Tahukah Kamu Apa Saja Ciri Ciri Bunglon? Yuk, Cari Tahu!

Reptil memang dapat dijadikan hewan peliharaan bagi mereka yang bosan dengan hewan peliharaan yang biasa atau mainstream. Belum lagi, reptil-reptil yang eksotis selalu memiliki keunikan yang membuatnya makin menarik. Namun, tetap pastikan Animalovers memelihara reptil yang legal dan boleh dipelihara, ya.

Bunglon, Hewan Reptil Unik yang Mirip Iguana

Siapa yang tidak mengenal bunglon? Reptil populer yang berukuran kecil ini terkenal akan keunikannya yang bisa merubah warna kulit pada situasi tertentu. Jenis kadal yang satu ini seringkali disalah pahami sebagai iguana. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Iguana termasuk herbivora sedangkan bunglon adalah insektivora.

Indonesia yang dilewati garis khatulistiwa memiliki iklim tropis yang cukup nyaman ditempati oleh bunglon. Beragam jenis bunglon tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Apa ciri ciri bunglon dan habitatnya? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam artikel di bawah. 

Apa Bedanya Bunglon dan Iguana

Sekilas bila tidak diperhatikan secara teliti, kedua reptil ini terlihat sama. Akan tetapi jika diamati lebih dekat, iguana bahkan memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar daripada bunglon. Selain itu, ciri ciri bunglon adalah memiliki gelambir di bawah mulutnya yang tidak terlalu besar.

1. Ciri Ciri Bunglon dan Iguana Secara Umum

Untuk mempermudah Animalovers dalam mengidentifikasi perbedaan bunglon dan iguana, simak tabel di bawah ini.

PerbedaanIguanaBunglon
‎Tinggi rata-rata (dewasa)130-190 cm‎30-50 cm
‎Berat rata-rata (dewasa)5-15 kg1 kg
‎Umur15-25 tahun‎‎‎3–10 tahun‎
‎Latihan‎‎1-4 jam/hari
‎Kebutuhan perawatanPemotongan kuku/cakar, mandi, dan sheddingshedding
‎‎‎Ramah pada Manusia‎YaYa‎
‎Ramah pada Hewan Peliharaan LainYa Biasanya tidak‎
‎Kemampuan BerlatihDapat dilatih, tetapi membutuhkan waktuTidak dapat dilatih
Ciri Ciri serta Perbedaan Iguana dan Bunglon

2. Kondisi Tulang Belakang

‎Iguana memiliki duri di sepanjang kulit luar punggung mereka, tetapi bunglon tidak. Tidak perlu khawatir, duri iguana tidak benar-benar tajam. Duri-duri itu memiliki tekstur yang lumayan lembut. Bunglon menggunakan durinya sebagai upaya melindungi diri dan menakut-nakuti musuh. Duri tersebut juga membantu proses internal seperti pengaturan suhu.‎

3. Habitat

‎Iguana berasal dari Amerika Tengah dan Selatan sedangkan bunglon berasal dari ‎‎Afrika dan Asia Selatan‎‎. Habitat kedua reptil ini sangat berjauhan. Di alam luar, iguana biasanya menghabiskan waktunya di pepohonan yang tinggi.

Sama halnya dengan iguana, ‎bunglon juga menghabiskan banyak waktu mereka di pepohonan, tetapi karena makanannya berupa serangga yang tidak banyak ditemukan di ketinggian, bunglon biasanya turun ke tanah.

4. Pertahanan

Dalam hal pertahanan, kita tahu bahwa bunglon berkamuflase. Kamuflase tidak terjadi pada iguana. Dapat disimpulkan bahwa pertahanan bunglon lebih baik daripada iguana. Meski begitu, iguana memiliki kulit yang membantu mereka berbaur dengan lingkungan sekitar.

Bunglon yang kerap kali mengubah warnanya adalah bunglon jantan. Bunglon betina dan bunglon anakan tidak dapat melakukan hal tersebut. Bedanya, bunglon betina memiliki kulit yang cenderung lebih kusam.

5. Umur

Selain tubuhnya yang lebih besar daripada bunglon, iguana juga terbukti hidup lebih lama dari kerabat sesama reptilnya tersebut. Iguana yang hidup di habitat aslinya dapat hidup dengan rentang waktu 15-20 tahun, sementara bunglon hanya sekitar 3-10 tahun. Itupun dengan  jumlah bunglon yang berada di penangkaran jauh lebih banyak dibandingkan yang di alam bebas. 

6. Bentuk Mata

Bunglon dan iguana sama-sama memiliki bentuk mata yang khas. Dari bentuk mata, Animalovers dapat dengan mudah mengidentifikasi keduanya. Mata bunglon dapat memfokuskan pandangan dalam 2 objek sekaligus. Tidak hanya itu, mata bunglon juga lebih menonjol daripada mata iguana. 

Selain dua mata, iguana memiliki parietal eye yang berlokasi di bagian kepala iguana. Mata ‎‎parietal‎‎ atau mata pineal merupakan bagian dari epithalamus yang biasa ditemukan pada jenis reptil lainnya. 

7. Panjang Ekor

Ekor iguana yang panjang dapat digunakan untuk memukul musuh, sebagai tujuan defensif dan melindungi diri dari mangsa. Berbeda dengan bunglon, reptil yang dapat berubah warna ini memiliki ekor prehensile atau ekor yang berguna untuk menangkap dan memegang benda. 

Keunikan iguana yang lain ialah kemampuan autotomi atau memutuskan ekor ketika terjerat oleh mangsa. Namun, ekor tersebut tidak akan dapat tumbuh lagi seperti semula.

Jenis Jenis Bunglon

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 150 spesies bunglon yang ditemukan. Sebelum menginjak pada uraian selanjutnya, penting untuk untuk Animalovers catat jika beberapa spesies mungkin tidak bisa ditemukan secara legal dan hanya ada pada habitat aslinya.

Oleh karena itu, Animalogi telah merangkumkan jenis-jenis bunglon yang bisa ditemukan di Indonesia.

1. Bunglon Surai (Bronchocela jubata)

Bunglon Surai (sumber: wikimedia.org)
Bunglon Surai (sumber: wikimedia.org)

Ciri ciri bunglon spesies ini adalah tubuhnya yang berwarna hijau daun. Panjang tubuhnya mulai dari kepala hingga ujung ekornya dapat mencapai 50 cm. Spesies bunglon ini dapat ditemukan di Pulau Jawa, Sumatra, Bali, Sulawesi, Kalimantan, dll.

2. Bunglon Hutan (Gonocephalus chamaeleontinus)

Bunglon Hutan (sumber: Pixabay)
Bunglon Hutan (sumber: Pixabay)

Ciri ciri bunglon hutan yang paling khas ialah warnanya yang kecoklatan pada bunglon betinanya. Reptil arboreal yang satu ini dapat tumbuh hanya sampai 25 cm.

3. Bunglon Jambul Hijau (Bronchocela cristatella)

Bunglon Jambul (sumber: Pixabay)
Bunglon Jambul (sumber: Pixabay)

Alasan mengapa bunglon yang satu ini memiliki nama bunglon jambul hijau karena tidak lain pada kepalanya terdapat kulit yang berbentuk seperti duri dan menyerupai jambul. Jambul bunglon ini berwarna hijau muda. Bunglon jambul hijau dewasa dapat mencapai ukuran 60 cm.

4. Bunglon Jackson (Chamaeleo jacksonii)

Bunglon Jackson (sumber: SmartResize)
Bunglon Jackson (sumber: SmartResize)

Bunglon yang satu ini berpenampilan eksentrik. Bagaimana tidak, ciri ciri Bunglon Jackson salah satunya adalah memiliki tanduk. Layaknya bunglon jenis lain, reptil ini termasuk insektivora yang memakan serangga. 

5. Bunglon Yaman (Chamaeleo calyptratus)

Bunglon Yaman (sumber: Pixabay)
Bunglon Yaman (sumber: Pixabay)

Ciri ciri bunglon Yaman adalah kepalanya yang berbentuk kerucut. Bunglon ini merupakan spesies bunglon asli dari Semenanjung Arab. 

6. Bunglon Panther (Furcifera pardalis)

Bunglon Panther (sumber: Pixabay)
Bunglon Panther (sumber: Pixabay)

Siapa bilang bunglon memiliki warna yang itu-itu saja? Animalovers perlu tahu spesies bunglon yang satu ini. Bunglon Panther memiliki kombinasi warna yang unik dan nyentrik. Namun, warna nyentrik hanya ada pada bunglon jantan. Bunglon betina cenderung memiliki warna yang monoton seperti oranye kecoklatan.

7. Bunglon Eropa (Chamaeleo chamaeleon)

Bunglon Eropa (sumber: Pixabay)
Bunglon Eropa (sumber: Pixabay)

Bunglon Eropa yang memiliki nama lain Bunglon Mediterania ini merupakan spesies bunglon asli dari bagian-bagian di sekitar Laut Merah. Bunglon Eropa dapat tumbuh mulai dari 20-70 cm. Biasanya, bunglon betina memiliki tubuh yang relatif lebih besar daripada bunglon jantan.

Ciri Ciri Bunglon

Ciri Ciri Bunglon (sumber: Pixabay)
Ciri Ciri Bunglon (sumber: Pixabay)

Setelah mengetahui jenis-jenis bunglon, kini saatnya beralih ke informasi mengenai ciri ciri bunglon. Selain tabel di atas, bunglon memiliki beberapa keunikan yang lain. 

  • ‎Ciri ciri bunglon yang pertama adalah mata mereka bergerak bisa melihat dua arah sekaligus dan dapat berputar 360 derajat.‎
  • Bunglon bisa melihat sinar ultraviolet, yang berfungsi menargetkan mangsa dengan lebih baik.
  • Ciri ciri bunglon yang selanjutnya ialah bunglon memiliki penglihatan yang sangat tajam dan sangat baik yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah menargetkan mangsa (serangga), bahkan hingga 20 kaki jauhnya.‎
  • ‎Juga telah ditemukan bahwa mereka menjadi lebih aktif secara seksual dalam sinar ultraviolet.‎
  • Telinga bunglon hanya dapat mendengar dengan rentang frekuensi yang terbatas.
  • ‎Lidah bunglon dua sampai tiga kali lebih panjang dari tubuh mereka.‎ Bunglon mampu menembakkan lidahnya dengan kecepatan tinggi di suhu tinggi maupun rendah. Hal ini tidak dapat dilakukan oleh reptil lain.
  • ‎Lidah mereka terdiri dari dua jenis otot, yaitu otot akselerator dan hyoglossus.‎
  • ‎Otot akselerator adalah otot yang membuat mereka mampu mengeluarkan lidah mereka dengan cepat.‎ Sementara otot hyoglossus bertugas membawa lidah kembali ke tempatnya.
  • ‎Bunglon mampu merayap dengan aman di ranting dan dahan pohon serta benda-benda lain karena kaki mereka yang zygodactylous atau memiliki dua hingga tiga jari kaki menunjuk ke depan dan yang lainnya menunjuk ke belakang.‎
  • ‎Jari-jari kaki bunglon juga berkuku tajam sehingga dapat dengan mudah menancap pada tempatnya merayap.
  • Ciri ciri bunglon selanjutnya yang juga sangat unik adalah di‎saat beristirahat, bunglon akan menggulung ekornya.
  • Tidak seperti cicak yang memiliki kemampuan autotomi, apabila ekor bunglon dipotong, ekor tersebut tidak dapat tumbuh kembali.
  • Secara umum, ciri ciri bunglon adalah pemakan serangga atau insektivora, tetapi ada beberapa spesies bunglon yang berukuran lebih besar yang termasuk omnivora.
  • Dapat mengubah warna tubuhnya atau berkamuflase sebagai respon dari rangsangan eksternal terhadap tubuhnya.
  • ‎Bunglon berubah warna sebagai mekanisme pertahanan dari predator, sinyal ke bunglon lainnya, serta sebagai teknik untuk mengatur suhu tubuh.‎‎
  • Ketika berubah warna, bunglon mengontrol pigmen dan kristal asam amino (terutama guanin) yang tertanam di kulit mereka.‎

Baca Juga: Pelajari Cara Merawat dan Memberi Makanan Bunglon di Sini

Itulah sekilas informasi mulai dari ciri ciri bunglon sampai perbedaan bunglon dengan iguana. Setelah mengetahui perbedaanya, jangan sampai Animalovers salah mengidentifikasi dua reptil eksotik yang satu ini, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Tahukah Kamu Apa Saja Ciri Ciri Bunglon? Yuk, Cari Tahu!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]