1. Kucing

Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami, Patut Dicoba!

Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis!

1. Mengganti Asupan Makanan Kucing

Sumber: hellosehat

Mengubah makanan kucing adalah cara pertama mengatasi kucing mencret. Sebab, diare pada kucing juga bisa terjadi karena ketidakcocokan suatu merk makanan kucing. Apabila kamu mengubah makanan kucing dari merk A ke B dan terjadi diare, kamu bisa coba kembali ke merk sebelumnya. 

Sebagian ahli tidak menyarankan kucing untuk puasa atau memberi jeda makan kucing selama berjam-jam, sebab bisa berpotensi menimbulkan penyakit yang lebih serius, khususnya pada liver kucing. 

2. Berikan Yoghurt 

Sumber: lifestyle kompas

Cara mengobati kucing mencret secara alami bisa dengan memberikan yoghurt dengan kandungan laktosa yang rendah. Kamu bisa memberi yoghurt tersebut sekitar 1 atau 2 sendok teh selama 2 hari. Mengapa yoghurt? Sebab yoghurt adalah jenis makanan probiotik dengan kandungan Lactobacillus atau bakteri baik, yang fungsinya membantu sistem pencernaan tubuh normal kembali. Namun perhatikan jika diare pada kucing sudah terlihat membaik, segera hentikan asupan yoghurtnya. 

Baca juga: 7 Cara Mengobati Kucing Flu yang Wajib Kamu Ketahui!

3. Beri Madu

Sumber: fauna

Jika kamu kesulitan menemukan yoghurt untuk kucing, kamu juga bisa memberi madu sebagai cara mengobati kucing mencret secara alami, loh. Asalkan, madu yang diberikan tidak terlalu banyak. Kamu bisa memberikan madu sebanyak tidak lebih dari ½ sendok teh, lalu campur dengan air. Madu ini bisa menjadi sumber vitamin sekaligus penambah tenaga setelah kucing lemas sehabis mengalami mencret atau diare. 

4. Memberikan Air Kunyit 

Sumber: genpi

Selain madu, kamu juga bisa memberikan kucingmu rebusan air kunyit sebagai cara mengobati kucing mencret secara alami. Untuk membuatnya, kamu cukup mencampurkan potongan kunyit ke dalam air, kemudian direbus, mirip seperti membuat jamu untuk manusia.

Air rebusan kunyit yang kamu beri juga tidak perlu terlalu banyak, cukup satu atau dua sendok saja. Bisa juga menambahkan madu murni agar terasa sedikit manis. Setelah itu, kamu bisa meminumkan air kunyit tadi ke kucing dengan pipet atau sendok, baiknya sebelum makan. Kunyit ini juga bisa membantu mengembalikan nafsu makan kucing. 

5. Memberi Air Kelapa Muda

Sumber : hellosehat

Memberikan air kelapa muda pada kucing bisa menjadi cara mengobati kucing mencret secara alami. Hal ini bertujuan untuk menetralkan organ tubuh jika semisal ada sesuatu yang salah seperti racun. Selain itu, air kelapa juga bisa mengembalikan cairan tubuh kucing akibat diare, atau menjadi oralit alami. Kamu bisa menuangkan air kelapa ke wadah minum kucing dan membiarkan kucing untuk meminumnya sendiri. 

Baca juga: Cari Tahu Manfaat, Syarat & Biaya Steril Kucing Terbaru

6. Membuat Oralit 

Sumber: diadona

Diare atau mencret pada kucing akan menyebabkan kucing kehilangan banyak cairan. Hal ini akan mengakibatkan kucing dehidrasi. Cara mengatasi hal ini salah satunya adalah memberikan oralit. Namun, pastikan terlebih dulu untuk menghubungi dokter hewan untuk mendapat persetujuan penggunaan oralit. 

Dilansir dari klikdokter, kamu bisa meracik oralit dengan bahan alami yang kamu punya, diantaranya air mineral, garam meja, madu murni, serta sedikit soda kue. Pastikan madu yang kamu gunakan tidak memiliki tambahan gula atau pemanis. Selain itu, pastikan juga cairan oralit yang diberikan sudah dalam kondisi suhu ruang dan diberikan dalam takaran kecil. 

Jika kucing tidak mau minum cairan oralit, kamu bisa mengakalinya dengan mencampurkannya ke dalam wet food atau menggunakan alat seperti sendok atau alat suntik medis untuk memberikan cairan ke dalam mulut kucing. 

7. Memberi Obat Cacing

Sumber: katadata

Jika beberapa cara mengobati kucing mencret secara alami sebelumnya sudah dicoba, cara selanjutnya adalah memberikan obat cacing. Sebab, diare juga bisa berasal dari parasit dan cacing yang tidak sengaja masuk ke tubuh kucing. Kamu bisa mendapatkan obat cacing di pet shop terdekat. 

8. Menjaga Kebersihan Kucing dan Wadah Makanannya

Sumber: liputan6

Langkah terakhir untuk mengatasi mencret pada kucing adalah menjaga kebersihan kucingmu dan juga wadah tempat makanan serta minumannya. Sebab, dikhawatirkan sumber diare kucing adalah dari infeksi yang menular ke orang atau hewan lain di sekitarnya. 

Sebaiknya kamu rajin mencuci tangan setiap setelah memegang kucing atau membuang kotorannya. Selain itu, jika memungkinkan, bersihkan kandang kucingmu sekali sehari dengan sabun atau disinfektan. Kamu juga bisa mengisolasi kucing di kandangnya selama sekitar 2 hari untuk menghindari kontak dengan benda sekitar. Jangan lupa untuk selalu memastikan wadah minumnya terisi air, sebab kucing yang mencret tentu akan dehidrasi. 

Baca juga: Mengenal Penyakit Kutu Kucing Pada Manusia, Berbahayakah?

Itu dia beberapa cara mengobati kucing mencret secara alami. Cukup mudah, bukan? Pastikan untuk terus memantau kondisi kucingmu, dan semoga anabul tersayang segera kembali sehat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Cara Mengobati Kucing Mencret Secara Alami, Patut Dicoba!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]