1. Hewan Lainnya

Ketahui 5 Cara Mengobati Ayam Ngorok Paling Ampuh Berikut!

Bagi pengusaha dan peternak ayam pedaging maupun ayam kampung, penyakit yang menjangkit ternak mereka adalah suatu mimpi buruk. Bagaimana tidak, seringkali penyakit yang menyerang ayam memiliki efek yang amat merugikan. Belum lagi apabila penyakit tersebut memiliki resiko penularan ke manusia. Makin bertambah pula rasa cemasnya. Tingkat penyebarannya yang cenderung cepat membuat kerugian pun tidak dapat terhindarkan. 

Tak hanya bagi pengusaha, penyakit juga membuat khawatir para penghobi dan pemilik ayam. Kurangnya perhatian terhadap kebersihan kandang dan pakan dapat menjadi salah satu penyebab adanya penyakit walau sejatinya masih ada beberapa faktor lain. Virus dan bakteri yang bersemayam pada kandang yang kotorlah yang di kemudian hari memicu timbulnya bibit-bibit penyakit pada ayam. Salah satu contoh penyakit yang sering ditemui pada ayam adalah penyakit ayam yang ‘ngorok’.

Apa saja yang harus dilakukan jika ayam ngorok? Bagaimana cara mengobati ayam ngorok? Simak ulasan lengkapnya hanya di Animalogi.

Ayam Ngorok, Apa Penyebabnya?

Ayam ngorok sebenarnya merupakan tanda dari Chronic Respiratory Disease (CRD), yaitu suatu penyakit pada ayam yang menyerang organ pernapasan seperti trakea, sinus orbitalis, dan kantong udara. Penyakit ini sering terjadi pada ayam horn atau ayam broiler karena imunitas mereka yang lebih lemah daripada ayam kampung. Sederhananya, CDR merupakan flunya ayam. 

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycoplasma gallisepticum dan dapat menjadi lebih parah apabila terjadi infeksi sekunder oleh bakteri Eli. Selain itu, CDR yang memiliki gejala ngorok juga dikenal dengan nama Air sac disease atau Air sacculitis. Penyakit ngorok dapat menjangkiti ayam di segala umur, mulai dari yang piyik hingga indukan.

Pencegahan penyakit CDR dapat dilakukan dengan memperbaiki sanitasi kandang hingga pemberian vaksin pada ayam. Apabila terlanjur terjadi, terdapat beberapa cara untuk mengobatinya. Cara mengobati ayam ngorok biasanya dilakukan menggunakan obat antibiotika makrolida seperti lincomycin, tylosin, tiamulin, dan enrofloxacin yang berfungsi menghambat sintesis protein. 

Namun, pengobatan secara kimia tidak disarankan dilakukan secara terus menerus karena dapat meninggalkan residu yang berbahaya bagi konsumen produk-produk ayam. Maka dari itu, gunakanlah bahan-bahan alami sebagai obatnya. Berikut ini cara mengobati ayam ngorok yang telah dirangkum oleh Animalogi.

5 Cara Mengobati Ayam Ngorok 

1. Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Belimbing Wuluh

Mengobati Ayam Ngorok denganBelimbing Wuluh (sumber - Kompas)
Mengobati Ayam Ngorok dengan Belimbing Wuluh (sumber – Kompas)

Siapa sangka bahwa belimbing wuluh yang biasa digunakan sebagai pengganti asam ketika membuat sayur asam bisa digunakan sebagai penawar ngorok pada ayam? Belimbing wuluh memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B1, serat, dan beberapa kandungan nutrisi lainnya yang dipercaya bermanfaat meredakan ngorok pada ayam. Bagi Sobat yang ingin meracik obatnya dari belimbing wuluh, berikut cara penggunaannya.

Cara penggunaan:

  • Korok ayam yang terjangkit penyakit ngorok hingga bersih dengan air hangat.
  • Ambil 1 buah belimbing wuluh dan peras sarinya.
  • Berikan perasan belimbing wuluh pada ayam sebanyak 1 kali dalam sehari. Lakukan sekitar 2-3 hari.
  • Disarankan untuk memberikan perasan ini pada pagi hari.

2. Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Bawang Putih

Mengobati Ayam Ngorok dengan Bawang Putih (sumber: Pexels)
Mengobati Ayam Ngorok dengan Bawang Putih (sumber: Pexels)

Tidak hanya berfungsi sebagai bumbu masakan dan obat bagi manusia, bawang putih juga memiliki khasiat bagi hewan, salah satunya untuk mengobati ngorok pada ayam. Bawang putih yang kaya akan antioksidan seperti asam amino dan flavonoid juga terbukti memperbaiki kondisi imun ayam yang tengah sakit. Selain karena aroma dan rasanya yang kuat, bawang putih mengandung zat-zat anti inflamasi yang mencegah peradangan pada CDR semakin parah. 

Cara penggunaan: 

  • Parut bawang putih kemudian peras. Ambil sarinya.
  • Campurkan sari bawang putih dengan sedikit air panas. Aduk hingga tercampur rata.
  • Minumkan ramuan ini pada ayam yang sakit ngorok. 
  • Berikan 2 kali sehari hingga ayam sembuh.

3. Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Daun Sirih

Mengobati Ayam Ngorok dengan Daun Sirih (sumber - Suara)
Mengobati Ayam Ngorok dengan Daun Sirih (sumber – Suara)

Selain 2 bahan alami diatas, terdapat bahan-bahan lain yang masih dapat digunakan sebagai obat untuk ayam ngorok. Daun sirih juga dapat dijadikan pilihan karena dikenal sebagai obat herbal yang membantu meredakan berbagai jenis gejala penyakit. Menurut penelitian, daun sirih kaya akan zat-zat berkhasiat, seperti hidroksikavicol, minyak atsiri, dan kavikol. Daun sirih juga memiliki senyawa fenolik yang mengandung banyak khasiat seperti antimutagenik, antibakteri, dan antioksidan. Senyawa tersebut tentu sangat bermanfaat bagi proses recovery ayam yang ngorok.

Cara penggunaan: 

  • Ambil beberapa lembar daun sirih dan satu gelas air lalu rebus selama beberapa saat.
  • Campur air rebusan daun sirih dengan jeruk nipis sebanyak 1 sendok teh.
  • Berikan ramuan ini kepada ayam sebanyak 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan sore hari.
  • Berikan ramuan hingga ngorok pada ayam sembuh dan hilang.

4. Atasi Ayam Ngorok Menggunakan Jeruk Nipis

Atasi Ayam Ngorok dengan Jeruk Nipis (sumber: Pexels)
Atasi Ayam Ngorok dengan Jeruk Nipis (sumber: Pexels)

Apabila pada resep di atas jeruk nipis digunakan sebagai tambahan pada air rebusan sirih, kini jeruk nipis dapat dicampurkan dengan kecap sebagai obat ngorok ayam. Salah satu fungsi kecap disini tidak lain untuk mengurangi rasa asam jeruk nipis agar tidak menimbulkan efek samping bagi ayam. Berikut adalah cara mengobati ayam ngorok dengan jeruk nipis.

Cara penggunaan:

  • Peras 1 buah jeruk nipis.
  • Campurkan perasan jeruk nipis dengan kecap secukupnya.
  • Minumkan larutan tersebut pada ayam yang sakit sebanyak 1 kali sehari.

5. Cara Mengobati Ayam Ngorok dengan Mengkudu

Mengobati Ayam Ngorok dengan Mengkudu (sumber: Pexels)
Mengobati Ayam Ngorok dengan Mengkudu (sumber: Pexels)

Mengkudu yang acap kali digunakan sebagai obat gondongan ternyata juga berkhasiat menyembuhkan ngorok pada ayam. Buah mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki kekuatan penyembuh alami dan telah dipercaya sejak lama. Bahkan dalam beberapa penelitian, daun mengkudu terbukti dapat membantu melawan bakteri Salmonella dan  E.Coli. Lantas, bagaimana cara mengobati ayam ngorok dengan mengkudu dengan optimal? 

Cara penggunaan: 

  • Ambil 1 buah mengkudu yang telah magang.
  • Bersihkan mengkudu dan iris sebesar ruas jari.
  • Rebus sampai mendidih.
  • Dinginkan sejenak mengkudu yang telah direbus.
  • Berikan irisan mengkudu tersebut pada ayam yang ngorok. Pastikan perut ayam masih kosong sebelum memakan mengkudu.
  • Pemberian mengkudu ini cukup 1 kali sehari. Bisa di waktu pagi maupun sore hari.

Baca juga: Intip Penyebab dan Cara Memulihkan Tenaga Merpati di Sini!

Itulah rangkuman seputar cara mengobati ayam ngorok yang patut Sobat Animalovers coba. Meski terdapat obatnya, akan lebih baik untuk melakukan pencegahan agar penyakit-penyakit ayam seperti CDR yang disebabkan oleh bakteri ini tidak terjadi. Sobat Animalovers bisa dengan rutin membersihkan kandang untuk menghindari berkembangnya bakteri. Jangan lupa untuk selalu melakukan kontrol serta pengecekan kualitas terhadap pakan yang diberikan, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ketahui 5 Cara Mengobati Ayam Ngorok Paling Ampuh Berikut!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]