1. Burung

Intip Penyebab dan Cara Memulihkan Tenaga Merpati di Sini!

Terdapat banyak pilihan hewan yang dapat dijadikan piaraan. Burung merpati adalah salah satu yang menjadi pilihan banyak orang. Tak dapat dipungkiri, burung ini memang memerlukan perhatian ekstra dalam perawatannya. Apalagi jika burung merpati kerap kali diikutkan perlombaan, masalah tenaga yang tak lagi prima sering menjadi masalah. Simak cara memulihkan tenaga merpati terlengkap hanya di Animalogi!

Dari sekian banyak jenis burung merpati, merpati kolong masih menjadi primadona karena memiliki kemampuan balap di atas rata-rata. Namun, tak selamanya merpati ini memiliki tenaga yang baik untuk bertanding. Bagaimana cara memulihkan tenaga merpati? Adakah cara memulihkan tenaga merpati setelah mabung? Langsung cari jawaban selengkapnya di artikel ini, ya!

Apa Saja yang Menyebabkan Merpati Hilang Stamina?

Penyebab Hilangnya Tenaga Merpati (sumber: Pexels)
Penyebab Hilangnya Tenaga Merpati (sumber: Pexels)

1. Porsi Latihan yang Berlebihan

Demi menjadi yang terbaik dalam perlombaan, merpati kolong atau merpati kolongan akan dilatih dengan porsi yang sedemikian rupa sejak masih piyik. Namun, perlu diingat kalau burung juga memiliki batasan dalam berlatih. Merpati kolongan dapat terbang dengan ketinggian 3-5 km. Di atas ketinggian tersebut, biasanya merpati akan sulit kembali. 

Sebelum menjadi merpati kolongan, merpati rumahan pasti melalui serangkaian latihan. Untuk itu, pahami secara detail tahapan-tahapan dalam melatih merpati. Mulai dari masa penggiringan, adaptasi lapangan, hingga penambahan jarak lop. Jangan tergesa-gesa. Ketelatenan adalah kunci dalam melatih burung merpati. Oleh sebab itu, hindari latihan yang berlebihan. 

2. Asal-Asalan dalam Merawat Merpati

Hasil yang terbaik tidak mungkin didapat dengan cara sembarangan. Sama halnya merpati yang memiliki stamina prima dan langganan juara. Merawat merpati kolongan tidak boleh sembarangan. Makanan, suplemen, kandang, porsi latihan, benar-benar harus diperhatikan dan disesuaikan. Contohnya adalah dengan menjemur merpati secara berkala untuk meminimalisir resiko terkena penyakit dan memperkuat tulang. Perlu kesabaran dan perhatian yang ekstra dalam merawat hewan piaraan yang satu ini.

3. Pemberian Pakan yang Kurang Baik

Penyebab burung merpati hilang stamina yang selanjutnya adalah pemberian pakan yang kurang baik. Atasi dengan memberikan pakan yang sehat dan berkualitas. Jenis pakan yang kurang baik tentu akan berpengaruh pada tingkat stamina burung merpati. Teman-teman Animalovers bisa menambahkan pelet merpati sesuai takaran yang disarankan sebagai tambahan nutrisi. Jangan lupa untuk selalu memilih biji-bijian, kacang-kacangan, serta sayur dan buah yang berkualitas bagi pakan burung merpati. 

4. Faktor Usia

Walau burung merpati termasuk satwa yang memiliki umur relatif panjang, tingkat staminanya tentu akan berpengaruh seiring pertambahan umur. Burung merpati mulai kawin dan bereproduksi pada rentang umur 4-6 bulan. Umur merpati memang dapat mencapai 30 tahun, tetapi umur rata-rata pada umumnya hanyalah sekitar 4-5 tahun. Untuk itu, memahami ‘masa produktif dan prima’ bagi seekor merpati sangatlah penting. 

5. Kekurangan Suplemen

Pemilihan suplemen yang kurang baik tidak dapat disepelekan, apalagi sampai kekurangan suplemen. Beberapa penghobi berpendapat bahwa pemberian suplemen bagi seekor merpati kolong adalah wajib. Hal ini dikarenakan merpati kolong butuh stamina yang besar untuk bertanding. Merpati yang kekurangan suplemen dan vitamin dapat dengan mudah mengalami kelelahan. Suplemen dan vitamin yang bisa diberikan kepada merpati kolongan atau merpati balap antara lain suplemen penambah darah, vitamin B kompleks, vitamin E, suplemen probiotik, dan suplemen penambah tenaga. 

Cara Memulihkan Tenaga Merpati

Cara Merawat Merpati (sumber: Pexels)
Cara Merawat Merpati (sumber: Pexels)

Jika tadi telah disampaikan penyebab merpati hilang stamina, kini adalah waktunya untuk memperoleh jawaban teman-teman Animalovers seputar cara memulihkan tenaga merpati, baik itu cara memulihkan tenaga merpati sehabis mabung ataupun karena sebab-sebab lainnya. 

1. Mandikan dan Jemur Merpati Secara Rutin

Masa mabung, moulting, atau ganti bulu adalah masa yang krusial bagi merpati. Penting untuk mengetahui kapan masa mabung dimulai dan selesai. Merpati yang dalam masa mabung biasanya pada saat posisi lar 8-4 pada piyik dan lar 6-4 pada kondisi dewasa. Durasi mabung biasanya bervariasi. Antara 1-3 bulan. Pada masa ini kesuburan merpati berkurang. 

Kondisi merpati juga lebih lemah daripada biasanya, oleh karena itu, hentikan masa latihan terlebih dahulu. Jangan mandikan merpati ketika masih masa mabung. Tunggu hingga selesai supaya bulu tidak alot. Jika mabung dapat dipastikan benar-benar selesai, mulai mandikan merpati seperti biasa. Jangan lupa untuk menjemur merpati pada kisaran matahari pagi – jam 10.00 selama kurang lebih 15 menit.

2. Beri Pakan dengan Baik

Tidak hanya sebagai cara memulihkan tenaga merpati sehabis mabung, pemberian makan merpati yang benar dan baik perlu dilakukan bagi merpati dalam kondisi apapun. Selain memperhatikan kualitas pakan, berikan rangkaian suplemen dan vitamin pada burung merpati. Beberapa suplemen dan obat-obatan tertentu disarankan untuk tidak dikonsumsi ketika masih masa mabung, contohnya obat cacing. 

3. Umbar Merpati

Cara memulihkan tenaga merpati yang ketiga adalah dengan mengumbar merpati. Merpati yang mabung perlu istirahat yang panjang serta rehat sejenak dari latihan maupun pertandingan. Mengumbar dan mengistirahatkan merpati saat mabung harus dilakukan agar nantinya merpati berada dalam kondisi yang fit kembali untuk dimainkan.

4. Berikan Beberapa Suplemen Herbal

Telah disebutkan beberapa kali bahwa konsumsi suplemen, terutama bagi burung merpati kolong adalah hal yang penting. Terdapat banyak suplemen yang beredar di pasaran dengan berbagai macam pilihan dan kualitas. Pilihlah suplemen-suplemen herbal atau jamu bagi merpati untuk menunjang nutrisinya. Jamu dari kunyit, jahe, rumput teki, dan temulawak bisa dijadikan alternatif daripada suplemen kimia. Keduanya tentu memiliki efek samping masing-masing. Namun, bukankah yang alami biasanya lebih minim resiko?

Baca juga: Cara Ternak Burung Puyuh yang Dijamin Mampu Datangkan Omzet!

Nah, itu tadi adalah serangkaian informasi tentang cara memulihkan tenaga merpati secara umum hingga cara memulihkan tenaga merpati sehabis mabung. Kalau teman-teman Animalovers, sudah pernah menerapkan cara yang mana saja, nih? Jangan lupa bagikan artikel bermanfaat ini ke teman hingga kerabat terdekat, ya! Supaya nanti nggak salah-salah lagi dalam merawat burung merpati!

Reaksi orang terhadap cerita ini.

Komentar untuk: Intip Penyebab dan Cara Memulihkan Tenaga Merpati di Sini!

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

Trending

Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]