1. Kucing

Ketahui 10 Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung, Dijamin Ampuh

Siapa yang tidak gemas dengan kucing? Namun, seringkali orang masih membeda-bedakan jenis kucing hanya karena bulunya yang tidak lebat. Seperti kucing kampung misalnya, dengan bulu mereka yang tidak sepanjang kucing ras seringkali mereka dianggap tidak lucu bahkan sampai dibuang. Untuk kamu yang memelihara kucing kampung, mau tahu cara melebatkan bulu kucing kampung?

Pada artikel kali ini Animalogi akan membagikan tips bagaimana cara melebatkan bulu kucing kampung secara alami, agar kucing kamu semakin bertambah lucu dan menggemaskan. Selain untuk melebatkan, juga pastinya membuat bulu mereka menjadi sehat, loh! Yuk, simak artikelnya berikut ini. 

Bisakah Kucing Kampung Memiliki Bulu yang Lebat?

Kucing kampung atau nama lainnya adalah kucing moggy adalah jenis kucing liar yang sering kita temui di jalan. Kucing dengan nama lain domestic cat ini ternyata masih keturunan kucing liar Afrika, loh! Menurut penelitian, jenis kucing kampung sudah dipelihara oleh manusia sejak 10000 tahun yang lalu. 

Jenis kucing kampung yang kita ketahui pada umumnya memang tidak memiliki bulu selebat kucing ras seperti munchkin, anggora atau persia. Bulu mereka cenderung tipis dan pendek. Namun, tahukah Animalovers kalau jenis kucing kampung juga bisa, loh memiliki bulu yang lebat. 

Jika kita memelihara mereka dengan baik dan memberikan perawatan yang rutin, sangat memungkinkan untuk kucing kampung memiliki bulu yang lebat dan sehat. Selain dengan mandi yang rutin, ada juga beberapa cara melebatkan bulu kucing kampung dengan alami. 

10 Cara Melebatkan Bulu Kucing 

Berikut ini adalah 10 cara untuk melebatkan bulu kucing secara alami. Yuk, simak bersama!

1. Sisir Secara Rutin

Sisir kucing. (Sumber: iStock)

Tahukah Animalovers bahwa menyisir bulu kucing kamu sangat penting untuk menyingkirkan bulu yang rontok dan mencegah agar tidak tertelan oleh mereka ketika menjilat badannya. Animalovers bisa menyisir bulu kucing seminggu sekali dan dilakukan sebelum memandikannya. 

Selain itu, menyisir secara rutin berguna untuk meratakan minyak yang ada di tubuh kucing sehingga bulunya akan terlihat lebih berkilau dan mengkilap. Sudahkah kamu menyisir bulu anabulmu hari ini? 

2. Berikan Sinar Matahari yang Cukup

Kucing berjemur. (Sumber: iStock)

Meskipun kucing tidak mudah menyerap vitamin D dari sinar matahari seperti manusia, namun bagi mereka sinar matahari mampu memberikan kehangatan. Selain itu, sinar matahari juga mampu menghilangkan jamur, bakteri dan parasit. Animalovers dapat menjemur kucing selama 10 menit. 

3. Mandikan Sebersih Mungkin

Kucing mandi. (Sumber: iStock)

Untuk membuat bulu si kucing lebat, Animalovers harus memandikannya secara rutin dengan bersih. Agar kucing kamu terhindar dari kutu dan jamur, kamu bisa memandikannya menggunakan sampo anti kutu dan jamur. 

Dengan memandikannya secara teratur, bulu kucing akan terlihat lebih bersih dan cantik. Animalovers bisa menjadwalkan mandi kucing setiap 2 minggu sekali atau 1 minggu sekali, menyesuaikan dengan kebutuhan. 

4. Menggunakan Kuning Telur

Kuning telur. (Sumber: iStock)

Cara melebatkan bulu kucing kampung dengan kuning telur dapat membantu pertumbuhan dan pemeliharaan bulu kucing, karena kuning telur mengandung vitamin dan mineral. Pastikan kamu memberi kuning telur matang, ya, Animalovers, karena kuning telur mentah mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli.

Animalovers cukup memberikan kuning telur saja, karena putih telur mengandung enzim avidin yang mampu menghambat vitamin B biotin untuk kesehatan kulit dan bulu kucing. Kamu bisa memberikan kuning telur tiga minggu sekali. 

5. Perhatikan Makanannya

Makanan kucing. (Sumber: iStock)

Salah satu cara melebatkan bulu kucing kampung yang efektif adalah dengan memperhatikan nutrisi pada makanannya. Tidak hanya memaksimalkan perawatan dari luar, kamu juga harus memaksimalkan perawatan dari dalam. 

Dengan memberikan makanan yang mengandung nutrisi seperti protein dan lemak, dapat membantu merangsang bulu kucing kampung tumbuh lebat dan sehat. Kamu juga bisa menambahkan vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan menjaga dari paparan sinar UV. 

6. Jaga Jangan Sampai Stress

Kucing senang. (Sumber: iStock)

Nggak cuma manusia loh, yang bisa stress. Ternyata kucing juga bisa stress, loh, Animalovers! Bagaimana cara kita mengetahui kucing kita sedang stress? Saat sedang stress biasanya tekanan darahnya meningkat sehingga menyebabkan nutrisi tubuhnya melambat dan bulunya rontok. 

Maka cara melebatkan bulu kucing kampung adalah menjaganya agar tidak stress dengan memberinya lebih banyak perhatian, mengajaknya bermain dan menyisir bulunya untuk membuatnya lebih rileks. 

7. Rawat dengan Baik di Rumah

merawat kucing. (sumber: iStock)

Tips cara melebatkan bulu kucing kampung yang mudah, praktis dan alami adalah dengan memberikannya perawatan yang baik di rumah. Kucing akan merasa nyaman dan stressnya akan berkurang jika kamu merawatnya dengan penuh cinta. 

Dengan memberinya makanan yang cukup, vitamin dan memberikan minum sudah sangat cukup, namun akan lebih maksimal jika merawatnya dengan sungguh-sungguh. 

8. Jaga Suhu Ruangan

suhu kucing (sumber: iStock)

Kucing memiliki mekanisme sendiri dalam menjaga suhu tubuh, yang dikendalikan melalui bulunya. Secara normal, suhu tubuh kucing berada di antara 38-39 derajat celcius. Ketika suhu  berada di atas 39 derajat, kucing akan merontokkan bulunya untuk menjaga panas tubuh.

Maka dari itu, kamu harus menjaga suhu ruangan di mana kucingmu sering bermain dan menghabiskan waktu, agar dapat membuat bulunya lebat.

9. Jaga Kebersihan Kandang Kucing

kandang kucing. (sumber: iStock)

Apabila kamu menggunakan kandang kucing untuk menaruh para kucing, sebaiknya kamu perlu membersihkan kandang mereka secara berkala 2 hari sekali. 

Hal ini dikarenakan kucing melakukan semua aktivitasnya termasuk makan dan buang air di sana, tentu akan banyak bakteri yang menumpuk bila tidak dibersihkan. 

Maka dengan menjaga agar kandang kucing kamu tetap bersih menjadi salah satu cara melebatkan bulu kucing kampung, agar bulu kucing tidak kotor dan terkena penyakit. 

10. Gunakan Minyak Ikan

minyak ikan. (sumber: iStock)

Memberikan minyak ikan adalah salah satu cara melebatkan bulu kucing kampung yang sangat efektif karena minyak ikan mengandung asam omega-3 yang mampu meningkatkan kualitas bulu kucing.

Pemberian minyak ikan akan semakin efektif apabila digabung dengan asam lemak omega-6 yang terdapat di dalam lemak ayam dan minyak sayur yang berfungsi untuk menjaga daya tahan kulit terhadap peradangan. 

Baca juga: Mengenal Penyakit Kutu Kucing Pada Manusia, Berbahayakah?

Jadi itu tadi cara melebatkan bulu kucing kampung seperti anggora supaya kucing kamu terliha lebih cantik dan glowing. Cara apa nih, yang sudah kamu lakukan untuk membuat bulu anabul lebih lebat dan sehat? Ikuti terus artikel menarik tentang perawatan hewan peliharaan dan hewan lainnya hanya di laman Animalogi!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ketahui 10 Cara Melebatkan Bulu Kucing Kampung, Dijamin Ampuh

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]