1. Fakta Unik

Arti Mitos Capung Masuk Rumah, Pertanda Baik Atau Buruk?

Animalovers tentu pasti mengenali hewan berjenis serangga yang satu ini. Seringkali capung masuk rumah kita tanpa diundang. Serangga yang memiliki sayap transparan dan badan yang panjang ini banyak berkeliaran di siang hari saat cuaca panas. Kehadirannya cukup mengganggu karena suaranya yang nyaring. 

Tapi, bagi sebagian orang ada yang mempercayai kehadiran mereka di rumah menandakan bahwa ada pertanda buruk yang akan menimpa kita. Ada juga yang bilang bahwa apabila hewan ini masuk rumah artinya menandakan ada hal baik yang akan datang. Apa saja mitosnya? Bagaimana cara mencegah serangga tersebut masuk rumah? Simak artikelnya berikut ini!

Mengenal Serangga Capung

Mengenal hewan capung. (Sumber: iStock)
(Sumber: iStock)

Tahukah kamu bahwa capung sudah diperkirakan hidup semenjak 300 tahun lalu? Jadi, capung termasuk ke salah satu hewan purba yang belum punah sampai sekarang. 

Capung banyak dijumpai di daerah yang dekat dengan perairan seperti sungai. Berdasarkan penelitian, capung berperan untuk menentukan indikator kualitas air. 

Biasanya capung hanya akan berkeliaran di sekitar perairan yang memiliki kondisi air yang bagus. Meskipun capung hewan yang tidak berbahaya, namun kerap kedatangannya dianggap sebagai pembawa sial. 

Mitos Capung Masuk Rumah pada Malam Hari

mitos capung masuk rumah malam hari. (sumber: iStock)
(sumber: iStock)

Menurut mitos yang beredar, apabila mereka masuk rumah malam hari secara tiba-tiba, adalah sebuah pertanda buruk yang akan mendatangkan sial pada salah satu anggota keluarga di rumah. 

Awalnya, mitos capung masuk rumah ini berasal dari masyarakat Toba yang mempercayai bahwa capung adalah kiriman dari seseorang yang berniat jahat.

Berniat jahat dalam konteks ini akan mencelakai salah satu anggota keluarga di rumah. Maka dari itu, masyarakat Toba yang mempercayai adanya mitos ini langsung membunuh capung yang masuk rumah pada malam hari.

Mitos Capung Masuk Rumah pada Siang Hari

mitos capung masuk rumah siang hari. (sumber: iStock)
(sumber: iStock)

Berbanding terbalik dengan kepercayaan capung masuk rumah malam hari yang membawa sial, jika kita melihat hewan tersebut masuk rumah pada siang hari itu artinya akan membawa keberuntungan bagi para penghuni rumah. 

Namun, di balik mitos yang akan membawa keberuntungan itu, sebenarnya jika hewan iut masuk rumah di siang hari berarti musim hujan akan segera datang untuk mengakhiri musim panas yang panjang. Jadi, sudah terjawab kan, Animalovers? Kenapa mereka datang saat siang hari?

Arti Capung Masuk Rumah Menurut Primbon Jawa

arti mitos capung masuk rumah primbon jawa. (sumber: iStock)
(sumber: iStock)

Arti capung masuk rumah menurut primbon Jawa sebenarnya dapat diartikan sebagai sebuah pertanda baik. Primbon Jawa mengatakan apabila hewan tersebut masuk rumah menandakan kebahagiaan dan kesehatan untuk si pemilik rumah. 

Pertanda Capung Masuk Rumah Menurut Islam

Sebenarnya, pertanda capung masuk rumah menurut Islam tidak ada di dalam hadits. Jadi, jika menemukan capung yang masuk ke rumah hanya sebatas kebetulan saja dan bukan sebuah pertanda baik atau buruk. 

Pada kenyataannya, mereka masuk rumah dan berterbangan di dalam karena ingin mencari makan berupa nyamuk. Tak hanya itu, mereka juga mencari sinar dengan mendekat ke arah lampu. 

Cara Mencegah Capung Masuk Rumah

Sebenarnya, bagi sebagian orang ada yang menganggap bahwa kedatangan capung tidak mengganggu karena mereka hanya diam di sudut rumah dan kemudian akan keluar lagi. 

Namun, bagi orang lain kehadiran capung sangat mengganggu karena tidak biasa atau memiliki fobia terhadap serangga capung. Berikut ini adalah cara mencegah mencegah mereka agar tidak masuk rumah. 

1. Mengurangi barang yang menumpuk

Selain sebagai tempat favorit nyamuk, barang yang menumpuk juga menjadi tempat yang disukai oleh capung karena mereka akan memangsa para nyamuk. 

Meskipun kehadirannya sangat menguntungkan, namun jika mereka datang bergerombol akan terasa sangat mengganggu bukan? Maka dari itu, kalian bisa mulai dari mengurangi tumpukan barang di rumah. 

2. Membersihkan sumber air

Seperti yang disebutkan sebelumnya, capung sangat senang berada di dekat tempat yang banyak air. Hal ini juga dikarenakan tempat yang tergenang air menjadi tempat untuk mereka berkembang biak. 

Maka, jika kamu memiliki kolam ikan yang cukup besar di rumah sebaiknya rutin untuk dibersihkan untuk meminimalisir kehadiran hewan tersebut dalam jumlah yang banyak. 

3. Memelihara hewan

Apabila ada kolam di rumahmu yang sudah tidak terpakai, sebaiknya Animalovers isi dengan hewan seperti ikan. Ikan dapat memakan telur capung yang bersarang di kolam. 

Jadi, jangan biarkan kolam di rumahmu kosong tanpa ikan, ya! Selain akan jadi tempat nyamuk, capung juga akan berkembang biak di sana. 

4. Menata tanaman di rumah

Kalau kamu memiliki tanaman hias di rumah dan sering melihat capung berkeliaran di sekitar taman rumah kamu, berarti mereka menyukai lingkungan tersebut untuk berkembang biak dan mencari makan. 

Animalovers dapat menata ulang tanaman yang ada taman rumah dan membersihkan pot pot atau tempat yang terdapat genangan airnya. 

Baca juga: Mengenal 10 Arti Kejatuhan Cicak, Apakah Pertanda Baik Atau Buruk?

Jadi itu tadi arti mitos jika capung masuk rumah kamu. Nah, kamu juga bisa menggunakan cara-cara sebelumnya dijelaskan untuk mencegah hewan tersebut dari luar masuk ke rumah kamu. Ikuti terus artikel menarik lainnya tentang perawatan hewan hanya di laman Animalogi. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Arti Mitos Capung Masuk Rumah, Pertanda Baik Atau Buruk?

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]