1. Burung

Burung Sriti: Mitos, Makanan, Harga Sarang, dan Cara Merawatnya

Burung sriti adalah burung yang banyak terbang bebas di daerah penduduk dan sering memasuki rumah warga. Ada banyak berbagai mitos mengenai kehadiran burung ini sehingga banyak yang mengusirnya. Yuk kita bahas secara lengkap mengenai mitos burung sriti dan harga sarangnya!

Mengenal Burung Sriti

Sriti adalah burung yang sering di jumpai di pulau Jawa, Sulawesi, Bali, Lombok, NTB, NTT, Maluku hingga Mamahera. Banyak orang yang sedikit sulit membedakan antara sriti dan burung walet karena ciri-ciri fisik mereka yang sering terlihat sama. Padahal, mereka sangat berbeda loh, Animalovers.

Burung ini sering membuat sarang di gua-gua, rumah penduduk, dan di bawah jembatan. Sarang ini berfungsi untuk perlindungan dari cuaca yang panas dan hujan. Sehingga dapat ketika burung ini meninggalkan tempat berlindungnya, ia akan meninggalkan sarangnya.

Mereka tidak terlalu takut dengan manusia dan tidak terlalu membutuhkan tempat yang gelap dan lembab, asal tidak lebih dari 30 derajat. Ketika suhu lebih dari 30 derajat mereka biasanya akan pindah dan meninggalkan sarang tersebut. 

Ciri-ciri Burung Sriti

Untuk lebih mengenal jenis burung yang satu ini, mari kita lihat apa saja ciri-cirinya di bawah ini!

Sriti
(Sumber: Wikipedia)
  1. Bentuk ekor sriti panjang dan memiliki bentuk yang runcing.
  2. Sriti menggunakan air liur dan menggunakan campuran dedaunan, lumut, dan rumput untuk membuat sarang yang menjadi tempat tinggalnya. 
  3. Ketika mencari makan, sriti tidak terlalu agresif, mereka cukup aktif ketika berada di alam bebas.
  4. Warna sarang dari sriti adalah hijau kecoklatan yang berasal dari dedaunan, lumut, dan rumput yang mereka gunakan sebagai bahan dasar membuat sarang.

Perbedaan Burung Sriti dan Burung Walet

Sriti dan Walet memiliki ciri fisik yang sangat mirip sehingga beberapa orang terkadang tidak bisa membedakan kedua jenis burung ini. Namun, mereka sangat berbeda loh, berikut rangkuman dari Animalogi mengenai perbedaan sriti dan burung walet.

Burung SritiBurung Walet
Ekor panjang dan runcingEkor pendek dan berbentuk seperti kotak
Mencari serangga dengan cara terbangMencari Serangga dengan cara terbang
Cenderung pasif dan tidak terlalu agresifSangat agresif dan aktif ketika berada di alam bebas
Sarang tidak murni terbuat dari air liur, mereka menggunakan campuran dedaunan, lumut, dan rumput.Menggunakan air liur murni untuk membuat sarangnya
Sarangnya berwarna hijau kecoklatanSarang berwarna putih gading
(Gambar sriti)(Gambar walet)

Jenis Burung Sriti

Ada dua jenis sriti yang sering berkeliaran di dekat pemukiman warga. Beberapa jenis ini mungkin pernah kamu lihat, yuk lihat jenisnya berikut!

1. Sriti Kembang

Dinamakan sriti kembang bukan tanpa alasan loh, Animalovers. Burung ini memiliki warna pada setiap helai bulu ekor yang lengkap dengan bulatan berwarna putih yang terlihat mengembang. 

Mereka memiliki banyak variasi warna antara adalah warna hitam kebiruan dan bagian dahi berwarna merah bata. Namun, burung ini tidak terlalu banyak terbang karena mereka biasanya mengandalkan kaki yang kuat untuk bertengger mencari makanan. 

Sama seperti sriti lainnya, jenis ini juga memakan serangga dengan cara yang menyambar. Burung ini biasanya akan memiliki umur yang panjang apabila mereka selalu hidup dengan pasangannya.

2. Sriti Kembang Berkalung 

Nama latin dari jenis sriti yang satu ini adalah hirundo rustica. Ciri-ciri dari sriti kembang berkalung memiliki ukuran tubuh sekitar 17 cm dari ekor hingga bagian paruhnya. Pada bagian sayapnya agar runcing dengan ujung ekornya terdapat corak bulatan. Hampir seluruh tubuhnya berwarna hitam agak kebiruan dan pada bagian dahi berwarna merah bata.

Bagian leher sriti kembang berkalung memiliki motif seperti berkalung berwarna hitam dan bagian dada berwarna putih. Jenis ini tidak mengeluarkan air liur sehingga mereka mengandalkan rerumputan untuk membuat saran. Ketika kawin, mereka dapat menghasilkan lima butir telur.

Manfaat Burung Sriti

Burung sriti sering dikonsumsi secara turun temurun dengan tujuan dijadikan sebagai obat untuk terapi, meningkatkan daya imut, meredakan gejala flu dan masih banyak lagi manfaatnya untuk kesehatan. 

Selain dagingnya yang dijadikan obat untuk kesehatan, sarang dari burung ini juga memiliki banyak manfaat. Sarang sriti yang dikonsumsi secara rutin dapat menurunkan kolesterol, menjaga kekencangan kulit, menutrisi tubuh, meningkatkan nafsu makan, serta melancarkan peredaran darah.

Animalovers pasti bertanya-tanya memang apa saja kandungan dari sarang ini sehingga dapat dijadikan sebagai obat kan?

Nah, ternyata sarang burung sriti menurut penelitian memiliki kandungan glikoprotein, karbohidrat, asam amino, dan garam mineral. Kandungan karbohidrat dalam burung sriti mengandung asam sialat, glucosamine, glukosamin, dan galaktosa.

Satu porsi sarang burung ini terdapat tiga asam amino non esensial dan dua dua asam amino non esensial dengan protein sebanyak 57%. Saran burung dapat dikonsumsi dengan bahan dasar sarang yang dijadikan sebagai agar-agar, puding, teh, roti, dan sup.

Mitos Burung Sriti Masuk Rumah

Ada banyak mitos burung sriti memasuki rumah yang dipercaya oleh masyarakat. Banyak mitos beredar bahwa bahwa sriti yang memasuki rumah akan membawa kabar buruk. Hal buruk yang dimaksud adalah bahwa pemilik rumah akan mengalami hal sial seperti pencurian, terkena tipu, ataupun petaka lainnya. 

Untuk mitos burung sriti yang berbau ghaib adalah bahwa kehadiran sarang dari burung ini merupakan pertanda dari adanya hantu.

Meski banyak yang mengaitkan sriti dengan konotasi buruk, ada sebagian masyarakat percaya bahwa datangnya sriti akan membawa rezeki atau kedatangan tamu penting. 

Mitos ini tentu hanya spekulasi masyarakat dan tidak dapat divalidasi kebenarannya, sehingga Animalovers yang tertarik untuk memelihara burung ini tidak perlu takut kok.

Cara Mencegah Burung Masuk ke Rumah

Bagi Animalovers yang risih dengan kehadiran burung yang masuk ke rumah secara tiba-tiba, berikut tips untuk mencegah burung masuk ke rumah.

1. Menggunakan Benda Mengkilat

Burung biasanya takut terhadap pantulan cahaya, sehingga Animalovers dapat menggunakan benda-benda mengkilat ini untuk mencegah mereka masuk ke rumah.

2. Menutup Ventilasi Rumah

Ventilasi rumah yang terbuka dapat menjadi kesempatan untuk burung hinggap dan membuat sarang. Maka dari itu, pastikan bahwa semua ventilasi di rumah tertutup rapat dan burung tidak memiliki ruang serta celah untuk masuk ataupun membuat sarang.

3. Menyingkirkan Sarang Burung

Ketika burung sudah masuk di rumah, maka hal yang selanjutnya dapat dilakukan adalah dengan menyisihkan sarang burung. Sangkar yang disingkirkan akan membuat burung pergi, lalu setelahnya tutup ventilasi atau celah di mana mereka bisa masuk.

4. Menggunakan Binatang Mainan

Binatang mainan dapat menjadi opsi terakhir bagi Animalovers yang ingin menyingkirkan burung dari rumah. Mereka biasanya takut pada sesuatu yang bergerak.

Makanan Burung Sriti

Animalovers tertarik memelihara sriti? Maka makanan menjadi poin utama agar mereka membentuk saran di rumah. Sediakan makanan berupa serangga seperti kumbang, semua, kupu-kupu, ngengat, dan belalang. 

Harga Burung Sriti

Sarang burung sriti
Sarang burung sriti (Sumber: Wikipedia)

Untuk Harga burung sriti berkisar Rp25.000-Rp100.000, meski harganya tergolong murah, namun tahukah kamu bahwa yang mahal bukankah sriti dan sarangnya? Harga sarang burung sriti dapat mencapai harga Rp1.000.000 loh. 

Baca juga: 20 Jenis Burung Perkutut & Gambarnya Beserta Cara Merawatnya

Nah itu tadi referensi lengkap mengenai sriti mulai dari mitos, makanan, dan harga sarangnya. Semoga artikel ini dapat membantu Animalovers, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Burung Sriti: Mitos, Makanan, Harga Sarang, dan Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]