1. Fakta Unik

Mengenal Si Cantik Lovebird: Jenis, Harga, & Cara Merawatnya

Lovebird atau burung cinta adalah salah satu burung dengan suara yang unik dan indah. Burung ini sangat populer akhir-akhir ini dan banyak menjadi peliharaan . Jika Animalovers juga tertarik dengan burung yang satu ini, maka berikut informasi lengkapnya. 

Lovebird, Si Burung Cantik Bersuara Unik

Jenis burung lovebird
(Sumber: Wikipedia)

Lovebird adalah salah satu jenis burung dari salah satu spesies genus agapornis yang dalam bahasa Yunani memiliki arti sebagai burung cinta. Burung ini dinamakan burung cinta karena mereka biasanya selalu duduk sepasang burung cinta yang saling menyayangi satu sama lain. Karena terlalu sayang dengan pasangannya, burung ini bisa mati jika salah satu pasangannya mati. 

Mereka berukurangan sangat kecil yakni sekitar 13-17 cm. Burung ini berasal dari Afrika dan dapat ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia diantaranya adalah Sumatera Utara dan Papua. ini memiliki umur yang cukup panjang yakni sekitar 10-15 tahun.

Lovebird biasanya berproduksi dengan cara bertelur. Mereka biasanya akan menghasilkan 3-6 telur dengan lama mengeram sekitar 22 hari. Ketika anak-anak mereka sudah berumur sekitar 4-5 minggu mereka biasanya akan meninggalkan sarangnya. 

Iklim yang disukai burung ini adalah lahan kering dengan cuaca yang terik. Mereka biasanya akan membangun sarang-sarang di cabang-cavag pohon. Animalovers juga dapat menemukan burung ini di gedung gedung kosong yang terdapat di tepi hutan dan perkebunan yang cukup sepi.

10 Jenis Burung Lovebird

Untuk Animalovers yang tertarik dengan burung yang memiliki rasa kasih sayang yang tinggi, tentunya harus mengetahui jenis burung lovebird. Berikut 10 jenis burung lovebird yang dapat kamu pelihara.

1. Lovebird Biola Blue

Jenis yang satu ini adalah salah satu burung lovebird tercantik. Biola blue ini menjadi salah satu burung dengan harga termahal dan sangat fantastis, harga burung lovebird biola blue ini bahkan mencapai sekitar 40 juta.  Ciri-ciri dari burung ini adalah memiliki bulu yang indah dan sangat cantik yang didominasi oleh warna biru.

2. Lovebird Halfsider

Halfsider adalah salah satu jenis burung lovebird yang sangat langka. Harga yang tinggi ini dikarenakan sulitnya untuk membudidayakan burung ini. Ciri-ciri utama dari burung ini adalah mereka didominasi oleh warna putih dan kuning.

3. Lovebird Kepala Elang

Berbeda dengan namanya, burung yang satu ini tidak terlihat seperti elang kok. Mereka adalah salah satu jenis burung yang cukup langka. Mereka termasuk dalam lovebird fischeri. Panggilan lain dari burung ini adalah sable yang berarti lovebird dengan kepala cerah. Harga lovebird yang satu ini adalah Rp2 juta.

4. Lovebird Albino

Lovebird albino
(Sumber: Watta Bird)

Sama seperti hewan albino lainnya, lovebird yang satu ini murni memiliki warna putih bersih. Jenis ini termasuk salah satu jenis yang sulit ditemukan. Variasi albino pun tetap dibagi dua jenis yakni yang bermata hitam dan mata merah. 

5. Lovebird Batman

Burung Lovebird Batman
(Sumber: Burungcantik)

Jenis yang satu ini adalah salah satu jenis yang sangat sulit dibudidayakan. Mereka memiliki harga yang sangat mahal. Warna mereka biasanya didominasi oleh warna hitam. 

6. Lovebird Violet

Loverbird Biola Blue (1)
(Sumber: Wikimedia)

Lovebird Violet memiliki banyak warna, mereka termasuk ke dalam burung lovebird tercantik yang banyak diincar oleh pecinta burung. Sifat mereka sangat lucu dan mereka sangat senang bersosialisasi. Harganya pun cukup terjangkau yakni sekitar 400-800 ribu.

7. Lovebird Cobalt

Cobalt
(Sumber: thegorbalsla)

Kobalt adalah salah satu jenis burung lovebird yang paling terkenal di Indonesia.Seluruh tubuhnya memiliki warna biru kecuali bagian lehernya. Harga dari burung ini berkisar antara Rp450.000 – Rp750.000.

8. Lovebird Lutino

Lutino Lovebird
(Sumber: Flickr)

Jika Animalovers sangat menyukai burung dengan warna mencolok maka pilihan yang apa adalah lovebird lutino. Mereka memiliki warna kuning terang dengan sedikit dominasi warna putih pada bagian sayapnya. Harga dari burung ini adalah Rp400.000-an.

9. Lovebird Dakocan

Dakocan memiliki warna yang sangat mirip dengan jenis lovebird biola. Mereka berwarna hijau dan hitam. Harga dari burung berkisar antara Rp 300.000-an.

10. Lovebird Blorok

Warna burung yang satu ini adalah oran dan hijau olive. Mereka sangat cantik dan banyak menjadi peliharaan karena keindahan suaranya. Harga dari jenis adalah sekitar Rp200.000-an. Cukup terjangkau untuk Animalovers yang ingin mengoleksi lovebird dalam jumlah banyak.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Memelihara Lovebird

Sebelum memelihara lovebird, ada baiknya jika kamu mengetahui hal-hal apa yang harus dipersiapkan dan diperhatikan. 

1. Sesuaikan Sangkar dengan Ukuran Badan

Meski ukuran tubuh lovebird sangat kecil, mereka sangat aktif dan lincah sehingga membutuhkan kandang burung lovebird yang besar. Animalovers dapat membeli kandangan dengan dimensi , lebar, dan panjang 2 kaki untuk setiap burung. Selalu perhatikan perkembangan dari burung tersebut, untuk melihat apakah mereka dapat bergerak bebas atau tidak.

2. Perhatikan Makanan Burung Lovebird

Gambar sangkar lovebird
(Sumber: Wikipedia)

Makanan burung lovebird adalah biji-bijian. Kamu dapat memberikan millet yakni bahan makanan favorit dari lovebird. Usahakan untuk selalu memberikan makanan dengan gizi yang tinggi. Selain makanan, kamu harus memperhatikan minuman mereka. Mengganti minuman mereka setiap hari adalah hal yang wajib. Mereka biasanya tidak terlalu suka dengan air yang kotor.

3. Mengetahui Proses Pengembangbiakkan

Lovebird yang sudah dewasa dapat dikawinkan dengan meletakkan mereka pada kandang yang besar. Setelah proses kawin mereka biasanya akan menghabiskan waktu yang sangat lama untuk menetaskan telur, sehingga pastikan agar kamu selalu menyediakan makanan yang cukup serta bergizi. Perlu kamu ketahui bahwa masa inkubasi pengeraman terluas adalah 23 hari. 

4. Berikan Vitamin

Agar burung semakin sehat, jangan lupa untuk memberikan vitamin. Ada banyak pilihan vitamin yang tersedia untuk membuat burung yang kamu miliki tetap sehat. 

Harga Burung Lovebird

Jenis Burung LovebirdHarga 
Lovebird biola blueRp40.000.000.
Lovebird halfsiderRp15.000.000.
Lovebird kepala elangRp2.000.000
Lovebird albinoRp1.000.000
Lovebird batmanRp1.000.000
Lovebird violetRp800.000
Lovebird cobaltRp750.000
Lovebird LutinoRp600.000
Lovebird DakocanRp400.000
Lovebird BlorokRp200.000

Baca Juga: 10 Jenis Burung Nuri, Si Cantik yang Cerdas & Bersuara Merdu

Itu tadi informasi lengkap mengenai si burung cinta yang cantik. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu dalam menentukan jenis dan cara merawat lovebird ya, Animalovers. 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Si Cantik Lovebird: Jenis, Harga, & Cara Merawatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]