1. Burung

Burung Kepodang, Si Burung Pengicau Pembawa Keberuntungan

Burung kepodang adalah salah satu jenis burung yang cukup terkenal dengan bulunya yang cantik dan suaranya yang merdu. Simak penjelasan selengkapnya tentang harga burung satu ini dan bagaimana cara merawatnya di bawah ini!

Mengenal Burung Kepodang

burung kepodang
(Sumber: Wikiwand)

The Black-naped Oriole atau yang lebih terkenal dengan burung kepodang adalah salah satu jenis burung pengicau dengan ukuran sedang yaitu kurang lebih 26 cm dan berasal dari dataran di China. Kepodang memiliki kicauan yang sangat keras dan nyaring. Kicauan tersebut memiliki suara yang khas, menyerupai siulan alunan suling bambu yang memanjakan telinga.

Kepodang juga termasuk ke dalam jenis burung yang memiliki bulu cantik dan indah. Bulunya berwarna perpaduan antara warna kuning dan sedikit warna hitam. Oleh karena banyak yang melihat keindahan kepodang, banyak pecinta burung memelihara burung satu ini. 

Di alam liar, kepodang tersebar dari dataran Cina sampai India dan Asia Tenggara. Burung ini hidup liar di daerah Kalimantan, Jawa, Bali, Sumatera, dan Nusa Tenggara. Habitatnya berupa daerah perhutanan, mulai dari hutan bakau, hutan tropis dan subtropis, dan hutan terbuka. Dapat dikatakan burung ini dapat hidup di berbagai tempat di penjuru Indonesia.

Beberapa orang Melayu menyebut kepodang dengan sebutan Silampukau. Bahkan burung ini sering disebut juga sebagai biduan alam raya. Panjang dari ekor sampai ujung ekor mencapai ukuran 25 cm. Paruh dengan panjang kurang lebih 3 cm berbentuk runcing dan melengkung ke bawah.

Harga Burung Kepodang

Bagi kamu yang tertarik untuk memelihara Burung Kepodang berikut adalah beberapa jenis dan harganya:

Jenis Burung KepodangHarga (Rp)
Kepodang KapurRp210.000
Kepodang Batu AnakanRp250.000
Kepodang SumatraRp300.000
Kepodang Vor TotalRp350.000
Kepodang Mas BaliRp363.000
Kepodang Bincarung AnakanRp400.000
Kepodang Mas Rawatan JantanRp426.000
Kepodang GacorRp800.000
Kepodang Dada MerahRp800.000
Burung Kepodang Jawa JantanRp871.000
Kepodang Emas Lokal AnakanRp950.000

Cara Merawat Burung Kepodang

kepodang
(Sumber: Wikipedia)

Tentu saja, terdapat berbagai cara tersendiri untuk merawat burung ini. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  • Jika kamu baru saja membeli burung tersebut, segera taruh burung di tempat yang tenang dan sejuk selama beberapa hari.
  • Diamkan burung di sangkar yang terbuka supaya kepodang beradaptasi dengan keadaan sangkar, tempat pakan, serta suasana sekitarnya. Perlu diingat bahwa proses adaptasi mengharuskan supaya sangkar tetap mendapatkan cahaya.
  • Kamu perlu memberikan makanan berupa buah-buahan yang segar dan manis. Pemberian buah ini sangat bagus jika kamu lakukan setiap hari.
  • Pakan lainnya seperti ulat bambu, jangkrik dan serangga-serangga lainnya dapat kamu berikan secukupnya. Kamu dapat memberikan jangkrik 2-3 ekor ketika pagi hari. Kemudian, 1-2 ekor jangkrik ketika sore hari. Ulat bambu dapat diberikan 1 ekor dalam 2 atau 3 kali dalam seminggu
  • Kamu dapat menjemur burung ini setiap pagi di bawah matahari, lebih baik jika kamu memiliki tiang kerekan. Hal ini akan melatih burung untuk semakin sering berkicau. Waktu penjemuran hanya dapat dilakukan selama 1-2 jam dan tidak lebih dari pukul 10.00.
  • Burung kepodang adalah jenis burung yang sangat suka kebersihan. Kamu perlu menjaga kebersihan kandang/sangkar supaya burung tetap sehat dan merasa nyaman.
  • Ketika siang atau sore hari, kamu dapat menaruh kepodang di tempat yang sejuk dan tidak langsung terpapar dari sinar matahari. Untuk latihan kicau, kamu dapat memutar suara alam untuk memancing burung berkicau.

Jenis Makanan Burung Kepodang

1. Serangga

Kepodang adalah salah satu burung pemakan serangga kecil. Kamu dapat memberikan pakan jenis serangga kecil untuk meningkatkan nutrisi burung. Burung ini perlu protein yang cukup dan dapat terpenuhi dengan memakan serangga.

Pakan yang cukup umum meliputi jangkrik atau ulat bambu. Seperti yang sudah disebutkan di atas, kamu dapat memberikan jangkrik setiap hari sesuai kebutuhan tapi hanya dua sampai tiga ekor dalam sekali makan. Ulat bambu hanya perlu diberikan seminggu sekali saja.

Hal ini perlu diperhatikan karena protein yang terkandung cukup tinggi. Jika Kepodang terlalu sering mengkonsumsi protein, maka tumbuh kembang burung akan menjadi tidak baik.

2. Buah-Buahan

Selain serangga, kepodang juga memakan buah-buah, terutama buah-buahan yang manis. Buah-buahan yang disukai adalah pepaya dan mangga. Kedua jenis buah ini sangat digemari karena rasanya manis dan mengandung nutrisi yang bagus untuk kepodang, yaitu vitamin dan mineral.

Kamu dapat memberikan pakan buah-buahan secara selang seling bergantian supaya burung ini tidak bosan ketika makan. Burung akan merasakan variasi makanan dengan berbagai rasa. Buah-buahan adalah makanan utama dari burung ini di habitat aslinya

3. Voer Kasar

Jenis pakan selanjutnya adalah Voer kasar. Voer adalah salah satu makanan yang sering kali diberikan pada semua jenis burung dan sangat umum di pasaran. Kamu dapat memilih untuk memberi pakan Voer kasar atau halus sesuai dengan kebutuhan. Voer mengandung mineral, protein, serta vitamin yang sangat baik untuk burung.

Jenis pakan ini terkenal karena sudah lengkap dengan kandungan nutrisi yang melimpah jika dibandingkan kedua pakan sebelumnya. Kamu perlu memastikan jenis voer mana yang cocok untuk burung peliharaanmu.

Demikian penjelasan Animalogi tentang informasi burung kepodang serta cara perawatannya. Semoga penjelasan ini membantu dan menambah wawasan kamu!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Burung Kepodang, Si Burung Pengicau Pembawa Keberuntungan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]