1. Fakta Unik

Burung Cendrawasih: Ciri-ciri, Jenis, Habitat, & Makanannya

Cendrawasih adalah hewan langka yang hidup di daerah bagian timur Indonesia. Daya tarik mereka adalah bulunya yang indah dengan berbagai warna serta tarian unik yang dibawakan burung cendrawasih jantan untuk memikat hati betina. Yuk, mari mengenal hewan langka ini lebih dalam.

Mengenal Si Cantik Cendrawasih yang Langka

Cendrawasih raja
(Sumber: Wikipedia)

Cendrawasih adalah salah satu anggota famili paradisaeidae dari ordo passeriformes. Burung cendrawasih berasal dari Indonesia dan biasanya hidup di daerah bagian timur seperti Papua, Papua Nugini Selat Torres, dan Australia. 

Mereka memiliki bulu yang sangat indah dan memanjang. Ukuran rata-rata burung ini adalah 15 cm dengan berat sekitar 50 gram. Namun, khusus untuk ukuran cendrawasih paruh-sabit hitam biasanya lebih besar, yaitu sekitar 110 cm.

Keindahan dan kecantikan bulu burung cendrawasih membuat mereka banyak menjadi incaran pemburu. Tujuan dari perburuan dan penangkapan liar ini adalah untuk menjual mereka di pasar gelap. Hal ini mengakibatkan rusaknya habitat hidup cendrawasi serta membuat jumlah mereka semakin lama semakin berkurang.  

Dalam perdagangan ilegal burung cendrawasih biasanya menjadi hiasan dinding ataupun aksesoris seperti topi wanita di Eropa. Hal ini membuat pemerintah mulai memperhatikan dan menyelamatkan si cantik yang langka ini. 

Ciri-ciri Burung Cendrawasih (List)

  • Panjang tubuh burung cendrawasih biasanya sangat bervariasi, tergantung dengan variasinya. Cendrawati dengan ukuran paling kecil adalah cendrawasih raja yang berukuran 15 cm dengan berat 50 gram. Burung cendrawasih terbesar adalah si Cendrawasih paruh hitam dengan panjang 110 cm dan berat 430 gram.
  • Bentuk kakinya memiliki jari-jari yang panjang dan telapak kaki yang datar. Bentuk kaki ini memudahkan mereka untuk bertengger pada cabang pohon tempat di mana mereka biasanya beraktivitas.
  • Memiliki paruh yang tebal dan runcing dan tebal. Fungsi dari paruh ini adalah untuk memecahkan buah dan memotong hewan menjadi ukuran yang pas untuk dimakan.

Cara Merawat dan Melestarikan Burung Cendrawasih

Gambar Burung Cendrawasih terbang
(Sumber: Gambar Hewan)

Apa yang bisa dilakukan untuk menjaga kelestarian burung cendrawasih? Nah, berikut Animalogi rangkum cara merawat dan melestarikan burung cendrawasih.

1. Melakukan Penangkaran

Penurunan populasi cendrawasih dapat kita cegah dengan melakukan penangkaran. Pengembangbiakkan ini dapat dilakukan disekitar alam habitatnya, yakni Papua. 

2. Melepaskan Burung ke Alam Bebas

Burung cendrawasih pada dasarnya hidup di alam liar. Untuk menjaga kelestarian dan populasi mereka dapat melakukan penangkaran sehingga setelahnya kemudian di kembalikan ke alam bebas. 

3. Menjaga Kelestarian Habitatnya

Selain perburuan liar, hal yang membuat cendrawasih langka adalah banyaknya perusakan habitat aslinya. Dengan melestarikan habitat alami cendrawasih maka hal ini akan menunjang kehidupan mereka.

4. Mencegah Perburuan Liar

Pencegahan terhadap pemburu yang menangkap cendrawasih secara ilegal sangat perlu dilakukan. Karena tidak hanya menangkap burung, mereka juga akan merusak habitat satwa langka itu. 

Fakta Unik Burung Cendrawasih

Ada beberapa fakta yang harus ketahui nih mengenai burung cendrawasih untuk menambah ilmu pengetahuan. Berikut fakta unik burung cendrawasih.

1.  Menjadi Komoditi Perdagangan

Karena kecantikannya, cendrawasih diberikan nama sebagai burung surga atau bird of paradise oleh orang Inggris. Pada tahun 1522, ratusan lalu orang-orang Eropa menjadikan burung ini sebagai hadiah untuk raja-raja mereka. Kepopuleran ini membuat mereka menjadi komoditas perdagangan hingga abad 19 dan 20 di mana tren menghias topi menggunakan bulu cendrawasih sangat disukai oleh kalangan wanita di Eropa. 

2. Terancamnya Burung Cendrawasih

Pada umumnya, cendrawasih banyak hidup disekitar daerah bagian Timur. Maka ada sekitar 41 spesies cendrawasih yang hidup di Indonesia dan 33 spesies hidup di Papua. Mereka biasanya sangat senang hidup di hutan lebat dan daerah rendah. 

3.Termasuk Satwa yang Dilindungi

Demi menjaga populasi dari burung ini, pemerintah Indonesia melalui UU NO.5 Tahun 1990 dan PP No.7 tahun 1999 menetapkan bahwa cendrawasih adalah salah satu satwa yang sangat dilindungi. Peraturan ini dibuat untuk mencegah cendrawasih menjadi sasaran pemburu liar. 

4. Memiliki Ritual Kawin yang Unik

Fakta unik tentang burung cendrawasih adalah memerak memiliki ritual kawin yang unik. Biasanya cendrawasih jantan yang memiliki bulu-bulu cerah akan menampilkan tarian burung cendrawasih yang memiliki manfaat untuk menarik cendrawasih betina. Mereka berusaha menampilkan keunikan bulunya, bahkan sang jantan sangat serius dalam menampilkan ritual ini. 

5. Menjadi Identitas Rakyat Papua

Populasi cendrawasih sebagian besar hidup di Papua sehingga hal ini membuat Papua terkenal sebagai bumi cendrawasih. Bulu yang cantik dan memikat ini membuat Papua menjadikannya maskot. Hal ini terlihat dengan masyarakat yang menggunakan bulu cenderawasih sebagai perlengkapan dan hiasan untuk pakaian adat mereka. 

Jenis dan Gambar Burung Cendrawasih

Cendrawasih tidak hanya satu spesies, mereka terdiri dari 42 spesies burung yang masuk ke dalam kelompok ke dalam 15 genus. Dari 42 spesies, 30 spesies hidup di Indonesia. Berikut jenis-jenis burung cendrawasih dan gambarnya. 

1. Cendrawasih Kuning Kecil (Paradisaea Minor)

Cendrawasih kuning kecil (1)
(Sumber: Wikipedia)

Cendrawasih yang satu ini sedikit sulit ditemukan karena mereka biasanya berada di hutan Papua bagian utara dan hidup di pulau-pulau yang sulit dijangkau. Beberapa peneliti mengungkap bahwa burung cantik yang satu ini memiliki racun di kulit mereka yang berasal dari serangga yang dimangsanya. 

Ciri-ciri burung ini sesuai dengan warnanya yakni kuning. Ukuran mereka juga cenderung kecil yakni sekitar 32 cm. 

2. Cendrawasih Gagak (Lycocorax Pyrrhopterus)

Cendrawasih gagak
(Sumber: Hanom Bashari/Burung Indonesia)

Jika Animalovers melihat secara sekilas, cendrawasih gagak sangat mirip dengan gagak karena warnanya yang hitam pekat. Mata mereka biasanya berwarna merah dan lebih banyak berkicau daripada spesies lainnya, kicauan mereka pun sangat unik dan mirip anjing. Habitat burung cendrawasih gagak berada di Kepulauan Maluku. 

3. Cendrawasih Bidadari Halmahera (Semioptera Wallacii)

Cendrawasih Bidadari Halmahera
(Sumber: Good News From Indonesia)

Burung cantik yang satu ini dapat Animalovers temukan di pulau Halmahera dan Bacan. Mereka memiliki ukuran sekitar 28 cm. Ciri-ciri utama mereka adalah memiliki dua pasang bulu putih panjang yang berada di samping tubuhnya. Dominasi utama warna tubuh mereka adalah coklat-zaitun dengan jenis jantan yang memiliki mahkota berawan ungu mengkilap. 

4. Cendrawasih Paradigalla (Paradigalla carunculata)

Cendrawasih Paradigalla
(Sumber: Jenis)

Burung yang satu ini sangat cantik, mirip seperti perpaduan kuning kecil dan gagak. Paruhnya berwarna kuning dengan seluruh badan berwarna hitam. Tubuh mereka tergolong sedikit besar dengan panjang sekitar 37 cm. 

5. Cendrawasih Astrapia Arfak (Astrapia nigra)

Cendrawasih Astrapia Arfak
(Sumber: Kompas)

Astrapia Arfak adalah salah satu hewan endemik yang hidup di pegunungan Arfak pada bagian Papua Barat. Mereka senang hidup di daerah yang memiliki ketinggian sekitar 1.700-2.300 meter di atas permukaan laut. Mereka sangat besar dengan tubuh memiliki panjang sekitar 76 cm. 

Khusus untuk jantan, terdapat warna hitam dengan kilau ungu kebiruan, jubah kuning metalik, dan leher yang berwarna hitam legam. Ekor jantan pun cenderung lebih panjang daripada betina. Aoabila animalovers lihat secara sekilas, antara betina dan jantan, mungkin akan terlihat perbedaan mencolok sehingga membuat betina tidak menarik. 

6. Cendrawasih Parotia Arfak (Parotia sefilata)

Cendrawasih Parotia Arfak
(Sumber: Nationa Geographic Indonesia)

Ukuran tubuh cendrawasih jenis ini adalah sekitar 33 cm. Pada bagian kepala jantan, terlihat pada bagian kepala memiliki mahkota berbentuk segitiga berwarna perak. Tubuh mereka pun memiliki hiasan dengan bulu berwarna hitam yang memanjang di sisi tubuhnya serta tiga bulu panjang ada pada bagian matanya. Untuk betina, mereka adalah coklat polos. Pada musim kawin para burung cendrawasih jantan akan memainkan tarian seperti tari balet untuk memikat hati betina. 

7. Cendrawasih Botak (Cicinnurus respublica)

Cendrawasih botak
Cendrawasih botak (Sumber: Wikipedia)

Hal yang memikat dari cendrawasih botak adalah mereka memiliki tubuh dengan kombinasi warna kuning dan coklat. Terlebih pada jenis jantan terdapat bulu merah darah dengan ujung putih yang ada pada bagian ujung badannya. Untuk burung betina cenderung kurang menarik, mereka biasanya berwarna coklat dengan ukuran tubuh kecil tanpa ada hiasan apapun. 

8. Cendrawasih Merah (Paradisaea rubra)

Cendrawasih merah
Burung Cendrawasih Merah (Sumber: Wikipedia)

Siapapun yang melihat cendrawasih merah pasti akan terpikat dengan keindahan bulunya. Tubuh mereka memiliki ukuran sedang dengan panjang sekitar 33 cm. Bulunya berwarna kuning dan coklat dengan warna kuning yang ada pada paruhnya. Burung jantan memiliki warna merah dengan ujung putih pada bagian perut. 

Wajah mereka juga terdapat warna hijau zamrud dengan dua buah tali panjang pilin ganda yang berwarna hitam. Sama seperti jenis betina lainnya, betina cendrawasih mereka kurang menarik dengan bulu berwarna coklat dan tidak memiliki hiasan yang memikat. 

Baca juga: Mengenal Si Cantik Lovebird: Jenis, Harga, & Cara Merawatnya

Demi menjaga populasi hewan langka ini agar terus meningkat, sangat membutuhkan peran kita untuk tidak merusak dan memperjual belikan burung cantik ini. Hal ini akan sangat berbahaya bagi cendrawasih. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi kamu mengetahui informasi lengkap tentang cendrawasih ya, Animalovers!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Burung Cendrawasih: Ciri-ciri, Jenis, Habitat, & Makanannya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]