1. Hewan Lainnya

Mengenal Blue Axolotl, si Salamander Air yang Lucu dan Menggemaskan

Nama salamander mungkin sudah akrab di telinga Animalovers. Namun, tahukah kamu kalau terdapat spesies salamander akuatik yang lucu dan menggemaskan? Jika pernah menonton film animasi How to Train Your Dragon atau memainkan game Minecraft, Animalovers pasti bisa membayangkan penampilan ‘ikan berjalan’ lucu yang satu ini.

Salamander adalah hewan amfibi yang berkembangbiak dengan cara metamorfosis. Salamander biasanya memiliki kaki yang seimbang dengan proporsi tubuhnya dan bisa tinggal di darat untuk sementara waktu. Namun, salamander air atau Axolotl ini berbeda dengan salamander yang biasanya. Ia tidak mengalami fase metamorfosis dalam perkembangbiakannya dan juga menghabiskan sebagian waktunya di air. 

Jenis Axolotl pun beraneka ragam. Mulai dari Leucistic Axolotl, Piebald Axolotl, Golden Albino Axolotl, hingga Blue Axolotl, semuanya memiliki keunikan masing-masing.Apa saja makanan axolotl? Bagaimana cara perawatan axolotl yang benar? Yuk, cari tahu selengkapnya hanya di Animalogi.

Blue Axolotl, Si Imut yang Dapat Dipelihara

Bukan hanya game semata, Blue Axolotl pun juga benar-benar eksis di dunia nyata. Seperti yang telah diketahui sebelumnya, axolotl hadir dengan berbagai macam warna, termasuk Blue Axolotl. Axolotl Biru bukanlah jenis warna morph yang terpisah. Sebaliknya, mereka adalah Axolotl Melanoid dengan warna abu-abu yang jauh lebih gelap dengan sedikit unsur warna biru yang berkilau ketika dikenai cahaya. Oleh sebab itu nama Blue Axolotl diberikan. 

Axolotl disarankan dipelihara dalam akuarium dengan ukuran yang tepat dengan ukuran badan mereka, berhubung Blue Axolotl dapat tumbuh hingga mencapai 30 cm. Ukuran akuarium yang disarankan adalah yang memiliki panjang sekitar 80 cm. Pastikan akuarium memiliki filtrasi dan sirkulasi udara yang baik serta memadai.

Ciri-Ciri Axolotl

Ciri-ciri Axolotl (sumber: Pixabay)
Ciri-ciri Axolotl (sumber: Pixabay)

Ciri-ciri Blue Axolotl dengan axolotl yang lainnya relatif sama. Ciri-ciri dari yang kasat mata hingga tidak kasat mata, meliputi:

  1. Ukuran tubuh axolotl dapat mencapai 30 cm, tergantung makanan dan nutrisi yang didapat.
  2. Axolotl hidup di daerah dengan suhu sedang. Suhu terbaik air akuarium bagi axolotl adalah mulai dari 14-25 derajat celcius. Selebihnya, dikhawatirkan dapat membahayakan axolotl.
  3. Axolotl dapat hidup hingga 15 tahun lamanya.
  4. Axolotl dikategorikan sebagai hewan amfibi, tetapi memeliharanya di lingkungan non-akuatik atau di darat dapat membahayakan mereka.
  5. Memiliki insang luar yang ada berdekatan dengan kaki bagian depannya.
  6. Makanan utama axolotl salah satunya adalah cacing.
  7. Axolotl sangat sensitif dengan cahaya terang. Kondisikan akuarium dengan pencahayaan minimal.
  8. Axolotl dapat ‘berenang’ dengan sangat cepat.
  9. Axolotl Biru adalah karnivora. Sama halnya dengan jenis axolotl yang lainnya.
  10. Axolotl bisa mengenali pemiliknya jika dilakukan interaksi yang sering. 

Cara Merawat Blue Axolotl

‎Apakah Animalovers tertarik untuk memelihara Blue Axolotl di aquarium rumah? Penampilannya yang unik dan warna yang ngejreng memang menarik perhatian setiap mata yang memandang. Untuk itu, pastikan Animalovers paham dan mengetahui cara perawatan dragon fish yang satu ini, ya!

  1. ‎Saat memindahkan axolotl ke akuarium, gunakan jaring daripada tangan kosong. Hal ini untuk menghindari rusaknya lapisan atas kulit axolotl yang sensitif. 
  2. Kondisi air di tangki axolotl harus sangat jernih.‎
  3. Pastikan tidak ada hewan lain di akuarium yang membahayakan axolotl. Hewan lain yang terlalu agresif dikhawatirkan dapat menggigit insang eksternal mereka yang menarik perhatian. Jika ingin menempatkan hewan lain di akuarium yang sama, pastikan berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu tentang perilaku mereka.‎
  4. Suhu air terbaik bagi Blue Axolotl dan axolotl lainnya adalah 20 derajat celcius. Usahakan tidak lebih dan tidak kurang
  5. pH air 6,8 adalah tingkat keasaman yang paling aman dari air yang ditinggali axolotl.
  6. Gunakan filter canister karena axolotl termasuk messy eater yang meninggalkan sisa-sisa makanan mereka ketika sudah kenyang. 

Makanan Axolotl

Axolotl adalah karnivora, yang berarti mereka hanya makan makanan dengan kandungan protein hewani. Makanan axolotl ketika berada pada lingkungan liar utamanya adalah cacing. Tak hanya Axolotl Biru, axolotl lain pun butuh pakan dengan nutrisi tinggi agar dapat tumbuh dengan optimal. 

Beberapa makanan axolotl yang tinggi nutrisi yaitu:

  1. Cacing darah
  2. Cacing tanah
  3. Siput
  4. Potongan daging
  5. Pelet axolotl
  6. Larva serangga

Inilah beberapa makanan axolotl saat mereka berada di habitat aslinya. Animalovers tentu dapat mendapatkan pakan axolotl dengan mudah di toko pakan terdekat. Apabila ingin menambahkan variasi pakan lain atau vitamin sebagai penunjang, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan terlebih dahulu.

Tips Memelihara Blue Axolotl

Tips Memelihara Blue Axolotl (sumber: Pixabay)
Tips Memelihara Blue Axolotl (sumber: Pixabay)

Sejatinya, perawatan segala jenis axolotl, termasuk Axolotl biru hampir sama satu sama lain. Tidak ada suatu hal yang dikhususkan pada setiap jenis axolotl. Dari segi habitat, Animalovers bisa memfokuskan panjang akuarium daripada kedalaman akuarium. Selalu sesuaikan akuarium secara berkala dengan pertumbuhan mereka. 

Hindari penggunaan pasir pada akuarium dengan butiran-butiran yang besar karena dapat melukai axolotl. Animalovers juga dapat menambahkan dekorasi tempat persembunyian bagi axolotl karena sifat mereka yang nokturnal dan tidak menyukai cahaya terang.

Baca Juga: Mengenal Ciri Ciri Ikan Koi Dengan Berbagai Kondisi

Itulah informasi lengkap mengenai Blue Axolotl, makanan axolotl, hingga cara perawatan axolotl yang baik dan benar. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke media social Animalovers! Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Blue Axolotl, si Salamander Air yang Lucu dan Menggemaskan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]