1. Hewan Lainnya

Mengenal 13 Jenis Ayam Petelur Terbaik dari Seluruh Dunia

Bagi banyak orang, ayam petelur memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah mampu menyediakan produk hewani berupa pasokan telur. Namun, mayoritas peternak tidak mengetahui bahwa jenis ayam penghasil telur ini akan berdampak besar pada jumlah telur yang dihasilkan setiap harinya. Maka, tidak heran jika belakangan ini banyak yang memelihara hewan tersebut.

Untuk itu, Animalovers telah menyiapkan informasi lengkap seputar ayam petelur yang bisa kamu manfaatkan. Yuk, simak pembahasannya!

13 Jenis Ayam Petelur Terbaik dari Seluruh Dunia

Ayam layer atau petelur adalah salah satu jenis ayam betina dewasa yang nantinya akan dipelihara secara khusus agar bisa menghasilkan telur berkualitas tinggi. Pada umumnya, binatang berkaki dua ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berbentuk ramping serta memanjang, terdapat daun telinga yang berwarna putih, matanya bercahaya dan mudah gugup.

Selain itu, hewan yang satu ini memiliki dua varian warna, yaitu putih dan coklat. Biasanya, para peternak lebih sering memelihara ayam layer berwarna coklat daripada putih, terutama di Indonesia.

Perlu diketahui juga bahwa binatang ini memiliki berbagai jenis ayam layer, lho. Ingin tahu apa saja jenis jenisnya? Berikut adalah 13 jenis ayam petelur terbaik dari seluruh dunia.

1. Ayam Petelur White Leghorn

ayam white leghorn
Ayam Petelur White Leghorn (sumber: gerava)

White Leghorn merupakan salah satu ras ayam yang mempunyai bulu serta telur berwarna putih bersih dan berjengger merah. Jenis White Leghorn hanya dimanfaatkan telurnya saja karena dari bentuk tubuhnya yang kecil ini tidak bisa dijadikan sebagai ayam pedaging. Tidak hanya itu, pada ras ini mampu menghasilkan telur sebanyak 260 butir per tahunnya.

Di sisi lain, binatang ini juga terdapat kekurangan, yakni sangat sensitif terhadap cuaca panas. Bahkan, akan berdampak buruk jika terjadi keributan, lantaran sang hewan sangat mudah terkejut. Maka dari itu, janganlah membuat keributan agar produksi telurnya tidak menurun.

2. Ayam Petelur Hamburg

ayam hamburg
Ayam Petelur Hamburg (sumber: Pixabay)

Hamburg adalah jenis unggas yang berasal dari Jerman serta memiliki bulu berwarna indah, yaitu hitam dan putih. Tidak hanya warna, Ayam Hamburg mempunyai bentuk tubuh yang kekar sehingga sangat indah untuk dipandang dalam waktu lama. Pada ras Hamburg bisa menghasilkan telur sebanyak 200 butir per tahun lho, Animalovers.

3. Ayam Petelur Plymouth Rock

Ayam Petelur Plymouth Rock
Ayam Petelur Plymouth Rock (sumber: nandatrio)

Plymouth Rock merupakan ras unggas yang sangat cocok dijadikan sebagai bisnis ayam penghasil telur bagi pemula. Pada jenis ini cenderung lebih mudah untuk dipelihara karena mempunyai daya tahan tubuh yang kuat serta bertubuh kecil dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

Ayam berjenis Plymouth ini dibalut dengan bulu yang berwarna abu abu dengan garis putih di seluruh tubuhnya. Kemampuan yang dimiliki oleh binatang ini sama dengan ayam Hamburg, yaitu dapat menghasilkan telur sebanyak 200 butir dalam satu tahun.

4. Ayam Petelur Sussex

Ayam Sussex
Ayam Sussex (sumber: Pixabay)

Ayam Sussex adalah salah satu bibit ayam petelur unggul karena mempunyai dua fungsi. Fungsi pertama, yaitu bisa dijadikan sebagai petelur. Kedua, dapat dijadikan sebagai ras pedaging.

Jenis ini juga memiliki perbedaan pada berat badan, baik itu jantan maupun betina. Berat badan yang dihasilkan oleh jantan mampu mencapai 4,1 Kg dan betina 3,2 Kg per ekor. Tidak hanya berat badan saja yang besar, tetapi telur yang diproduksi juga besar, yakni mampu mencapai 180 sampai 320 butir dalam 12 bulan.

Bagi Animalovers yang memiliki halaman luas, ayam jenis ini sangat cocok dijadikan sebagai hewan peliharaan atau ternak lantaran mereka suka berkeliaran tanpa merusak lingkungan.

5. Ayam Petelur Coklat/Hibrida

ayam hibrida
Ayam Hibrida (sumber: Pixabay)

Ras coklat atau Hibrida merupakan jenis hewan yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Sebab, Ayam Hibrida ini memiliki bulu yang berwarna coklat serta bobot tubuhnya bisa mencapai 2 Kg.

Walaupun bobotnya kecil, daging yang dihasilkan lebih enak dibandingkan dengan ayam pedaging lainnya, terutama ras broiler. Animalovers juga harus tahu bahwa spesies yang satu ini termasuk ke dalam jenis hewan pedaging juga, lho. Sehingga, dapat dikatakan sebagai tipe binatang dwiguna.

6. Ayam Petelur Buff Orpington

ayam buff orpington
Ayam Buff Orpington (sumber: mitrabibitayam)

Buff Orpington adalah salah satu binatang populer di wilayah Kent, Inggris. Bentuk tubuhnya juga sangat elegan, indah dan besar. Dalam 12 bulan, ayam Buff mampu memproduksi telur sebanyak 180 butir dan sangat suka mengerami telur telurnya pada saat musim panas. Sementara itu, binatang Buff sangat jinak serta suka berinteraksi dengan manusia.

7. Ayam Petelur Ancona

Ancona merupakan salah satu ras ayam yang mempunyai tubuh kecil dan ramping. Penyebarannya sudah sampai ke beberapa negara, yakni Amerika Serikat dan Inggris. Ayam Ancona ini juga mempunyai kesamaan dengan jenis Plymouth Rock, yaitu bertubuh kecil.

Namun, kekurangan pada binatang berjenis Ancona adalah bersifat liar dan bisa terbang ke luar kandang. Telur yang dihasilkannya pun berwarna putih dan berbentuk mungil. Sehingga, ayam tersebut dapat memproduksi telur sebanyak 200 butir dalam satu tahun.

8. Ayam Petelur Maran

ayam maran
Ayam Maran (sumber: gerava)

Ayam Maran adalah ayam penghasil telur dan daging atau biasa dikenal sebagai tipe dwiguna. Telur yang dihasilkan oleh ayam Maran pun cukup banyak, yakni sebesar 200 butir dan berwarna hitam. Untuk ciri fisiknya sendiri mirip dengan ras Plymouth Rock.

9. Ayam Petelur Easter Egger

Easter Egger merupakan ayam penghasil telur yang mampu memproduksi sebanyak 250 butir dalam 1 tahun. Telur yang dihasilkan oleh ayam Easter ini berwarna biru cerah kehijauan. Ciri fisik yang menonjol pada ayam ini adalah terdapat bulu berwarna coklat dengan tambahan warna lain serta bertubung mungil.

10. Ayam Petelur Barnevelder

ayam barnevelder
Ayam Barnevelder (sumber: ms.imadeself)

Tipe ini memiliki bulu mengkilap yang berwarna hitam dan pada setiap ujungnya berwarna coklat. Barnevelder merupakan persilangan unggas antara Landrace Belanda dengan ayam hutan Asia.

Bagi Animalovers yang memiliki perkebunan sangat cocok untuk memelihara hewan bertipe Barnevelder. Sebab, pada ras ini tidak mampu terbang atau bahkan kabur dari kandang.

11. Ayam Petelur Ras Rhode Island Red

Ayam Ras Rhode Island Red
Ayam Ras Rhode Island Red (sumber: Pixabay)

Ras Rhode Island Red merupakan hewan berbulu gelap dan dapat dipelihara untuk menghasilkan daging maupun telur. Ayam tipe ini berasal dari Amerika Serikat sehingga mampu beradaptasi pada cuaca ekstrim. Ayam Rhode Island dalam setahun mampu memproduksi telur sebanyak 250 butir per ekor.

12. Ayam Petelur Ross Brown

ayam ross brown
Ayam Ross Brown (sumber: kharimgroup)

Ross Brown adalah ayam yang berasal dari Inggris dan mempunya ciri khas tersendiri. Salah satu ciri cirinya adalah berwarna coklat serta bisa menghasilkan telur sebanyak 270 butir dalam setahun. Selain di Inggris, ayam tersebut bisa ditemui juga di Indonesia lho, Animalovers. Lebih tepatnya dikembangkan oleh PT. Cibadak Indah Sari Farm.

13. Ayam Petelur Lohman Brown

ayam lohman brown
Ayam Lohman Brown (sumber: ternakpertama)

Lohman Brown merupakan ayam hasil produksi dari perusahaan Miltibreeder Adirama Indonesia yang identik dengan warna coklat karamel serta putih di setiap tubuhnya. Umumnya, para peternak akan memelihara tipe ini pada fase grower atau usia 8 minggu. Telur yang dihasilkan oleh ayam ini sebanyak 300 butir dalam 12 bulan.

Baca juga : Ayam Pakhoy: Petarung Tangguh yang Cepat & Super Kuat

Demikian penjelasan kali ini terkait 13 jenis ayam petelur. Semoga pembahasan di atas dapat menambah pengetahuan Animalovers sekalian.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal 13 Jenis Ayam Petelur Terbaik dari Seluruh Dunia

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]