1. Hewan Lainnya

Mengenal Ayam Pama: Ciri-ciri, Jenis, & Cara Merawat

Bagi pecinta ayam laga, pasti tidak asing dengan ayam pama. Jenis ayam yang satu ini berasal dari Thailand dan sangat banyak diincar di Indonesia. Jika Animalovers yang ingin melakukan pertandingan ayam, jenis pama adalah pilihan yang pas untuk itu. Yuk, kita lihat langsung pembahasan lengkap mengenai jenis ayam yang satu ini!

Asal Usul Ayam Pama

Pama adalah salah satu jenis ayam yang banyak peternak budidayakan. Jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara ayam birma dengan ayam bangkok. Aslinya ayam ini berasal dari Thailand, nama dari ayam ini pun berdasarkan nama daerah di Thailand yakni Bangkok dan Birma sehingga jadilah nama ayam Pama. 

Tahukah kamu bahwa ternyata hampir seluruh ayam laga di Indonesia berasal dari Thailand? Hal ini karena Thailand merupakan penghasil ayam laga yang memiliki kualitas yang baik. Salah satunya pama yang termasuk dalam kategori peliharaan laga yang banyak diikut sertakan dalam ajang perlombaan. 

Pada awalnya hewan yang satu ini tidak unggul seperti sekarang ini, mereka terus berkembang dengan bantuan ternak dari Thailand sehingga jadilah pama yang mampu bertarung. 

Ciri-Ciri Ayam Pama

Gambar ayam pama
Gambar ayam pama (Sumber: Syahrulanam)

Sebelum membeli ayam pama ada baiknya Animalovers mengetahui ciri-cirinya. Berikut adalah ciri-ciri ayam pama:

  • Memiliki bobo sekitar 2-2.6kg.
  • Memiliki kaki kering yang bulan dengan warna kuning hijau, hitam, dan bercorak cerah.
  • Postur tubuh yang tebal.
  • Memiliki kelebihan pada teknik pukulan yang cepat dan keras ke arah lawan.
  • Patukan yang sedikit namun ketika mematuk sangat keras.
  • Agresi dan mampu mengimbangi lama.
  • Mampu memiliki pukulan tembak yang mematikan gerakan musuh.
  • Kepala ayam pama berbentuk kokoh, untuk warna tergantung dari jenis yang ada.

Jenis Ayam Pama

Ada berbagai macam ayam pama yang dapat dipelihara dan diikutkan dalam ajang perlombaan. Yuk, temukan apa saja jenis pama di bawah ini!

1. Pama Ori

Ayam pama ori merupakan jenis asli dari varian pama. Mereka biasanya digunakan untuk beternak dan menghasilkan ayam yang unggul. Karena masih asli, ayam ini sangat mirip dengan nenek moyang dari ayam ini yakni mirip seperti ayam birma. 

2. Pama IQ

Jenis pama IQ mulai populer semenjadi diperkenalkan pada tahun 2017. Ayam ini sangat unggul dan banyak dicari oleh para pecinta ayam laga di Indonesia. Mereka memiliki karakter yang sangat unik dan unggul dalam dunia laga ayam. Tidak heran banyak yang mengincarnya. Para pecinta hewan laga pun menilai bahwa karakter yang unik membuat mereka senang memelihara pama IQ.

3. Pama Gostan

Gostan adalah jenis pama yang banyak pecinta hewan laga pelihara. Mereka memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan pama lainnya. Akurasi kemenangan dari pama gostan berkisar 90% sehingga menjadikan ayam ini sebagai favorit di kalangan pecinta ayam. Bulu mereka pun sangat unik sehingga terkadang menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

4. Pama Ninja

Pama ninja adalah hasil dari perkawinan silangan antara saigon dengan betina birma yang berasal dari Myanmar. Jenis ini sangat populer di Indonesia karena kehebatannya dalam bertarung. Mungkin pama ninja adalah pilihan yang pas untuk dipelihara.

5. Pama Brazil

Dari namanya mungkin sudah tertera jelas bahwa pama yang satu ini bukan varian murni dari pama. Yup, pama brazil ini merupakan hasil perkawinan silang antara jenis pama dengan brazil. 

6. Pama Cross

Jenis pama cross termasuk dalam jenis laga modern yang memiliki badan sedikit gemuk dibandingkan dengan pama yang lain. Pama cross merupakan hasil perkawinan silang dari jenis lainnya, mereka pun termasuk jenis unggul yang banyak dicari oleh pecinta hewan laga. Apakah Animalovers tertarik dengan ayam yang satu ini?

7. Pama Saigon

Jenis pama unggulan selanjutnya adalah pama saigon, yakni salah satu pama yang hebat dalam bertarung. Mereka memiliki gaya yang unik dalam bertarik yakni selalu menoleh ke kanan dan ke kiri lalu secara spontan memberikan pukulan keras. 

8. Pama Rambong

Pama yang terakhir adalah pama rambong. Jenis ayam pama yang satu ini banyak pecinta ayam sukai karena mereka memiliki gaya yang elegan dalam bertarung. Mereka memiliki gerakan seperti bergoyang cantik seperti penari. Hal ini menarik perhatian lawan dan dapat mengelabui lawan pama rambong. 

Cara Merawat Ayam Pama

Setelah mengetahui jenisnya, Animalovers yang tertarik dengan jenis ayam ini juga mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan tepat. Berikut adalah beberapa tipsnya.

  1. Sediakan kandang dengan panjang 10 meter, lebar 7 meter, dan tinggi pagar 6 meter lengkap dengan peneduhnya.
  2. Berikan pama makanan pur 511 dan 94 yang dicampur dengan jagung giling dan beras merah.
  3. Berikan tambahan jamu khusus untuk meningkatkan kesehatan dan kekuatan otot untuk ayam kesayanganmu.
  4. Ketika sudah dewasa, berikan jagung dan beras merah setiap hari, makanan ini bisa mempercepat pertumbuhan dan memperkuat stamina pama.
  5. Mulai latih ayam untuk bertarung ketika mereka sudah dewasa. 

Makanan Ayam Pama

Untuk makanan, harus disesuaikan dengan usia dari pama dengan usia mereka. Makanan pama sangat bervariasi yakni mulai dari beras merah, beras biasa, dan jagung. Demi kesehatan ayam, jangan lupa juga untuk menambahkan jamu sebagai penambah stamina mereka agar mampu meningkatkan daya tahan tubuh mereka. 

Baca juga: Kucing Maine Coon: Harga, Ciri-ciri, Fakta, dan Cara Merawatnya

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai pama yang sangat ahli dalam bertarung. Semoga artikel ini membantu Animalovers untuk memilih jenis ayam yang diinginkan ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Ayam Pama: Ciri-ciri, Jenis, & Cara Merawat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]