1. Hewan Lainnya

Ayam Pakhoy: Petarung Tangguh yang Cepat & Super Kuat

Adu ayam adalah salah satu tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Adu ayam sudah menjadi salah satu bentuk hiburan bagi masyarakat. Ayam yang akan diadu, sudah dirawat dengan baik dan benar.

Ayam Pakhoy saat ini sedang menjadi perbincangan dalam dunia adu ayam. Kemampuan ayam ini membuatnya masuk sebagai salah satu jenis ayam aduan terkuat. Bagi kamu Animalovers, yuk simak pembahasan Animalogi tentang ciri-ciri dan kelebihan dari Ayam Pakhoy super cepat ini.

Ayam Pakhoy, Si Cepat dengan Pukulan Berakurasi Tinggi

Nama Ayam satu ini berasal dari singkatan Pama-khoy. Kata ini berasal dari bahasa Thailand yang berarti penumpas setan atau pembunuh setan. Sebutan Ayam Pama sendiri berasal dari Myanmar. Ayam Pama pernah menjadi primadona dalam dunia adu ayam pada sekitar tahun 2000 an. Para petani kemudian melakukan rekayasa genetika untuk menciptakan jenis ayam yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Ayam Pakhoy memiliki gaya bertarung yang berbanding terbalik dengan gaya bertarung Ayam Birma. Meskipun tubuhnya tidak sebesar Ayam jenis Bangkok, ayam ini memiliki keunikan yang menjadi daya tarik bagi para pecinta ayam. Ayam jenis Pakhoy adalah jenis ayam yang berasal dari 4 jenis ayam aduan yang berbeda. Ayam jenis ini pertama kali bekembang biak di Thailand dan kemudian menyebar ke berbagai negara di Asia Tenggara, salah satunya adalah Indonesia.

Ayam Pakhoy yang terkenal cepat dan lincah (Sumber : Baaca)

Jenis ayam aduan Pakhoy sengaja dihasilkan untuk mengalahkan Ayam Burma, jenis yang sangat sulit dikalahkan oleh ayam aduan lainnya.Postur tubuh ayam jenis Pakhoy sangat untuk menghadapi berbagai jenis ayam aduan lain, dan saat ini sudah menjadi primadona dalam dunia adu ayam.  

Ayam Pakhoy import memiliki kualitas yang lebih baik karena hasil keturunan dari 4 ayam aduan asli dibandingkan jenis Pakhoy lokal. Ayam jenis Pakhoy lokal memiliki tubuh yang sedikit lebih besar, postur ini membuat ayam menjadi lebih lambat dalam bergerak dan serangannya terlihat kurang sempurna. Selain dari keturunan, pemeliharaan dan perawatan juga sangat berpengaruh pada kualitas ayam ini. 

Ciri Ciri Ayam Pakhoy

Secara umum, ayam ini memiliki ekor yang mirip dengan ayam bangkok dan badan yang cenderung lebih kecil. Berikut adalah ciri indukan jantan dan indukan betina :

1. Ciri Indukan Jantan

  1. Ciri ciri kepala ayam pakhoy yang berbentuk seperti buah pinang
  2. Kaki yang kering;
  3. Tulang leher ayam berbentuk rapat;
  4. Tulang ekor keras dan rapat;
  5. Bentuk badan yang mirip dengan jantung pisang 
  6. Warna bulu mengkilap.
  7. Kepak sayap merapat ke bagian dalam;

2. Ciri Indukan Betina

  1. Kepala indukan betina berbentuk seperti ular jika dilihat dari depan;
  2. Jari-jari panjang dan kaki yang kering;
  3. Tulang ekor yang cukup lebar
  4. Ayam Pakhoy betina tidak pernah sakit dari anakan;
  5. Mata yang menjorok ke dalam;
  6. Paruh ayam memiliki tekstur yang kokoh.

Ciri Teknik Pukulan Ayam Pakhoy

Setelah mengetahui tentang ciri fisik ayam Pakhoy, Animalogi akan membahas teknik pukulan dari ayam jenis Pakhoy ini. Berikut adalah ciri-ciri teknik pukulan jenis ayam aduan ini :

  1. Ayam akan merapat ke badan lawan sebelum melepaskan pukulan
  2. Ayam kemudian mematuk leher lawan diikuti dengan pukulan keras ke badan lawan. Ayam akan menengok secara cepat sebelum melepaskan pukulan ke bagian leher.
  3. Ayam Pakhoy akan melakukan serangan secara beruntun sehingga tidak   menciptakan celah bagi lawan untuk menguasai keadaan.
  4. Bergerak secara lincah dan cepat untuk mengimbangi serangan lawan.
  5. Serangan yang terpusat pada badan yang cepat dan keras membuat lawan, terutama ayam dengan tulang tipis seperti ayam Burma, dapat takluk dengan mudah.
  6. Melakukan serangan dengan elemen kejutan yang dapat memukul lawan.
  7. Untuk menghindari serangan, sering masuk ke sela-sela sehingga menyulitkan lawan untuk melancarkan serangan.
  8. Pada keadaan terdesak, ayam ini akan mematuk pada semua bagian tubuh lawan, baik itu leher, bahu, atau badan. Setelah lepas dari posisi terdesak, ayam pakhoy akan segera menyerang balik lawan dengan pukulan yang keras. 

Kekurangan Ayam Pakhoy

Kekurangan dari ayam aduan Pakhoy adalah mentalnya yang lemah serta pukulan yang hanya mengarah ke badan. Mental yang lemah ini membuat ayam menjadi tidak terarah saat menyerang, setiap serangan yang tidak beraturan dapat membuka peluang bagi lawan untuk menyerang balik.

Kelebihan Ayam Pakhoy

Terlepas dari kekurangannya yang memiliki mental lemah dan serangan yang mengarah pada badan saja, ayam ini memiliki kelebihan yang membuatnya menjadi primadona di dunia adu ayam. Jika dibandingkan dengan ayam bangkok biasa, ayam jenis Pakhoy memiliki gerakan lebih cepat, lebih lincah, dan sudut tengok yang lebih lebar.

Secara fisik, ayam Bangkok dan Pakhoy memiliki postur yang mirip baik dari bagian tulang leher sampai model ekor. Selain itu, ayam jenis ini juga memiliki kelebihan dalam teknik pertarungan. Ayam jenis Pakhoy akan mematuk seluruh tubuh lawan jika dalam posisi terdesak, oleh karena itu ayam ini sering menang dan mampu membalik keadaan ketika bertarung.

Baca Juga : Ciri-Ciri Ayam Cemani, Jenis, Manfaat, Cara Beternak & Harganya

Demikian adalah penjelasan tentang kelebihan, kelemahan, dan ciri-ciri Ayam Pakhoy. Perlu diingat bahwa kualitas ayam tidak hanya tergantung dari garis keturunan, tapi juga dari bagaimana kamu merawat ayam tersebut. Semoga artikel Animalogi kali ini dapat membantumu.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ayam Pakhoy: Petarung Tangguh yang Cepat & Super Kuat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]