1. Hewan Lainnya

Ciri-Ciri Ayam Cemani, Jenis, Manfaat, Cara Beternak & Harganya

Ayam cemani adalah salah satu ayam yang penuh dengan mitos. Warna mereka hitam legam dan banyak dijadikan sebagai hewan ritual adat. Mari mengenal hewan yang satu ini lebih dalam yuk, Animalovers!

Sejarah Ayam Cemani yang Penuh Mistis

Gambar ayam cemani
Gambar ayam cemani (Sumber: Wikipedia)

Cemani memiliki beberapa nama lain yakni ayam kedu dan ayam selasih. Ayam ini merupakan hasil pengembangan ras ayam lokal di Pulau Jawa sejak abad ke-12. Ciri utama dari ayam ini adalah berwarna hitam pekat yang timbul karena memiliki gen dominan yang menyebabkan hiperpigmentasi (fibromelanosis). Tidak hanya kulit, bahkan bulu, paruh, hingga organ dalam dari ayam ini pun berwarna hitam.

Berdasarkan legenda dari masyarakat kota Temanggung, pemilik pertama dari cemani diklaim oleh petapan sakti bernama Ki Ageng Mangun. Menurut cerita yang beredar, dikatakan bahwa ayam ini dulunya berwarna putih dan pernah digunakan untuk mengobati penyakit anak pejabat pada waktu itu. 

Ketika selesai mengobati penyakit ayam tersebut maka ia pun dikawinkan dengan ayam hitam legam lalu keturunannya menjadi hitam legam asli. Maka dari itu ayam ini memiliki nama cemani yang dalam sansekerta memiliki arti hitam legam.

Fungsi dari ayam ini banyak dijadikan sebagai hewan ritual dan tidak ditujukan untuk pedaging ataupun penelur. Biasanya mereka merupakan hewan untuk upacara adat pembuatan candi. Masyarakat yakin bahwa cemani memiliki kekuatan magis yang bisa menolak perbuatan jahat makhluk halus.

Beberapa hewan yang memiliki warna hitam biasanya berkonotasi negatif, namun berbeda dengan cemani. Semakin legam dan hitam warnanya maka keberuntungan akan semakin meningkat. Tidak heran jika cemani yang semakin hitam pekat memiliki harga yang semakin mahal.

Ciri-Ciri Ayam Cemani

Sebelum membeli cemani ada baiknya untuk mengetahui ciri-cirinya. Yuk, berikut ciri-ciri ayam cemani asli.

1. Paruh

Sebenarnya hampir seluruh bagian tubuh cemani berwarna hitam gelap. Namun ketika dewasa, nantinya paruh cemani akan mengalami perubahan warna hitam yang memudar. Perubahan ini mungkin tidak terlalu terlihat karena hanya ada pada ujung paruh ayam.

2. Bulu

Ciri utama ayam cemani asli adalah mereka berwarna hitam gelap secara keseluruhan. Cemani palsu yang telah mengalami persilangan biasanya tidak akan hitam legam. Sehingga Animalovers perlu waspada jika cemani yang dibeli tidak hitam. 

3. Kulit

Sama seperti warna bulu, kulit cemani berwarna hitam. Namun terkadang sulit untuk memastikan hal tersebut karena kulitnya tertutupi oleh bulu yang hitam.

4. Kaki

Cemani memiliki kakinya yang hitam legam. Kaki mereka sangat unik dan sangat berbeda dengan kaki ayam lainnya yang biasanya berwarna kuning pucat.

5. Tenggorokan

Pada bagian dalam cemani pun seperti tenggorokan dan lidah berwarna hitam. Perlu Animalovers ketahui ada beberapa cemani yang memiliki warna lidah abu-abu dan putih dan hal itu tetap membuktikan bahwa hewan tersebut adalah jenis cemani asli.

Jenis-jenis Ayam Cemani

Ada beberapa jenis ayam cemani yang harus diketahui yakni sebagai berikut:

1. Cemani Hitam

Sesuai dengan namanya, jenis ayam yang satu ini memiliki ciri hitam pekat dengan jengger yang berwarna kemerahan-merahan hitam. Bobotnya cukup berat yakni sekitar 2-2.5kg.

2. Cemani Hitam Legam

Sedikit sulit untuk membedakan cemani hitam dan cemani hitam legam karena warna merah mereka hampir hitam secara keseluruhan. Satu-satunya pembeda adalah dapat dilihat pada bagian jenggernya lebih sedikit kemerah-merahan.

3. Cemani Lurik

Cemani lurik memiliki karakteristik tidak seperti cemani lainnya. Terdapat warna kulit putih, warna jengger yang merah seperti jengger yang terlihat berbentuk tunggal.

Manfaat Ayam Cemani

Selain digunakan untuk ritual, ada beberapa manfaat cemani untuk kesehatan yang harus kamu ketahui:

  • Menyembuhkan luka
  • Darah ayam cemani akan meningkatkan vitalitas pria
  • Membantu pertumbuhan anak
  • Mencegah radang sendi
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menghilangkan stress
  • Menjaga keseimbangan kolesterol

Cara Memelihara Ayam Cemani

Cemani asli
Cemani asli (Sumber: Wikipedia)

Apakah animalovers tertarik memelihara cemani? Yuk pelajari caranya. Berikut cara mudah beternak cemani:

1. Pilih Kandang yang Luas

Halu utama ketika memelihara ayam adalah memperkirakan kandang yang tepat untuk mereka. Ketika ayam masih sangat kecil, usakan untuk memberikan lampu sebagai penghangat mereka. Bagi anakan yang masih kecil, mereka bisa diletakkan di dalam kotak nantinya ketika tubuh mereka mulai besar dapat dipindahkan ke kandang yang lebih besar. 

2. Makanan Ayam Cemani

Pemeliharaan yang tepat adalah mengetahui makanan yang sesuai untuk peliharaan. Makanan cemani sama kok seperti ayam pada umumnya yakni beras, beras merah, dan jagung. Namun, terdapat kepercayaan bahwa makanan ketan hitam akan membuat warna ayam semakin pekat.

3. Masa Bertelur, Mengeram, Hingga Menetas

Cemani mampu menghasilkan sekitar 57 butir per tahun, namun apabila dipelihara pada kandang baterai mampu menghasilkan 215 butir telur per tahun. Sehingga, apabila ingin efisien, dapat menggunakan kandang baterai dimana ayam tidak mengerami dan mengasuh anak-anaknya dan dapat fokus berproduksi saja. Perlu diketahui pula telur ayam cemani asli berwarna hitam.

4. Memberikan Vaksin dan Vitamin

Agar membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mencegah penyakit. Kamu dapat menggunakan vitamin vitachick atau vortefit yang dicampur dengan air minum untuk mencegah penyakit ketika musim hujan tiba. Vitamin ini juga menjaga agar ayam tidak mudah stress serta membantu mencegah penyakit.

Harga Ayam Cemani

Harga ayam cemani dapat mencapai sekitar Rp2,78 juta hingga Rp5.60 juta. Sehingga peluang bisnis untuk beternak cemani nampak menggiurkan bukan?

Baca juga: Mengenal Ayam Pama: Ciri-ciri, Jenis, & Cara Merawat

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai cemani, si hitam pekat yang penuh dengan mitos. Semoga informasi ini dapat menjadi referensi Animalovers.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Ciri-Ciri Ayam Cemani, Jenis, Manfaat, Cara Beternak & Harganya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]