1. Fakta Unik

Arti Ayam Berkokok di Malam Hari: Mitos VS Fakta Ilmiah

Kenapa ayam berkokok di malam hari? Bagi sebagian orang, kejadian tersebut mempunyai arti serta penjelasan tersendiri. Beberapa diantaranya memiliki unsur mitos atau cerita masyarakat yang masih dipercaya sampai saat ini. Di sisi lain, hal itu juga mengandung penjelasan ilmiahnya. Berikut informasi lengkap mengenai ayam berkokok di malam hari.

3 Arti Ayam Berkokok di Malam Hari

3 Arti Ayam Berkokok di Malam Hari
3 Arti Ayam Berkokok di Malam Hari (sumber: tekno.tempo)

Secara umum, ayam selalu beraktivitas pada pagi hingga sore hari seperti manusia. Akan tetapi, bagi sebagian orang fenomena ayam berkokok di malam hari ini dianggap aneh dan jarang terjadi. Sehingga, peristiwa tersebut sering dihubungkan dengan hal-hal mistis yang sangat sulit untuk dipercaya, terutama pada logika.

Namun, beberapa diantaranya menganggap bahwa ayam berkokok di malam hari mempunyai arti serta makna tersendiri lho, Animalovers. Berikut adalah 3 arti ayam berkokok di malam hari.

1. Ada Makhluk Gaib di Sekitarnya

Arti yang pertama adalah ada makhluk gaib di sekitarnya. Kejadian ini menjadi hal yang biasa karena keberadaannya sangat dekat dengan ayam serta tidak akan mengganggunya. Akan tetapi, makhluk astral ini hanya melihatnya saja dan hewan tersebut langsung merespon dengan mengeluarkan suara kokokan pada saat malam hari.

Maka dari itu, jika Animalovers mendengar suara kokokan ayam pada malam hari sebaiknya membaca doa agar makhluk gaibnya hilang.

2. Didatangi Malaikat

Berikutnya yaitu didatangi malaikat. Dalam ajaran agama Islam, suara kokokan ayam pada malam hari dapat dimaknai sebagai malaikat sedang lewat atau berada di sekitar Animalovers. Peristiwa tersebut bisa terjadi karena hewan berkaki dua ini mempunyai kemampuan yang cukup istimewa, yaitu mampu melihat sesosok malaikat.

Suara kokokan ayam ini bertujuan untuk membangunkan umat muslim agar bisa melaksanakan sholat malam secara tepat waktu.

3. Ada Wanita Hamil di Luar Nikah

Beberapa orang meyakini bahwa suara ayam pada malam hari dikaitkan dengan hamilnya seorang wanita yang terjadi di luar pernikahan. Dengan demikian, wanita tersebut tinggal di dekat lokasi ayam dan suara kokoknya akan terdengar jelas sekitar pukul 22.00 malam.

Arti Ayam Berkokok di Malam Hari Menurut Primbon Jawa

Arti Ayam Berkokok di Malam Hari Menurut Primbon Jawa
Arti Ayam Berkokok di Malam Hari Menurut Primbon Jawa (sumber: zonabanten.pikiran-rakyat)

Bagi Primbon Jawa, suara ayam berkokok juga mempunyai makna serta arti tersendiri. Artinya, suara kokok ayam ini tergantung pada waktu karena jika dilakukan pada malam hari, kemungkinan besar ada sesuatu yang ganjil. Oleh sebab itu, jika mendengar kokokan ayam, sebaiknya tetap tenang dan selalu berdoa ya, Animalovers.

Dikutip dari halaman resmi Lingkar Kediri, menyatakan bahwa terdapat 5 tanda ayam berkokok di malam hari menurut Primbon Jawa.

  1. Apabila terdengar suara kokok ayam pada pukul 18.00 sampai 21.00, artinya adalah di lokasi tersebut akan terjadi fitnah yang telah ditetapkan oleh nenek moyang sejak lama dan tertulis di Primbon Jawa.
  2. Jika seseorang mendengar suara ayam pada malam hari, tepatnya pada pukul 21.00 hingga 22.00, maka nantinya akan muncul sebuah aib di daerah tersebut. Salah satu aibnya adalah terdapat seorang wanita yang hamil di luar nikah.
  3. Seandainya Animalovers mendengar suara ayam berkokok pada jam 23.00-00.00, maka suara tersebut menandakan bahwa terdapat makhluk halus di sekitarnya.
  4. Tanda berikutnya adalah pada pukul 00.00-03.00. Pada saat itu, sang akan terdengar suara kokok ayam yang menandakan bahwa akan datang sebuah kemakmuran di daerah tersebut.
  5. Tanda ayam berkokok di malam hari yang terakhir adalah pada jam 03.00 hingga 06.00. Pada jam tersebut, ayam akan bersuara untuk memberikan tanda bahwa matahari sedang terbit dan mulai menyinari Bumi.

Penjelasan Ilmiah Arti Ayam Berkokok di Malam Hari

Penjelasan Ilmiah Arti Ayam Berkokok di Malam Hari
Penjelasan Ilmiah Arti Ayam Berkokok di Malam Hari (sumber: Pixabay)

Sebelum membahas secara mendalam mengenai penjelasan ilmiahnya, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu asal usul ayam. Ayam memiliki nama Latin, yaitu Gallus gallus domesticus. Arti dari nama Latin tersebut adalah hewan ternak yang jinak.

Lantas, mengapa ayam jantan berkokok? Menurut beberapa peneliti menyebutkan bahwa kokok ayam berdasarkan adanya stimulus cahaya matahari. Maka, tidak heran jika mendengar suara ayam berkokok pada saat matahari terbit.

Beberapa peneliti dari Universitas Nagoya Jepang telah mempelajari serta memahami perilaku ayam, terutama pada kokok nya. Para peneliti Nagoya ingin membuktikan bahwa suara kokok ayam berdasarkan pada stimulus cahaya matahari.

Namun, hasilnya pun cukup mengejutkan dunia ilmiah, lantaran suara ayam tidak berpengaruh pada cahaya matahari. Di sisi lain, para peneliti Universitas Nagoya Jepang telah menemukan dua alasan kuat mengenai kokok ayam, diantaranya:

1. Terdapat Ritme Sirkadian

Ritme sirkadian adalah suatu proses yang dilakukan secara alami dalam mengatur siklus, mulai dari bangun hingga tidur kembali. Sama halnya dengan ayam, mereka akan bersuara setiap hari karena hanya itu saja aktivitas yang bisa dilakukan olehnya selain makan maupun minum.

Tidak hanya itu saja, jika terdapat seekor ayam yang berkokok lebih awal, maka hewan tersebut dianggap sebagai senior di areanya dan ayam lainnya secara bersamaan akan berkokok juga.

2. Untuk Mempertahankan Wilayah Kekuasaan

Kokok ayam sangat berfungsi untuk mempertahankan wilayah kekuasaan. Dengan demikian, hewan lain pun tidak bisa masuk ke dalam area tersebut. Sebab, sang ayam akan memberikan sinyal kepada teman-temannya untuk berkelahi agar wilayah kekuasaannya tetap aman.

Selain dibantu oleh teman-temannya untuk berkokok, ayam jantan juga mendapat bantuan dari ayam betina lho, Animalovers. Tugas dari ayam betina adalah hanya membantu sang jantan untuk menakut-nakuti musuh saja.

Biasanya, hewan yang sering masuk ke wilayah kekuasaan ayam adalah musang, ular dan predator lainnya. Tidak hanya itu saja, tetapi hewan lucu lainnya juga pernah berkelahi dengan ayam. Salah satunya, yaitu bebek.

Baca juga : Nama Burung Lovebird Berdasarkan Warna Terfavorit 2022

Sekian penjelasan kali ini terkait ayam berkokok di malam hari. Semoga pembahasan di atas dapat menambah pengetahuan Animalovers sekalian dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Arti Ayam Berkokok di Malam Hari: Mitos VS Fakta Ilmiah

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]