1. Anjing

Mengenal Anjing Samoyed, Si Lucu Berbulu Seputih Awan

Memelihara anjing memang menjadi pilihan banyak orang. Selain karena kecerdasannya, anjing merupakan good companion bagi manusia. Dari banyak ras atau jenis anjing yang ada di seluruh dunia, kali ini Animalogi akan memberikan informasi tentang Anjing Samoyed, the smile dog.

Sejarah Awal Pengembangbiakkan Anjing Samoyed

Karena tampilannya yang hampir mirip dengan serigala, Animalovers pasti bertanya-tanya, Samoyed berasal dari mana? Apakah dari Kutub Utara atau Kutub Selatan?

Anjing ras Samoyed adalah satu dari beberapa ras purba yang masih ada hingga saat ini. Pada awalnya, anjing ini dirawat oleh suku-suku nomaden di Siberia, salah satunya suku Nenets untuk menggembalakan rusa mereka serta untuk membantu menarik kereta luncur.

Awalnya, anjing ini memiliki beberapa warna, tetapi warna putih berkilauan sudah mendominasi sebagian besar populasi Samoyed yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Samoyed adalah adalah anjing yang tangguh, ramah. Ini sebabnya penjelajah Eropa dengan cepat menyadari kemampuan mereka. Samoyed dibawa ke Inggris pada akhir 1800-an. Ratu Alexandra diketahui sangat menyukai Samoyed. 

Meskipun telah banyak yang dikembangbiakkan sebagai anjing peliharaan, sebagian Anjing ras Samoyed masih bekerja menggembalakan rusa di kutub dan menarik kereta luncur

Ciri-ciri Anjing Samoyed

Ciri-Ciri Anjing Samoyed (sumber: Pixabay)
Ciri-Ciri Anjing jenis Samoyed (sumber: Pixabay)

Tak hanya bulunya yang putih cemerlang, Samoyed juga memiliki beberapa keunikan lain yang menjadi keunggulannya diantara beberapa ras anjing yang lain. Apa saja ciri-cirinya?

  1. Memiliki bulu tebal dan lembut yang berwarna putih bersih. Tidak seperti ras anjing lainnya yang memiliki variasi warna yang lebih luas, Samoyed hanya memiliki 3 warna resmi, yaitu putih, putih biskuit, dan krem.
  2. Bulunya amat lebat sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memandikan Samoyed.
  3. Telinganya berbentuk tegak seperti serigala.
  4. Memiliki kecenderungan yang rendah untuk drooling atau ‘ngiler’.
  5. Tidak terlalu sering menggonggong.
  6. Membutuhkan atensi atau perhatian yang tinggi dari majikan dan lingkungan sekitar. 
  7. Dapat hidup hingga 15 tahun lamanya.
  8. Diberi julukan “odourless dog’ karena tidak terlalu memiliki bau khas anjing yang spesifik.
  9. Samoyed dewasa memiliki berat berkisar 17-33 kg, tergantung usia dan jenis kelamin.
  10. Sebagai anjing berukuran medium, Samoyed memiliki rentang tinggi badan 45-60 m. 
  11. Merupakan salah satu ras spitz yang paling cerdas dan paling ekspresif.
  12. Dibesarkan oleh suku Nenets yang berasal dari Kutub Utara, tepatnya daerah Siberia. 
  13. Membutuhkan porsi latihan outdoor setidaknya 40 menit dalam sehari. 

Keunikan Anjing Samoyed

Dijuluki The Smiley Dog

Salah satu keunikan yang membuat banyak orang terpikat dengan Anjing ini adalah bentuk mulutnya yang bagai tengah tersenyum. Mulut Samoyed ini memiliki sudut yang terbalik sehingga seolah-olah terlihat sedang tersenyum.

Julukan “the smile dog” pun disematkan pada anjing ini. Bentuk mulut tersebut sebenarnya bukan tanpa alasan karena terdapat fungsi historis didalamnya. Sudut mulut yang terbalik menjaga Samoyed agar tidak meneteskan air liur, mencegah terbentuknya es di wajah.

Gemar Bersosialisasi

Sifat atau personality Samoyed juga tak kalah uniknya. Anjing ini sangat suka bersosialisasi seperti yang telah disebutkan dalam uraian sebelumnya. Untuk menjaga anjing ini tetap sehat secara fisik dan psikis, latihan berkala di luar ruangan harus dilakukan, paling tidak 40 menit dalam sehari. 

Sifat ini tentu hadir dengan sisi negatif yang perlu Animalovers ketahui. Anjing breed Samoyed yang terlalu lama ditinggalkan oleh pemiliknya berisiko mengidap separation anxiety yang tentu berpengaruh terhadap perilakunya. Salah satu symptomsnya yaitu menjadi lebih agresif dan brutal.

Jenis Anjing Samoyed

Sebagai anjing ras utama, Samoyed tidak dikategorikan sebagai sub-jenis dari anjing tertentu. Oleh karena itu, karakteristik, terutama warnanya yang satu pasti memiliki banyak kesamaan dengan samoyed yang lainnya. 

Berbicara tentang jenis Samoyed, semua anjing memiliki potensi untuk terjangkit penyakit, sama seperti manusia. Beberapa penyakit yang sering dijumpai pada Samoyed Breed adalah displasia pinggul, atrofi retina progresif (PRA), masalah jantung (seperti masalah pada aorta stenosis dan stenosis pulmonal), hipotiroidisme, bahkan penyakit diabetes.

Makanan Anjing Samoyed

Samoyed (sumber: Pixabay)
Samoyed (sumber: Pixabay)

Memilih makanan yang cocok untuk Anjing ras Samoyed kesayangan bukanlah suatu hal yang sulit. Makanan mereka hampir sama seperti makanan anjing berukuran besar pada umumnya. 

Berikut adalah daftar makanan terbaik bagi Samoyed:

  1. Telur 
  2. Daging non-lemak
  3. Ikan-ikanan
  4. Makanan anjing kemasan
  5. Biji-bijian
  6. Sayuran segar sebagai tambahan nutrisi

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan asupan karbohidrat dari Samoyed karena kondisi tubuh mereka yang rentan terjangkit diabetes. 

Sifat Anjing Samoyed

Sifatnya yang sangat periang dan ekspresif cocok dijadikan sebagai anjing keluarga. Hal ini berhubungan dengan sejarah dari Samoyed yang dibesarkan oleh suku Nenets untuk membantu aktivitas mereka.

Samoyed cenderung rukun dan tidak agresif jika bertemu dengan anjing lain, manusia, serta hewan-hewan lain yang berada di sekitarnya. Samoyed juga sangat ramah kepada balita dan anak-anak. 

Mereka merupakan anjing penggembala dan bisa saja menunjukkan perilaku-perilaku seperti mengejar atau menggigit. Namun, tidak perlu khawatir. Samoyed tidak berniat menyakiti secara fisik. 

Harga Anjing Samoyed

Harga Samoyed (sumber: Pixabay)
Harga Samoyed (sumber: Pixabay)

Harga Anjing jenis Samoyed sangat bervariasi, tergantung usia, jenis kelamin, dan beberapa faktor lainnya. Terdapat kisaran umum dari harga anjing ini. 

Jenis Anjing SamoyedHarga
Samoyed anakan usia 6 bulan6.500.000
Samoyed dewasa17.000.000
Samoyed Puppy StambumRp7.000.000
Samoyed Jantan IndukanRp5.500.000
Samoyed Betina IndukanRp7.000.000

Baca Juga: Kutu Anjing: Jenis, Penularan, & 10 Cara Menghilangkannya

Itulah informasi lengkap seputar Anjing ras Samoyed. Jadi, apakah Animalovers makin tertarik untuk memelihara anjing lucu yang satu ini? 

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Mengenal Anjing Samoyed, Si Lucu Berbulu Seputih Awan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]