1. Anjing

Anjing Rottweiler: Harga, Jenis, Sifat, & Cara Melatihnya

Anjing Rottweiler adalah salah satu anjing domestik yang memiliki tubuh sedang hingga besar. Di Jerman hewan cerdas yang satu ini dikenal sangat mudah dilatih. Jika kamu penasaran dengan anjing pekerja yang satu ini, mari mengenalnya lebih dekat yuk!

Anjing Rottweiler, Ras Anjing Tertua dengan Banyak Bakat

Cara melatih anjing rottweiler
(Sumber: Pixabay)

Anjing rottweiler adalah salah satu anjing ras tertua menurut Standar FCI yang ada sejak zaman Romawi kuno. Pada perkembangannya di daerah Rottweiler, anjing yang satu ini mengalami perkembangan dengan bertemu ras-ras yang lain hingga terjadi kawin silang secara alami.

Mereka biasanya dipelihara sebagai anjing penggembala hewan-hewan ternak warga dan dijadikan sebagai anjing yang dapat melindungi manusia. Anjing yang cerdas tersebut dengan senang hati menjaga pemilik dan hartanya agar selalu aman. 

Kehidupan anjing tersebut dapat membantu pemiliknya warga di daerah sekitar hingga kemudian tukang daging mengembangbiakkan mereka untuk digunakan sebagai anjing pekerja. Seiring perkembangan waktu, anjing penjaga yang handal ini kemudian berevolusi menjadi anjing penarik karena tubuhnya yang kuat dan kokoh. 

Pada saat perang pertama berlangsung berdampak pada permintaan yang besar untuk anjing polisi/anjing penjaga sehingga menghasilkan kebangkitan minat pada jenis anjing ini. Hal ini berlanjut hingga perang dunia kedua, Rottweiler ikut mengambil peran dalam berbagai hal seperti anjing penjaga, utusan, dan ambulans.

Pada tahun 1931 secara resmi American Kennel Club bahwa Rottweiler telah mengakui ras tersebut. Beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1990-an menjadi puncak popularitas Rottweiler yang kemudian membuatnya menjadi anjing ras paling populer di Amerika Serikat di nomor urut delapan.

Ciri-ciri Anjing Rottweiler yang Sangat Mudah Dikenali

Ciri-ciri anjing rottweiler
(SumberL Pixabay)

Jika kamu tertarik memelihara anjing rottweiler, ada baiknya mengetahui ciri-ciri fisik rottweiler.

  • Biasa Rottweiler jantan memiliki tinggi badan sekitar 80 dan betina sekitar 60 cm dan mereka dapat tumbuh lebih tinggi lagi.
  • Ekor Rottweiler biasanya kelihatan sangat kaku dan pendek, bisa jadi jika ekor anjing yang Animalovers lihat terlalu panjang menandakan mereka bukan keturunan murni.
  • Warna bulu jenis anjing Rottweiler memiliki dasar berwarna hitam dan coklat coklat pada dada, kaki, dan wajah. Warna ini sangat bervariasi pada bagian tertentu, namun pada bagian utama rottweiler adalh berwarna hitam.
  • Jika bulu rottweiler yang kamu temui memiliki ukuran yang panjang, ini menandakan bahwa itu adalah anjing rottweiler mix alias campuran.
  • Rottweiler memiliki telinga berbentuk segitiga yang kecil dan selalu terlipat ke bawah.
  • Animalovers dapat memperhatikan rahang dari Rottweiler yang begitu kuat dan kokoh, mereka terkenal sebagai anjing dengan gigitan terkuat nomor dua di dunia.

Sifat Anjing Rottweiler

Meski tampilan dari Rottweiler terlihat sangat galak, pada dasarnya mereka sangat menyayangi pemiliknya sepenuh hati. Mereka protektif dan tanggap. Berikut beberapa sifat anjing Rottweiler yang membuat mereka sangat disayangi banyak orang.

1. Berbakat Menjadi Anjing Penjaga

Memiliki tubuh yang kuat dan kokoh membuat anjing ini sangat cocok sebagai anjing penjaga. Mereka sangat lihai dan menjaga pemiliknya agar selalu aman.

2. Punya Ikatan Emosional dengan Pemilik

Satu hal penting yang harus menjadi catatan penting ketika memiliki anjing rottweiler adalah mereka harus sering berinteraksi dengan pemiliknya. Mereka tidak dapat diabaikan dan harus sering diperhatikan. Rottweiler sangat mudah terkena penyakit separation anxiety yakni penyakit yang menyerang hewan peliharaan karena kesepian dan merasa terbaikan.

Ciri-ciri dari separation anxiety ini dapat terlihat ketika anjing yang terus menggonggong, air liur yang terus menerus keluar, merajuk, merusak barang, hingga kabur. Hal ini tidak boleh terjadi karena dapat membuat umur rottweiler menjadi pendek.

3. Butuh Interaksi dengan Manusia Lain

Sama seperti anjing domestik pada umumnya anjing rottweiler sangat membutuhkan interaksi dengan manusia lain. Pemilik dapat memperkenalkan anggota keluarga lain untuk berinteraksi sekaligus bermain dengan anjing kuat yang satu ini.

4. Cenderung Galak

Anjing yang tidak terlatih biasanya akan memiliki sifat yang agresif dan galak. Hal ini akan cenderung berbahaya mengingat gigitan anjing ini sangat kuat.

Jenis-Jenis Anjing Rottweiler di Dunia

Perkembangan anjing pekerja ini terjadi karena perkawinan silang telah membawa perubahan menghasilkan berbagai jenis yang baru. Berikut beberapa jenis anjing rottweiler.

1. American Rottweiler

American-Rottweiler
(Sumber: Pixabay)

Ciri-ciri American Rottweiler adalah memiliki badan yang berotot dan sangat kuat. Warna mereka selalu hitam dengan postur badan yang besar untuk jantan dan sedikit kecil pada betina. Anjing jenis ini sangat populer dan banyak menjadi hewan peliharaan di Amerika.

2. German Rottweiler

American-Rottweiler
(Sumber: Pxfuel)

Sebenarnya, ada cara terbaik untuk mengetahui jenis rottweiler apakah mereka jenis Amerika atau Jerman yakni dengan mengetahui asal lahirnya. Pada dasarnya semua rottweiler yang berkembang di Amerika berasal dari Jerman.

Pada tahun 1999, terdapat aturan pelarangan di Jerman untuk memotong telinga dan ekor anjing. Hal ini menyebabkan ekor rottweiler di jerman memiliki ekor yang panjang secara alami.

3. Roman Rottweiler

Roman Rottweiler
(Sumber: Pixabay)

Pada dasarnya Roman Rottweiler tidak tidak berasal dari Roma, mereka berasal asli dari Jerman. Jenis Roman Rottweiler adalah versi rottweiler yang modern dan terbaru. 

Info Makanan dan Harga Anjing Rottweiler Terbaru

Harga anakan anjing rottweiler yang lahir di Indonesia berkisar antara Rp5.000.000,00 hingga Rp7.000.000,00. Untuk harga anjing rottweiler import sekitar antara Rp14.000.000,00 – Rp48.000.000,00, harga ini akan semakin mahal jika rottweiler memiliki kualitas yang unggul.

Makanan anjing rottweiler adalah daging sapi segar, daging ayam, hati ayam, tulang, telur, jeroan. Jangan pernah memberi mereka daging olahan dan beku ya, Animalovers. Hal ini dapat membuat mereka menjadi mudah terserang penyakit. 

Cara Melatih Anjing Rottweiler Agar Potensinya Maksimal

Cara merawat anjing
(Sumber: Pixabay)

Kecerdasan yang ada pada rottweiler tentu tidak didapatkan secara alami. Mereka memerlukan latihan agar semakin mampu memaksimalkan potensinya. Berikut cara melatih anjing rottweiler yang benar.

1. Bangun Interaksi dengan Pemilik dan Lingkungan Sekitarnya Sejak Dini

Sangat penting untuk membangun ikatan emosi antara rottweiler dengan pemiliknya. Biasanya mereka akan lebih mengikuti perintah pemiliknya ketimbang yang lain. Pengenalan lingkungan pun diperlukan sejak dini agar rottweiler terbiasa dengan orang asing. Hal ini sangat penting karena rottweiler adalah hewan penjaga yang memiliki gigitan terkuat no.2 di dunia dan sangat berbahaya apabila ia tidak bisa mengenali lingkungan sehingga merasa trancam.

2. Ajarkan Anjing Ramah Pada Anak Kecil dan Orang Asing

Rottweiler dapat menjadi hewan yang galak apabila tidak diajarkan ramah kepada anak kecil dan orang asing. Sehingga, ada baiknya memiliki sejak mereka masih kecil agar mereka dapat lebih beradaptasi dan mudah dilatih.

3. Jadikan Mandi dan Potong Kuku Kebiasaan

Kebersihan adalah poin utama agar anjing tidak terserang penyakit. Potong selalu kuku rottweiler, perawatan kuku ini dapat dilakukan seminggu sekali. Selain itu, pemilik dapat membuat jadwal mandi untuk Rottweiler sebanyak seminggu atau dua minggu sekali.

4. Ajari Kata-Kata Perintah Sederhana

Sebagai salah satu hewan yang terbilang yang cerdas dan lincah, rottweiler sangat mudah untuk diajari beberapa kata. Animalovers dapat menyisipkan kata-kata perintah sederhana di tengah waktu bermain atau latihannya.

5. Siapkan Reward Selama Training

Agar rottweiler bersemangat, pemilik dapat menyiapkan hadiah/reward ketika training berlangsung. Pemberian reward ini akan mempermudah rottweiler dalam masa pelatihan.

Baca Juga : Harga Anjing Golden Retriever 2022, Jenis, Makanan, & Cara Merawat

Nah itu tadi informasi lengkap mengenai anjing rottweiler yang sangat setia dan loyalitas. Sebagai catatan untuk Animalovers, jika kamu ingin memelihara anjing yang satu ini harus sudah memiliki pengalaman karena mereka terbilang cukup agresif dan galak jika tidak terlatih dengan benar. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi kamu dalam mempertimbangkan memelihara rottweiler, ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Anjing Rottweiler: Harga, Jenis, Sifat, & Cara Melatihnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Musang adalah kelompok hewan kecil yang tergolong dalam famili Viverridae. Mereka ditemukan di berbagai habitat di seluruh dunia, termasuk Asia, Afrika, dan Eropa. Musang memiliki keunikan tersendiri, dari penampilan fisik hingga perilaku mereka. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi berbagai jenis musang dan memahami perbedaan di antara mereka. Pengenalan tentang Musang Musang adalah mamalia kecil […]
    Penggemar hewan peliharaan sering mencari pilihan yang unik dan menarik, dan bunglon peliharaan adalah salah satu pilihan yang menarik perhatian. Bunglon adalah reptil kecil yang terkenal dengan kemampuannya untuk mengubah warna kulitnya. Selain itu, perilaku dan penampilannya yang menarik membuat mereka menjadi pilihan populer di kalangan pecinta hewan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai […]

    Trending

    Tidak banyak yang tau tentang perbedaan kelabang dan kaki seribu, bahkan banyak yang menganggapnya sama. Salah satu perbedaan utama kaki seribu dan kelabang adalah habitatnya. Sekilas, kaki seribu (Diplopoda) dan kelabang (Coleoptera) memang mirip. Padahal jika diperhatikan lebih jauh, keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Keduanya sama-sama memiliki kaki yang banyak, namun kaki seribu memiliki ukuran […]
    Kamu sedang bingung karena kucingmu terserang diare? Jika kucing terus menerus mencret, akan berbahaya jika tidak segera ditangani. Tapi jangan khawatir, apabila kamu belum bisa pergi ke dokter hewan, kamu bisa mencoba cara mengobati kucing mencret secara alami di rumah dengan bahan-bahan yang mudah dicari. Simak artikel ini sampai habis! 1. Mengganti Asupan Makanan Kucing […]
    Ikan pembersih akuarium tentu sangat penting untuk dimiliki agar bisa membantu menjaga kebersihan akuarium dari berbagai kotoran, sisa makanan, serta lumut. Masih bingung apa saja jenis ikan yang ampuh untuk membersihkan akuarium? Simak penjelasan selengkapnya pada artikel animalogi kali ini! 1. Ikan Corydoras  Ikan pembersih akuarium ini masih tergolong dalam subfamili dari ikan lele atau […]